*

magyaroldalak.net - Pempotongan zaman praaksara, berdasardimodernkan sudut pandang arkeologi, dapat dibagi menjadi zaman rock dan zaman Logam. Tahukah kamu bagaimana budaya zaman pranaskah zaman Batu?

dikutip Kemdikbud RI, zaman batu adalah zaman selama manusia membuat alat-alat budaya dari batu di sampinew york woods dan tulang. Zaman rock terjadi sebelum human mengenal logam.

Anda sedang menonton: Zaman kebudayaan batu tua dinamakan juga dengan zaman

Zaman batu dapat diperiodisasi menjadi empat zaman, yaitu:

Zaman rock tua (Palaeolitikum)Zaman rock tengah (Mesolitikum)Zaman rock anak laki-laki (Neolitikum)Zaman batu terlalu tinggi (Megalitikum)

dibaca juga: kehidupan Zaman Praaksara

Zaman batu perilaku (Palaeolitikum)

Zaman budaya batu perilaku dinamakan dengan istilah paleolitikum. Dipanggilan Zaman batu basi untuk alat-tool batu buatan manusia masih dikerjmenjadi sechara kasar, noel diasah atau dipolis.

Dipenampilan dari pojok mata pencariannya, ketentuan ini disebut masa dikumpulkan pakan (food gathering). Manusia di zaman batu başı masih hidup sechara pengembara (berpindah-pindah) dan belum kenal bercocok tanam.

Ada dua kebudayaan yangi menmemanggang patokan zaman rock Tua, yaitu:


dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarmodern email


budaya Pacitan (Pithecanthropus)kebudayaan Ngandong, Blora (Homo Wajakensis dan Homo Soloensis)

Alat-alat yangi dimembuat antara lain kapak genggam ataukah kapak perimbass (golongan chopper atau pemotong), alat-tool dari tupanjang binatangai ataukah tanduk rusa dan flakes dari rock chalcedon (buat bergaris makanan).

berpengalaman juga: Peninggalan Zaman Praaksara

Zaman batu markas besar (Mesolitikum)

Ciri-ciri zaman batu sentral (Mesolitikum) adalah:

pengembara dan dikumpulkan makanan (food gathering).Alat-alat yangi dihasilkan nyaris kesamaan mencapai zaman Palaeolitikum yaitu alat-alat rock kasar.Ditemukan bukit-bukit keranew york di pinggir pantainya yanew york dipanggilan Kjokken.Alat-alat berupa kapak genggam (pebble), while pincang (hache courte), pipisan (batu-batu penggiling) dan kapak-kapak dari batu kali yanew york dibelah.Alat-tool terpanggilan crowd dimenemukan di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Flores.Alat-alat budaya Mesolitikum yangi dimenemukan di hang Lawa Sampung, Jawa Timur yanew york dipanggilan Abris Sous Roche antara lain flakes (alat serpih), ujung mata panah, pipisan, kapak persegi dan alat-tool dari tulang.

Tigaf bagian pentingai budaya Mesolitikum adalah:

Pebble Culture: alat budaya kapak genggam dari Kjokkenmoddinger)Bone Culture: tool kebudayaan dari tulangFlakes Culture: budaya alat serpih dari Abris Sous Roche

umat ​​manusia pendukungai kebudayaan Mesolitikum adalah bangsa Papua Melanosoid.

baca juga: 4 Pempotongan Zaman Prahistoria Berdasarmodern Geologi


Zaman rock bocah (Neolitikum)

Ciri utama zaman batu anak laki-laki (Neolitikum) adalah alat-alat rock buatan manusia siap diasah atau dipolis sehingga halus dan indah. Alat-alat yangai dimenghasilkan antara lain:

Kapak persegi misalnya beliung, pacul dan torah yangi crowd terdapat di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan.Kapak batu (kapak persegi berleher) dari Minahasa.jeumpa (gepanjang dan kalungai dari rock indah) ditemukan di Jawa.Pakaian dari kulit kayu.Tembikar (periuk belaga) dimenemukan di Sumatera, Jawa, dan Melolo (Sunda).

umat ​​manusia pendukungai budaya zaman neolitikum adalah Austronesia (Austria), Austro-Asia (Khamer Indocina).

berpengalaman juga: types Peninggalan Bersejarah

Zaman batu besar (Megalitikum)

gawangnya budaya Megalitikum antara lain:

Menhir

Tugu rock atau tianew york batu teruntuk dari rock tunggal dan berbaring di angkasa tertentu.Berfungsi seperti tempat pemujaan dewa nenek moyanew york dan gejala peringatan orangai yang telah meninggal.Ditemukan di Sumatera, Sulawesi tengah dan Kalimantan.

Dolmen

Meja rock secara spasial untuk meletakkan sesaji yangi akan dipersem~ kediatas dewa nenek moyang.under dolmen biasanmiliki terdapat kubur batu.Dimenemukan di sumatera west dan Sumbawa.

Sarkofagus

dada jenazah yanew york teruntuk dari batu pleno (batu tunggal).Sarkofagus yanew york ditemukan di Bali sampai sekarangai dengan tegas dianggap suci dan memiliki kekuatan magis oleh social setempat.

dibaca juga: jasa Peninggalan Bersejarah

Kubur batu

dada jenazah yanew york terdiri dari lempengan rock pipih.Ditemukan di daerah Kuningan, Jawa Barat.

Punden berundak

Bangunan mengucapkan tempat pemujaan roh nenek moyangai yangai diuntuk mencapai bentuk bertingkat-tingkat.Ditemukan di menyiksa Lebak, Cibedug, Banten.

Waruga

Kubur rock yangi berbentuk kubus dan teruntuk dari batu utuh.Ditemukan di Sulawesi pusat dan Utara.

Arca

Patung yang melukiskan manusia atau binatang.Binatangai yangai dibuat arca antara lain kerbau, gajah, dan kera.Ditemukan di Lampung, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Lihat lainnya: Padi, Tetaplah Menjadi Bintang Di Langit Lirik Lagu Kasih Tak Sampai

dapatkan update news pilihan dan brearaja news setiap aku dari magyaroldalak.net. Mari bergabunew york di Grup telegram "magyaroldalak.net berita Update", caranmemiliki klik link https://t.me/magyaroldalak.netcomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi telegram terlebih duluís di ponsel.