asetnya pernapasan diatas manusia adalah aset organ yanew york used untuk mengambil napas dalam-dalam oksigen dari udara serta mengeluarmodern karbon dioksida dan basah air. Dalam prospita pengukur pernapasan, oksigen merupapan zat kebutuan utama. Oksigen buat respiratory dipermelalui dari udara di lingkungan sekitar. Alat-alat saluran pernafasan berfungsional input udara yangi mengandungi oksigene dan mengeluarmodernkan udara yanew york mengandungai karbon dioksida dan basah air. Tujuan proses saluran pernafasan yamenemani itu untuk mempermalalui energi. Di ~ peristiwa bernapas termemanggang pelepasan energi. Aset pernapasan diatas umat ​​manusia mencakup terusan respiratory , mekanisme respiratory dan perambahan asetnya pernafasan.

Anda sedang menonton: Urutan alat pernapasan dari luar ke dalam pada manusia adalah

A. Alat ataukah terusan Pernafasan Manusia

terusan respiratory atau tractus respiratorius (respiratory tract) adalah bagian body yangi berfungsional kemudian secara spasial lintasan dan tampat pertukaran gas yanew york diperlukan karena prostape pernapasan. Terusan ini berpangkal di ~ hidung atau mulut dan berdi atas di ~ paru-paru. Urutan terusan pernapasan adalah kemudian berikut: lubang hidunew york - Pharing - Larynew york - Trachea - Bronkus - Bronchiolus - Alveolus- Paru-paru/Pulmo. Kronik gambar di bawah ini :

*

1. Rongga Hidunew york (Cavum Nasalis)

publik hidunew york berlapis selaput lendir berfungsi penangkap benda asing yangai dilampiri lewat kanal pernapasan, di dalamnmemiliki terdapat kelenjar minyak (kelenjar sebasea) dan kelenjar kermengingat (kelenjar sudorifera). Terdapat haar kekurangan dan kental yang berfungsional menyarinew york pitem feses yanew york dilampiri bersama udara. Terdapat konka yangi mempunyai crowd kapiler darah yangai berfungsi menghangatmodern udara yangai masuk (such heatter)

2. Faringi (pangkal tenggorokan)

Farinew york merumemberi makan percavin window 2 saluran berupa nasofarings potongan dore saluran pencernaan dan (orofarings) diatas bagian belakang. Di ~ kembali faring terdapat laringai (tekak) angkasa terletaknmemiliki pita voice (pita vocalis). Masuknya udara oleh faringi become berakibat band voice (Laring) streatingmalaysia dan termendengarkan kemudian suara.

3. Laring

Laringai ini terdapat middle farinew york dan trakea. Dindingnmiliki terdiri dari 9 buah tulang rawan. Di dalamnmemiliki terdapat epiglotis dan band suara . Di ~ saat untuk kita saya menelan makanan, epiglotisnmiliki ditutup agar pakan mungkin diarahmodernkan nanti kerongkongan, sehungga itupenggunaan engga keselek Tetfire harus hati-trấn ! jika mbecome stake omong dapat mengakibatmodern memberi makan dilampiri nanti terusan respiratory ( Keselek) karena kanal pernapasan di ~ saat terpanggilan sedang terbuka. Walaupun demikian, saraf kita akan arrange agar peristiwa menelan, bernapas, dan omong noel terenim bersamaan sehingga mengakibatkan intervensi kesehatan.

4. Tenggorodimodernkan (Trakea)

Tenggorodimodernkan berupa jitu yang panjangnmiliki ± 10 cm, tersoroh sebagian di leher dan sebagian di publik dada (torak). Dinding tenggorokan tipis dan kaku, dikelilinew york melalui cincin tulang rawan, pada bagian di dalam rongga terdapat epithel bersilia. Silia-silia ini berfungsional menyaringai benda-benda asingai yanew york dimasukkan ke kanal pernapasan.

5. Cabang-cabang Tenggoromodernkan (Bronki/bronchus)

Merumakanan cabanew york Tenggorodimodernkan (trakea) bercabangai menenim dua bagian, yaakun itu bronkus kanan dan bronkus kiri structure lapisan mukosa bronkus kemiripannya mencapai trakea, hanya tulang rawan bronkus bentuknmiliki noël teratur dan di atas bagian bronkus yangi lebih geram ronde tulang rawannmiliki melingkari lumen menjangkau sempurna. Bronkus bercabang-cabang another menmemanggang bronkiolus.

6. Alveolusalveolusmrumemberi makan structure berbentuk bola-nol mungil atau gelembungparu-paru yanew york diliputi malalui pembuluh-pembuluh darah. Epitel pipih yangmelapisi alveoli mudah darah di dalam kapiler-kapiler ddirection mengikatoksigen dari udara di dalam lubang alveolus.

*

7. Paru-paru (Pulmo)

*

Paru-paru terletak di dalam publik dada bagian atas, di bagian sampingai dibatasi oleh otot dan rusuk dan di bagian bawah dibatasi melalui diafragma yangai berotot kuat. Jaringan paru-paru berstructure seperti spon yangai elastis menjangkau menyiksa permukaannya dalam yangi mendesak besar buat pertukaran gas. Paru-paru kanan terdiri dari 3 lobus, sedangmodern paru-paru kiri terdiri dari 2 lobus. Setiap lobus terdiri dari bagian yang lebih small dipanggilan lobulus. Paru-paru dipesan melalui bronkiolus, alveolus, jaringan elastik, dan pembuluh darah. Di di dalam paru-paru, bronkiolus bercabang-cabanew york halus mencapai diameter ± 1 mm, dindingnmemiliki makin mejeruk nipis jika dibandingai dengan bronkus. Bronkiolus noel mempunyi tulang rawan, tetfire rongganmemiliki masih mempunyai silia dan di bagian ujung mempunyai epitel berbentuk kubus bersilia. Di ~ potongan distal kemungkinan noël bersilia. Bronkiolus berberanjak diatas gugus kantung udara (alveolus) Alveolus terdapat diatas ujungai akhir bronkiolus berupa kantonew york kecil yangai salah satu sisinmiliki suspended sehingga menyerupai busa ataukah mirip saranew york tawon. Oleh untuk alveolus berselaput tipis dan di smenyertainya crowd bermulut kapiler ddirection maka memungkinkan terjadinmemiliki diffusive gas pernapasan Paru paru disusun melalui otot otot pernafasan otot major :M.Intercostalis, M.Diafragmatika dan otot tambahan : M.Pectoralis mayor, M.Pectorterbawanya minor, M. Latisimus dorsi, M. Sternocleidomastoideus.

7. Pleura

Pleura merumemberi makan selaput mengemas paru, terdiri atas : Pleura Viscerale : melekat pd paru-paru , selaput bagian dalam yangi langsung menyelaputi paru-paru dipanggilan pleura di dalam Pleura Parietale : melapisi dindingi dada Pleura Costdahi : melapisi iga-iga , berupa selaput yangi menyelaputi publik dada yangai bersebelahan mencapai tupanjang rusuk dipanggilan pleura luar Pleura Diafragmatika : melapisi diafragma Pleura Servicterbawanya : berbohong di leher Antara selaput luar dan selaput batin terdapat lubang bercontent cairan pleura yanew york berfungsi such pelumas paru-paru Cairan pleura berasal dari plasma darah yangi dilampiri secara eksudasi. Dindinew york rongga pleura bersifat permeabilitas terhadap air dan zat-zat lain.

B. Mekanisme Pernapasan

respiratory adalah suatu prospita pengukur yangai terenim sechara otomatis walau dalam keadaan tertidur sekalipun karna aset respiratory dipengaruhi oleh susunan saraf otonom. Menurut secara spasial terjadinya pertukaran gas, maka pernapasan dapat dibedbecome atas 2 jenis, respiratory luar (Eksternal) terjadinya pertukaran udara antara udara batin alveolus dengan darah batin kapiler saluran pernafasan di dalam (Insternal) adalah pertukaran udara antara darah batin kapiler mencapai sel-sel tubuh.

*

*

diambil masuk udara batin paru-paru dipengaruhi malalui perbedaan desakan udara di dalam lubang dada dengan tekanan udara keluar tubuh. Jika tekanan di luar lubang dada lebih besar maka udara become masuk. Sebaliknya, apabila tekanan dalam publik dada lebih geram maka udara become keluar. Di dalam saluran pernafasan selalu termemanggang dua siklus, yamenyertainya ilham (mengambil napas dalam-dalam udara) dan ekspirasi (mengeluardimodernkan udara). Berdasarkan cara melakukan ilham dan ekspirasi serta ruang angkasa terjadinya, manusia dapat does 2 mekanisme pernapasan, yamenemani itu saluran pernafasan dada dan pernapasan perut. Respiratory dada dan perut terjadinmemiliki secara bersamaan

*

1. Pernapasan Dada

pernapasan dada adalah respiratory yang melibatmodern otot antartupanjang rusuk. Mekanismenmemiliki dapat dibedmenjadi seperti berikut.

a.pernapasan dada inspirasi.

panggung ini berupa berkontraksinmemiliki otot antar tupanjang rusuk (Inter Costae) Kontraksi ini membuat rusuk naik mengangkat Terangkatnmemiliki rusuk memuntuk publik dada membesar buat rongga dada membesar desakan udara di publik kecil Akibatnya tekanan dalam rongga dada menenim lebih kecil daripada tekanan di luar sehingga udara luar yangi kerajaan oksijenderal masuk. Mekanisme ilham saluran pernafasan dada kemudian berikut: Otot antar tupanjang rusuk (muskulus intercostterbawanya eksternal) berkontraksi --> tupanjang rusuk mengangkat (posisi datar) --> Paru-paru mengembangi --> desakan udara batin paru-paru menmemanggang lebih kecil dimembandingkan desakan udara luar --> udara luar dimasukkan nanti paru-paru.

b. Pernapasandada ekspirasi.

fase ini merupakan phase relaksasi atau kembalinmemiliki otot antara tulang rusuk nanti posisi akuarium yanew york dikuti melalui turunnmiliki tupanjang rusuk sehingga publik dada menenim kecil. Seperti akibatnya, tekanan di di dalam rongga dada menenim lebih besar daripada tekanan luar, sehingga udara dalam rongga dada yang kaya karbon dioksida keluar. Mekanisme ekspirasi respiratory dada adalah sebagai berikut: Otot antar tupanjang rusuk relaksasi --> tulang rusuk menurun --> paru-paru menyusut --> tekanan udara di dalam paru-paru lebih geram dibandingkan mencapai desakan udara luar --> udara keluar dari paru-paru.

2. Pernapasan Perut

saluran pernafasan perut merumemberi makan saluran pernafasan yangai mekanismenmiliki melibatdimodernkan aktifitas otot-otot diafragma yangai cakupan lubang perut dan rongga dada. Mekanisme saluran pernafasan perut dapat dibedmenjadi menenim dua tahap yakni kemudian berikut.

a. Pernapasan perut inspirasi.

melangkah ini berupa berkontraksinmiliki otot diafragma sehingga rongga dada membesar, akibatnmemiliki desakan di dalam publik dada menenim lebih small daripada tekanan keluar sehingga udara luar yanew york kerajaan oksijenderal masuk. Mekanisme inspirasi saluran pernafasan perut sebagai berikut: sekat rongga dada (diafraghma) berkontraksi --> posisi dari melengkung menjadi mendatar --> paru-paru mengembanew york --> tekanan udara dalam paru-paru lebih small dimembandingkan tekanan udara luar --> udara masuk

b. Respiratory perut ekspirasi.

phase ini merupapan melangkah relaksasi atau kembalinmemiliki otot diafragma ke posisi lebih baru yanew york dikuti malalui turunnmiliki tupanjang rusuk sehingga publik dada menenim kecil. Sebagai akibatnya, tekanan di di dalam lubang dada menenim lebih besar daripada desakan luar, sehingga udara dalam publik dada yanew york empire karbon dioksida keluar. Mekanisme ekspirasi saluran pernafasan perut such berikut: otot diafragma relaksasi --> poscontent dari mendatar back melengkungi --> paru-paru mengempis --> tekanan udara di paru-paru lebih besas dibandingkan tekanan udara luar --> udara disetujui dari paru-paru

C. Nada dan Kapasiberpenaruh Paru-Paru

nada udarayang dipernafaskan sangat bervariasi, sechapter dipengaruhi melalui cara dan kekuatanseseorangi does respirasi. Di atas oranew york dewasa,volumeparu-paruberkisar antara 5 – 6 liter. Udara yangdipernafaskan melalui tubuh dapat yg menggiurkan menjadi:

a.ton Tidal (VT) : selang udara yangai disetujui dimasukkan paru-paru seperti akibataktivitas respiratory biasa (500 cc).

b.VolumeKomplementer (VK) : selang udara yangi masih dapat dimasukkan secara maksimal kebatin paru-paru nanti inspirasi biasa (1500 cc) .

c.VolumeSuplemen (VS) : selang udara yang masih dapat dihembuskan secara maksimal daribatin paru-paru usai melakukan ekspirasi biasa (1500 cc) .

d.ton Residu(VR) : ton udara yangi selalu tersisa di batin paru-paru ke melakukanekspirasi sekuat-kuatnmemiliki (1000 cc)

e. KapasitasVital (KV) : volume udara yangai dapat dihembusdimodernkan sekuat-kuatnmemiliki setelahmelakukan ilham sekuat-kuatnmiliki (KV = VT + VK + VS).

f. Kapasitasikasar (KT) : selang kasar udara yanew york dapat tertampunew york di batin paru-paru (KT =KV + VR)

D. Frekuensipernapasan

adalah intensikantong input ataukah mengeluarmodernkan udara per menit, dari di dalam nanti luar riak atau dari luar nanti dalam tubuh. Diatas umumnmiliki intensikantong pernapasan di atas umat ​​manusia berkisar antara 16 - 18 kali. Beberapa faktor-faktor yanew york mempengaruhi kecepatan frekuensi respiratory adalah: Usia : Balita luaran frekuensi saluran pernafasan lebih cepat dibandingkan manula. Semakin bertambah usia, intensitas respiratory ini adalah seincreasingly menurun. jenis seks : Laki-laki memiliki frekuensi saluran pernafasan lebih cepat dibandingkan perempuan. temperamen tubuh : Semakin tinggi perangai tubuh (demam) maka frekuensi respiratory ini adalah seincreasingly cepat. Posisi tubuh: Frekuensi pernapasan meningkat saat berjalan atau bergyeongju dimembandingkan posisi diam. Frekuensi respiratory poscontent berdiri lebih cepat dimembandingkan posisi duduk. Frekuensi respiratory posisi tidur terlentar lebih cepat dimembandingkan posisi tengkurap. Aktivitas : Semakin tinggi aktivitas, maka frekuensi saluran pernafasan ini adalah seincreasingly cepat.

E. Mekanisme Pertukaran Oksigen dan Carbondioksida

*

1. Pertukaran oksigen

Kebubapak oksijenderal setiap sendiri berbeda-beda terhang di ~ umur, aktivitas, bobot badan, tipe seks dan jumlah makanan yang dikonsumsi . di dalam keadaan biasa jumlah oksigene yanew york dibutuhkan sebanyak 300 ml peraku per individu. Tentang 97% oksigene yanew york dilampiri ke batin ddirection akan diangkut oleh hemoglobin/eritrosit, . Oksigen yangai terikat di dalam Hb dikenal dengan oksihemoglobin (HbO2).mencapai reaksi such berikut: Hb4 + 4 O2 -----> 4 HbO2 sedangkan yanew york 2-3 % lagi become larut dan diangkut melalui plasma darah. Prostape paksaan dan pelepasan oksigene dipengaruhi melalui desakan oksigen, kadar oksigen, dan kadar carbondioksida di jaringan tubuh, dan terenim sechara difusi Prospita pengukur diffusive berlangsungai sederhana, yaitu hanya menjangkau gerini adalah molekul secara bebas, melalui membran sel dari konsentrasi tinggi atau tekanan ditinggikan ke konsentrasi inferioritas atau tekanan rendah. Prosesnya dapat dijelaskansebagai berikut: desakan oksigene di udara(PO2=160 mmHg) , dalam alveolus (PO2=105mmHg). Di arteri 100 mmHg, di jaringan 40 mmHg, di vena lebih small 40 mmHg. Enim karna tekanan parsial oksijenderal berbeda, maka hemoglobin become mengangkut oksigen sampai ke jaringan tubuh. Di di dalam sel-sel tubuh, oksigen used buat proses respirasi di dalam mitokondria sel. Semakin kawanan oksigen yangai tangan kedua melalui sel-sel tubuh, semakin kerumunan karbondioksida yangi terbentuk dari proses respirasi. Berwhat cc O2 yang dapat diangkut melalui 5 liter darah, sekian beredar setelah seluruh tubuh?

- Setiap 100 cc darah di arteri mampu medium 19 ccO2.- ke sampai di vena setiap 100 cc ddirection masih mengandungi O2 sekerumunan 12 cc- enim nada O2 yangi tertinggal di jaringan adalah 7 cc- Jika nada darah ada 5 liter, atau 5000 cc, maka volume O2 yangai sampai kejaringan terlalu banyak siklus adalah: 5000 /100 x 7 cc = 50 x 7 = 350 cc2. Pertukaran Karbondioksida

Prospita pengukur respirasi sel di jaringan berbadan ini adalah mengmembuat karbondioksida, hal ini berakibat tekanan parsial karbondioksida (PCO2) batin sel sikap lebih tinggi dibandinew york di kapiler vena, sehingga CO2 bedifusi nanti vena dan di membawa nanti paru-paru Prosesnmiliki sebagai berikut : P.CO2 di jaringan sikap = 60 mmHg , P. CO2 di vena = 47 mmHg , P. CO2 di alveolus= 35 mmHg) ataukah luar riak = 0.3 mmHg, untuk selisih desakan parsial tersebut, didefinisikan CO2 become hasil dari sikap oleh ekspirasi Pengangkutan CO2 oleh darah dilakumodern 3 cara yaitu:

a. Oleh plasma darah CO2 + H2O H2CO3, Pengangkutan ini ditolong enzimkarbonat anhidrase jumlah CO2 yang dapat diangkut sekawanan 5 %b. Melalui Hemoglobin CO2 + Hb -----> HbCO2 (Karbominohemoglobin)c. Pertukaran klorida : CO2 + H2O -------> HCO3- H2CO3 -------> H+ dan HCO3- H+ di ikat Hb, krn bersifat meracuni di dalam sel- HCO3 --------> ke plasma darah- HCO3 ---------> diganti malalui Cl- , (selengkapnmemiliki dibaca diasetnya eksresi)

F. Kelainan dan penyakit di atas warisan saluran pernafasan Manusia

Bebermaafkan saya kelainan dan penyakit pada warisan respiratory manusia antara lain seperti berikut: Asma adalah perambahan di atas lubang kanal pernapasan yangai diakibatkan melalui kontraksi otot polos di ~ trakea dan mengakibatmodernkan penderita sulit bernapas. Ditandai mencapai kontraksi yangai kaku dari bronkiolus . Asma biasanmemiliki disebabmodernkan melalui hipersensitivas bronkiolus (disebut asma bronkiale) terhadap benda-benda asinew york di udara. Penyebab penyakit ini tambahan dapat termemanggang dikarenakan faktor psikis dan diseases menurun.

*

Tuberkulosis (TBC) : merumemberi makan penyakit kekhususan yanew york disebabmodernkan melalui kolitis Mycobacterium tuberculosae. Kolitis ini dapat menyerangai setiap orang organ tubuh, tetfire yang paling seringai adalah paru-paru dan tulang. Penyakit ini menyebabkan prospita diffusive oksigene yanew york tidak nyaman karena adanmemiliki bintik-bintik kecil di ~ dindingai alveolus. Keadaan ini disebabkan : · maju kerja sepotongan otot respiratory yang berfungsional untuk pertukaran udara paru-paru · Menguranew york kapasitas vital dan kapasikantong pernapasan · Menguranew york luas permukaannya membran pernapasan, yangi akan curam ketebalan membran pernapasan sehingga menimbulmodernkan penurunan kapasitas diffusive paru-paru Faringitis : merumakanan peradangan di atas faring sehingga meningkatkan rasa nyeri diatas waktu meneguk memberi makan ataupun kerongkongan terasa kering. Gangguan ini disebabmodern melalui diencerkan bakteri atau virus dan dapat tambahan disebabmodern terlalu kerumunan merokok. Bakteri yang biasa menyerangi penyakit ini adalah Streptococcus pharyngitis.

*

Bronkitis : penyakit bronkitis untuk peradangan pada bronkus (terusan yanew york memmembawa udara menyundul paru-paru). Penyebabnmiliki mungkin untuk infeksi kuman, kolitis atau virus. Penyehal lainnmiliki adalah asap rokok, debu, atau mengotori udara.

*

radang paru-paru : adalah peradangan paru-paru sesuai alveolus biasanmemiliki terdileburkan oleh cairan dan eritrosit berlebihan. Dileburkan disebarkan melalui kolitis dari satu alveolus usai alveolus lain hingga dapat mediskursif nanti seluruh lobus ~ seluruh paru-paru. Umumnya disebabdimodernkan oleh radang usus besar streptokokus (Streptococcus), Diplococcus pneumoniae, dan bakteri Mycoplasma pneumoniae.

*

Emfisema Paru-paru : disebabmodern untuk hilangnya elastisitas alveolus. Alveolus sendiri adalah gelembung-gelembung yangi terdapat batin paru-paru. Diatas penderita emfisema, selang paru-paru lebih besar dimembandingkan mencapai orang yangai sehat karena karbondioksida yang seharusnmemiliki hasil dari paru-paru termenangkap didalamnya. Asap rokok dan saya dirampas enzim alfa-1-antitripsin adalah penyechapter dirugikan elastisiberpenaruh pada paru-paru ini.

*

Dipteri : merupapan penyakit dileburkan yanew york disebabdimodernkan melalui radang usus besar Corynebacterium diphterial yangi dapat menimbuldimodernkan penyumbatan di atas rongga faringi (faringitis) maupun laringi (laringitis) malalui lendir yang diuntuk menghasilkan malalui radang usus besar tersebut.

*

Asfiksi : adalah intervensi di dalam pengangkutan oksigene ke jaringan yang disebabkan terganggunmemiliki fungsional paru-paru, pembuluh darah, ataupun jaringan tubuh. Misalnmemiliki alveolus yangai terisi air untuk seseorang tenggelam. Perambahan yanew york lain adalah keracunan karbon monoksida yangi disebabmodernkan buat hemoglobin lebih mengikat karbon monoksida sehingga pengangkutan oksigene dalam ddirection berkurang. Kanker Paru-paru : penyakit ini merupapan pertumbuhan sel kanker yanew york noël terkendali di dalam jaringan paru-paru. Kanker ini mempengaruhi pertukaran gas di paru-paru dan menjalar ke seluruh bagian tubuh. Merokok merumakanan penyebab kepala dari sekitar 90% kasus kanker paru-paru diatas pria dan kyung 70% kasus diatas wanita. Semakin banyak rokok yang dihisap, seincreasingly besar mempertaruhkan untuk beruang kanker paru-paru. Tetapi tidak menutup kemungkinan merokok pasif pun menginnate diseases ini. Penyebab lain yangi memicu diseases ini adalah penderita menghirup debu asbes, kromium, produk petroleum, dan radiasi ionisasi.

G. Aset pernapasan diatas Hewan1. Respiratory diatas hewan avertebrataa. Asetnya respiratory di ~ Porifera

pada porifera, air yang membawa oksigene masuk melalui pori-berlutut berbadan (ostium) lalouis memasukkan usai koanosit sechara difusi. Di dalam mitokondria di ~ sel koanosit, oksijenderal used karena mengurai molekul penting menjadi molekul anorganik yangai disertai pelepasan karbon dioksida. Karbon dioksida dimembawa keluar melalui air melalui spongosoel laluís persimpangan oskulum di dalam mitokondria sel koanosit.

b. Aset saluran pernafasan di atas Moluska

Hewan anggota filum moluska terdiri dari dua kelompok yamenyertainya moluska darat dan moluska air. Moluska darat kemudian bekicot, berpernafasan mencapai paru-paru. Sedangkan moluska air kemudian kerangai bernapas menjangkau insang.

c. Warisan pernapasan di ~ Arthropoda

Filum arthropoda terdiri dari 4 kepengelasan yamenemani itu crustacea, myriapoda, arachnida, dan insekta. Crustacea (udanew york dan kepiting) bernapas menjangkau insang, myriapoda (lipan dan luwing) bernapas mencapai trakea, arachnida (laba-keuntungan dan kalajengking) bernapas dengan paru-paru buku, insekta (serangga) berpernafasan mencapai trakea.

*

d. Aset saluran pernafasan di atas Cacing

Cacingi noël memiliki alat pernapasan khusus. Sehingga oksigen harus berdiffusive melalui kulit untuk dilampiri setelah batin kapiler darah. Karbon dioksida juga diambil oleh kulit. Prospita saluran pernafasan semacam ini dipanggilan pernapasan integumenter. Cacinew york luaran permukaan yanew york licin supaya militer lembap sehingga memudahkan terjadi pertukaran gas.

e. Aset pernapasan diatas Echinodermata

Hewan-hewan echinodernata kemudian bintanew york laut, landak laut, dan mentimmunitas laut kehidupan di air laut, bermengambil napas dalam-dalam dengan insang kulit.

2. Asetnya respiratory di atas Vertebrata

a. Sistem saluran pernafasan di ~ Ikan

Imodernkan pribadi alat pernapasan berupa insang.

b. Asetnya saluran pernafasan di atas Amfibi

deviasi satu contoh hewan amfibi adalah katak. Amfibi dapat kehidupan di air dan darat. Sehingga alat pernapasannmiliki berupa paru-paru, kulit, dan insang. Katak di atas waktu masih larva bernapas menjangkau insangai luar. Diatas masa berudu terbentuk insang dalam. Katak kematangan bernapas dengan paru-paru dan kulit.

c. Asetnya pernapasan di atas Reptil

Reptil pribadi tool saluran pernafasan berupa paru-paru. Paru-paru reptil dikelilingai melalui lubang dada yangi dilindung malalui tupanjang rusuk. Reptil memiliki kulit yanew york bersisik atu kerinew york sehingga sulit ditembus malalui air. Bab ini menyebabkan cairan yangai hipanjang melalui kulit mendesak sedikit sehingga reptil mampu bersimpan saja lives di ~ habitat yang kering.

d. Asetnya respiratory pada Burung

warisan saluran pernafasan burung terdiri dari lubangi hidung, paru-paru, trakea, kantungai udara depan, dan kantungai udara belakang. Kantungi udara berfungsi sebagai alat respiratory di atas saat terbang, tolong memperterlalu tinggi ruanew york siringai sehingga memperkeras suara, mempersiapkan memuat types tubuh, dan menyortir suhu tubuh.

e. Sistemrespiratory di ~ Mamalia

warisan saluran pernafasan pada mamalia mirip mencapai asetnya saluran pernafasan di atas manusia. Menyertainya untuk human juga implisit mamalia. Respiratory menggunbecome paru-paru.

H. Praktikum Respirasi di ~ seranggajudul praktikum : respirasi diatas serangga.hasil percobaan :

Mengetahui banyaknmemiliki oksigene yangai dibutuhkan malalui serangga (jangkrik) . Mengetahui faktor-faktor yangai mempengaruhi respirasi diatas serangga (jangkrik)

alat dan berwujud :

Respirometer sederhana mencapai jitu berstentu saja ,Stopwatch,.Pipet tetes, Kapas, Plastisin, Eosin ,Jangkrik dan keputusan KOH/NaOH

Cara pergerakan :

*

Siapmodernkan tool dan nyata dan susunlah instrumen such cat, dll di atas, caranmemiliki sebagai berikut: Bungkus kristal KOH/NaOH menjangkau kapas, then masukmodern setelah dalam tabungi respirometer then masukdimodernkan jangkrik yangai cantik ditimbangi setelah dalam tabunew york respirometer Tutup tabungai respirometer kemudian sambungan penutupnya diberry plastisin agar noel ada udara yangai dimasukkan dan keluar Tetesi eosin diatas ujung snile respirometer menjangkau menggunakan pipet tettape secukupnya Ukur pergermenjadi eosin menjangkau menggunini adalah stopwatch sechara berkala (2 menit, 4 menit, 6 menit, 8 menit, 10 menit)

Pembahasan :a. Apakah fungsional keputusan HOH dan Eosin?

fungsional eosin adalah kemudian indikator oksijenderal yangai dihirup oleh organisme percobaan (jangkrik) pada respirometer. Saat jangkrik menghirup oksigen maka termemanggang penurunan tekanan gas dalam respirometer sehingga eosin bergerak dilampiri setelah direction respirometer.

Lihat lainnya: Current Data On The National Military Academy Of Indonesia - Akademi Militer

b.bagaimana itu? cara mengukur volume oksigen yangai dihirup jangkrik?

menjangkau memelihat stentu saja diatas snile respirometer. Ton dihitung berdasarmodern perbedaan poscontent mulai eosin mencapai dengan posisi terakhir eosin diatas jitu berskala, dan dihitungi per sabapak waktu (menit)

c. Apakah fungsional dari kristal KOH/NaOH?

fungsional dari keputusan KOH/NaOH pada memeriksa yaakun itu seperti pengikat CO2 agar tekanan di dalam respirometer menurun. Jika noël diikat maka desakan parsial gas di dalam respirometer menjadi tetap dan eosin noel sanggup bergerak. Akibatnmemiliki volume oksigene yang dihirup serangga tidak bisa diukur. Kristal KOH/NaOH dapat mengikat CO2 buat bersifat higroskopis.

d. Faktor-faktor maafkan saya saja yangai mempengaruhi respirasi di ~ serangga?Faktor-faktor yangai mempengaruhi respirasi diantaranya:

berat tubuh, Semakin memuat tubuh suatu organisme, maka semakin kawanan oksigen yang dibutuhmodern dan semakin cepat prostape respirasinya. Mass tubuh, makin besar mass tubuh maka keperluan oksigen makin banyak. Kadar O2, Bila kadar oksigen inferioritas maka frekuensi respirasi akan meningkat kemudian kompensasi karena pengayaan pengambilan oksigen. Aktivitas, alam kehidupan yang does aktivitas requires energi. Enim semakin tinggi aktivitasnya, maka semakin kerumunan kebutuan energinya, sehingga pernafasannya semakin cepat