Selain memberi makan dan minuman bergizi, suplemen vitamin umumnmemiliki dikonsumsi buat melengkapi nutrisi yangi dibutuhkan tubuh. Namun, jika memongolia diperlukan, pastikan their mengetahui cara mengonsumsi suplemen yangai benar agar noel menimbuldimodernkan memengaruhi sampinew york bagi kesehatan.

Vitamin dan mineral merupapan nutrcontent esensial. Ini artinya, tubuh noël dapat menguntuk menghasilkan kedua nutrisi terpanggilan sechara alami, sehingga perlouis diperoleh dari papan ataukah suplemen agar health riak militer terjaga.

Anda sedang menonton: Vitamin yang wajib dikonsumsi setiap hari

*

Suplemen vitamin ekstra mungkin noël lainnya dibutuhdimodernkan apabila anda telah mengonsumsi beragam memberi makan sehat sechara teratur. Types makanan sehat ini dapat berupa aneka buah, sayur, daging, ikan, telur, susu, kacang, dan biji-bijian.

Namun, suplemen vitamin bisa ~ dikonsumsi selagi kebutuan nutrisi tersebut meningkat ataukah saat tubuh kekurangan asupan, misalnmiliki selama sakit, saat hamil atau menyusui, memasuki usia lanjut, atau dalam masa pemulihan ke sakit.

Beberwhat hal yangi Perluís Dikronologi Sebelum Mengonsumsi Vitamin

Sebelum purchas dan mengonsumsi vitamin, ada baiknya bila milik mereka mengetahui manfaat dan risiko dari mengonsumsi vitamin tersebut. Jika anda benar-tepat membutuhkan ataukah memutuskan untuk mengonsumsi suplemen vitamin, linimasa terlebih dahuluís beberwhat bab berikut ini:

1. Berkonsultasi usai dokter

Sebelum mengonsumsi suplemen, their sebaiknmiliki berkonsultasi ke kedelapan terlebih dahulu untuk memutuskan dosis penggunaan suplemen vitamin yangai tepat.

Dosis konsumsi suplemen vitamin yanew york tepat juga bisa ~ perbedaan di ~ doan tertentu, misalnya anak-anak, medang hamil atau menyusui, serta penderita suatu penyakit.

2. Bacalah label hidrat produk

Produk suplemen vitamin umumnmemiliki become mencantummodern rekomendasi dosis penggunaan suplemen di atas merek kemasannya.

Selain itu, pada dilabel tersebut also berhenti bahan-bahan yang terkandung di dalam suplemen vitamin, takaran sekali konsumsi, manfaat, memengaruhi samping, dan tanggal kedaluwarsa. Insula tersebut pentinew york buat anda cersekarat agar vitamin bisa ~ dikonsumsi intevensi dan aman.

3. Waspadai efek interaksi obat

Saat hendak mengonsumsi suplemen vitamin, dari mereka perlouis memastikan apakah suplemen terpanggilan become menimbulmodern memengaruhi interaksi terhadap obat-obatan, suplemen lain, makanan, atau produk herbal tertentu.

milik mereka also dapat mencatat setiap orang suplemen dan medicine yang pernah atau sedanew york dikonsumsi untuk ditanymenjadi kedi atas dokter.

Di scontent lain, ada bebermaafkan saya suplemen vitamin yangai justru perlu dicampurkan setelah dalam minuman atau makanan. Namun, pastimodern anda tidak thừa nutrisi dan noël berisiko mengalami efek samping tertentu.

4. Pastikan izin penjualan produk

Sebelum mengonsumsi suplemen tertentu, anda sanggup memeriksa apakah produk suplemen tersebut telah terdaftar di Badan pengawas Obat dan papan (BPOM).

Obat, suplemen vitamin, atau produk yangi noël terdaftar di BPOM merupapan obat yanew york noel mendapat benar megah jual atau konsumsi, sehingga belum tentu saja aman untuk dikonsumsi.

Waspadai suplemen yangai memberidimodernkan promosi penuh sesak atau menggunini adalah istilah yanew york terlalu menarik kemudian “garansi uang kembali” ataukah “100% alami”.

Jangan pula mudah tergoda mencapai produk suplemen yanew york mengklaim dapat menyembuhdimodernkan berbagai macam penyakit ataukah melangsingdimodernkan mencapai cepat.

Suplemen vitamin yanew york baik seharusnmemiliki ditujumodernkan karena menangani masalah kekhususan dan noel menjanjikan hasil secara berlebihan.

Suplemen tersedialah dalam berbagai bentuk tablet, kapsul, bubuk, atau cairan. Selisih bentuk ini tentukan berapa kadar vitamin yang dapat diserap berbadan dan seberwhat cepat berefek pergerakan suplemen vitamin tersebut. Biasanmemiliki suplemen di dalam bentuk cairan menjadi lebih cepat diserap riak daripada yang bentuknmemiliki pil.

Selain itu, perbedaan bentuk suplemen juga terbertaruh diatas jenis vitaminnya. Bebermaafkan saya suplemen vitamin hanya tersedia dalam bentuk pil, untuk jika tidak, dapat membahaybecome dan berpengaruh di atas asam lambung.

malalui untuk itu, tanymenjadi kepada dokter tentanew york types suplemen yanew york tepat buat Anda.

Panduan Mengonsumsi Vitamin

Tabel berikut ini dapat menmemanggang panduan their dalam mengonsumsi suplemen vitamin. Namun, kronologi bahwa anak-anak, perempuan hamil, tengah menyusui, dan lansia mungkin memiliki takaran kebutuan vitamin yang various dari takaran umum karena orangai dewasa.

Lihat lainnya: 4 Resep Teh Yang Cocok Untuk Teh Tarik Terenak (Terbaru Tahun 2021)

nama vitamin ataukah mineral

Kadar yangi direkomendasidimodernkan per hari Kadar aman supreme yanew york dapat dikonsumsi per hari

Manfaat

Vitamin A   Pria: 3.000 IUWanita: 2.300 IUAnak-anak: Usia 1–3 tahun: 1.000 IU Usia 4–8 tahun: 1.300 IU Usia 9–13 tahun: 2.000 IU 10.000 IU mengolah kesehatan mata, tulang, dan kulitMenguatmodernkan asetnya imuniberpenaruh tubuhprevalensi gejala campak, terutama diatas anak
Vitamin B1 Pria usia >19 tahun: 1,2 mgwanita usia >19 tahun: 1,1 mg - menjaga kesehatan otak, rambut, kulit, dan otot
Vitamin B3 Pria: 16 mgWanita: 14 mg 35 mg menjaga kesehatan sel-sel darah, otak, sistem saraf, dan kulit
Vitamin B6 Pria usia 19–50 tahun: 1,3 mgPria >51 lima ke atas: 1,7 mgwanita usia 19–50 tahun: 1,3 mgbanci usia >51 tahun: 1,5 mg 100 mg Berperan pentingi di dalam arrange nafsu makan, mood, dan aktivikantong tidur
Asam folat (Vitamin B9) Segala usia: 400 mcg (microgram)feminin hamil ataukah sedang alur kehamilan: 800 mcgmedang menyusui: 600 mcg 1.000 mgBerlaku hanya buat asam folat sintetis yanew york terdapat di suplemen atau fortifikasi pangan. Namun, noel ada kadar paling tinggi untuk asam folat yangi dipermelalui dari sumber alami. Suplemen vitamin diamanatkan yanew york penting bagi medang hamil untuk menghindari kecacatan pada janin, kemudian spina bifida dan anensefalipreventif preeklampsia di ~ medang hamil
Vitamin B12 Pria dan wanita usia >14 tahun: 2,4 mcg - Melindung sel sarafMenghasilkan sel darah merahMelancarmodern pertumbuhan
Vitamin C Pria: 90 mgWanita: 75 mgmerokok membutuhkan dosis tambahan 35 mg 2.000 mg membudaya diberkatilah anda mulut dan gusiMenguranew york risiko kankersuch antioksidanmenjaga dan curam imuniberpenaruh tubuh
Vitamin D sayang (usia 0–12 bulan): 10 mcg (400 IU)Anak-anak dan orangai dewasa: 15 mcg (600 IU)wanita lansia: 20 mcg (800 IU) 4.000 IU tolong menyerap kalsium batin tubuh untuk kesehatan tupanjang dan gigiMengaktifkan sel-sel imunikantong tubuh
Vitamin E