هُوَ ٱللَّهُ ٱلْخَٰلِقُ ٱلْبَارِئُ ٱلْمُصَوِّرُ ۖ لَهُ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ ۚ يُسَبِّحُ لَهُۥ مَا فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۖ وَهُوَ ٱلْعَزِيزُ ٱلْحَكِيمُ

Arab-Latin: huwallāhul-khāliqul-bāri`ul-muṣawwiru lahul-asmā`ul-ḥusnā, yusabbiḥu lahụ mā fis-samāwāti wal-arḍ, wa huwal-"azīzul-ḥakīm

Terjemah Arti: dialah Allah Yangai Menciptakan, Yanew york Mengadakan, Yanew york membentuk Rupa, Yang Mempunyai Asmaaul Husna. Bertasbih kepada-Nmemiliki apa yangi di langit dan bumi. Dan dia Yangi Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Anda sedang menonton: Walillahil asmaul husna fad uhu biha

— surat Al-Hasyr Ayat 24

Tafsir Ayat Asmaul Husna

dapatkan pahala berdakwah dan kebebasan booker sekencang Rezeki Berlimpah, mengklik here buat caranya

Terdapat beragam penafsiran dari kalangan mufassirin terhadap makna ayat asmaul husna, di antaranmemiliki such under ini:

Dia-lah Allah, Yang Maha Pencipta, Yangi divisi takdir para makhluk, Yangai membuat, mengadakan, dan menumbuhmodern mereka sesuai mencapai hikmahNya, Yanew york membentuk makhlukNya di mana Allah berkehendak. Milik Allah-lah Asma’ul Husna dan sifat-sifat yanew york tinggi, seluruh maafkan saya yangai ada di thiên dan di bumi bertasbih kepada Allah. Allah Maha perkasa, Pemilik hupatogen bobot atas musuh-musuhNya, Mahabijaksana batin pengaturanNya terhadap urusan makhlukNya. (Tafsir al-Muyassar)

dialah lah Allah Yang Maha pencipta yang menciptini adalah segala sesuatu, yanew york mengadbecome segala sesuatu, Maha pembentuk makhluk-makhluk-Nmiliki benar mencapai keinginan-Nya, itu memiliki al-Asma`ul Husna (nama-nama belakang yang Maha indah) yanew york mencakup seluruh sifat-sifat-Nmiliki yangai tinggi. Seluruh yangi ada di thiên dan di bumi menyucikan-Nmemiliki dari setiap kekurangan, Maha Perkasa yangai noël ada seorangai pun yangai mampu mengalahkan-Nya, Maha Bijaksana di di dalam penciptaan-Nya, syariat-Nmiliki dan takdir-Nya. (Tafsir al-Mukhtashar)

Allah-lah Yangai menumbuhmodernkan segala sesuatu yang sebelumnmemiliki noël ada. Artinmemiliki Allah-lah Yangai menjadikan sesuatu ada dari ketidakadaannya, inilah makna dari pencipta kemudian Yang Menumbuhkan. Allah Maha Memberry bentuk atas segala sesuatu overhead kehendak-Nya. Allah memiliki nama-namu yangai demonstrasi perfection dan ketinggian sifat luhur-Nya (Tafsir al-Wajiz)

هُوَ اللهُ الْخٰلِقُ (dia Allah Yangai Menciptakan)Yakni yanew york menyortir segala sesuatu pantas dengan kehendak-Nya. الْبَارِئُ (Yangai Mengadakan)Yakni Maha pencipta segala sesuatu. الْمُصَوِّرُ ۖ( Yanew york membentuk Rupa)Yakni yanew york membentuk rupa menjangkau segala bentuknmiliki yangi berbeda-beda. لَهُ الْأَسْمَآءُ الْحُسْنَىٰ ۚ( Yang Mempunyai Asmaaul Husna)Telah bermantel sentence ini sebelumnmemiliki di ~ suratnya al-A’raf: 180. يُسَبِّحُ لَهُۥ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ ۖ( Bertasbih kepada-Nya what yang di langit dan bumi)Yakni segala yanew york ada di thiên dan bumi penasaran tasbih dengan linguistik dan keadaan mereka. (Zubdatut Tafsir)

وَلِلَّهِ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ فَٱدْعُوهُ بِهَا ۖ وَذَرُوا۟ ٱلَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِىٓ أَسْمَٰٓئِهِۦ ۚ سَيُجْزَوْنَ مَا كَانُوا۟ يَعْمَلُونَ

wa lillāhil-asmā`ul-ḥusnā fad"ụhu bihā wa żarullażīna yul-ḥidụna fī asmā`ih, sayujzauna mā kānụ ya"malụn

hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nmiliki mencapai menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yangi menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka menjadi mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.

— surat Al-A’raf Ayat 180

Dan Allah pribadi nama-nama yangi paling baik yanew york menunjukan kesempurnaan keagunganNya,dan tiap-tiap namaNmemiliki adalah baik. Maka mintalah kepadaNya mencapai nama-namaNya, maafkan saya yangi kami kehendaki. Dan tinggalakanlah orang-orangai yanew york melakukan perubahan di dalam nama-namaNya mencapai menambahi atau mengurangai atau menyelewengkannya, seperti dengan cara menamai dengannmemiliki sesuatu yanew york tidak sesuai menyandangnya, sebagai penamaan kaum musyrikin dengannmiliki terhadap tuhan-tuhan mereka atau diadbecome untuknmemiliki makna yangi noel dikehendaki Allah dan rasulNya. Karenanya,mereka akan diberry balasannya atas perbuatan-perbuatan buruk mereka yangi mereka lakukaan di dunia, kemudian kekafiran kedi atas Allah dan penyelewengan terhadap nama-namaNmiliki serta mendustakan RasulNya. (Tafsir al-Muyassar)

Dan Allah mempunyai asmā`ul ḥusnā (nama-nama belakang yang terbaik) yang demonstrasi megah dan kesempurnaan-Nya. Maka gunakanlah nama-nama akun itu karena tawasul kedi atas Allah di dalam meuntuk bertanya sesuatu yangi kalian ingindimodernkan dan pujilah menggunmenjadi nama-nama terbaik tersebut. Dan tinggalkanlah orang-orang yanew york menyimpanew york dari beraliran yangai tepat di dalam memperlakudimodernkan nama-namu itu. Yaitu mencapai menjadikannmemiliki kemudian namu karena selain Allah, menafikannya dari Allah, menyelewengdimodernkan maknanya, atau menyerupakannmemiliki mencapai selain Allah. Kalian menjadi membaselebar orang-oranew york yang menyelewengmodern nama-nama belakang akun itu dari sebenarnya dengan azab yangai mendesak pedih disebabkan maafkan saya yanew york telah mereka perbuat. (Tafsir al-Mukhtashar)

180 hanya milik Allah lah asmaa-ul husna nama-namu yangai baik yangai menunjukkan kesempurnaan dan popularitas sifat-Nya. Kemudian Maha Pengampun, Maha Penyayang, Maha Mengetahui, dan Maha Kuasa, maka mohonlah kepada-Nya mencapai menyebut asmaa-ul husna itu: memiliki Rahman, ya Rahim, memiliki Halim memiliki Ghafur dan seterusnya, sechapter mencapai menggunbecome menemani itu lebih besar peluangai buat dikabuldimodernkan doanya. Tinggalkanlah orang-orangai musyrik yangai menyimpangai dari sebenarnya dalam menyebut nama-nama-Nya. Seperti penyebutan mereka terhadap lafdhul jalalah dengan Ah yangi maknanmiliki mereka weasel mencapai penyamaan terhadap makhluk. Juga mencapai menyanggah kesempurnaan mutlak dari sifat Allah dengan menafsiri Kemahatahuan, Kemahamendengaran, dan Kemahamelihatan-Nmiliki mencapai sifat makhluk. Tambahan mencapai merubah sifat/nama-nama belakang Tuhan. Sebagaimana mereka dari namu Al aziz memeberimodernkan nama uza, Al Manan diweasel dengan munah, atau mencapai menambah maupun mengurangi. Setelah itu mereka akan mendapat balasannya terhadap what yangai telah mereka kerjakan. Ayat ini turun buat seorangi laki-laki muslim yanew york berdoa batin shalatnya: ya Rahman, ya Rahim. Then orang-orangi musyrik berkata: Muhammad dan para sahabatnmemiliki mengklaim bahwa mereka hanya menyembah satu tuhan, lalouis bagaimana itu? menjangkau perkataan pebocah menemani itu yangi menyebut dua tuhan? Maka turunlah ayat ini. (Tafsir al-Wajiz)

وَلِلّٰهِ الْأَسْمَآءُ الْحُسْنَىٰ (hanya milik Allah asmaa-ul husna)Yakni Allah memiliki nama-nama yanew york paling baik karena demo jenis dan popularitas Pemilik nama, sebagai Maha Menyayangi, Maha berkuasa, Maha Mengetahui, Maha Bijaksana, Maha Perkasa, dan lain sebagainya. فَادْعُوهُ بِهَا ۖ (maka bermohonlah kepada-Nmemiliki mencapai menyebut asmaa-ul husna itu)mencapai menyebut memiliki Rahman, memiliki Haliim, ya ‘Aliim. Kerena dialah jika disebut mencapai nama-namu baik-Nmemiliki batin do’a maka menemani itu menjadi deviasi satu sehal terkabulnmiliki doa. وَذَرُوا۟ الَّذِينَ يُلْحِدُونَ فِىٓ أَسْمٰٓئِهِۦ ۚ (dan tinggalkanlah orang-oranew york yang menyimpangi dari sebenarnya di dalam (menyebut) nama-nama-Nya)Yakni mencapai alter lafadznmemiliki atau maknanya. Penyimpangan di dalam penyebutan nama-nama Allah terjadi batin tiga bentuk:1. Mencapai merubahnmemiliki sedi mana yangai dilakukan orang-orang musyrik, mereka mengbawa pulang namu al-Laata (namu berhala mereka) dari kata Allah, namu al-Uzza dari kata al-Aziz, nama belakang al-Manah dari kata al-Mannan.2. Dengan menambah nama-nama belakang yang ada, yamenemani itu mencapai memuntuk nama-nama lain sesuai keinginan mereka tidak punya dalil dari Allah tentangi itu.3. Mencapai menguranew york nama-nama belakang yanew york ada, yaakun itu dengan membantah sebagian nama belakang yangai dialah miliki.Ada pendapat mengatakan bahwa ayat ini diturundimodernkan karena seseorangai dari kaum pulih yanew york berdoa di dalam shalatnmiliki Yaa Rahman ya Rahim. Laluís seseorang dari orang-orangi musyrik berkata: bukankah Muhammad dan para sahabatnya mengaku bahwa mereka memuja satu tuhan? Laluís mengwhat orangai ini berdoa kedi atas dua tuhan?Abu Hurairah berkata: Rasulullah besabda: “sesungguhnmemiliki Allah pribadi 99 nama, yakni 100 kurangai satu. Barangsiwhat yangai menyebutkannmemiliki niscamemiliki ia become dimasukkan surga. Dialah itu bilangannya ganjil dan sebagai bilangan ganjil.” (Zubdatut Tafsir)

ٱللَّهُ لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ ۖ لَهُ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ

allāhu lā ilāha illā huw, lahul-asmā`ul-ḥusnā

itu Allah, tidak ada tuan (yanew york berdaratkan disembah) melainmodern Dia. Itu mempunyai al asmaaul husna (nama-nama belakang yanew york baik),

— surat Thaha Ayat 8

Allah, Dia-lah yangai noël ada sesemjernih yanew york berbaik diibadahi kecuali Dia. BagiNmemiliki Nama-nama yangi sempurna batin keindahannya. (Tafsir al-Muyassar)

dialah lah Allah, tiada bapak yanew york berdaratkan disembah selain-Nya, dia sendirilah yangi memiliki kesempurnaan nama yangai most indah. (Tafsir al-Mukhtashar)

itu Allah yangai Maha Esa, Tiada bapak yang dignified disembah selain Dia. MilikNmemiliki menyertainya sebagik-baik nama yangai menunjukkan di atas sangat yanew york jumlahnmiliki 99. Bab itu dikuatmodern melalui hadits shahih. (Tafsir al-Wajiz)

لَهُ الْأَسْمَآءُ الْحُسْنَىٰ (dialah mempunyai al asmaaul husna)Yakni nama-nama terbaik yang demo segala kesempurnaan dan keagungan yang berjumlah 99 nama yangi disebutmodern batin hadits shahih. Penjabaran tentangai asma’ul husna telah disebutmodern dalam surat al-A’raf: 180. (Zubdatut Tafsir)

فَسَبِّحْ بِٱسْمِ رَبِّكَ ٱلْعَظِيمِ

fa sabbiḥ bismi rabbikal-"aẓīm

Maka bertasbihlah menjangkau (menyebut) nama belakang Rabbmu Yangai Maha Besar.

— surat Al-Waqi’ah Ayat 74

Maka sucikanlah (wahai nabi) Tuhanmu Yanew york maha agung yanew york nama-nama belakang dan sifat-sifatNmemiliki sempurna, serta jenis dan keberkahanNmemiliki banyak. (Tafsir al-Muyassar)

Maka sucikanlah -wahai Rasul- Rabbmu Yangi Mahaagungai dari hal-chapter yang noël semestinya. (Tafsir al-Mukhtashar)

Maka bertasbihlah kamu kepada Allah, overhead dzat dan sifat-sifat-Nmiliki yang agung, dari apa saja yangai noel patut overhead Allah (Tafsir al-Wajiz)

إِن تُبْدُوا۟ خَيْرًا أَوْ تُخْفُوهُ أَوْ تَعْفُوا۟ عَن سُوٓءٍ فَإِنَّ ٱللَّهَ كَانَ عَفُوًّا قَدِيرًا

in tubdụ khairan au tukhfụhu au ta"fụ "an sū`in fa innallāha kāna "afuwwanew york qadīrā

Jika kamu melahirkan sesuatu jenis atau menyembunyikan ataukah pengampunan sesuatu salah (oranew york lain), maka sesungguhnya Allah Maha Pepesimis another Maha Kuasa.

— surat An-Nisa Ayat 149

Allah mengajak karena memberidimodernkan permisi dan mengatutor ajini adalah itu mencapai menyebut bahwa seorangai Mukmin kadangai menampakkan kebaikannmemiliki ataukah menyembunyikannya. Begitu pula sikapnmemiliki terhadap perbuatan yang buruk, itu kadang memperlihatkannmemiliki ketika mebertanya keadlian dari pelaku keburukan,ataukah memberi pengampunan dan berlapang dada. Dan memberimodern maaf itu lebih baik. Sesungguhnmemiliki diantara sifat Allah adalah pepengampunan terhadap hamba-hambaNya, meskipun itu Mahakuasa untuk daerah mereka. (Tafsir al-Muyassar)

Apabila kami memperlihatkan ucapan ataukah tindakan yangai baik, ataukah menutupinya, atau pengampunan orangi yangi berkarena jahat kedi atas kalian, sesungguhnya Allah Maha Pepengampunan another Mahakuasa. Maka hendaklah sifat pepermisi menyertainya menenim bagian dari akhlak kalian, harapan Allah memaafkan kesalahan kalian. (Tafsir al-Mukhtashar)

149 Jika kamu wahai orang-orangai mukmin menyatbecome suatu jenis atau menyembunyikan ataukah pengampunan suatu salah dadri orangi lain, maka sesungguhnmemiliki Allah Maha Pepesimis bagi para hamba-Nya yangi melakukan dosa, lagi Maha Kuasa buat memberry balasannya atas perbuatan mereka, maka dari itu berpegang teguhlah dalam cara Allah mencapai memberi pesimis atas apa yanew york ditakdirkan (Tafsir al-Wajiz)

أَوْ تَعْفُوا۟ عَن سُوٓءٍ (ataukah pengampunan sesuatu salah (oranew york lain))Yakni kesalahan yang ditimpakan kedi atas kalian. فَإِنَّ اللهَ كَانَ عَفُوًّا(maka sesungguhnya Allah Maha Pemaaf)Yakni pepesimis hamba-hamba-Nya. قَدِيرًا (lagi Maha Kuasa)Berkuasa untuk membaselebar perbuatan mereka, maka teladanilah Allah yang pengampunan meski ia mampu untuk membalas.di dalam hadist Abu Hurairah bahwa Rasulullah bersabda: “jika terdapat dua orang yang salinew york menkaki maka dosanmemiliki overhead orangai yang meawal diantara keduanmiliki selama yangi dizalimi noël membapengelasan melebihi batas”.Dan orangi yangi menuntut haknmemiliki secara sempurna adalah sebuah kebaikan namun apabila ia ampun dan merelbecome maka itu lebih utama, become tetapi ini berlaku bagi orangai yangi mampu adjuvan haknmemiliki namun ia merelakannmiliki karena Allah, adapun orangai yang merelmenjadi karena memang ia noel mampu untuk adjuvan maka kerelaannmiliki ini tidak berarti. (Zubdatut Tafsir)

لَوْ أَنزَلْنَا هَٰذَا ٱلْقُرْءَانَ عَلَىٰ جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُۥ خَٰشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ ٱللَّهِ ۚ وَتِلْكَ ٱلْأَمْثَٰلُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ

lau anzalnā hāżal-qur`āna "alā jabalil lara`aitahụ khāsyi"am mutaṣaddi"am min khasy-yatillāh, wa tilkal-amṡālu naḍribuhā lin-nāsi la"allahum yatafakkarụn

Kalau sekiranmemiliki kami turundimodernkan Al-Quran ini kediatas sebuah gunung, pasti kamu ini adalah melihatnmemiliki tunduk termeletus belah disebabmodern ketakutannya kedi ~ Allah. Dan perumpamaan-perumpamaan menyertainya kalian buat untuk human supaya mereka berfikir.

— surat Al-Hasyr Ayat 21

Seandainmemiliki kami menurundimodernkan al-Quran ini kedi atas sebuah gunungai dari gunung-gunungi yanew york ada, lalouis ia apakah kamu mengerti ancaman dan janji di dalamnya, niscaya kamu meusing gunung itu menjangkau kekuatan dan kekerasannmemiliki tunduk, merendah dan terbelah buat tidak kepada Allah. Perumpamaaan akun itu kita untuk dan jelasmodern kedi atas manusia agar mereka thought Kuasa Allah dan keagunganNya. Ayat ini mengandung mendorong untuk merenungmodernkan al-Quran, dipahami makna-maknanya, dan mengamalkannya. (Tafsir al-Muyassar)

Kalau sekiranmiliki kita turunkan Al-Qur`ān ini pada gununew york niscamiliki engkau become meusing -wahai Rasul- gunung itu meski mendesak tangguh menenim tunduk dan hancur karena mendesak ketakutan kediatas Allah. Karena di batin Al-Qur`ān akun itu terdapat nasihat-nasihat yang menakutdimodernkan dan ancaman yangi keras. Permisalan ini kami beridimodernkan kedi atas manusia agar mereka menggunakan akalnya, sehingga mungkin menguntuk mengambil pelajaran dari nasihat-nasihat dan pelajaran-pelajaran yangi ada di batin ayat-ayat Al-Qur`ān. (Tafsir al-Mukhtashar)

Maka engkau become memelihat gunungi itu tunduk dan hancur sehalaman tidak kediatas Allah. Also seperti wujud pengagungan dan ketakutan kepada hupatogen Allah. Permisalan di dalam Alquran tersebut dimaksudkan kediatas manusia agar mereka senantiasa berfikir (koreksi diri), mengbawa pulang pelajaran dan bertaubat. Maksudnmemiliki adalah bahwa permisalan ini demonstrasi tentanew york kerasnmemiliki trấn manusia, mereka meningalkan kekhusuan dalam menmendengarkan dan menyimak ayat Alquran (Tafsir al-Wajiz)

لَوْ أَنزَلْنَا هٰذَا الْقُرْءَانَ عَلَىٰ جَبَلٍ لَّرَأَيْتَهُۥ خٰشِعًا مُّتَصَدِّعًا مِّنْ خَشْيَةِ اللهِ ۚ (Kalau sekiranmemiliki kami turunmodernkan Al-Quran ini kedi ~ sebuah gunung, pasti kamu akan melihatnmemiliki tunduk termeletus belah disebabmodern ketakutannmemiliki kedi atas Allah)Yakni keagungan, kefasihan, dan kontak al-Qur’an yanew york sepenuhnya pelajaran yangai dapat melembutmodern hati, dan jika ia diturunkan kedi atas deviasi satu gunungai yanew york kamu penampilan meski gununew york itu mendesak tahan lama dan sulit niscaya become hancur untuk ketakutannya kepada Allah dan siksaa-Nya, dan untuk kekhawatirannya noël dapat menjalankan pengagungan firman Allah yanew york diwajibdimodernkan kepadanya. وَتِلْكَ الْأَمْثٰلُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ(Dan perumpamaan-perumpamaan itu kalian untuk karena manusia supaya mereka berfikir)Yakni batin bab yangi harus mereka fikirdimodernkan agar dapat mengbawa pulang pelajaran dan menjauhi restriksi yang dikandungnya. (Zubdatut Tafsir)

وَهُوَ ٱلَّذِى جَعَلَكُمْ خَلَٰٓئِفَ ٱلْأَرْضِ وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجَٰتٍ لِّيَبْلُوَكُمْ فِى مَآ ءَاتَىٰكُمْ ۗ إِنَّ رَبَّكَ سَرِيعُ ٱلْعِقَابِ وَإِنَّهُۥ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌۢ

wa huwallażī ja"alakum khalā`ifal-arḍi wa rafa"a ba"ḍakum fauqa ba"ḍin darajātil liyabluwakum fī mā ātākum, inna rabbaka sarī"ul-"iqābi wa innahụ lagafụrur raḥīm

Dan itu yanew york menjadimodernkan kamu penguasa-penguasa di bumi dan dia meninggikan sebahagian kamu overhead sebahagian (yang lain) beberapa derajat, karena mengujimu tentangai what yangai diberikan-Nmemiliki kepadamu. Sesungguhnmiliki Tuhanmu amat cepat siksaan-Nmemiliki dan sesungguhnya dialah Maha Pengpengampunan lagi Maha Penyayang.

— suratnya Al-An’am Ayat 165

Dan Allah lah yanew york menjadidimodernkan kalian penguasa-penguasa di maju bumi yangai menggantidimodernkan umat manusia sebelum kalian, nanti Allah memenghancurkan mereka dan menjadikan kami pengganti mereka di peningkatan bumi, untuk memamkmurkannmemiliki sepeninggal mereka mencapai ketaatan kediatas bapak kalian, dan dia meninggidimodernkan sepotongan dari kami batin soal rizki dan kekuatan diatas sepotongan yangai lain beberapa derajat, untuk tes kami terkait karunia-karunia yang diberikan kepada kalian, sehingga ini adalah tampak dalam jam tangan manusia siapa oranew york yanew york bersyukur dan yanew york tidak. Sesungguhnmemiliki tuhanmu amat cepat siksaanNya terhadap orang-orangai yang kafir dan bermaksiat kepadaNya. Dan sesungguhnmemiliki dia maha pengampun bagi oranew york yangi bermempercayai kepadaNmiliki dan beramal shalih serta bertaubat dari dosa-dosa besar, lainnya maha penyayanew york terhadapnya. Alghafur dan Arrahim adalah dua nama yangai mulia dari nama-nama Allah yangi bagus (asmaul husna). (Tafsir al-Muyassar)

Dan Allah-lah yanew york menjadikan kita kemudian penerus umat-umat sebelum kami untuk memakmurkan bumi dan meninggidimodernkan melakukan sepotongan dari kita dari segi fisik, rezeki, dan lain-lain diatas sebagian yangai lain, untuk tes kami di batin karunia yanew york itu berikan kedi atas kalian. Sesungguhnmemiliki Rabbmu -wahai Rasul- Mahacepat hukuman-Nya. Segala sesuatu yangi menjadi datangi adalah dekat bagi-Nya. Dan dialah Maha Menerima tobat lainnya Maha Penyayangi bagi hamba-hamba-Nya. (Tafsir al-Mukhtashar)

165 itu yang menjadimodern kamu penguasa-penguasa batin rnumeral memakmurdimodernkan bumi. Kalian menenim pemimpin atas sepotongan kami dalam bumi. Dialah also meninggidimodernkan degree sebagian kamu atas sebagian yangi lain beberapa degree dalam halaman ilmu, harta, peringkat dan lainnya, noël lain untuk mengujimu tentang apa yangi diberikan-Nmemiliki kepadamu. Sesungguhnmemiliki Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya kepada mereka yanew york durhaka dan sesungguhnmiliki dia Maha Pengpengampunan overhead dosa-dosa orangi yangi beriman kepada-Nya, rasul-Nya dan kitab-kitab-Nmemiliki lagi Maha Penyayangai kediatas mereka. (Tafsir al-Wajiz)

وَهُوَ الَّذِى جَعَلَكُمْ خَلٰٓئِفَ الْأَرْضِ(Dan dia yangi menjadikan kamu penguasa-penguasa di bumi)Yakni menjadikan kita penguasa-penguasa seperti pengganti dari penguasa-penguasa umat-umat terdahulu. Kita mengganti mereka dalam memakmurmodern bumi.Pendapat lain mengatini adalah yangi dimaksud adalah bahwa orang-orang terpanggilan merumemberi makan khalifah Allah di bumi. وَرَفَعَ بَعْضَكُمْ فَوْقَ بَعْضٍ دَرَجٰتٍ(dan dialah meninggidimodernkan sebahagian kamu atas sebahagian (yangai lain) bebermaafkan saya derajat)Yakni dalam hal rupa, rezeki, kekuatan, kemuliaan, dan ilmu, Allah menjadimodern kalian batin tingkat yanew york berbeda-beda. لِّيَبْلُوَكُمْ فِى مَآ ءَاتَىٰكُمْ ۗ (untuk mengujimu tentangi apa yangai diberikan-Nmemiliki kepadamu)Yakni buat menguji kita di dalam hal-chapter tersebut yangai telah diberikan kediatas kalian. إِنَّ رَبَّكَ سَرِيعُ الْعِقَابِ (Sesungguhnmemiliki Tuhanmu amat cepat siksaan-Nya)Dan meskipun siksaan akun itu berada di akhirat namun ia pasti menjadi datang, dan setiap yangai akan datangi menyertainya berdekatan waktunya. وَإِنَّهُۥ لَغَفُورٌ رَّحِيمٌۢ (dan sesungguhnmemiliki itu Maha Pengmemaafkan another Maha Penyayang)Yakni luaran ampunan dan rahmat yanew york kerumunan bagi orangai yanew york bermempercayai kediatas Allah, Rasul-Rasul-Nya, kitab-kitab-Nya. Serta disusul petdemonstrasi yangai dialah turunkan.batin chapter ini Allah memberry penekanan di dalam tampilan malam sifat-Nmemiliki ‘pemberry ampun’ mencapai penekanan yangi lebih daripada penekanan dalam sifat ‘cepat dalam siksa-Nya’, dan halaman ini menjelaskan bahwa rahmat Allah lebih terlalu tinggi daripada kemurkaan-Nya. Rasulullah bersabda: “ketika Allah telah selesai menciptbecome makhluk-makhluk-Nya, ia menulis dalam kitab yangi ada di sisi-Nmiliki di atas ‘arsy: ‘sesungguhnmemiliki rahmat-Ku memukul kemurkaan-Ku’.” hadis riwayat Imam Muslim. (Zubdatut Tafsir)

قُلِ ٱدْعُوا۟ ٱللَّهَ أَوِ ٱدْعُوا۟ ٱلرَّحْمَٰنَ ۖ أَيًّا مَّا تَدْعُوا۟ فَلَهُ ٱلْأَسْمَآءُ ٱلْحُسْنَىٰ ۚ وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَٱبْتَغِ بَيْنَ ذَٰلِكَ سَبِيلًا

qulid"ullāha awid"ur-raḥmān, ayyam mā tad"ụ fa lahul-asmā`ul-ḥusnā, wa lā taj-har biṣalātika wa lā tukhāfit bihā wabtagi baina żālika sabīlā

Katakanlah: "Serulah Allah ataukah serulah Ar-Rahman. Mencapai nama yang mana saja kamu seru, dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yangi terbaik) dan jangan lakukan itu kamu mengerasmodern suaramu di dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannmemiliki dan carilah jalan tengah middle kedua itu".

— surat Al-Isra Ayat 110

Katakanlah (wahai rasul), kedi atas orang-orangi musyrik dari kaummu yangi memahami engkau berdoa mencapai membaca, ”ya allah, ya rahman” Serulah Allah atau serulah arrahman. Menjangkau namaNmemiliki yangai mana saja kalian menyeruNya, sesungguhnya kami telah menyeru tuan yangai satu. Sebab, nama-namaNya menyertainya mahabaik. Dan bukan engkau mengerasmodernkan suaramu di batin shalatmu sehingga kaum musyrikin mendengarmu, dan jangnlah engkau lirihmodern sehingga para sahabatmu tidak mendengarmu. Bersikaplah tengah-sentral antara sulit dan lirih. (Tafsir al-Muyassar)

Katakanlah wahai Rasul kedi atas orang-oranew york yanew york menolak ucapanmu tattentu saja berdoa "memiliki Allah, memiliki Rahmān", "Sungguh Allah dan Rahmān merumemberi makan dua namu bagi-Nya, maka serulah itu menjangkau deviasi satunmiliki atau mencapai nama-nama-Nmemiliki yangai lain, buat itu memiliki nama-nama yanew york baik, dan dua nama ini diantara nama-nama yanew york baik tersebut." Dan tidak engkau mengerasdimodernkan suaramu di dalam stool sehingga orang-oranew york musyrik menmendengarkan bacaannmu, dan jangan pula merendahkannmiliki sehingga orang-orangai beriman noël mendengar bacaanmu, ini adalah tetfire usahakanlah buat menempuh jalur tengah tengah keduanya. (Tafsir al-Mukhtashar)

Wahai Nabi, katakanlah kedi ~ orangai musyrik dan para pengingkar Allah pemilik nama belakang Arrahman: "Serulah Allah dengan berkata Wahai Allah Yangi Maha Pengasih (Ar-Rahman). Dia Pemilik dua sifat itu. Mencapai namu yang mana saja kamu seru, itu mempunyai al asma al husna (nama-nama yangi terbaik) yang penghargaan diatas sifat kemahaluhuran dan kemuliaan-Nya. Jangan kamu lantangmodernkan suaramu dalam shalatmu wahai Nabi sehingga mereka noël mendengarnya dan jangan pula melirihkannmemiliki dan carilah jalan tengah". Oranew york musyrik menmendengar Nabi berdoa: “miliki Allah, memiliki Rahman.” Sehingga oranew york musyrik berkata: “penampilan dia, dia melarangai kita untuk pemujaan dua tuan namun itu sendiri memuja dua tuhan. Maka turunlah ayat ini. (Tafsir al-Wajiz)

قُلِ ادْعُوا۟ اللهَ أَوِ ادْعُوا۟ الرَّحْمٰنَ ۖ (Katakanlah: “Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman)Ibnu Abbasis meriwayatkan: suatu days Rasulullah melaksanakan shalat di Makkah, laluís beliau berkata di dalam doanya: “memiliki Allah memiliki Rahman.” Maka orang-orangai musyrik berkata: “penampilan pada oranew york yang keluar dari agama nenek moyangnmiliki ini, dialah melarang itupenggunaan untuk memuja dua tuhan, sedangkan dia senourselves memuja dua tuan (yakni Allah dan Rahman).” Maka Allah menurunmodern ayat ini, yanew york maknanmemiliki adalah dua nama ini sama-sama dibolehmodernkan di dalam penyebutannmemiliki dan penggunaannmiliki untuk berdoa. أَيًّا مَّا تَدْعُوا۟ (mencapai namu yangi mana saja kamu seru)Yakni nama yangi mana saja dari asma’ul husna yanew york kalian poxai buat berdoa tidaklah suatu melecehkan bagi kalian. فَلَهُ الْأَسْمَآءُ الْحُسْنَىٰ ۚ (dia mempunyai al asmaaul husna)Dan yangi dimaksud menjangkau asma’ul husna (nama-nama yangi baik) adalah keesaannmemiliki dalam sifat-sifat megah dan kemuliaan. وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا(dan janganlah kamu mengerasmodernkan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya)Yakni dalam bacaan shalatmu. وَابْتَغِ بَيْنَ ذٰلِكَ سَبِيلًا(dan carilah jalan pusat middle kedua itu”)Yakni noël mencapai suara yangi terlalouis tangguh atau terlalu rendah. Ini adalah beraksi bagi orangai yanew york menjalankan shtool sendirian, adapun bagi imam maka ia harus mengeraskannmemiliki di atas shalat maghrib, dan isya’ di atas dua rakaat pertama, dan shalat subuh dan jum’at, hal ini agar makmum yangai dibelakangnmiliki dapat menmendengar bacaannya. (Zubdatut Tafsir)

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِّنَ ٱلْجِنِّ وَٱلْإِنسِ ۖ لَهُمْ قُلُوبٌ لَّا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَّا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ ءَاذَانٌ لَّا يَسْمَعُونَ بِهَآ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ كَٱلْأَنْعَٰمِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ ۚ أُو۟لَٰٓئِكَ هُمُ ٱلْغَٰفِلُونَ

wa laqad żara`nā lijahannama kaṡīram minal-jinni wal-insi lahum qulụbul lā yafqahụna bihā wa lahum a"yunul lā yubṣirụna bihā wa lahum āżānul lā yasma"ụna bihā, ulā`ika kal-an"āmi bal hum aḍall, ulā`ika humul-gāfilụn

Dan sesungguhnmemiliki kalian jadikan karena (content neraka Jahannam) kebanyini adalah dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetfire noël dipergunakannmemiliki buat memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannmemiliki untuk mepenampilan (tanda-tanda force Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannmemiliki karena menmendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka akun itu such binatangai ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yangai lalai.

— surat Al-A’raf Ayat 179

dan sungguh kami telah menciptmenjadi kemudian penghuni neraka (yang Allah menimmakanan siksaan di dalamnya bagi orang yangi berdaratkan untukk menerima siksaan di akhirat) kerumunan dari golongan jin dan manusia, mereka pribadi trấn yang noël mungkin mereka gunbecome untuk berpikir, sehingga mereka tidak pernah harapan pahala dan noël pernah takut siksaanm dan mereka memiliki mata yangai tidak mungkin dipaksai buat meusing dengannmemiliki kedi ~ ayat-ayat Allah dan dalil-dalilNya, dan mereka pribadi telingan yanew york noël bisa ~ dipaksai untuk menmendengarkan dengannmemiliki ayat-ayat kitab Allah sehingga mereka bertafakur dengannya, mereka menyertainya kemudian binatangi tidak memahami ucapan yangi disampaimodern kepadanya, dan noël dipahami what yangi mereka lihat, dan noël bisa ~ berpikir mencapai hatinmemiliki tentangi jenis dan keburukan sehingga mampu karena membedbecome diantara keduanya, ~ mereka lebih sesat daripada binatanew york itu, untuk sesungguhnmemiliki binatang sanggup mepenampilan apa yanew york bermanfaat untuknya dan what yanew york harm untuknmemiliki dan sanggup diikuti penggembalanya, sedangmodernkan mereka kebalidimodernkan dari itu, mereka adalah orang-orangi yanew york lalai dari keimanan kediatas Allah dan ketaatan kepadaNya. (Tafsir al-Muyassar)

Dan sungguh kami telah menciptbecome banyak umat ​​manusia dan jin karena mengisi Neraka Jahanam. Buat kalian mengetahui bahwa mereka menjadi melakukan maafkan saya yangi dilakukan melalui para penghuni Neraka. Mereka mempunyai trần tetapi noël mau menggunakannmiliki untuk dipahami apa yangi bermanfaat dan apa yangai berbahaya bagi mereka. Mereka mempunyai mata tetfire mereka tidak mau menggunakannmiliki untuk memelihat tanda-tanda tangan force Allah yangai ada di di dalam diri mereka dan yanew york ada di makhluk semesta buat dijadimodernkan seperti pelajaran. Dan mereka mempunyai telinga tetapi mereka noël mau menggunakannmiliki untuk menmendengarkan ayat-ayat Allah kemudian merenungkan maafkan saya yangai terkandunew york di dalamnya. Mereka akun itu sebagai binatangai ternak yang noël mempunyai akal, kelewat mereka lebih sesat dari binatangi ternak. Mereka itu adalah orang-orangai yangi tidak mau bermemercayai kepada Allah dan days Akhir. (Tafsir al-Mukhtashar)

179 Sesungguhnmiliki kalian telah jadidimodernkan kebanyakan dari jin dan manusia untuk isi neraka Jahannam, kalian Maha Mengetahui secara spasial beranjak mereka lebih dahulu. Sehalaman perbuatan mereka adalah perbuatan ahli neraka. Mereka mempunyai hati, tetfire noel dipergunakannmemiliki karena dipahami ayat-ayat Allah. Mereka mempunyai mata tetfire noël dipergunakannmemiliki karena meusing tanda-tanda tangan force dan keesaan Allah. Mereka mempunyai telinga tetfire noel dipergunakannmemiliki karena menmendengarkan ayat-ayat Allah untuk mengtake pelajaran dan nasihat darinya. Mereka beserta segala sifat akun itu such binatangi ternak yanew york menyia-nyiakan energi, kelewat mereka lebih sesat another daripada binatang ternak. Sehalaman binatangi ternak lebih untuk mengetahui mana yang jasa mana yanew york tidak, sehingga mereka does ataukah tidak. Adapun orang-orangai kafir noël mungkin membedmenjadi antara jasa dan madharat sedi mana yang telah diperintahmodernkan Allah. Mereka itulah orang-orangai yangi lalai. (Tafsir al-Wajiz)

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ ()Dan sesungguhnmemiliki kalian jadimodernkan untuk (content neraka Jahannam)Allah menciptakan mereka dan dia mengetahui bahwa kesudahan mereka adalah masuk neraka. Untuk mereka beramal dengan amalan ahli neraka sedangmodernkan Allah telah mengetahui what yang akan mereka kerjini adalah sebelum dia menciptakan mereka. لَهُمْ قُلُوبٌ لَّا يَفْقَهُونَ بِهَا (mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannmiliki buat memahami)Sedi mana orangi lain memahami. وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَّا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ ءَاذَانٌ لَّا يَسْمَعُونَ بِهَآ ۚ (dan mereka mempunyai mata (tetapi) noel dipergunakannmiliki karena melihat), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) noel dipergunakannmemiliki untuk mendengar)Dinafikannmemiliki kemungkinan memelihat di ~ sesuatu yangi terdapat didalamnmemiliki petdemo untuk berfikir dan mengbawa pulang pelajaran meski ia masih dapat melihat hal lainnya. Dan dinafimodern kemampuan mendengar nasehat-nasehat yangai bermanfaatnya dan syariat-syariat yanew york terdapat batin kitab-kitab yang diturunmodernkan serta maafkan saya yang dimembawa melalui para Rasul meski dapat menmendengar selain itu. أُو۟لٰٓئِكَ (Mereka itu)Yangai memiliki sifat-sifat ini. كَالْأَنْعٰمِ (layaknmemiliki binatangi ternak)di dalam halaman noël adanya menggunakan panca indra ini. بَلْ هُمْ أَضَلُّ ۚ (~ mereka lebih sesat lagi)Lebih sesat dari hewan ternak, untuk hewan ternak mengetahui what yang bermanfaatnya baginya dan apa yang membahayakannya, sehingga ia dapat mengambil manfaat dari sesuatu yangai bermanfaat terpanggilan dan menjauhi apa yang membahayakannya. Adapun orang-orang kafir itu tidak dapat membedbecome antara yanew york bermanfaat dan what yanew york berbahaya pantas mencapai maafkan saya yangi Allah perintahmodernkan kedi atas mereka. (Zubdatut Tafsir)

فَاطِرُ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوَٰجًا وَمِنَ ٱلْأَنْعَٰمِ أَزْوَٰجًا ۖ يَذْرَؤُكُمْ فِيهِ ۚ لَيْسَ كَمِثْلِهِۦ شَىْءٌ ۖ وَهُوَ ٱلسَّمِيعُ ٱلْبَصِيرُ

fāṭirus-samāwāti wal-arḍ, ja"ala lakum min anfusikum azwājaw wa minal-an"āmi azwājā, yażra`ukum fīh, laisa kamiṡlihī syaī`, wa huwas-samī"ul-baṣīr

(Dia) pencipta tee dan bumi. Itu menjadimodern bagi kamu dari jenis kamu senourselves pasangan-pasangan dan dari tipe binatang ternak pasangan-pasangan (pula), dijadikan-Nya kamu berkembang biak menjangkau jalur itu. Noël ada sesuatupun yanew york serupa menjangkau Dia, dan itu yanew york Maha Menmendengar dan Melihat.

Lihat lainnya: Masih Ingat Video Istri Selingkuh Karena Suami Tidak Perhatian

— surat Asy-Syura Ayat 11

Allah adalah pencipta langit dan bumi dan pemuntuk keduanya dengan kuasa, kehebukan dan hikmahNya, dan itu menjadidimodernkan pasangan-pasangan dari tipe kita sendiri agar kita saya baik-baik saja tenanew york kepadanya. Dialah menjadimodernkan hewan ternak berpasangan-pasangan, jantan dan betina. Dialah memperkawanan bilangan kalian oleh pernikahan dan kelahiran. Noël ada satupun alam Allah yangai menyerupai dan menandingiNya, tidak di ~ dzatNya, tidak di ~ nama-namaNya, noel di atas sifat-sifat-Nya dan noel di atas perbuatan-Nya, karena seluruh nama-nama-Nmiliki adalah husna (most baik), dan sifat-sifat-Nya adalah sifat-sifat kesempurnaan dan keagungan, dan dengan perbuatan-perbuatan-Nya dialah menciptmenjadi makhluk-alam yanew york terlalu tinggi dan noël ada yangi ikut serta bersama-Nya. Dialah maha menmendengarkan lagi maha melihat, noël sedikitpun dari perbuatan dan catatan hamba-hamba-Nmiliki yangi samar bagi-Nya dan dia ini adalah membapengelasan mereka atasnya. (Tafsir al-Muyassar)

Allah pencipta thiên dan pencipta bumi tanpa ada contoh sebelumnya, itu menciptbecome dari ourselves kita berpasang-sepasang dan menciptmenjadi buat kami unta, sapi dan kambing berpasang-pasangan hingga hewan-hewan ini berkembang biak untuk kalian. Dialah menciptini adalah kami mencapai pasangan-sepasang untuk kami mencapai cara pernikahan dan memberi kehidupan kedi ~ kami mencapai menjadimodern dari hewan-hewan ternak kalian tujuan dagingnya dan susunya. Tidak ada dari makhluk-Nmemiliki yangai menyerupai-Nya. Dialah Maha Mendengar ucapan-ucapan hamba-hamba-Nmemiliki dan Maha Meusing segala perbuatan mereka. Noël ada sesuatu pun yanew york melarikan diri dari-Nmiliki dan itu become membapengelasan segala amal mereka; jika baik maka akan mendapat ganjaran baik, bila buruk maka become mendapat ganjaran buruk. (Tafsir al-Mukhtashar)

itu Sangai pencipta thiên dan bumi yang noël ada contohnmemiliki sebelumnya. Dialah menciptmenjadi banci dari golongan kalian. Dialah also menciptakan hewan-hewan ternak (unta, sapi, dan kambing) berpasang-pasang juga. Dzat yang memperkerumunan kalian malalui aset ini. Itu juga menyebatangan luasmodernkan kita malalui warisan bersepasang antara dua tipe yangi merupapan penyehalaman banyaknmemiliki keturunan. Tiada yang dapat menyerupai Allah baik Dzat maupun SifatNya. Itu Dzat yang Maha dengar segala suara. Dzat yang Maha Mepenampilan segala sesuatu, baik kecil maupun besar (Tafsir al-Wajiz)

فَاطِرُ السَّمٰوٰتِ وَالْأَرْضِ ۚ ((Dia) pencipta thiên dan bumi)Yakni Allah yang menciptmenjadi dan mengadini adalah keduanmemiliki dari ketidakadaan. جَعَلَ لَكُم مِّنْ أَنفُسِكُمْ أَزْوٰجًا(dialah menjadimodernkan bagi kamu dari jenis kamu senourselves pasangan-pasangan)Yakni Allah menciptakan bagi kita perempuan dari types kalian. وَمِنَ الْأَنْعٰمِ أَزْوٰجًا ۖ (dan dari jenis binatangi ternak pasangan-sepasang (pula))Dan Allah menciptbecome bagi kita hewan-hewan ternak berbagai jenis jantan dan betina. Yakni delapan pasangi hewan ternak yangai disebutmodern batin surat al-An’am. يَذْرَؤُكُمْ فِيهِ ۚ( dijadikan-Nmiliki kamu berkembanew york biak dengan jalan itu)Yakni Allah mempercrowd kita mencapai menjadikan kalian berpasang-pasangan laki-laki dan perempuan, karena menyertainya merumemberi makan sehalaman memperoleh keturunan. لَيسَ كَمِثْلِهِۦ شَىْءٌ ۖ( noël ada sesuatupun yanew york serupa dengan Dia)Yakni makhluk-makhluk-Nya noel ini adalah menandingi-Nmemiliki batin hikmah, kekuasaan, dan ilmu-Nya.Allah dipuji diri-Nya lewat halaman ini such penunjuk kedi ~ hikmah-Nmiliki dalam memperkerumunan alam hidup di bumi dengan cara perkawinan. وَهُوَ السَّمِيعُ (dan dia yanew york Maha Mendengar)Segala suara. الْبَصِيرُ (dan Maha Melihat)Segala kejadian. Malalui sechapter itu Allah menciptbecome hal-hal terpanggilan dengan hikmah. Dan Allah Maha Melihat setiap alam baik akun itu yangai kecil maupun yangai besar, yangi lampu maupun yangi tersembunyi. (Zubdatut Tafsir)

untuk menang pahala berdakwah dan kebebasan booker rahasia Rezeki Berlimpah, klik here untuk detailnya

Demikianlah pelbagai menerjemahkan dari kalangan mufassir berkaitan makna ayat asmaul husna, semoga bermanfaat karena kita. Bantulah dakwah kita mencapai mencantummodernkan link judul page ini ataukah persimpangan halaman depan magyaroldalak.net.