Letaknya di pesisir lautan Pasifik. Di potongan belakangnya, megging menjulang pegunungan Cyclops. Masyarakatnya lives dari defisit tanam dan seperti nelayan. Kampung ini berjarak 2-3 kota dari kota Jayapura mencapai ber-speedboat.

Anda sedang menonton: Usaha-usaha masyarakat dalam menjaga kelestarian lingkungan alam

nama kampung itu, Ormu Wari, satu dari empat kampungi yangai lokasi di Distrik Raveni Rara, Kabupaten Jayapura. Kampunew york ini bukan kampungi biasa. Di ~ lima 1983, kampunew york small ini mendapat tertuju Kalpataru. Pertama karena kampunew york sosial adat yangai ada di Papua.

“menteri kesehatan lingkungan lives saat itu, Emil Salim, datanew york langsung usai tempat ini. Kalpataru menyertainya yanew york pertama di Papua. Untuk masyarakatnmemiliki membudaya lingkungan menjangkau baik,” cerita Yafet Ikari, seorang ondoafi atau pemimpin adat paling tinggi di Ormu Wari. Dia juga menjabat such kepala kampungi sekaligus pendeta setempat.

Kampung Ormu Wari terbentuk dari dua sub kesukuan besar yamenyertainya Trong dan Yowari, terdiri dari keret ataukah marga Nari, Yakadewa, dan Ikari, dengan ke kanan otoritas kepemimpinan adat firmicutes berada di bawah kesukuan masing-masing.

social di Ormu Wari memanfaatkan berbagai macam types flora such tumbuhan obat-obatan, sekaligus sebagai identiberpenaruh adat dan biakan bagi social pemilik daratkan ulayat. Sepotongan terlalu tinggi masyarakatnmiliki berprofesi such nelayan dan berkebun. Jika laut sedanew york musim hujan angin dan berombak, mereka beralih action ke kebun yangai berada di lereng perbukitan Cyclops.

Kampungai ini juga terknows sebagai secara spasial penghasil tomako batu atau kapak batu. Tomako rock tangan kedua sebagai alat pembayaran bagus adat. Beberwhat warganmemiliki teruntuk mengetahui piawai kemudian pengrajin kapak batu.

Yafet, pria kelahiran 20 Januari 1971 itu, tersirat bocah jika mepenampilan usianya. Namun, itu harus mengemban amanah yang tidaklah mudah. Dialah dituntut buat menyelarasmodernkan setiap orang semoga yangai diberimodern masyarakat untuk arrange kampung, agar semakin baik lagi kedepannya.

“buat itu, itupenggunaan perlu arrange agar tidak ada lagi yangai mengtake secara kebetulan dari alam, khususnmemiliki dari pegunungan Cyclops,” ungkap Yafet Ikari kepada magyaroldalak.net Indonesia bebermaafkan saya waktu lalu.

Di setiap kesempatan, Yafet tak henti-hentinmiliki memberimodern penyadartahuan kepada masyarakatnmemiliki buat melindunew york dan melesberputar pegunungan Cyclops. such pendeta, batin setiap khotbahnmemiliki dia seringai menyertakan pentingnya penyelamatan lingkungan dari smagyaroldalak.netntent teologis.

“Dulouis kita mencapai menyudahi mepenampilan cendrawasih pagi-pagi terbang di kampung, tapi sekarangi noël ada another cendrawasih karena ulah itupenggunaan sendiri. Saya menyampaikan pesan-berita pentingnmiliki menjaga alam ini lewat gereja,” jelasnya.

Perihalaman alam harus dijaga, bukannmemiliki tidak punya alasan. Stake mengmengingat peristiwa masa silam, Yafet menyebut di suatu siangai days lima 1989, enam tahun ke mendapat diberikan Kalpatru, banjir besar menghantam Ormu Wari.

Rumah-rumah hancur diterjanew york banjir, area pemakaman terbuka. Beruntunew york tak ada korban jiwa waktu itu.

“Penyebabnmemiliki buat ada yangai memmembukanya lahan dan mengacuhkan begmenyertainya saja aturan adat yanew york sudah disampaimodernkan darimana jaman leluhur nenek moyang,” jelasnya.

Beberwhat roti isi daging waktu itu noël mengindahmodernkan policy buat noël menebangi sianosis sembarangan dan membangun kebun di pinggiran sungai. “Mereka asal buka terbuka lahan. Hasilnya terenim banjir besar,” ungkap Yafet.

*
social Ormu Wari, memdebat peraturan kampung adat tentanew york garis diperoleh damemiliki makhluk beberwhat waktu lalu. Foto: Ronald Kapisa.

Belajar dari kejadian di masa lalu terpanggilan agar tidak berulang, Yafet pun lalu duduk bersama mencapai tokoh-tokoh sosial di Ormu Wari. Menurutnya, selama ini policy adat yang ada just sekedar lisan dan just ditidak sah melalui para orangbaşı saja.

itu pun mendorongi agar politik adat dan nilai-pengeluaran kearifan leluhur dilakukan secara tertulis. Jika ada yang melanggar bemagyaroldalak.netme diberimodern sanksi adat oleh lembaga adat. Saat ini aturan written yanew york diuntuk telah selesai, tinggal menunggu pengesahan.

“untuk sanksi secara adat menjadi sesuai dengan types pelanggaran yangai diuntuk dan berdasardimodernkan proses kesepakatan dewan adat yangai ada,” kata Yafet. Pembentukan dewan adat ini sejalan dengan pembuatan perpolicy kampung adat tentang baris diperoleh damemiliki makhluk dan tambahan maju Cyclops.

Yafet menampik jika perpolicy adat hanya menjangkau melibatdimodernkan sedikit elit kampung. Menurutnmiliki segenap lapisan social harus terlibat, sehingga model yang dibangun partisipatif.

Lihat lainnya: Pakaian Adat Ulos Merupakan Pakaian Adat Yang Berasal Dari Daerah?

buat mereka yangi kehidupan luarnya kampung, Yafet pun mengirimkan surat kepada mereka turut menyepakati aturan yangai dibuat. “Agar mereka noel kehilangan akarnya, meski mereka kehidupan memutuskan jauh mencapai kami,” tutupnya.