Universiberpenaruh Ibang Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah JakartaMottoDidirikanJenisRektorMahasiswaLokasiKampusWarnaJulukanSitus web
*
Logo Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta
"Knowledge, Piety, Integrity"
1 Juni 1957
Universitas Negeri
Prof. Dr. Komaruddin Hidayat
± 23.000
Jl. Ir. H. Djuanda No. 95, Ciputat, Tangerang Selatan 15412 Ciputat, Indonesia
Urban
Biru
UIN Syahid
www.uinjkt.ac.id

Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta atau Universikantong Imemukul Negeri (UIN) Jakarta (sebelumnya: IAIN Syarif Hidayatullah atau IAIN Jakarta) adalah suatu universikantong Ibang negeri yangai berbohong di Ciputat, Tangeranew york Selatan.

Anda sedang menonton: Universitas islam negeri syarif hidayatullah jakarta alumni penting


1 Sejarah3 Motto dan arah pengembangan4 Rektorat dan fakultas5 Lembaga kemahasiswaan6 Fasiliberpenaruh infrastruktur pendidikan7 Alumni, tokoh, dan pendaftaran

Sejarah

pada 1 Juni 2007, UIN Syarif Hidayatullah champa merayakan golden anniversary. Selama setengah masa seratusan tahun, UIN Syarif Hidayatullah sampanye siap menoperasi mandatnmemiliki such institusi pembelajaran dan transmisi ilmu ilmu, kelembagaan riset yangi mendukungi proses pembangunan bangsa, dan such kelembagaan pengabdian roti isi daging yang menyokong program-program muka kesejahteraan sosial. Selama sepusat masa seratusan tahun itu pula, UIN Syarif Hidayatullah jakarta sudah melewati bebermaafkan saya titik sejarah sehingga sekarangi ini siap menenim deviasi satu universitas Imemukul terkemaju di Indonesia.

Secara gigi tiruan historia UIN Syarif Hidayatullah sampanye dapat dibagi ke di dalam beberwhat periode, yamenyertainya ketentuan perintisan (Seklatihan ditinggikan Islam dan akademi melayani Ilmu Agama), ketentuan fakulberpenaruh IAIN al-Jami’ah, titik IAIN Syarif Hidayatullah, dan period UIN Syarif Hidayatullah.

ketentuan perintisan


*

Universikantong Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah champa dikuatmodernkan berlandasdimodernkan surat Keputusan Presiden RI angka 031 tahun 2002. Historia pendirian UIN Syarif Hidayatullah jakarta adalah mata rantai sejarah perkembangan perguruan tinggi Ibang di Indonesia dalam anck kebutuan training tinggi Islam modernis yanew york diawal jauhnya sebelum Indonesia merdeka. Di atas masa waktu seratusan lima penjajahan Belanda, Dr. Satmempercayai Wirjosandjojo, penyimpangan seoranew york muslim terpelajar, tercatat pernah berupamemiliki membangun Pesantren Agung seperti lembaga pendidikan tinggi Islam. Namun, usaha ini merindukan karena hambatan dari pihak penjajah Belanda.

lima tahun sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia, Persatuan Guru Agama Imemukul (PGAI) di Padanew york membangun Seklatihan tinggi Imemukul (STI). STI just berlangsung selama dua lima (1940-1942) buat pendudumodernkan Jepang. Umat Islam Indonesia tak pernah selesai menyuarmenjadi pentingnmemiliki mendidik tinggi Ijatuh karena kaum Muslim yangai adalah mayoritas pendudukan Indonesia. Otoritasnya pendudukan Jepanew york akhir menjanjidimodernkan buat umat Ijatuh untuk membangun Lembaga pelatihan tinggi Atempat pembakaran di Jakarta. Akad Jepangi menemani itu direaksi tokoh-tokoh muslim mencapai membentuk yayasan, Dr.(H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta sebagai kebasi dan Mohammad Natsir sebagai sekretaris.

di atas 8 Juli 1945, yayasan terpanggilan memterjaga Seklatihan tinggi Ibang (STI). STI kantor pusat di champa dan dipimpinning melalui Abdul Kahar Muzakkar. Beberapa tokoh Muslim lain ikut bermanfaatnya di dalam prospita pendirian dan pengembangan STI. Mereka antara lain Dr.(H.C.) Drs. H. Mohammad Hatta, KH. Kahar Mudzakkir, K.H. A. Wahid Hasjim, K.H. Mas Mansur, KH. Fathurrahman Kafrawi, dan Farid Ma’ruf. Pada 1946, STI dipindahmodernkan nanti Yogyakarta disusul kepindahan medang town negara dari sampanye ke Yogyakarta. Sejalur dengan perkembangan STI yangai semakin agung, di ~ 22 Maret 1948, namu STI diubah menmemanggang Universitas Imemukul Indonesia (UII) dengan penambahan fakultas-fakulberpenaruh baru. Sampai menjangkau 1948, UII ada empat fakultas, yaitu:

Fakulberpenaruh Agama Fakultas hukum Fakultas Ekonomi Fakultas Pendidikan

Kebutuan menjadi tenaga fungsional di Departemen Agama republik Indonesia menmemanggang latar belakangan penting berdirinmemiliki perguruan ditinggikan agama Islam. Karena memenuhi kebutuhan tersebut, Fakulkantong Agama UII terpisah dan ditransformasikan menenim Perguruan ditinggikan Agama Ijatuh Negeri (PTAIN). Perubahan ini didasardimodernkan untuk Perpolicy otoritasnya (PP) No. 34 lima 1950. Dalam konsideran dituturmodern bahwa PTAIN ada hasil memberikan pengajaran studi Ijatuh tingkat tinggi dan menenim pusat pengembangan serta pendalaman ilmu ilmu agama Islam. Berlandasmodernkan PP tersebut, aku enim PTAIN dikuatkan diatas 26 September 1950. PTAIN dipimpin Prof. K.H.R. Muhammad Adnan mencapai data kerumunan mahasiswa per 1951 secrowd 67 orang. Diatas period tersebut PTAIN ada tiga jurusan, yaitu:


*

Jurusan Tarbiyah Jurusan Qadla (Syari’ah) Jurusan Dakwah

Komposcontent mata kuliah di atas saat menyertainya terdiri dari bahasa Arab, Pengantar Ilmu Agama, Fiqih, Ushul Fiqih, Tafsir, Hadits, Ilmu Kalam, Filsafat, Mantiq, Akhlaq, Tasawuf, perbandingan Agama, Dakwah, Tarikh Islam, sejarah aturan since dahuluís tentu saja istiadat Islam, Ilmu mendidik dan Kebudayaan, Ilmu Jiwa, Pengantar Hukum, Asas-asas tindakan publik dan Privat, Etnologi, Sosiologi, dan Ekonomi. Mahasiswanya yang lulus bakaloreat dan doktoral masing-masing menmendulang gelar Bachelor of Art (B.A.) dan Doktorandus (Drs). Komposcontent mata kuliah PTAIN tersebut adalah kajian terutama perguruan tinggi Islam yangi terus berlangsungai sampai masa-masa berikutnya. Gelar akademik yangai dinegosiasimodernkan juga terus bertangkap sampai mencapai dekade 1980-an.

ketentuan Aitu (1957-1960)


*

Kebubapak tenaga fungsi babak guru agama Ijatuh yangai benar menjangkau tuntutan moderniberpenaruh di ~ dekade 1950-an mendorongai Departemen Agama membangun akademi dinas Ilmu Atempat pembakaran (ADIA) di Jakarta. Adia didirimodernkan pada 1 Juni 1957 menjangkau sasaran mendidik dan mempersiapkan pegawai negeri guna menuntuk menang ijazah mendidik academy dan semi akademi sehingga menenim guru agama, patut untuk sekpraktek umum, sekolah kejuruan, maupun seklatihan agama. Mencapai pertimbangan UIN Syarif Hidayatullah jakarta adalah melanjutkan dari ADIA, hari enim Adia 1 Juni 1957 dikuatmodern seperti hari jadi atau dies natalis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kesamaan kemudian perguruan tinggi kebanyakan, masa studi di Adia adalah 5 tahun yanew york terourselves dari tingkat semi akademi 3 lima dan tingkat akademi 2 tahun.

Aitu ada tiga jurusan, yaitu Jurusan pelatihan Agama, Jurusan Bahasa Arab, dan Jurusan Da’wah wal Irsyad yangi juga diuntuk mengetahui mencapai Jurusan khusus Imam Tentara. Komposisi kurikulum Aitu tak kurang sopan berlainan dengan kurikulum PTAIN mencapai beberapa tambahan mata kuliah karena kebutuan tenaga fungsional. Komposisi lengkapnya adalah bahasa Indonesia, bahasa Arab, bahasa Inggris, bahasa Perancis, bahasa Ibrani, Ilmu Keguruan, Ilmu policy sejak dahuluís tentu saja istiadat Umum dan Indonesia, sejarah politik darimana dahuluís kala istiadat Islam, Tafsir, Hadits, Musthalah Hadits, Fiqh, Ushul Fiqh, Tarikh Tasyri’ Islam, Ilmu Kalam/Mantiq, Ilmu Akhlaq/Tasawuf, Ilmu Fisafat, Ilmu perbandingan Agama, dan Ilmu pelatihan Masyarakat. Kepemimpinan Adialah dipercaybecome karena Prof. Dr. H. Mahmoed Joenotape seperti dekan dan Prof. H. Bustami A. Gani such Wakil Dekan.

Terdapat dua ciri major ADIA. Pertama, sesuai mencapai mandatnmiliki sebagai academy dinas, murid yang disusul kuliah di Aitu didefinisikan diatas murid saya bersedia mengurus berupaya bisa. Mereka diselekasi dari pegawai atau guru atempat pembakaran di babak yangai terkait Departemen Agama yanew york berorigin dari wakil-wakil kawasan di seluruh Indonesia. Kedua, benar mencapai mandatnmemiliki untuk saya menyiapkan guru agama modern, tanggung jawab pengelolaan dan penyediaan policy Adia berasal dari Jawatan mendidik Atempat pembakaran (Japenda) Departemen Atempat pembakaran yanew york di atas saat menemani itu ada berkomitmen kelola madrasah dan mempersiapkan guru atempat pembakaran Ijatuh modernis di sekolah umum.

periode Fakulberpenaruh IAIN al-Jami’ah Yogyakarta (1960-1963)


*

batin satu dekade, PTAIN memperlihatdimodernkan evolusi menggembirakan. Banyak murid PTAIN semakin banyak mencapai derajat pembelajaran yangi seincreasingly lapang. Murid PTAIN tak hanya datangai dari berbeda utama Indonesia, tetapi tambahan datanew york dari nepergilah bertetangga sebagai Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura. Meningkatnmemiliki crowd mahasiswa dan bertambah lapangnya area of studies yangi adjuvan perluasan dan penambahan, patut dari babak kapasitas kelembagaan, fakultas dan jurusan maupun komposisi mata kuliah. Untuk memenuhi kebutuan tersebut, Adialah di champa dan PTAIN di Yogyakarta diintegrasidimodernkan menjadi satu lembaga pelatihan tinggi agama Ijatuh negeri. Intetoleransi nya mencapai keluarnmiliki Perpolicy Presiden republikan Indonesia No. 11 lima 1960 tertanggal 24 Agustus 1960. Perpolicy Presiden RI tersebut sekaligus alter dan divisi perujernih nama dari PTAIN menmemanggang Institut Agama Ibang Negeri (IAIN) al-Jami’ah al-Islamiyah al-Hukumiyah. IAIN meresmikan melalui K. H. M. Wahib Wahab kemudian sekretaris kesehatan Atempat pembakaran republik Indonesia dengan Rektor pertamanmemiliki yamenemani itu Prof. Mr. Sunarjo di Gedungai Kepatihan Yogyakarta.

IAIN with lebih lebar Mandate


*

IAIN Syarif Hidayatullah champa seperti deviasi satu IAIN terperilaku di Indonesia yang berruang angkasa di Jakarta, mendiami poscontent yangai unik dan strategis. Beliau tak hanya menjadi "Jendela Islam di Indonesia", tetapi juga sebaga simbol untuk kemajuan pembangunan nasional, khususnmemiliki di babak pembangunan sosial-keagamaan. Kemudian upamemiliki untuk mengintegrasikan ilmu umum dan ilmu agama, lembaga ini start mengembangkan diri mencapai penalaran IAIN dengan mandat yang semakin lapang (IAIN with besar Mandate) persimpangan terbentuknmiliki Universitas Ijatuh Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Langkah mengubah ini awal diintensifdimodernkan di atas masa kepemimpinan Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A. Menjangkau dibukanmemiliki jurusan Psikologi dan training Matematika pada Fakultas Tarbiyah, serta Jurusan Ekonomi dan Perbanmodernkan Islam di ~ Fakulkantong Syari’ah diatas five akademik 1998/1999. Untuk semakin memantapkan langkah mengubah ini, pada lima 2000 dibuka programme Studi Agribisnis dan Teknik Informatika bekerjakemiripan mencapai Institut pertanian Bogor (IPB) serta Badan Pengkajian dan penerapan Teknologi (BPPT) dan program Studi Manajemen dan Akuntansi. Pada lima 2001 diresmikan Fakultas Psikologi dan Dirasat Islamiyah bekerjasama mencapai Al-Azhar, Mesir. Selain itu dilakudimodernkan pula upamiliki kerjakemiripan mencapai islamic Developmenpen Bank (IDB) such penyandanew york dana pembangunan kampus yanew york modern, McGill University ambil Canadian International Developmenpen Agencis (CIDA), Leiden University (INIS), Universitas Al-Azhar (Kairo), raja Saud University (Riyadh), Universikantong Indonesia, Institut tanah pertanian Bogor (IPB), Ohio University, Lembaga Indonesia Amerika (LIA), Badan Pengkajian dan distribusi Teknologi (BPPT), Bank Negara Indonesia; Bank Muamalat Indonesia, dan universitas-universitas serta lembaga-lembaga lainnya.

Langkah perujernih wujud IAIN menjadi UIN mendapat rekomendasi pemerintah mencapai ditandatanganinya surat Keputusan bersama (SKB) antara sekretaris kesehatan pelatihan Nasional RI nomor 4/U/KB/2001 dan menteri Agama RI numeral 500/2001 tanggal 21 Nopember 2001. Berikutnya menempuh suratnmemiliki numeral 088796/MPN/2001 tanggal 22 Nopember 2001, Direktur gene pendidikan tinggi Departemen training Nasional memberidimodernkan rekomendasi dibukanmemiliki 12 programme studi yangi meliputi program studi ilmu sosial dan eksakta, yamenyertainya Teknik Informatika, aset Informasi, Akuntansi, Manajemen, Sosial Ekonomi Pertanian/Agribisnis, Psikologi, Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Perpustakaan, Matematika, Kimia, Fisika, dan Biologi. Seirinew york mencapai itu, rancangan Keputusan Presiden tentangai Perujernih Wujud IAIN menenim UIN Syarif Hidayatullah jakarta juga siap mendapat rekomendasi dan pertimbangan menkes Pendayagunaan perangkat Nepergilah RI dan Dirjen aturan Departemen keuangan RI nomor 02/M-PAN/1/2002 tanggal 9 Januari 2002 dan nomor S-490/MK-2/2002 tanggal 14 Februari 2002. Rekomendasi ini adalah landasan untuk keluarnmiliki surat Keputusan Presiden RI nomor 031 tanggal 20 Mei lima 2002 tentang Perunyata IAIN Syarif Hidayatullah jakarta menjadi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

periode UIN Syarif Hidayatullah Jakarta


dengan keluarnmemiliki Keputusan Presiden republikan Indonesia numeral 031 tanggal 20 Mei 2002, IAIN Syarif Hidayatullah champa resmi berganti menenim UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Peresmiannya dilakumodern melalui Wakil Presiden republik Indonesia di ~ 8 Juni 2002 bersamaan dengan upacara dies natal ke-45 dan Lustrum ke-9 serta pemancangan tiangai pertama pembangunan Kampus UIN Syarif Hidayatullah champa ambil dana islam Developmenpen Bank (IDB). Satu langkah lagi UIN Syarif Hidayatullah sampanye menambah fakultas yamenemani itu Fakulberpenaruh Kedokteran dan Ilmu kesehatan (programme Studi kesehatan Masyarakat) benar surat keputusan menkes pelatihan Nasional angka 1338/ D/T/2004 five 2004 tanggal 12 April 2004 tentangi benar Penyelenggaraan program Studi kesehatan burger (S-1) pada Universitas Imemukul Negeri dan Keputusan Direktur gen agen Agama Ijatuh tentanew york benar penyelenggaraan program Studi kesehatan warga programme Sarjana (S-1) di atas Universikantong Imemukul Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah jakarta numeral Dj.II/37/2004 tanggal 19 Mei 2004.

Definisi logo


Logo baru UIN Syarif Hidayatullah champa adalah amanat Rapat Senat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Logo baru itu mengandung 4 (empat) karakter utama, yaakun itu Keislaman, Keilmuan, Keindonesiaan, dan Globalisme. Ciri atau malu tersebut tercermin batin logo baru mencapai penjelasan seperti berikut:

Bayang-bayangai bola dunia

menggambarkan wawasan global UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Melukiskan mcontent Imemukul such rahmat untuk semesta (Rahmatan Li al-Alamin) yanew york tambahan diemban malalui UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Menggambarkan Kubah masjid.

baris edar elektron

menggambarkan ilmu ilmu yangi sechara terus menerus mesti digali, diriset, dan dikembangkan. Melukiskan perunyata dan dinamis kehidupan yangai mesti senantiasa ditanggfire ataukah direspon melalui UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Melukiskan keajegan bertindak dunia (sunnatullah) yangai diperintahmodern Allah SWT buat selaluís harus baca dan diteliti untuk kesejahteraan umat manusia.

Bunga lotus atau sidrah

Ditake dari al-Qur"an: Sidrah al-Muntaha. Suatu simbol dan cita-cita setiap mukmin untuk menggapai ilmu sebenarnya bisa digoreng (Ma"rifah al-Haq) demi kemaslahatan bersama.

Kitab

dijelaskan kombinasi ajar kehidupan dan morel serta bersumber inspirasi dan kaidah tindakan yangi tertulis di dalam Kitab suci al-Qur"an dan al-hadits yangi mesti ditaati karena pengembangan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dijelaskan kombinasi ilmu ilmu yang written di di dalam berbeda literatur yangi mesti terus mengeksplorasi dan dikembangkan melalui UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

mendayung putih diatas jumlah orang UIN

melukiskan suatu tali pengikat UIN Syarif Hidayatullah champa such universitas yangi kuat, yang istiqamah, yang teguh berpendirian dan selalu mengedepankan kejernihan intelektualnya dan moral. Menggambarkan Sirat al Mustaqim.

warna biru

Melambangkan kedalaman ilmu, kedamaian dan pulau-pulau Nusantara yanew york berada di antara dua samudra agung, suatu wilayah yang mempertemukan variasi peradaban dunia.

cat kuning

Melambangkan cita-cita UIN Syarif Hidayatullah jakarta menuju tahun-lima keemasan, kecemerlangan, Baldatun Tayyibatun wa Rabbun Ghafur.

Motto dan arah pengembangan

Motto


Semenjak 2007 UIN Syarif Hidayatullah pembelahan motto "Knowledge, Piety, Integrity". Motto ini duluan kali disampaidimodernkan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, dalam pidato Wisuda Sarjana ke-67 five akademik 2006-2007.

pengetahuan mengandung guna bahwa UIN Syarif Hidayatullah ada komitmen menciptini adalah diperoleh kekuatan insani yanew york tapukul pikiran, kreatif, dan inovatif. UIN Syarif Hidayatullah sampanye berharapan memperagini adalah peranan optimal batin aktivitasnya learning, discoveries, and angagemenpen hasil-hasil riset untuk warga. Komitmen tersebut adalah wujud tanggungi jawab UIN Syarif Hidayatullah champa batin membangun diperoleh insani bangsa yangai mayoritas adalah Muslim. UIN Syarif Hidayatullah jakarta berhasrat menenim sumber perumusan biaya keislaman yanew york secara mencapai kemodernen dan keindonesiaan. Malalui karenanya, UIN Syarif Hidayatullah champa menawarkan studi-studi keislaman, studi-studi sosial, politik, ekonomi, saipagi dan teknologi modernis dalam aspek intekelembutan ilmu.

Piety mangandung pengertian bahwa UIN Syarif Hidayatullah champa ada komitmen timbul inner quality dalam wujud kesalehan di kalangan siviberpenaruh akademika. Kesalehan yanew york bersifat individobel (yangai cerminan batin terma habl min Allah) dan kesalehan sosial (yangai cerminan dalam terma habl min al-nas) adalah pokok buat sivikantong akademika UIN Syarif Hidayatullah jakarta di dalam membangun relasi sosial yangi seincreasingly lapang.

Integrity mengandungai pengertian bahwa sivitas akademika UIN Syarif Hidayatullah jakarta adalah luaran yangi menjadimodernkan nilai-cost etis such basis batin pengambilan keputusan dan başı sehari-hari. Integrity also mengandungi pengertian bahwa sivikantong akademika UIN Syarif Hidayatullah jakarta ada keyakinan ourselves sekaligus menghargai kelompok-kelompok lain.

dalam moto "Knowledge, Piety, Integrity" terkandung suatu spirit buat mewujudmodern kampus madani, suatu kampus yang berkeadaban, dan menghasilan alumni yangi ada kedalaman dan keluasaan ilmu, ketulusan hati, dan karakter kokoh.

arah pengembangan


UIN Syarif Hidayatullah champa cantik menjadi jendela keunggulan akademis Imemukul Indonesia (window of academic exellence of Ibang in Indonesia) dan barometer perkembangan pembelajaran, penelitian, dan kerja-merencanakan sosial yang dipersiapkan kaum Muslim Indonesia dalam bermacam babak ilmu. Dalam kerangka memperkuat peranannmemiliki terpanggilan UIN Syarif Hidayatullah champa saya bersedia mengurus karena mengembangkan diri sebagai universikantong study (remencari university) dan universikantong keselebar world (dunia class university).

Universitas study dapat diartimodern kemudian universitas yanew york menjadimodernkan tradisi untuk mempelajari sebagai basis normatif aktivitas universitas. Sechara operasional, universitas study adalah universitas yang mengimplementasimodern asetnya pelatihan berkurung untuk mempelajari menjangkau menerapmodern Kurikulum Bermengurung Kompetensi (KBK) dan SKS sechara utuh; judul aktivitasnya penelitian menerapmodernkan standar ilmiah; penyelenggaraan manajemen universitas mengacu diatas distribusi berbisa quality management (TQM); dan mengupaybecome produk-produk unggulan perguruan tinggi yangai diapresiasi publik.

Sedangmodern universiberpenaruh kelas dunia, dapat diartidimodernkan bahwa pengembangan UIN Syarif Hidayatullah diarahkan karena membangun jaringan kerjakemiripannya mencapai universitas-universiberpenaruh terkemuka di dunia. Jaringan kersajama itu dirancang di dalam berbeda tingkatan, patut pembelajaran batin wujud pertukaran mahasiswanya (exchange students), penelitian, dan program-program pengabdian burger (sosial services). Diatas masa mengikat pembangunan jaringan menemani itu diharapdimodernkan dapat memberimodernkan ruang lingkup berupa persuasi dunia internasional terhadap UIN syarif Hidayatullah jakarta sebagai deviasi satu universitas ada cost dunia.

Rektorat dan fakultas

Rektorat

Purek Babak Akademik: Prof. Dr. Moh. Matsna HS, MA Purek Babak administrasi Umum: Prof. Dr. Amsal Bakhtiar, MA Purek Babak Kemahasiswaan: Dr. Sudarnoto Abdul Hakim, MA Purek Babak Pengembangan Lembaga dan action Sama: Dr. Jamhari, MA

Fakultas

sebagai wujud reintetoleransi ilmu, UIN Syarif Hidayatullah champa semenjak lima akademik 2002/2003 divisi nama-namu fakulberpenaruh dan program studi seperti berikut:

No.FakultasDekan/ Direkturprogram StudiGelar Akademik
I.Fakulkantong Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK)Prof. Dr. Rif"at Syauqi Nawawi, MApelatihan Agama IslamS.Pd.I
pendidikan Bahasa ArabS.Pd.I
pendidikan Bahasa InggrisS.Pd
training BiologiS.Pd
training KimiaS.Pd
mendidik FisikaS.Pd
pelatihan MatematikaS.Pd
Manajemen PendidikanS.Pd.I
mendidik Guru Madrasah IbtidaiyahS.Pd.I
training Bahasa IndonesiaS.Pd
pendidikan Ilmu Ilmu SosialS.Pd
II.Fakultas Akhlak dan Humaniora (FAH)Dr. Wahid Hasyim, MABahasa dan Sastra ArabS.Hum
historia dan Peradaban IslamS.Hum
TarjamahS.S
Ilmu PerpustakaanS.IP
Guru PustakawanS.IP
Bahasa dan Sastra InggrisS.S
III.Fakultas Ushuluddin dan filsafat (FUF)Prof. Dr. Zainun Kamaluddin Fakih, MArate AgamaS.Ud
Akidah - FilsafatS.Ud
Tafsir - HadisS.Ud
IV.Fakultas Syari’ah dan tindakan (FSH)Prof. Dr. M. Amin Suma, MA, SH, MMperbandingan mazhab FiqihS.Sy
kecepatan HukumS.Sy
rate matsuhaba hukum KhususS.Sy
Peradilan IslamS.Sy
memandu Keperdataan IslamS.Sy
pidana IslamS.Sy
Siyasah Syar"iyyahS.Sy
Perbanmodernkan Syari"ah IslamS.E.Sy
Takaful/Asuransi Syari"ahS.E.Sy
Manajemen Zakat dan WakafS.E.Sy
Ilmu HukumS.H
V.Fakulkantong Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FIDKOM)Dr. Arief Subhan, M.AgKomunikasi dan penyiaran IslamS.Kom.I
Konsentrasi JurnalistikS.Sos.I
Bimbingan advisory IslamS.Kom.I
Manajemen DakwahS.Kom.I
Pengembangan roti isi daging IslamS.Kom.I
Konsentrasi Kesejahteraan SosialS.Sos.I
VI.Fakultas Dirasat Islamiyah (FDI)Prof. Dr. Abuddin Nata, MAS.Hum, S.Ud, S.Sy
VII.Fakultas Psikologi (FPSI)Dr. Yahmemiliki UmarS.Psi
VIII.Fakulberpenaruh Ekonomi dan Bidangai usaha (FEB)Prof. Dr. Abdul Hamid, MSManajemenS.E
AkuntansiS.E.Ak
Ilmu Ekonomi dan Studi PembangunanS.E
IX.Fakultas Saipagi dan Teknologi (FST)Dr. Agus Salim, M.SiTeknik InformatikaS.T
warisan InformasiS.T
Sosial Ekonomi Pertanian/AgribisnisS.P
MatematikaS.Si
BiologiS.Si
KimiaS.Si
FisikaS.Si
X.Fakultas Kedokteran dan Ilmu kesehatan (FKIK)Prof. Dr. Dr. MK Tajudin, Sp.Andhealth WargaS.KM
FarmasiS.Farm
mendidik DokterS.Ked
KeperawatanS.Kep
XI.Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu politik (FISIP)Prof. Dr. Bachtiar Effendykoneksi InternasionalS.Sos
SosiologiS.Sos
Ilmu PolitikS.Sos
XII.

Lihat lainnya: Tanda-Tanda Persalinan Tinggal Menghitung Hari, Jangan Panik, Ini 15 Tanda

Seksebuah latihan Pascasarjana (SPS)Prof. Dr. Azyumardi AzraMagister Studi IslamMA
Doktor Studi IslamDr.

Lembaga kemahasiswaan

taraf universitas

KMU: Kongrpita mahasiswanya Universikantong DPMU: Dewan Agen mahasiswa Universikantong BEM: Badan moderator murid UKM: Unit kegiatan Mahasiswa: LDK (Lembaga Dakwah Kampus) HIQMA (asosiasi Qari-qari"ah Mahasiswa) LPMU (Lembaga Penerbitan murid Universitas) theatre SYAHID PSM (paduan voice Mahasiswa) FORSA (fédération latihan Mahasiswa) KPA-ARKAdia (Kumpulan Penkekasih dunia - Guna keagungan dan kecantikan Alam) PRApeningkatan MENWA (Resimen Mahasiswa) KMM-riak (Komunitas Musik murid - Ruangi ilham overhead Kegelisahan) KSR-PMI (Korps shanks Rela - Palang Merah Indonesia) KOPMA (Koperasi Mahasiswa) KMPLHK (Kumpulan murid Babak yangai termemliki lives Kemahasiswaan) RANITA (Kembanat Insani Ibnu Batuttah) FLAT (Foreign Languagpita pengukur Association) KMF (Komunitas mahasiswa Fotografi)

tingkat fakultas

DPMF: Dewan Ajenderal murid Fakultas BEMF: Badan moderator mahasiswa Fakultas Distrik Badan moderator mahasiswa Non Reguler

tingkat jurusan/program studi

DPMJ: Dewan Agene mahasiswa Jurusan/programme Studi BEMJ: Badan eksekutif mahasiswanya Jurusan/program Studi

Fasiliberpenaruh infrastruktur pendidikan

UIN Syarif Hidayatullah champa ada tiga lokasi kampus. Pertama, Kampus I yangai tersoroh di Jl. Ir. H. Djumilik mereka Ciputat. Kedua, Kampus II yanew york berbohong di Jl. Kertamukti Ciputat. Ketiga, Kampus III yang berbohong di Desa Cikuya, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang. Fasilitas infrastruktur pelatihan yangai terdapat di Kampus I, II, dan III antara lain: