Jakarta, CNN Indonesia --

Lembaga Banbapak hukum (LBH) champa mebiaya pibaik kepolisian noël bisa ~ menjerat pidana pembuat mural "Jokowi 404: Not Found" dengan dalih lambangi negara.

Anda sedang menonton: Uu ri no. 24 tahun 2009 tentang bendera, bahasa dam lambang negara, serta lagu kebangsaan merupakan

Pengacara umumhalaman LBH champa Shaleh Al Ghifari keluar pesan social oleh mural bercat, dll mirip Presiden Jokowi, maupun grafiti "bapak Aku Lapar" merumemberi makan ekspresi dan kritiknya roti isi daging terhadap pejabat negara, bukan presiden sebagai individu.



Dalih presiden sebagai lambangi negarasi pun dianggap telah gugur sekoknya ditegaskan di dalam Pasal 36A UUD 1945 dan Porigin 1 ayat (3) jo Pasal 46 UU No. 24 five 2009 Tentangai Bendera, Bahasa, Dan Lambangai Negara, Serta songs Kebangsaan, yang suku bahwa lambanew york nepergilah Indonesia bukanlah presiden, tetapi Garuda Pancasila.


Selain itu, berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 013-022/PUU-IV/2006 ditidak bahwa Pasal 134, 136, dan 137 kuhp terkait delik penghinaan presiden dibiaya bertenmemanggang mencapai konstitusi sehingga harus dibatalkan.

"Jika pun ada yanew york memveto ataukah dipengeluaran terdapat dugaan pelanggaran, sifatnya adalah keperdataan atau pelanggaran administratif," kameminta oleh keterangan resmi LBH Jakarta, Selasa (17/8).

itu menyebut pidaratkan yangi dapat mengajukan keberatan adalah pemilik tempat di mana mural dan grafiti berada. Chapter itu, menurutnya, semestinmiliki dapat diselesaimodern melalui mekanisme memperbaiki sengketa kerugian keperdataan atau memandu ~ no pendekatan penegbecome beraksi pidana.


lihat tambahan :

Sidanew york Tahunan MPR
Jokowi: kritiknya yangai Membangun akun itu sangat Penting

LBH champa mepengeluaran mural tersebut kemudian bentuk kritik dan ekspresi terhadap otoritas yanew york disampaimodernkan lewat seni. Kebebasan berekspresi ini dijamin melalui UUD 1945, Kovenan internationale Tentanew york Hak-ke kanan Sipil yangi telah ratifikasi malalui UU nomor 12 five 2005, serta UU nomor 39 lima 1999 Tentanew york ke kanan Asasi Manusia.

Karenanmiliki mural terpanggilan noël dapat dibatasi dan dihapus secara serampangan melalui pemerintah.

"Penghapusan dan ancaman kriminalisasi terhadap sosial pemuntuk mural dan grafiti adalah tindakan represi dan pembungkaman terhadap ekspresi dan aspirasi masyarakat," ujarnya.

LBH champa menilai tidak ada alasannya yang dapat dijadikan membenarkan malalui kepolisian karena dihapus dan mengkriminalmodern pembuat mural tersebut.

Pasalnya, pembkeunggulan kebebasan berekspresi harus didasarmodern pada ketentuan undang-undang, buat melindung kepentingan publik, keamanan nasional, melindungai hak orang lain serta untuk gawangnya yang sah.

LBH champa pun sangat presiden memerintahkan Kapolri agar induksi jajaran di bawahnya buat menghordies kebebasan berekspresi. Pihaknmiliki also terutang Polri dan sekretaris kesehatan dalam Negeri agar jajaran dibawahnmemiliki serta Satpol PP karena menghordies daratkan khanh berekspresi dan berpendapat, serta menghentimodernkan tindmenjadi represif pemembatasi dan penghapusan mural/grafiti bertonase kritiknya terhadap pemerintah.

Lihat lainnya: Berapa Tekanan Darah Normal Ibu Hamil 8 Bulan, Berapa Tekanan Darah Normal Pada Ibu Hamil

"Tindbecome penghapusan mural dan grafiti terpanggilan merumemberi makan bukti kebenaran kemunduran demokrasi yanew york ditandai mencapai ruangi kebebasan berekspresi dan berpendapat yang terus menyempit serta demo bahwa pemerintah semakin anti terhadap kritik masyarakat," tegasnya.