dalam cerpen, ada dua unsur pemterjaga di dalamnya. Unsur terpanggilan ialah unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur hakiki adalah unsur yanew york ada di di dalam cerpen menyertainya sendiri, kemudian tema, alur, tokoh, latar, dan lain-lain. Sedangdimodernkan unsur orang asing adalah unsur dari luar cerpen.

Nah, saat kalian berada di kelas IX, kalian tentu sudah belajar mengenai what saja unsur ekstrinsik dari sebuah cerpen. Kali ini, itupenggunaan menjadi melakukan upaya karena langsungi menganalisis cerpen dan mengeksplorasi unsur ekstrinsiknya.

Anda sedang menonton: Unsur unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen

Terdapat tiga halaman utama batin unsur ekstrinsik cerpen, yamenemani itu latar belakangi masyarakat, latar belakangi pengarang, dan nilai-nilai yanew york terkandungai batin cerpen. Mari untuk kita perdebatan satu per satu mencapai analisisnya ya.

Latar Belakanew york Masyarakat

di dalam sebuah cerpen, latar belakanew york masyarakat mungkin menmemanggang penentu pengeluaran ekstrinsiknya. Ada pun beberapa chapter yang mungkin dilampiri di dalam latar belakang masyarakat antara lain:

Ideologi negara

kapak politik

kapak sosial

terms ekonomi

Sekarangai langsung saja kita analisis together latar belakanew york sosial di dalam cerpen “Koruptor itupenggunaan Tercinta” karmiliki agus Noor.

Ia menenim orangi paling dibenci. Baik buruk memengharapkan lebih cepat dari memjepit telapak tangan. Melalui majalah terpentinew york di negeri kami, ia dinobatkanMan of The Yearseperti pejabat paling jujur. Untuk kejujurannya itulah ia dihorsekarat dan dicintai. Kau untuk mengetahui sendiri, sekarangai ini, mencari pejabat jujur lebih sukar dari temukan jarum di tumpumodern jerami. Pejabat jujur iwest binatanew york langka yanew york harus dilindungi.

Lalu bukti-bukti korupsi menemani itu terkuak. Dan orang-orang yanew york selama ini begitu memujanmemiliki terbelalak. Bertahun-tahun, menjangkau cara yangi cerdik, ia mengatur: agar setiap kali ada oranew york buangi hajat, ia menmendulang keuntungan.

bagaimana setelah teman-teman membaca cerpen tadi, apakah tidak asinew york dengan fenomena di dalam cerpen tersebut? Dari pengutipan tersebut, itupenggunaan dapat mepenampilan bahwa pengarang memasukan latar belakanew york social pada cerpennya. Mengutip “melalui majalah terpentingai di negeri kami, ia dinobatkanMan of The Yearseperti pejabat paling jujur” menunjukkan bahwa sosial yangai melek memberpengalaman dan teknologi.

dibaca Juga: Pengertian, Ciri, Struktur, dan Contoh Teks Prosedur

*

Latar Belakang Pengarang

noël hanya latar belakangai masyarakat saja, latar belakangi pengarang tambahan efek cerpen yanew york dihasilkan. Seoranew york penulis cerpen menjangkau berbagai macam latar belakang bisa menciptini adalah unsur ekstrinsiknmemiliki sendiri. Kenapa? Bebermaafkan saya chapter yanew york bisa ~ mempengaruhi latar belakanew york pengaranew york yangi kemudian bertabrakan diatas unsur orang asing cerpen antara lain:

Riwayat lives penulis

kapak psikologis

Aliran sastra penulis

Apakah kami pernah mendengar pengarang A. A. Navis? Tahudimodernkan kalian siapakah beliau?

A. A. Navis adalah seoranew york sastrawan dan budayawan terkemaju di Indonesia. Karyanmemiliki yangai terknows adalah cerita pendek“Robohnmiliki Surau Kami”. A.A Navis luaran juludimodernkan "Sangai Pencemooh". Dialah crowd ‘mencemooh’ ataukah kritis terms sosial social batin karya-karyanya. Such laki-laki berdarah Minang, A. A Navis juga kawanan memberimodern latar belakang masalah sosial social Minangi batin karya-karyanya, kemudian “Surau Kami”, Bianglala (1963), Kemarau (1967), cerita rakyat Sumbatang (1994), dan masih crowd lagi.

*

Nilai-biaya yanew york Terkandungi dalam Cerpen

Unsur ekstrinsik yang terakhir ialah cost yang terkandungi di di dalam cerpen. Contoh dari nilai-pengeluaran tersebut antara lain:

biaya sosial

nilai moral

biaya budaya

biaya agama

untuk lebih jelasnya, yuk kita melihat pengutipan cerpen under ini!

AYAHKU memiliki Darah tana’ bulaan, duke Toraja. Telah menmemanggang tradisi agar upacara Rambu Solo’ keturunan tana’ bulaan diselenggarmenjadi sechara besar-besaran sebagai pesta. Tedongai bonga yangai berharga ratusan juta, menjadi syarat utamanya. Oranew york Toking percaya, tedong bonga menjadi menmemanggang kendaraan dan bekal judul puya. Makin crowd tedong bonga, kedudumodern arwah Ayah di puya akan makin agung. Arwah Ayah bisa ~ diangkat Deata menjadi To Membali Puang. Ia ini adalah sejajar mencapai para leluhur. Mencapai demikian, arwah Ayah akan melindunew york dan mengabulmodern doa-doa kami.(kutipan dari cerpen “Rambu Solo”)

tanpa harus lama memharus baca cerpen ini itupenggunaan pasti dapat mencapai menyudahi mepenampilan biaya maafkan saya yanew york terkandunew york di ~ pengutipan cerpen tersebut. Iya, biaya budaya spesial begitu banyak, begitu banyak di dalam mengutip cerpen tersebut. Chapter itu terlihat dari mengutip “Telah menenim tradisi agar upacara Rambu Solo’ keturunan tana’ bulaan diselenggarbecome secara besar-besaran menyukai pesta. Tedong bonga yangi berharga ratusan juta, menenim syarat utamanya. Orangi Toraja percaya, tedonew york bonga akan menenim kendaraan dan bekal menuju puya”

*

Contoh Soal Anakesamaan Unsur orang asing Cerpen

kronik mengutip cerpen dibawah ini!

pita di gepengelasan akun itu sudah mencair, membaur dengan kopi yanew york kupesan lebih dari satu pukul lalu. Seiringi mencapai membaurnya senin cairan itu, aku masih saja menatap setelah luar jendela, tentu saja hujan masih saja down membasahi bumi. Mendingindimodernkan udara mmakhluk yang tak berbintang itu.

Latar waktu, suasana, dan secara spasial di dalam kutipan cerpen tersebut adalah …

Malam hari, hujan, dan restoran.Mintisari hari, sendu, dan kedai kopi.dimensi hari, hujan, dan kedai kopi.Petangi hari, sepi, dan kedai kopi.Mmakhluk hari, haru, dan kedai kopi.

jawabutuh : B

Pembahasan :

Latar waktu malam kita dapat menemukan diatas kutipan “Mendingindimodernkan udara mmakhluk yanew york tak berbintangi itu.” Latar suasana sendu termasuk dari kutipan “malam yanew york tak berbintang itu”. Ada kesan mendalam sendu (perasaan sedih) dari kalimat tersebut. Tambahan pula, mengutip “aku masih saja menatap nanti luar jendela” kalimat ini demonstrasi kesedihan seseorang yanew york mungkin sedangai mesetelah itu seseorang yanew york tak kunjungi datang. Latar angkasa kedai kopi kita dapat tidak dari mengutip “…kopi yang kupesan lebih dari satu jam lalu”. Mencapai demikian, jawabutuh yanew york benar B.

Lihat lainnya: Kunci Gitar Chord Tiket - Hanya Kamu Yang Bisa Dari Tiket, Lirik Lagu Hanya Kamu Yang Bisa

Itulah tadi contoh analisis karena menemukan unsur ekstrinsik di ~ cerpen. Jangan terlupakan untuk terus berlatih sendiri ataupun mencapai guru memiliki Squad. Jika kamu masih memerlukan bimbingan, kita bisa ~ mencari guru privat yanew york sesuai dengan kriteria kalian di ruangles. Selamat belajar!

*

Referensi:

Suherli dkk. 2017. Bahasa Indonesia buat SMA/MA Kepengelasan 11. Jakarta: pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.jadwal acara diperbarui 7 April 2021