Pengenaan royalti untuk penggunaan songs dan/ataukah musik sechara komersial siap berjalan since UU daratkan Cipta terbit pertama kali five 1982. Pasal 3 ayat (2) PP No.56 lima 2021 arrange 14 bentuk layanan publik yangi bersifat komersial yang dikenakan royalti.

*

pemerintah terus membenahi pahatan daratkan cipta, khususnmiliki untuk lagu dan/atau musik. Belum lama ini, otoritasnya publique Peraturan pemerintah (PP) No.56 five 2021 tentangai baris Royalti ke kanan Cipta lagu-lagu dan/atau Musik. Beleid ini diterbitkan, antara lain untuk mengoptimalkan fungsional pahatan royalti baik cipta atas menggunakan ciptaan dan produk baik terkait di bidangai lagu dan/atau musik pantas ketentuhan Pasal 87, 89, dan 90 UU No.28 lima 2014 tentanew york hak Cipta.

Anda sedang menonton: Uu hak cipta no 28 tahun 2014


Misalnya, Porigin 89 (1) UU No.28 tahun 2014 refers “untuk pengelolaan Royalti hak Cipta bidangi songs dan/ataukah musik dibentuk 2 (dua) Lembaga Manajemen Kolektif Nasional yangai masing-masingai merepresentasimodern perwakilan such berikut: a. Kepentingan Pencipta; dan b. Kepentingan pemilik daratkan Terkait.”


personil ahli menteri kesehatan Bidang reformasi Birokrasi dan Regulasi Kementerian Paritempuh dan Ekonomi Kreatif, Ari Juliano Gema, mengatakan PP No.56 lima 2021 ini just mempertegas keberpihakan pembayaran royalti karena lagu dan/atau musik. Selama ini tanggung jawab pembayaran royalti memang cantik darimana berlakunmemiliki UU No.6 tahun 1982 tentangai baik Cipta, dan penarikan royalti kedi atas pengguna lagu dan/atau musik telah dilari dari 1990-an.



di dalam UU No.28 five 2014 tentang ke kanan Cipta arrange adanmemiliki lembaga manajemen kolektif (LMK) yangi berbentuk badan bertindak nirlaba yangi diberi kuasa oleh pencipta, pemegangi ke kanan cipta, dan/atau pemilik hak termemliki guna kelola baik ekonominya batin bentuk menghimpun dan mendistribusimodernkan royalti.

Lihat lainnya: Inilah Undang Undang Pemilu No 7 Tahun 2017, Inilah Undang


dialah menyebut LMK jumlahnmemiliki banyak dan kadangi cemberut pengguna songs sechara komersial. Misalnmemiliki suatu lembaga ditayangkan kerumunan disambangi LMK untuk menagih royalti, sehingga lembaga penyiaran itu bingung. Malalui karena menyertainya dibentuk LMK Nasional (LMKN) yangai berfungsi kemudian koordinator LMK.


Ari menjelaskan LMKN berwenanew york karena menarik, menghimpun, dan mendistribusimodernkan royalti dari pengguna yanew york bersifat komersial. Untuk itu, keberadaan PP No.56 lima 2021 mempertegas apa yanew york dimaksud mencapai layanan umumhalaman bersifat komersial yanew york dikenmenjadi royalti. Royalti senourselves adalah imbalan atas menggunakan ke kanan ekonomi suatu Ciptaan ataukah produk ke kanan Terkait yang diterima melalui pencipta atau pemilik ke kanan Terkait.


AD premier 9th floor, Jl. TB Simatupang No.5 Ragunan, market Minggu, sampanye Selatan 12550, DKI Jakarta, Indonesia