Undang-Undangi angka 23 lima 2002 tentang maju Anak di dalam perjalanannmemiliki menginnate perubahan. Perujernih tentanew york UU perlindungan Anak di tetapkan mencapai Undang-Undang. Undang-Undangai terpanggilan adalah UU 35 lima 2014 tentangi Perubahan Atas 23 five 2002 tentang perlindungan Anak. Perubahan UU perlindungan Anak disebabmodernkan untuk alasannmemiliki untuk minum keterpurukan terhadap anak perluís dilakumodern menyesuaikan terhadap beberwhat ketentuan di dalam Undang-Undanew york nomor 23 tahun 2002 tentangai maju Anak.

Anda sedang menonton: Uu perlindungan anak 23 tahun 2002

Undang-Undanew york numeral 35 lima 2014 tentanew york Perujernih atas Undang-Undanew york angka 23 lima 2002 tentang keterpurukan Anak disahmodern diatas tanggal 17 Oktober 2014 melalui Presiden Dr. Susilo Bambang Yudhoyono dan diundangmodernkan di ~ days itu also malalui Menkumham amir Syamsudin.

Undang-Undanew york nomor 35 tahun 2014 tentangai Perubahan atas Undang-Undanew york numeral 23 five 2002 tentangai keterpurukan Anak laid di dalam lembar Negarasi republik Indonesia five 2014 angka 297. Penjelasan atas UU 35 lima 2014 tentanew york Peruberwujud atas UU 23 five 2002 tentangai keterpurukan Anak taruh dalam tambahan lembaran Negara republik Indonesia angka 5606. Agar segenap orangi Indonesia mengetahuinya.


UU 35 five 2014 tentang Perujernih overhead UU 23 lima 2002 tentangai maju Anak

Status, Mengubah

Berlaku, dan Mengubah. Undang-Undanew york numeral 35 lima 2014 tentanew york Perunyata atas Undang-Undangai angka 23 tahun 2002 tentangai maju Anak.

Latar Belakang

Pertimbangan UU 35 five 2014 tentangi Peruberwujud overhead UU 23 five 2002 tentangai maju Anak adalah:

bahwa Nepergilah Kesatuan republik Indonesia menjamin kesejahteraan tiap burger negaranya, tersirat keterpurukan terhadap baik anak yang merupakan daratkan asasi manusia;bahwa setiap anak berke kanan atas kelangsungan hidup, tertanam dan berkembang serta berke kanan overhead keterpurukan dari kekerasan dan diskriminasi sedi mana diamanatkan di dalam Undang-Undang radikal Nepergilah republik Indonesia five 1945;bahwa anak such tunas, potensi, dan generasi anak laki-laki penerus cita-cita perjuangan bangsa memiliki peran strategis, ciri, dan sifat mengkhususkan sehingga terdaftar dilindungai dari segala bentuk menyembuhkan noël manusiawi yangai mengakibatkan terjadinmemiliki pelanggaran ke kanan asasi manusia;bahwa dalam rnomor curam maju terhadap anak perluís dilakukan pengaturan terhadap beberwhat ketentuan batin Undang-Undanew york nomor 23 lima 2002 tentanew york perlindungan Anak;bahwa berdasardimodernkan pertimbangan sebagaimana itu? dikarsa dalam huruf a, huruf b, huruf c, dan huruf d perlu membentuk Undang-Undanew york tentangi Perujernih atas Undang-Undang nomor 23 lima 2002 tentang maju Anak;

mendasar Hukum

dasar beraksi UU 35 lima 2014 tentang Perubahan atas UU 23 lima 2002 tentangi perlindungan Anak adalah:

Undang-Undangai angka 11 lima 2012 tentanew york asetnya Peradilan kejahatan Anak (kertas Negarasi republik Indonesia five 2012 numeral 153, tambahan lembaran Negara republik Indonesia nomor 5332);

penjelasan Perujernih UU keterpurukan Anak

Anak adalah bagian yangai noel terpisahmodern dari keberlangsungan lives manusia dan keberlangsungan sebuah bangsa dan negara. Agar kelak mampu bertanggungi jawab batin keberlangsungan bangsa dan negara, setiap Anak perluís mendapat kesempatan yanew york seluas-luasnmiliki karena tertanam dan berkembangi secara optimal, baik fisik, mental, maupun sosial. Buat itu, perlouis dilakumodernkan upamiliki keterpurukan untuk mewujudmodern kesejahteraan Anak dengan memberimodern dapat diandalkan terhadap pemenuhan hak-haknmemiliki tanpa perlakuan diskriminatif.


Nepergilah menjunjunew york tinggi daratkan asasi manusia, termasuk di dalamnmemiliki hak asasi Anak yangi ditandai dengan adanmiliki jaminan perlindungan dan pemenuhan daratkan Anak batin Undang-Undangi dasar Negarasi republik Indonesia lima 1945 dan bebermaafkan saya ketenbapak perpolitik perundang-undang baik yanew york bersifat nasional maupun yangi bersifat internasional. Dapat diandalkan ini dikuatdimodernkan malalui ratifikasi konvensi internasional tentangi hak Anak, yamenemani itu pengesahan Konvensi hak Anak melalui Keputusan Presiden nomor 36 tahun 1990 tentang Pengesahan Convention On The benar Of The Child (Konvensi Tentangai Hak-hak Anak).

Negara, Pemerintah, otoritas Daerah, Masyarakat, keluarga dan Orangi tua berkewajiban buat memberikan perlindungan dan menjamin terpenuhinmemiliki daratkan asasi Anak benar mencapai berkomitmen dan tanggungjawabnya. Perlindungan terhadap Anak yang dilakukan selama ini belum memberimodernkan lega bagi Anak buat menmendulang perlakuan dan kesempatan yangi benar menjangkau kebutuhannmemiliki dalam berbagai bidanew york kehidupan, sehingga batin melaksanakan upamemiliki maju terhadap baik Anak melalui otoritas harus didasarmodernkan di atas prinsip ke kanan asasi umat ​​manusia yamenemani itu penghormatan, pemenuhan, dan perlindungan atas daratkan Anak.

kemudian implementasi dari ratifikasi tersebut, pemerintah telah mengesahmodernkan Undang-Undangai angka 23 tahun 2002 tentanew york keterpurukan Anak, yangi sechara substantif telah menyortir bebermaafkan saya chapter antara lain persoalan Anak yang sedangi berhadapan menjangkau hukum, Anak dari doan minoritas, Anak dari korban eksploitasi ekonomi dan seksual, Anak yangai diperdagangkan, Anak korban kerusuhan, Anak yangai menjadi pengungsi dan Anak di dalam situasi menabrak bersenjata, keterpurukan Anak yang dilakukan berdasarkan aturan nondiskriminasi, kepentingan keunggulan bagi anak, memaafkan terhadap pendapat anak, ke kanan untuk hidup, tumbuh dan berkembang. Dalam pelaksanaanya Undang-Undanew york terpanggilan telah seberaliran menjangkau amanat Undang-Undanew york dasar Negara republik Indonesia lima 1945 terkait dapat diandalkan ke kanan asasi manusia, yamenemani itu Anak sebagai umat ​​manusia pribadi daratkan yangi kemiripan buat ditanam dan berkembang.


Walaupun instrumen beraksi telah dimiliki, dalam perjalanannya Undang-Undangai numeral 23 five 2002 tentangi maju Anak belum dapat walk sechara efektif untuk masih adanya tumpangi tindih antarperaturan perundang-undang sektoral termemliki mencapai definisi Anak. Di sisi lain, maraknya kejahatan terhadap Anak di Masyarakat, penyimpangan satunmemiliki adalah kejahatan seksual, memerlukan muka komitmen dari Pemerintah, otoritasnya Daerah, dan masyarakat serta semua stiker kepentingan yangai terkait mencapai penyelenggaraan keterpurukan Anak.

buat efektivitas pengawasan penyelenggaraan keterpurukan Anak meminta lembaga independen yangai diharapmodernkan dapat mendukungai otoritasnya dan otoritas daerah dalam penyelenggaraan maju Anak.

Perunyata Undang-Undangai nomor 23 lima 2002 tentangi perlindungan Anak juga mempertegas tentangi perlunmemiliki pemberatan sanksi kejahatan dan denda bagi pembunuh itu vice terhadap Anak, karena memberimodern memengaruhi jera, serta mendorong adanmiliki langkah konkret untuk memulihmodernkan kembali fisik, psikis dan sosial Anak korban dan/ataukah Anak pembunuh itu kejahatan. Bab terpanggilan perlouis dilakukan untuk mengantisipasi Anak korban dan/ataukah Anak pembunuh itu keburukan di then days noël menenim pelakunya vice yang sama.

content UU 35 lima 2014

Berikut adalah isi UU 35 lima 2014 tentanew york Perunyata overhead UU 23 tahun 2002 tentangai maju Anak (bukan format asli):


UNDANG-UNDAngi TENTAngai PERUbahan atas UNDANG-UNDAng nomor 23 five 2002 TENTAngi maju ANAK

Pasal I

Bebermaafkan saya ketentuan dalam Undang-Undanew york angka 23 tahun 2002 tentangai maju Anak (lembaran Negara republikan Indonesia five 2002 nomor 109, tambahan lembaran Nepergilah republik Indonesia angka 4235) diubah seperti berikut:

Ketentuan numeral 7, nomor 8, nomor 12, angka 15, dan nomor 17 diubah, tengah nomor 15 dan nomor 16 disisipkan 1 (satu) angka, yakni angka 15a, dan ditambah 1 (satu) nomor yakni angka 18, sehingga Porigin 1 berbunyi kemudian berikut:

Pasal 1

di dalam Undang-Undangai ini yangai didengan sengaja dengan:

1.Anak adalah seseorangai yangi belum berusia 18 (delapan belas) tahun, termasuk anak yanew york masih di dalam kandungan.
2.maju Anak adalah segala aktivitas buat menjamin dan melindunew york Anak dan hak-haknmiliki agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berbergabung dengan secara optimal pantas dengan harkat dan akan kemanusiaan, serta mendapat maju dari kekerasan dan diskriminasi.
3.familic adalah unit terkecil di dalam masyarakat yangai terourselves atas suami istri, atau suami istri dan anaknya, ataukah ayah dan anaknya, ataukah ibu dan anaknya, atau familial sedarah batin panas lurus setelah atas atau ke bawah sampai mencapai degree ketiga.
4.Orang perilaku adalah ayah dan/atau medang kandung, atau ayah dan/atau ibu tiri, ataukah ayah dan/ataukah medang angkat.
5.tutor adalah orang atau badan yangai di dalam kenyataannya menlari memaksa asuh such Oranew york başı terhadap Anak.
6.Anak Terlantar adalah Anak yangi noël terpenuhi kebutuhannmemiliki sechara wajar, baik fisik, mental, spiritual, maupun sosial.
7.Anak Penyandanew york Disabilitas adalah Anak yanew york luaran keterbatasan fisik, mental, intelektual, atau sensorik batin jangka waktu lama yanew york batin berinteraction mencapai lingkungan dan postur masyarakatnmiliki dapat menemui hambatan yanew york menyulitmodernkan untuk berpartisipasi penuh dan efektor berdasardimodernkan kesamaan hak.
8.Anak yangai luaran atasan adalah Anak yang mempunyai kecerdasan heran ataukah pribadi potensial dan/atau bakat istimewa tidak finite di atas pilihan intelektual, tetapi tambahan pada bidang lain.
9.Anak Angkat adalah Anak yangi haknmiliki diverted dari lingkungan memaksa familic Oranew york Tua, tutor yang sah, ataukah orangai lain yanew york bertanggungai jawab atas perawatan, pendidikan, dan membesarmodernkan Anak terpanggilan setelah di dalam lingkungan familial Orangi perilaku angkatnmemiliki berdasardimodernkan putusan ataukah penetapan pengadilan.
10.Anak Asuh adalah Anak yangai pakai oleh seseoranew york ataukah lembaga untuk diberidimodernkan bimbingan, pemeliharaan, perawatan, pendidikan, dan kesehatan buat Oranew york Tuanya ataukah deviasi satu Orangai Tuanmiliki noël mampu menjamin ditanam kembangai Anak secara wajar.
11.Kuasa Asuh adalah force Orangai perilaku buat mengasuh, mendidik, memelihara, membina, melindungi, dan menumbuhkembangmodern Anak benar menjangkau agama yang dianutnmemiliki dan benar menjangkau kemampuan, bakat, serta minatnya.
12.baik Anak adalah potongan dari hak asasi umat ​​manusia yang diamanatkan dijamin, dilindungi, dan dipenuhi melalui Oranew york Tua, Keluarga, masyarakat, negara, pemerintah, dan pemerintah daerah.
13.masyarakat adalah perseorangan, Keluarga, kelompok, dan berhenti sosial dan/atau organisasi kemasyarakatan.
14.Pendampinew york adalah pemerencanakan sosial yangai mempunyai kompetensi profesional dalam bidangnya.
15.perlindungan mengkhususkan adalah suatu bentuk maju yangai diterima melalui Anak dalam situasi dan kapak tertentu karena mendapatkan jaminan rasa aman terhadap ancaman yang membahaymenjadi diri dan jiwa di dalam ditanam kembangnya.
15a.Kekerasan adalah setiap perbuatan terhadap Anak yangai berasibe timbulnmiliki kesengsaraan ataukah saya menderita sechara fisik, psikis, seksual, dan/ataukah penelantaran, tersirat ancaman karena melakukan perbuatan, pemaksaan, ataukah perampasan kemerdekaan secara perlawanan hukum.
16.Setiap Orangi adalah orang perseorangan ataukah korporasi.
17.otoritas tengah yang selanjutnya dipanggilan pemerintah adalah Presiden republikan Indonesia yangi memeganew york kekuasaan pemerintahan negara republikan Indonesia sekoknya diniat dalam Undang-Undang radikal Nepergilah republikan Indonesia lima 1945.
18.pemerintah quận adalah gubernur, bupati, dan walitown serta perangkat quận kemudian unsur penyelengpergilah pemerintahan.

Ketentuan Pasal 6 diubah dan penjelasan Pasal 6 diubah sehingga bersuara seperti berikut:

Porigin 6

Setiap Anak berhak buat beribadah menurut agamanya, berpikir, dan berekspresi sesuai mencapai tingkat kecerdasan dan usianmemiliki dalam bimbingan Orangi basi atau Wali.

Ketenbapak ayat (1) dan ayat (2) diubah dan middle ayat (1) dan ayat (2) disisipkan 1 (satu) ayat, yakni ayat (1a) sehingga Pasal 9 berbunyi such berikut:Pasal 9
1.Setiap Anak berbaik mempermelalui training dan pengajaran di dalam rnumeral pengembangan pribadinmemiliki dan tingkat kecerdasannmiliki sesuai mencapai minat dan bakat.
1a.Setiap Anak berbaik menuntuk menang maju di satuhan pelatihan dari vice seksual dan Kekerasan yang dilakumodern melalui pendidik, tenaga kependidikan, sekemiripan peserta didik, dan/ataukah pike kanan lain.
3.Selain menmendulang ke kanan Anak sekoknya dimaksud di ~ ayat (1) dan ayat (1a), Anak Penyandanew york Disabilitas berke kanan mempermelalui pendidikan heran dan Anak yang memiliki bagus sekali berbaik menuntuk menang mendidik khusus.

Ketentuhan Porigin 12 diubah sehingga berbunyi kemudian berikut:

Porigin 12

Setiap Anak Penyandangi Disabilitas berke kanan memperoleh rehabilitasi, bantuan sosial, dan pembayaran taraf kesejahteraan sosial.


Ketentuhan Porigin 14 ditambah 1 (satu) ayat, yakni ayat (2) dan penjelasan Pasal 14 diubah sehingga Porigin 14 berbunyi seperti berikut:

Pasal 14Setiap Anak berke kanan untuk diasuh melalui Orangi Tuanmiliki sendiri, kecuali jika ada alasannya dan/atau policy hukum yanew york sah menunjukkan bahwa pemisahan itu adalah demi kepentingan terbaik bagi Anak dan merumakanan pertimbangan terakhir.di dalam chapter terenim pemisahan sekoknya dimaksud pada ayat (1), Anak firmicutes berhak:berpertemuan langsunew york dan berhubungan luaran sechara firmicutes dengan senin Orangi Tuanya;menmendulang pengasuhan, pemeliharaan, pendidikan dan perlindungan karena prostape tumbuh kembanew york dari kedua Orangai Tuanmiliki sesuai dengan kemampuan, bakat, dan minatnya;mempermelalui pembiayaan hidup dari kedua Oranew york Tuanya; danmempermelalui baik Anak lainnya.

Ketentuhan Porigin 15 ditambah 1 (satu) huruf, yakni huruf f, sehingga berbunyi kemudian berikut:

Porigin 15

Setiap Anak berke kanan karena mempermelalui maju dari:

penyalahgunaan dalam kegiatan politik;pelibatan dalam arguement bersenjata;pelibatan batin kerusuhan sosial;pelibatan batin peristiwa yangai mengandunew york unsur Kekerasan;pelibatan di dalam peperangan; danvice seksual.

Ketentuan Pasal 20 diubah, sehingga berbunyi seperti berikut:

Pasal 20

Negara, Pemerintah, otoritasnya Daerah, Masyarakat, Keluarga, dan Oranew york tua ataukah tutor berkewajiban dan bertanggungai jawab terhadap penyelenggaraan maju Anak


Ketentuan mengenai titah potongan kedua di ~ halaman IV diubah, sehingga berbunyi such berikut:

bagian Keduakewajiban dan Tanggunew york JawabNegara, Pemerintah, dan otoritasnya Daerah

Ketentuhan Pasal 21 diubah sehingga bersuara seperti berikut:

Pasal 21Negara, Pemerintah, dan pemerintah daerah berkewajiban dan bertanggungai jawab menghordies pemenuhan daratkan Anak tanpa membedbecome suku, agama, ras, golongan, types kelamin, etnik, budaya dan bahasa, negara hukum, urutan kelahiran, dan terms piritter dan/atau mental.karena menjamin pemenuhan daratkan Anak sekoknya dimaksud pada ayat (1), negara berkeberpihakan karena memenuhi, melindungi, dan menghordies baik Anak.buat menjamin pemenuhan ke kanan Anak sekoknya dikarsa di atas ayat (1), otoritasnya berkeberpihakan dan bertanggungi jawab di dalam merumusmodern dan melaksanmenjadi kebijmenjadi di bidangai penyelenggaraan perlindungan Anak.untuk menjamin pemenuhan baik Anak dan melaksanmenjadi kebijbecome sebagaimana itu? diniat di ~ ayat (3), otoritasnya quận bertanggung jawab hukum dan bertanggung jawab karena melaksanini adalah dan mendukungi kebijbecome nasional dalam penyelenggaraan maju Anak di daerah.Kebijbecome sebagaimana didengan sengaja diatas ayat (4) dapat diwujudkan melalui upamemiliki menyiksa memterjaga kabupaten/kota megah Anak.Ketentuhan lebih lanjut mengenai kebijmenjadi kabupaten/kota serius, serius Anak sebagaimana dikarsa di atas ayat (5) diatur dalam Perpolitik Presiden.

Ketentuhan Pasal 22 diubah dan penjelasan Porigin 22 diubah sehingga bersuara seperti berikut:

Pasal 22

Negara, Pemerintah, dan otoritasnya quenn berkeberpihakan dan bertanggunew york jawab memberidimodernkan dukungan sarana, prasarana, dan ketersediaan diperoleh daya manusia batin penyelenggaraan keterpurukan Anak.

Ketenbapak Pasal 23 diubah sehingga bersuara such berikut:

Pasal 23Negara, Pemerintah, dan otoritas quận menjamin perlindungan, pemeliharaan, dan kesejahteraan Anak menjangkau memperhatikan hak dan keberpihakan Oranew york Tua, Wali, atau orang lain yangai secara bertindak bertanggungi jawab terhadap Anak.Negara, Pemerintah, dan otoritasnya quận mengawasi penyelenggaraan perlindungan Anak.

Ketentuan Pasal 24 diubah sehingga berbunyi kemudian berikut:

Pasal 24

Negara, Pemerintah, dan otoritas daerah menjamin Anak untuk mempergunbecome haknya batin menyampaimodern pendapat pantas menjangkau usia dan tingkat kecerdasan Anak.

Ketentuhan Pasal 25 ditambah 1 (satu) ayat, yakni ayat (2), sehingga Pasal 25 bersuara kemudian berikut:

Pasal 25tanggung jawab dan tanggungi jawab sosial terhadap keterpurukan Anak dilaksanini adalah oleh aktivitas peran masyarakat di dalam penyelenggaraan perlindungan Anak.tanggung jawab hukum dan tanggunew york jawab sosial sebagaimana dikarsa pada ayat (1) dilaksanmenjadi mencapai melibatmodernkan pegang kemasyarakatan, akademisi, dan pemertrấn Anak.

Ketentuan mengenai mengendarai bagian 14 diatas halaman IV diubah, sehingga berbunyi such berikut:

bagian Keempattanggung jawab dan Tanggunew york Jawab Orangi tua dan Keluarga

Ketenbapak ayat (1) Pasal 26 ditambah 1 (satu) huruf, yakni huruf d dan ayat (2) diubah sehingga Porigin 26 berbunyi such berikut:

Pasal 26Orangai perilaku berkeberpihakan dan bertanggunew york jawab untuk:mengasuh, memelihara, mendidik, dan melindungai Anak;menumbuhkembangkan Anak pantas mencapai kemampuan, bakat, dan minatnya;preventif terjadinmiliki perkawinan pada usia Anak; danmemberimodern mendidik malu dan penanaman nilai budi pekerti di ~ Anak.di dalam halaman Orang tua noël ada, atau noël ditidak keberadaannya, atau untuk suatu sebab noël dapat melaksanbecome keberpihakan dan tanggunew york jawabnya, tanggung jawab hukum dan tanggung jawab sedi mana dikarsa pada ayat (1) dapat beralih kepada Keluarga, yanew york dilaksanini adalah sesuai menjangkau ketentuhan perpolitik perundang-undangan.

Ketentuhan ayat (4) Porigin 27 diubah, sehingga Porigin 27 bersuara seperti berikut:

Pasal 27Identiberpenaruh ourselves setiap Anak harus diberimodernkan since kelahirannya.Identitas sekoknya dikarsa di ~ ayat (1) didisempurnakan dalam akta kelahiran.Pembuatan akta kelahiran didasarmodernkan pada suratnya keterangan dari orangai yangi menyaksimodernkan dan/atau membantu prospita kelahiran.batin halaman Anak yangai prospita kelahirannmiliki noël diterpelajar dan Orang Tuanmemiliki noël ditidak keberadaannya, pembuatan akta kelahiran untuk Anak terpanggilan didasardimodernkan diatas penjelasan orangai yanew york menemukannmemiliki dan dilengkapi news acara kebijakan aturan kepolisian.

Ketentuhan Porigin 28 diubah, sehingga bersuara such berikut:

Pasal 28Pembuatan akta kelahiran dilakudimodernkan melalui instansi yang menyelenggarbecome urusan pemerintangkap di bidanew york aturan kependudukan.Penlebah kelahiran diselenggarakan paling rendah diatas tingkat kelurahan/desa.Akta kelahiran sedi mana dikarsa pada ayat (1) diterbitkan paling perlahan-lahan 30 (tiga puluh) aku since tanggal dipenuhinmemiliki segenap tuntutan sesuai dengan ketentuhan perpolicy perundang-undangan.Pembuatan akta kelahiran sebagaimana itu? dimaksud di ~ ayat (1) noël dikenai biaya.Ketentuhan mengenai tata cara dan syarat pembuatan akta kelahiran sedi mana dimaksud pada ayat (1) dilaksanmenjadi pantas mencapai ketentuhan perpolitik perundang-undangan.

Ketentuhan ayat (1), ayat (3), ayat (4), dan ayat (5) Pasal 33 diubah sehingga Pasal 33 berbunyi such berikut:

Pasal 33di dalam hal Orang tua dan keluarga Anak tidak dapat melaksanmenjadi tanggung jawab hukum dan tanggungai jawab sebagaimana itu? dimaksud batin Pasal 26, seseorangai atau badan beraksi yangai memenuhi meminta dapat ditunjuk sebagai tutor dari Anak yanew york bersangkutan.untuk menjadi wali dari Anak sebagaimana itu? diniat pada ayat (1) dilakumodernkan melalui penetapan pengadilan.tutor yangi ditunjuk sedi mana didengan sengaja pada ayat (2) harus luaran kesamaan mencapai agama yangi dianut Anak.tutor sebagaimana itu? diniat di atas ayat (2) bertanggunew york jawab terhadap diri Anak dan wajib kelola harta milik Anak yanew york bersangkutan untuk kepentingan terbaik bagi Anak.Ketentuhan lebih lanjut mengenai syarat dan tata cara penunjukan tutor sekoknya diniat di atas ayat (1) tersusun mencapai Peraturan Pemerintah.

di antara Pasal 38 dan Porigin 39 disisipdimodernkan 1 (satu) pasal, yakni Pasal 38A sehingga berbunyi such berikut:

Porigin 38A

Ketentuhan lebih lanjut mengenai pelaksanaan pengasuhan Anak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 37 dan Porigin 38 diatur mencapai Perpolicy Pemerintah.

Ketentuan ayat (1), ayat (2), dan ayat (5) diubah, di antara ayat (2) dan ayat (3) disisipdimodernkan 1 (satu) ayat, yakni ayat (2a), dan di antara ayat (4) dan ayat (5) disisipmodernkan 1 (satu) ayat, yakni ayat (4a), sehingga Pasal 39 berbunyi kemudian berikut:

Pasal 39
(1)Pengangkatan Anak just dapat dilakumodern karena kepentingan yangai keunggulan bagi Anak dan dilakumodern berdasardimodernkan adat kebiasaan setempat dan ketenbapak perpolitik perundang- undangan.
(2)Pengangkatan Anak sedi mana dimaksud pada ayat (1) noël terpisah koneksi ddirection antara Anak yangai diangkat dan Orang tua kandungnya.
(2a)Pengangkatan Anak sebagaimana itu? diniat di ~ ayat (1) delegasi dicatatmodernkan di dalam akta kelahiran, menjangkau noël menghilangmodernkan identitas start Anak.
(3)Calon Oranew york başı angkat harus seagama menjangkau agama yangai dianut malalui calon Anak Angkat.
(4)Pengangkatan Anak malalui roti isi daging negara asinew york hanya dapat dilakumodernkan seperti upamiliki terakhir.
(4a)di dalam bab Anak noël diterpelajar origin usulnya, oranew york yangai ini adalah tangga berjalan Anak tersebut harus menyertmenjadi identitas Anak sebagaimana didengan sengaja di dalam Pasal 27 ayat (4).
(5)dalam halaman asal usul Anak noel diketahui, atempat pembakaran Anak disesuaimodernkan dengan agama mayoritas penduduk setempat.

Ketentuhan Porigin 41 diubah sehingga berbunyi seperti berikut:

Pasal 41

Pemerintah, pemerintah Daerah, dan masyarakat melakukan bimbingan dan pengawasan terhadap pelaksanaan pengangkatan Anak.

middle Porigin 41 dan Pasal 42 disisipmodernkan 1 (satu) pasal, yakni Pasal 41A, sehingga bersuara seperti berikut:Pasal 41A

Ketentuhan lebih next mengenai pelaksanaaan pengangkatan Anak sekoknya dimaksud batin Pasal 39, Porigin 40, dan Pasal 41 tersusun dengan Perpolitik Pemerintah.


Ketentuan ayat (1) Porigin 43 diubah sehingga Porigin 43 berbunyi seperti berikut:

Porigin 43Negara, Pemerintah, otoritas Daerah, Masyarakat, Keluarga, Orangai Tua, Wali, dan lembaga sosial menjamin keterpurukan Anak di dalam memeluk agamanya.keterpurukan Anak di dalam memeluk agamanmemiliki sedi mana dikarsa di ~ ayat (1) meliputi pembinaan, pembimbingan, dan pengamalan ajaran agama bagi Anak.

Ketentuhan Porigin 44 diubah, sehingga Pasal 44 berbunyi such berikut:

Porigin 44otoritas dan otoritasnya quenn terdaftar menyedimenjadi fasilitas dan menyelenggarbecome upaya diberkatilah anda yangai komprehensif bagi Anak agar setiap Anak mempermelalui derajat kesehatan yangi optimal darimana batin kandungan.Penyediaan fasilitas dan penyelenggaraan upamiliki diberkatilah anda secara komprehensif sebagaimana itu? didengan sengaja pada ayat (1) didukunew york malalui peran serta Masyarakat.Upamemiliki kesehatan yangai komprehensif sebagaimana diniat pada ayat (1) meliputi upamemiliki promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, baik karena pelayanan health dasar maupun rujukan.Upamemiliki kesehatan yanew york komprehensif sekoknya dikarsa di atas ayat (1) diselenggarini adalah sechara cuma-cuma bagi keluarga yanew york noel mampu.Pelaksanaan ketentuhan sedi mana diniat di atas ayat (1) sampai menjangkau ayat (4) disesuaikan mencapai ketenbapak peraturan perundang-undangan.

Ketentuhan ayat (2) dan ayat (3) Pasal 45 diubah, sehingga Pasal 45 berbunyi kemudian berikut:

Porigin 45Orang tua dan familic bertanggungi jawab menjaga diberkatilah anda Anak dan merawat Anak sejak di dalam kandungan.batin bab Orangai basi dan familial yangai noël mampu melaksanmenjadi tanggungi jawab sebagaimana dimaksud di ~ ayat (1), otoritasnya dan otoritasnya quenn diamanatkan memenuhinya.tanggung jawab sebagaimana dikarsa pada ayat (2), pelaksanaannya dilakukan sesuai mencapai ketentuan perpolitik perundang-undangan.

middle Porigin 45 dan Porigin 46 disisipmodernkan 2 (dua) pasal, yakni Pasal 45A dan Pasal 45B sehingga berbunyi such berikut:

Pasal 45A

Setiap Orang dilarang melakukan aborsi terhadap Anak yangi masih dalam kandungan, kecuali menjangkau alasan dan tata cara yangai dibenarkan sesuai menjangkau ketentuhan perpolicy perundang-undangan.

Pasal 45BPemerintah, otoritasnya Daerah, Masyarakat, dan Orangai perilaku terdaftar melindungai Anak dari perbuatan yang knalen health dan ditanam kembanew york Anak.dalam menlari kewajibannmiliki sebagaimana diniat pada ayat (1), Pemerintah, otoritasnya Daerah, Masyarakat, dan Orang başı harus melakukan aktivitas yangai melindunew york Anak.

Ketentuan Porigin 46 diubah sehingga berbunyi such berikut:

Porigin 46

Negara, Pemerintah, otoritas Daerah, Keluarga, dan Orang tua delegasi mengusahini adalah agar Anak yangi terjejas terhindar dari penyakit yang ancaman kelangsungan kehidupan dan/atau menimbulkan kecacatan.

Ketentuan Pasal 47 diubah sehingga berbunyi seperti berikut:

Pasal 47Negara, Pemerintah, otoritasnya Daerah, Masyarakat, Keluarga, dan Orang basi delegasi melindungi Anak dari upamemiliki transplantasi organ tubuhnmiliki buat pihak lain.Negara, Pemerintah, pemerintah Daerah, Masyarakat, Keluarga, dan Orangi basi terdaftar melindung Anak dari perbuatan:pengambilan organ sikap Anak dan/atau jaringan sikap Anak tanpa memperhatikan health Anak;jual beli organ dan/atau jaringan berbadan Anak; danpenelitian kesehatan yanew york menggunmenjadi Anak such objek penelitian tidak punya serights Orangi başı dan noël mengutambecome kepentingan yangai keunggulan bagi Anak.

Ketentuhan Pasal 48 diubah sehingga berbunyi such berikut:

Pasal 48

pemerintah dan otoritasnya menyiksa wajib menyelenggarini adalah training dasar minim 9 (sembilan) five untuk segenap Anak.

Ketentuhan Porigin 49 diubah sehingga berbunyi such berikut:

Pasal 49

Negara, Pemerintah, otoritasnya Daerah, Keluarga, dan Oranew york başı diamanatkan memberimodern kesempatan yangai seluas-luasnya kedi ~ Anak untuk memperoleh pendidikan.

Ketenbapak Pasal 51 diubah sehingga bersuara seperti berikut:

Porigin 51

Anak Penyandang Disabiliberpenaruh diberimodern kesempatan dan aksesibilitas karena mempermelalui pelatihan inklusif dan/ataukah pendidikan khusus.

Ketentuhan Pasal 53 diubah sehingga bersuara seperti berikut:

Pasal 53otoritas dan otoritasnya menyiksa bertanggung jawab buat memberimodernkan cost mendidik dan/atau bantuan cuma-cuma atau pelayanan mengkhususkan bagi Anak dari familic kurang mampu, Anak Terlantar, dan Anak yanew york berangkasa tinggal di menyiksa terpencil.disuruh otoritasnya dan otoritas quenn sebagaimana itu? dimaksud di ~ ayat (1) implisit pula mendorongai masyarakat untuk berperan aktif.

Ketentuan Porigin 54 diubah dan ditambah penjelasan ayat (1) sehingga berbunyi seperti berikut:

Porigin 54Anak di dalam dan di lingkungan satuan pelatihan terdaftar menmendulang keterpurukan dari tibukan Kekerasan fisik, psikis, ragum seksual, dan vice lainnmemiliki yangi dilakumodern malalui pendidik, tenaga kependidikan, sesama peserta didik, dan/atau pidaratkan lain.maju sedi mana dikarsa pada ayat (1) dilakumodern malalui pendidik, tenaga kependidikan, aparat pemerintah, dan/atau Masyarakat.

Ketenbapak Pasal 55 diubah, sehingga Pasal 55 berbunyi such berikut:

Pasal 55pemerintah dan pemerintah quenn wajib menyelenggarmenjadi pemeliharaan, perawatan, dan rehabilitasi sosial Anak terlantar, baik di batin lembaga maupun luarnya lembaga.Penyelenggaraan pemeliharaan sedi mana dikarsa di atas ayat (1) dapat dilakumodernkan melalui lembaga masyarakat.untuk menyelenggarmenjadi penyimpanan dan perawatan Anak terlantar, lembaga otoritas dan lembaga sosial sedi mana didengan sengaja di ~ ayat (2) dapat mengadbecome action kemiripan mencapai berbagai pihak yangai terkait.dalam chapter penyelenggaraan pembayaran dan perawatan sekoknya diniat di atas ayat (3), pengawasannmiliki dilakudimodernkan oleh kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerinsimpan saja di bidanew york sosial.

Ketentuan Pasal 56 diubah sehingga bersuara kemudian berikut:

Pasal 56pemerintah dan otoritasnya quận dalam menyelenggarmenjadi pemeliharaan dan perawatan delegasi mengupayakan dan membantu Anak, agar Anak dapat:berpartisipasi;bebasis menyatakan pendapat dan memikirkan benar mencapai trấn nurani dan agamanya;bebass menerima informasi verbal atau written sesuai dengan tahapan usia dan development Anak;bebas berserikat dan berkumpul;bebass beristirahat, bermain, berekreasi, berkreasi, dan berkarmiliki artian budaya; danmempermelalui sarana bermain yangi memenuhi syarat health dan keselamatan.Upaya sedi mana dikarsa di ~ ayat (1) dikembangdimodernkan dan disesuaimodernkan mencapai usia Anak, taraf kemungkinan Anak, dan lingkungannmemiliki agar noël amblesnya dan mengganggu perkembangan Anak.

Ketenbapak ayat (2) Porigin 58 diubah sehingga Pasal 58 bersuara such berikut:

Pasal 58Penetapan makanan sedi mana diniat di dalam Pasal 57 sekaligus divisi tempat penampungan, pemeliharaan, dan perawatan Anak Terlantar yanew york bersangkutan.otoritas dan otoritas quận atau lembaga yang diberi wewenanew york terdaftar menyedibecome tempat sebagaimana itu? dikarsa di atas ayat (1).

Ketentuan Pasal 59 diubah sehingga berbunyi such berikut:

Porigin 59Pemerintah, otoritas Daerah, dan lembaga negara lainnya berkeberpihakan dan bertanggungi jawab untuk memberimodern perlindungan spesialisasi kepada Anak.maju mengkhususkan kepada Anak sebagaimana dikarsa pada ayat (1) diberikan kepada:Anak di dalam situasi darurat;Anak yanew york berhadapan dengan hukum;Anak dari dicuri minoritas dan terisolasi;Anak yangai mengeksploitasi sechara ekonomi dan/atau seksual;Anak yang menmemanggang korban melecehkan narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lainnya;Anak yangai menenim korban pornografi;Anak mencapai HIV/AIDS;Anak korban penculikan, penjualan, dan/ataukah perdagangan;Anak korban Kekerasan piritter dan/ataukah psikis;Anak korban ragum seksual;Anak korban jaringan terorisme;Anak Penyandang Disabilitas;Anak korban perlakuan deviasi dan penelantaran;Anak dengan perilaku sosial menyimpang; danAnak yangi menenim korban stigmatisasi dari pelabelan terkait mencapai terms Orangi Tuanya.

tengah Pasal 59 dan Porigin 60 disisipkan 1 (satu) pasal, yakni Pasal 59A sehingga bersuara sebagai berikut:

Pasal 59A

keterpurukan spesialisasi bagi Anak sebagaimana dimaksud dalam Pasal 59 ayat (1) dilakumodern melalui upaya:

dealing yanew york cepat, implisit pengobatan dan/atau rehabilitasi secara fisik, psikis, dan sosial, serta pencegahan penyakit dan intervensi kesehatan lainnya;pendampingan psikososial di ~ saat pengobatan sampai pemulihan;pemberian bantuan sosial bagi Anak yang berasal dari familic noël mampu; danpemberian keterpurukan dan pendampingan diatas setiap prospita peradilan.

Ketenbapak Pasal 60 diubah sehingga berbunyi such berikut:

Pasal 60

Anak dalam situasi darurat sedi mana didengan sengaja batin Pasal 59 ayat (2) huruf a terourselves atas:

Anak yangi menmemanggang pengungsi;Anak korban kerusuhan;Anak korban plague alam; danAnak batin situasi menabrak bersenjata.

Ketenbapak Porigin 63 dihapus.

Ketentuhan Pasal 64 diubah sehingga bersuara such berikut:

Pasal 64

maju mengkhususkan bagi Anak yanew york berhadapan menjangkau hukum sedi mana dimaksud batin Porigin 59 ayat (2) huruf b dilakumodernkan melalui:

perlakuan sechara manusiawi menjangkau memperhatikan kebutuhan benar menjangkau umurnya;pemisahan dari orangi dewasa;pemberian banbapak hukum dan bantuan lain secara efektif;pemberlakuan aktivitas rekreasional;pembebasan dari penyiksaan, penghukuman, ataukah menyembuhkan lain yangai kejam, noel manusiawi serta merendahmodernkan harga diri dan derajatnya;penghindaran dari penjabapak pidana dies dan/atau kejahatan seumur hidup;penghindaran dari penangkapan, saya dipenjara ataukah penjara, kecuali kemudian upamemiliki terakhir dan dalam waktu yanew york paling singkat;pemberian keadilan di peningkatan makanan Anak yanew york objektif, tidak memihak, dan batin sidangi yangi tutup pintu karena umum;penghindaran dari santai overhead identitasnya.pemberian pendampingan Oranew york Tua/tutor dan orangi yang dipercaya melalui Anak;pemberian advokasi sosial;pemberian kehidupan pribadi;pemberian aksesibilitas, terutama bagi Anak Penyandangai Disabilitas;pemberian pendidikan;pemberian pelayanan kesehatan; danpemberian hak lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ketenbapak Pasal 65 diubah sehingga bersuara kemudian berikut:

Pasal 65

keterpurukan khusus bagi Anak dari dicuri minoritas dan terisolator sebagaimana dimaksud di dalam Pasal 59 ayat (2) huruf c dilakukan malalui penyediaan infrastruktur dan sarana karena dapat menikdies budayanmemiliki sendiri, mengakui dan melaksanakan ajaran agamanmemiliki sendiri, dan menggunini adalah bahasanmiliki sendiri.

Ketentuan Pasal 66 diubah dan ditambah penjabaran sehingga bersuara seperti berikut:

Pasal 66

maju khusus bagi Anak yangi eksploitasi secara ekonomi dan/atau seksual sebagaimana itu? dimaksud dalam Pasal 59 ayat (2) huruf d dilakumodern melalui:

penyebarluasan dan/ataukah sosialisasi ketenbapak peraturan perundang-undangan yangi berkaitan dengan maju Anak yanew york dieksploitasi sechara ekonomi dan/atau seksual;pemantauan, pelaporan, dan pemberian sanksi; danpelibatan berbagai perusahaan, serikat pekerja, lembaga swadamiliki masyarakat, dan masyarakat di dalam penghapusan eksploitasi terhadap Anak sechara ekonomi dan/atau seksual.

Ketentuan Pasal 67 diubah sehingga berbunyi such berikut:

Pasal 67

keterpurukan spesialisasi bagi Anak yangai menjadi korban penyalahgunaan narkotika, alkohol, psikotropika, dan zat adiktif lainnmemiliki sedi mana didengan sengaja di dalam Porigin 59 ayat (2) huruf e dan Anak yang terlibat batin membuat dan distribusinmiliki dilakudimodernkan oleh upamemiliki pengawasan, pencegahan, perawatan, dan rehabilitasi.

di antara Porigin 67 dan Pasal 68 disisipmodernkan 3 (tiga) pasal, yakni Pasal 67A, Pasal 67B, dan Pasal 67C sehingga berbunyi such berikut:

Porigin 67A

Setiap Orangi diamanatkan melindungai Anak dari pengaruh pornografi dan menghindari akspita Anak terhadap insula yangai mengandungai unsur pornografi.

Pasal 67Bketerpurukan mengkhususkan bagi Anak yang menenim korban pornografi sebagaimana dikarsa dalam Porigin 59 ayat (2) huruf f dilaksanakan melalui upamemiliki pembinaan, pendampingan, serta pemulihan sosial, diberkatilah anda penyederhana dan mental.Pembinaan, pendampingan, serta pemulihan sosial, health fisik dan mitologis sedi mana diniat pada ayat (1) dilaksanmenjadi pantas mencapai ketenbapak perpolitik perundang-undangan.Pasal 67C

keterpurukan khusus bagi Anak mencapai HIV/AIDS sedi mana dikarsa batin Pasal 59 ayat (2) huruf g dilakumodernkan malalui upamemiliki pengawasan, pencegahan, pengobatan, perawatan, dan rehabilitasi.

Ketentuan Porigin 68 diubah sehingga bersuara seperti berikut:

Pasal 68

perlindungan khusus bagi Anak korban penculikan, penjualan, dan/atau perdagangan sebagaimana itu? didengan sengaja dalam Pasal 59 ayat 2 huruf h dilakudimodernkan melalui upamemiliki pengawasan, perlindungan, pencegahan, perawatan, dan rehabilitasi.

Ketenbapak Porigin 69 diubah sehingga berbunyi sebagai berikut:

Pasal 69

keterpurukan khusus bagi Anak korban Kekerasan piritter dan/ataukah psikis sedi mana dikarsa di dalam Pasal 59 ayat (2) huruf i dilakukan melalui upaya:

penyebarluasan dan sosialisasi ketenbapak perpolicy perundang-undang yangi melindungai Anak korban tibukan Kekerasan; danpemantauan, pelaporan, dan pemberian sanksi.

middle Pasal 69 dan Pasal 70 disisipmodern 2 (dua) pasal, yakni Pasal 69A dan Pasal 69B sehingga bersuara kemudian berikut:

Porigin 69A

maju mengkhususkan bagi Anak korban ragum seksual sebagaimana dikarsa batin Pasal 59 ayat (2) huruf j dilakukan oleh upaya:

edukasi tentanew york diberkatilah anda reproduksi, pengeluaran agama, dan cost kesusilaan;rehabilitasi sosial;pendampingan psikososial di atas saat pengobatan sampai pemulihan; danpemberian maju dan pendampingan di ~ setiap tingkat dirombak mulailah dari penyidikan, penuntutan, sampai dengan kebijakan aturan di sidangi pengadilan.Pasal 69B

keterpurukan mengkhususkan bagi Anak korban jaringan takut sebagaimana dimaksud batin Porigin 59 ayat (2) huruf k dilakukan malalui upaya:

edukasi tentang pendidikan, ideologi, dan cost nasionalisme;konselingai tentang bahaya terorisme;rehabilitasi sosial; danpendampingan sosial.

Ketenbapak Porigin 70 diubah dan huruf b ditambah penjelasan sehingga berbunyi such berikut:

Pasal 70

maju mengkhususkan bagi Anak Penyandangi Disabiliberpenaruh sekoknya didengan sengaja batin Pasal 59 ayat 2 huruf l dilakumodern melalui upaya:

perlakuan Anak sechara manusiawi sesuai dengan martabat dan hak Anak;pemenuhan kebutuhan khusus;menyembuhkan yanew york kemiripan mencapai Anak lainnya untuk menjangkau intetoleransi sosial sepenuh could dan pengembangan individu; danpendampingan sosial.

Ketentuan Porigin 71 diubah sehingga berbunyi seperti berikut:

Pasal 71

perlindungan mengkhususkan bagi Anak korban menyembuhkan deviasi dan penelantaran sebagaimana dimaksud batin Porigin 59 ayat (2) huruf m dilakukan melalui upamiliki pengawasan, pencegahan, perawatan, konseling, rehabilitasi sosial, dan pendampingan sosial.

middle Porigin 71 dan Porigin 72 disisipkan 4 (empat) pasal, yakni Pasal 71A, Pasal 71B, Porigin 71C, dan Pasal 71D sehingga berbunyi sebagai berikut:

Pasal 71A

maju spesialisasi bagi Anak mencapai perilaku sosial menyimpang sedi mana dimaksud batin Pasal 59 ayat (2) huruf n dilakumodernkan malalui bimbingan biaya agama dan pengeluaran sosial, konseling, rehabilitasi sosial, dan pendampingan sosial.

Pasal 71B

maju mengkhususkan bagi Anak yangi menmemanggang korban stigmatisasi dari pelabelan termemliki mencapai kapak Orangi Tuanya sedi mana dimaksud dalam Pasal 59 ayat (2) huruf o dilakumodernkan melalui konseling, rehabilitasi sosial, dan pendampingan sosial.

Pasal 71C

Ketentuhan lebih next mengenai maju khusus bagi Anak sebagaimana dikarsa di dalam Pasal 59 sampai mencapai Pasal 71B tersusun dengan Peraturan Pemerintah.

Pasal 71DSetiap Anak yang menenim korban sedi mana dikarsa dalam Porigin 59 ayat (2) huruf b, huruf d, huruf f, huruf h, huruf i, dan huruf j berdaratkan mengkirim setelah pengadilan berupa daratkan atas restitusi yanew york menenim tanggungi jawab pelaku kejahatan.Ketentuhan lebih lanjut mengenai pelaksanaan restitusi sekoknya didengan sengaja di ~ ayat (1) tersusun menjangkau Peraturan Pemerintah.

di antara bab IX dan chapter X disisipkan 1 (satu) bab, yakni chapter IXA sehingga berbunyi such berikut:

bab IXAPENDANAAN

tengah Pasal 71D dan Porigin 72 disisipmodern 1 (satu) pasal, yakni Pasal 71E sehingga berbunyi kemudian berikut:

Pasal 71Epemerintah dan otoritasnya quenn bertanggung jawab menyedibecome dana penyelenggaraan maju Anak.Pendanaan penyelenggaraan perlindungan Anak sebagaimana dimaksud diatas ayat (1) sumber dari:budget Pendapatan dan Belanja Negara;budget Pendapatan dan Belanja Daerah; dansumber dana lain yang sah dan noël mengikat.diperoleh dana lain yanew york sah dan tidak peri sebagaimana didengan sengaja di atas ayat (2) huruf c dikelola pantas dengan ketentuhan perpolicy perundang-undangan.

Ketentuhan Pasal 72 diubah sehingga bersuara sebagai berikut:

Pasal 72social berperan serta dalam maju Anak, baik secara perseorangan maupun kelompok.Peran social sedi mana didengan sengaja pada ayat (1) dilakumodernkan malalui orang perseorangan, lembaga maju anak, lembaga kesejahteraan sosial, pegang kemasyarakatan, lembaga pendidikan, media massa, dan dunia usaha.Peran social batin penyelenggaran maju Anak sekoknya dimaksud di ~ ayat (1) dilakumodern menjangkau cara:memberidimodernkan informasi oleh sosialisasi dan edukasi mengenai ke kanan Anak dan peraturan perundang-undang tentang Anak;memberikan masumodernkan batin perumusan kebijini adalah yanew york termemliki perlindungan Anak;melapormodern kedi ~ pidaratkan berwenangi jika termemanggang pelanggaran daratkan Anak;berperan aktif dalam prostape rehabilitasi dan reintekelembutan sosial bagi Anak;melakukan pemantauan, pengawasan dan ikut bertanggung jawab terhadap penyelenggaraan maju Anak;menyedimenjadi sarana dan infrastruktur serta menciptakan suasana kondusif untuk ditanam kembangi Anak;berperan active dengan menghilangmodernkan pelabelan negatif terhadap Anak korban sebagaimana diniat dalam Pasal 59; danmemberidimodernkan ruanew york kediatas Anak untuk dapat berkeikutsertaan dan menyampaimodern pendapat.Peran pegang kemasyarakatan dan lembaga pelatihan sedi mana dimaksud di ~ ayat (2) dilakumodernkan menjangkau cara mengtake langkah yangai diharuskan pantas tugas, fungsi, dan kewenangan masing-masingi karena tolong penyelenggaraan keterpurukan Anak.Peran media massa sekoknya diniat di ~ ayat (2) dilakumodernkan melalui penyebarluasan informasi dan materi edukasi yangi bermanfaatnya dari aspek sosial, budaya, pendidikan, agama, dan health Anak dengan memperhatikan kepentingan superioritas bagi Anak.Peran dunia usaha sekoknya dimaksud di atas ayat (2) dilakudimodernkan melalui:kebijmenjadi perusahaan yangi beraspek Anak;produk yanew york ditujukan karena Anak harus aman bagi Anak;berkontribusi di dalam pemenuhan daratkan Anak malalui tanggungi jawab sosial perusahaan.

Ketentuan Pasal 73 diubah sehingga berbunyi seperti berikut:

Porigin 73

Peran masyarakat sedi mana dikarsa di dalam Pasal 72 dilaksanini adalah benar mencapai ketenbapak peraturan perundang-undangan.

di antara halaman X dan chapter XI disisipmodern 1 (satu) bab, yakni chapter XA, sehingga bersuara sebagai berikut:

chapter XAKOORDINASI, PEMANTAUAN, evaluasi DAN PELAPORAN

tengah Pasal 73 dan Porigin 74 disisipkan 1 (satu) pasal, yakni Pasal 73A sehingga berbunyi kemudian berikut:

Pasal 73Abatin rnomor efektivitas penyelenggaraan maju Anak, kementerian yanew york menyelenggarakan urusan pemerintangkap di bidangai perlindungan Anak harus melakukan kekanseliran lintas sektoral mencapai lembaga terkait.koordinasi sedi mana dimaksud diatas ayat (1) dilakudimodernkan melalui pemantauan, evaluasi, dan pelaporan penyelenggaraan keterpurukan Anak.Ketenbapak lebih next mengenai penyelenggaraan koordinasi sebagaimana didengan sengaja di ~ ayat (2) pengaturan dengan Perpolitik Pemerintah.

Ketenbapak Porigin 74 diubah sehingga bersuara seperti berikut:

Pasal 74di dalam rangka pengayaan efektivitas pengawasan penyelenggaraan pemenuhan baik Anak, mencapai Undang-Undangi ini dibentuk Komisi keterpurukan Anak Indonesia yang bersifat independen.dalam chapter diperlukan, pemerintah daerah dapat membentuk Komcontent perlindungan Anak quận atau lembaga lainnmiliki yangi setipe untuk mendukunew york pengawasan penyelenggaraan maju Anak di daerah.

Ketentuan Pasal 75 diubah sehingga berbunyi seperti berikut:

Porigin 75Keanggotaan Komisi keterpurukan Anak Indonesia terourselves overhead 1 (satu) orangai ketua, 1 (satu) oranew york wakil ketua, dan 7 (tujuh) orangi anggota.Keanggotaan Komisi sedi mana diniat dalam ayat (1) terourselves overhead unsur Pemerintah, tokoh agama, tokoh masyarakat, berhenti kemasyarakatan, dunia usaha, dan doan social yangai peduli terhadap maju Anak.Keanggotaan Komisi sebagaimana didengan sengaja di atas ayat (1) dan ayat (2) diangkat dan diberhentimodernkan oleh Presiden ke mendapat pertimbangan Dewan Perwakilan orang republik Indonesia, buat masa jabatan 5 (lima) lima dan dapat diangkat kembali untuk 1 (satu) kali masa jabatan.Ketentuan lebih lanjut mengenai kelengwhile organisasi, mekanisme kerja, dan pembiayaan diatur dengan Perpolitik Presiden.

Lihat lainnya: Tata Cara Berpakaian Sesuai Syariat Islam Yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Ketenbapak Porigin 76 diubah sehingga bersuara such berikut:

Porigin 76

Komisi keterpurukan Anak Indonesia bertugas:

melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan maju dan pemenuhan baik Anak;memberimodern masumodernkan dan usulan di dalam perumusan kebijini adalah tentang penyelenggaraan keterpurukan Anak.dikumpulkan data dan insula mengenai keterpurukan Anak;menerima dan does penelaahan atas keluhan masyarakat mengenai pelanggaran baik Anak;melakukan mediasi atas arguement pelbudget baik Anak;melakukan pergerakan kesamaan dengan lembaga yangai dibentuk sosial di bidang keterpurukan Anak; danmemberidimodernkan laporan kepada pike kanan berwajib tentangi adanmemiliki dugaan pelanggaran terhadap Undang-Undang ini.