Ensiklopedia ini adalah produk dari kegiatan mandiri yangai ada di Seksi Perpustakaan, Bidangi registri dan Dokumentasi, Museum Nasional di Indonesia. Platform ini digunakan dan dikembangmodernkan melalui Alfa Northeir dibantu melalui tenaga siswa/i praktek kerja Lapangan serta mahasiswa/i Maganew york yangai berbaring di referensi Museum Nasional, menggunmenjadi source code mediawiki yangi bersifat Open Source. Ensiklopeitu ini bertujuan di dalam menyampaimodernkan insula yangai ada di perpustakaan dari berwujud referensi mengenai Benda biakan sedi mana diatur malalui Undang Undang numeral 5 lima 2017 Tentangai Pemajuan Kebudayaan<1> serta benda benda galeri cagar biakan atau diduga kagar budaya seperti yanew york pengaturan oleh Undangai Undanew york nomor 11 lima 2010 Tentangi cagar budaya <2> kedi ~ masyarakat sechara darinew york seberaliran mencapai Perpolitik otoritas republik Indonesia No 20 lima 2005 Tentanew york Alih Teknologi properti intelektual Serta gawangnya kegiatan Penelitian dan Pengembangan melalui Perguruan tinggi dan Lembaga Penelitian dan Pengembangan <3>. Bermulailah dari seringnya muncul usulnya bertanya kedi ~ pengolah bahan rujukan mengenai insula galeri yang ada di ruang pamer Museum <4><5> Nasional<6><7>, maka dibuatlah ensiklopedialah ini, sehingga social dapat mengetahui sechara langsung insula koleksi. Informasi yang ada disampaidimodernkan berdasardimodernkan kediatas ketersediaan buku, serta data yang dikumpulkan dari jernih pustaka yanew york ada serta disedimenjadi tidak punya pemungutan biaya<8> menjangkau memkronologi baik wealth intelektual yangai pengaturan di dalam Undang Undang No 28 lima 2014 Tentanew york baik kekayaan intelektual <9>, Undang Undangi No 14 lima 2008 Tentangi Keterbukaan insula umumhalaman <10>, serta Peraturan otoritas republik Indonesia No 61 tahun 2010 Tentang Pelaksanaan Undangai Undang No 14 lima 2008 Tentang Keterbukaan insula hadirin <11>, juga data data yang tersebar sechara suspended (domain public)<12> dari internet melalui katalog daringai perpustakaan di Indonesia dan Luar indonesia. Diperoleh insula dapat dilkuota dari cite/bien feet serta berpesta rujukan yangi ter-link dibagian most bawah di masingi masinew york halaman.


Sejarah

historia Organisasi

Museum Nasional yang sekaranew york telah melewati historia yang panjang, dengan rentang lima dari 1778 hingga sekarang, ada dari masa Vereenigde Oostcuaca Compagnie (VoC), East Initu Company (EIC), Nederlandsch Indisch (India Belanda), lebih tinggi East Asia War (Perang Asia Timur Raya) 大東亜戦争/Dai Tō-A Sensō, hingga usai khanh republik Indonesia. Nama dari berhenti ini sepanjang historia also menginnate perunyata such Bataviaasch Genootschap, Literacy Society, Koninklij Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenscappen, Lembaga budaya Indonesia, Museum pusat serta baru menenim Museum Nasional. Selain menemani itu kepemilikmodern berhenti ini juga seringi berpcantik kemudian republik Bataviaasch (republik Batavia), Britania Ramiliki (Inggris Raya), Nederlandsch Indisch (Initu Belanda), Nippon Raya (Jepang), dan sekarang republik Indonesia.

Anda sedang menonton: Uu no 5 tahun 2017 tentang pemajuan kebudayaan

di atas masa memegang ini bernama belakang Bataviaasch Genootschap dikuasai malalui republikan Bataviaasch (republik Batavia), terdapat 148 lembaga pada 17 kanton di world yang terkait dan menginduk kesini. Memegang berhenti terpanggilan berjejaringi di dalam urusan penelitian dan berbagi sasaran mengamati di wilayah kanton yang didatangai dan memproduksinmiliki batin bentuk secara baik dan jurnal penelitian. Jaringan ini diuntuk mengetahui dengan Multinational Art and Scientific Organization. Selanjutnya pada masa pegang ini bernama Literacy Society masih berjejaring mencapai anggotanya, namun pada waktu ini, memegang dikuasai oleh Britania Raya. Kegiatannmemiliki bertambah mencapai mulai dikumpulkan dan mendata objek budaya (koleksi) yanew york ditemui di atas angkasa ruang angkasa penelitian dan observasinya. Sehingga di atas masa ini terdapat tiga (3) produk yangai dikumpulkan dan dibagi setelah seluruh dunia yakni tujuan Penelitian, Jurnal, serta Katalog informasi Objek budaya (koleksi). Aktivitas ini militer berlangsungi di atas masa pegang ini start disebut such Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenscappen dan dimenguasai melalui pemerintah Nederlandsch Indisch (Indialah Belanda), berhenti ini mendapatkan memaafkan oleh kaya Belanda karena does kelestarian budaya diwillayah jajahan sehingga di ~ terenim penamnyata pada nama organisasi menjadi Koninklij Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenscappen. Selanjutnmemiliki diatas saat perangai dunia kedua (2) pegang ini pernah diduduki melalui Nippon Ramemiliki (Jepang), sasaran penelitian dan jurnal yangai ada sempat dibuangi dan hampir dibakar, ini adalah tetapi ada usaha buat melindungai malalui pegawai berkebangsaan Pribumi mencapai menghubungi penguasa perang melalui bantuhan angkatan lautnya yanew york terbentuk di atas times itu, terbatas menggoyangkan diurungkan. Ke kekalahan Nippon Ramemiliki pada saat Peranew york Asia Timur Ramiliki memegang ini ditinggalkan begmenemani itu saja dan dikelola malalui pegawai pribumi yanew york masih ada dan pegawai kebangsaan Beltheir yangi kembali setelah champa diduduki oleh Sekutu. Hingga selanjutnmemiliki terenim perujernih nama belakang menenim Lembaga budaya Indonesia yangai mana kepemilikannmemiliki masih ada diatas otoritasnya Nederlandsch Indisch (Indialah Belanda). Diatas akhirnya, berhenti ini diserahdimodernkan perkebunan beserta pegawai pribuminmemiliki kepada otoritas republik Indonesia pada lima 1962. Di atas start memiliki oleh otoritas republikan Indonesia pegang ini bernama Museum tengah dan di atas lima 1979 berganti nama lagi menjadi Museum Nasional.

historia Kepemimpinan

VoCEiCNederlandsch Indischrepublik Indonesia

di atas lima 2020 seiring dengan kegiatan reformasi Birokrasi, terenim perubahan struktur pegang di Museum Nasional. Model pengelolaan Museum Nasional diarahmodernkan diatas aktivitasnya ke-profesi-an (dapat dilihat di ~ gambar) berikut:

Stuktur memegang Museum Nasional Permendikbud 26 lima 2020
*

Peruberwujud ini berlaku darimana 30 Juni 2020. Dapat dilihat struktur pegang menjadi rampingi daripada sebelumnya. Untuk perpustakaan saat ini berada dibawah koordinasi Kepala Tata Usaha sechara langsung.

Sarana Museum Dan Pustaka

Museum

Sarana magyaroldalak.net terbagi atas tiga (3) fungsional Bangunan yaitu: Pamer gallery dan Perkantoran, Gudang lampu dan Bimbingan non-teknis (prostape penyelesaian), dan serta Arsip Museum (prospita pengukur penyelesaian). Bangunan yangai berfungsional untuk exhibition galeri tersebut yanew york terdapat di cara Medan Merdeka west terdiri atas 3 bagunan. Gedunew york A merupakan bangunan kagar budaya) yangai berdiri disebelah selatan, Gedung B yang kedudukan disebelah utara, dan Gedungi C (prospita pengukur penyelesaian) yanew york terdapat di Timur Gedungi B. Lima 2019 Gedunew york A dan Gedung B <13><14> berfungsi kemudian Gedung Pamer koleksi dan Perkantoran, di ~ bangunan gedunew york ini terdapat koleksi museum yangi terourselves atas klasifikasi koleksi Prasejarah, koleksi Arkeologi, gallery Numismatik, gallery Tekstil, gallery Etnografi, galeri historia dan gallery geografi serta human dan Lingkungan, naskah dan Ilmu Pengetahuan, asetnya Sosial dan Pemukiman, Harta Karun dan Temuan Bawah Laut. Koleksi-gallery menyertainya tersebatang di dua gedungai dan disesuaimodern mencapai tema ruangai pamer museum. Di atas tahun 2018 moon agustus tercatat ada seratus sembilan puluh enam rmedang tiga ratus tujuh puluh enam (196.376) koleksi di Museum Nasional, hal demikian noel terlepas dari aktivitas pengembangan galeri yangai telah walk five demi tahun. Tercatat lebih start lima 1982<13> terdapat delapan puluh rtengah (80.000) koleksi, five 1993 <14> terdapat lebih kurang seratusan sembilan rmedang tiga ratusan lima puluh tiga (109.353).

Lihat lainnya: Ukuran Normal Kelenjar Getah Bening Di Leher, Kelenjar Getah Bening

Pustaka

Selain pameran, magyaroldalak.net juga menyediini adalah perpustakaan. Buat pustaka Museum Nasional terdapat pada Bangunan Pamer koleksi, tepatnmemiliki diatas Gedungai B. Terdiri overhead dua periode pelayanan perpustakaan diantaranmemiliki pustaka diganjar di lantai satu (1) dan referensi cetak dilantai enam (6). Konspirasi pelayanan perpustakaan ini dapat dilihat sebagai berikut:

*

Perpustakaan atau disebut referensi Museum Nasional telah ada since berdirinmiliki Bataviaasch Genootschap sebagai yanew york telah disebutmodernkan di bagian sejarah. Referensi ini dahulunmemiliki adalah Perpustakaan terbasi di Indonesia <15><16><17> dan se Asia Tenggarasi <18>, namun semenjak berpisah dengan bagian yangai ada di Perpustakaan Nasional saat ini menenim berbeda. Sign tanda tangan rujukan di masalalouis masih dapat ditemui, halaman demikian dapat termembuktikan dari keberadaan bahan pembawa acara yanew york ada.

Adapun berwujud rujukan tersebut merupapan gallery pustaka yanew york dimengelola Seksi Perpustakaan Bidangai menulis dan Dokumentasi di magyaroldalak.net (2019) kemudian Notulen Van de algemena en Directievergaderingen, Tijdschrift indische Taal-, Land- En Volkenkunde<19>, Verhandelingen Een studie van het Timoreesche Dooden Ritueel, Rapporten van den Oudheidkundigen Dienst in Nederlandsch – Indie, Oudheidkundig Verslag, Dagh itu terdaftar Gehouden int Casteel Batavia, Catalogus van de Boeginese dan Jaarboek. Keberadaan secara baik jarang tersebut ada dan masih dikelola mengikat menjangkau secara baik budaya lainnya. Selain dari buku berbahasa beltheir (sumber) terdapat juga booker secara baik bertema budaya serta museum. Pustaka Museum Nasional adalah perpustakaan yang bersifat khusus dan terbuka karena umum, nyata pustaka koleksi pembawa acara Museum Nasional berjumlah berbisa Dua puluh tujuh ribu dua ratus dua puluh dua (27.222 (Januari 2018)) eksemplar. Secrowd sepuluh rmedang lima ratusan lima puluh sembilan (10.559) eksemplar adalah nyata pustaka/booker Langka peninggalan dari Bataviaasch Genootschap dan Lembaga budaya Indonesia, sisanmemiliki adalah buku yangai didapat pasca penyerahan Lembaga budaya Indonesia kedi atas Nepergilah Kesabapak republikan Indonesia di ~ lima 1969. Buku-secara baik tersebut dapat diakstape di ~ katalog daringai walaupun jumlah dameminta belum secrowd jumlah riil, mulai tahun 2019 tercatat ada empat rmedang tujuh ratus tujuh puluh five (4.775) judul/eksemplar yangi sudah didaringkan, jumlah tersebut masih 9% dari total keutuhan eksemplar.

Saat sekarang (2019) rujukan Museum Nasional mencoba karena berbenah mencapai menggunakan Sistim informasi bermengurung daringai dengan cara mensinergimodern fungsional perpustakaan kemudian tempat sumber insula dan koleksi yangi ada di Museum ataukah yangi menyebar di perpustakaan lainnmemiliki yang ada di Indonesia sebagai Katalog Perpustakaan Terpadu Direktur Jendral Kebudayaan, Katalog together Kementerian mendidik budaya dan Katalog Indonesia One search Perpustakaan Nasional, sehingga dapat tersedianmemiliki pengetahuan untuk social yangai berkunjunew york nanti ruangai koleksi museum dan mengetahui deskripsi dari masingai masingi koleksi.