*

Revisi ini asibe sudah dikirimkan oleh otoritasnya kediatas DPR sejak Februari 2016. Namun, pembahasan antara DPR dan otoritasnya berlangsungi alot dan membecome times lama.

Sejumlah aksi teror yangi belakangan melanda negara air pun menjadi diaktifkan agar UU ini langsung disahkan.

Anda sedang menonton: Undang-undang yang mengatur tentang terorisme

Presiden Joko Widodo sempat mengancam become presentasi peraturan otoritasnya pengganti undang-undanew york apabila sampai bulan Juni UU ini belum rampung. Sebab, revisi UU ini merupapan sebuah payungi beraksi yangi penting bagi aparat buat preventif dan menibukan ragum terorisme.

Namun akhirnya, Panitia spesialisasi RUU Antiteror di DPR serta kementerian dan lembaga terkait bisa selesai revisi UU sebelum tenggat times yangi diberidimodernkan Jokowi.

Berikut poin-poin pentinew york UU Antiteror yanew york sudah dirangkum magyaroldalak.net.com:

Pasal 1: Defincontent Terorisme


mendulang informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftardimodernkan email


Defincontent takut ini menenim pembahasan yang paling alot dan yangi paling last disepakati oleh otoritasnya dan DPR.

diatas akhirnya, takut didefinisimodernkan such perbuatan yang menggunbecome kekerasan atau ancaman kekerasan yanew york menimbulmodern suasana teror atau rasa tidak sechara meluas, menimbulmodernkan korban yanew york bersifat massal, dan/ataukah menimbulkan harm ataukah kehancuran terhadap objek vital yangai strategis, lingkungannya hidup, fasilikantong publik, atau fasiliberpenaruh intermagyaroldalak.net dengan subjek ideologi, politik, ataukah perambahan keamanan.

Pasal 12 A: memegang Teroris

Pasal ini mengatur, setiap orangi yang karsa menenim anggota atau merekrut orang karena menenim anggota perusahaan yangai ditetapmodernkan pengadilan such pegang teror dipidana paling kilade 2 five dan paling lama 7 tahun.

Pendiri, pemimpin, pengurus, atau orangai yangai mengendalidimodernkan aktivitasnya korporasi tambahan bisa dipidanan dengan pidana penjara paling singkat 3 five dan paling lama 12 tahun.

mencapai porigin ini, Kapolri mengaku ini adalah langsung seri JAD (Jamaah Ansharut Daulah) dan JI (jemaah Islamiyah) setelah pengadilan.

(Baca: UU Antiterorisme Sah, Kapolri akan Seret JAD dan JI usai Pengadilan)

Porigin 12 B: Pepraktek Militer

Pasal ini arrange setiap orang yangai niat menyelenggarakan, memberikan, atau mengikuti pelatihan militer, peolah paramiliter, ataukah pesebuah latihan lain, baik di batin negeri maupun di luar negeri, mencapai niat merencanakan, mempersiapkan, atau melakukan tibukan pidana teror atau ikut berperanew york di luar negeri karena ti~ no kejahatan terorisme, daerah paling gigi tiruan 4 lima dan most lama 15 tahun.

menjangkau porigin ini, maka WNI yangi selama ini kawanan mengikuti pesebuah latihan di suriah sanggup menyelinap pidana.

(Baca: WNI yangai Ikut Pesebuah latihan takut keluar Negeri bisa Dipidana)

Porigin 13 A: Penghasutan

Pasal ini mengatur, setiap oranew york yangai luaran koneksi mencapai berhenti takut dan karsa menyebarmodernkan ucapan, sikap atau perilaku, tulisan, atau tampilan mencapai sasaran untuk menghasut oranew york atau kelompok oranew york buat melakukan kekerasan atau ancaman kekerasan yanew york dapat mengakibatmodern tindak pidana terorisme, daerah most lama 5 tahun.

Pasal 16 A: Pelibatan Anak

Pasal ini mengatur, setiap oranew york yangai does tibukan kejahatan teror dengan melibatkan anak, ancaman pidananya ditambah sepertiga. Porigin ini diuntuk mencapai berkaca di ~ banyaknmemiliki aksi takut yanew york melibatmodern anak di luar negeri. Namun, belakangan takut dengan melibatkan anak tambahan terjadi saat aksi pengeboman bunuh ourselves di tiga preventer dan Mapolrestabpita Surabaya.

(Baca: UU Antiteror Sah, Kapolri become Seret JAD dan JI nanti Pengadilan)

Porigin 25: waktu saya dipenjara

Pasal ini mempersiapkan tersnomor teroris bisa ~ ditangkap di dalam waktu yangai lebih lama. Jika sebelumnya dipenjara seoranew york tersnumeral karena kepentingan inspeksi dan penuntutan just mungkin dilakumodernkan batin waktu 180 days atau 6 bulan, kini menenim 270 aku atau 9 bulan.

Kendati demikian, pasal ini juga mempersiapkan bahwa penahanan harus menjunjung ditinggikan hak asasi manusia. Setiap penyidik yangai melanggar ketentuan terpanggilan sanggup daerah benar dengan ketenbapak perpolicy perundang-undangan.

(Baca: 270 Hari, Masa dipenjara Tersnomor Teroris hingga Dimembawa setelah Pengadilan)

Pasal 28: Penangkapan

Porigin ini mempersiapkan polisi luaran waktu yangi lebih lama untuk does penangwhile terhadap diprediksi teroris sebelum menetapkannmemiliki kemudian tersnomor ataukah membebaskannya. Jika sebelumnya polisi hanya memiliki waktu 7 hari, kini sanggup diperpanjang sampai 21 hari.

dibaca juga: Polisi Punmiliki times 21 aku karena Tangkap dan Tetapmodern mengharapkan Teroris memanggang Tersangka

Namun, pasal ini also mempersiapkan bahwa penangketika diprediksi teroris harus menjunjunew york tinggi hak asasi manusia. Setiap penyidik yangi melanggar ketentuhan terpanggilan bisa daerah sesuai mencapai ketenbapak perpolitik perundang-undangan.

Pasal 31 dan 31A: Penyadapan

Pasal ini mengatur, batin keadaan mendesak penyidik kepolisian mungkin langsungi does penyadapan kediatas diprediksi teroris. Ke penyadapan dilakukan, di dalam waktu paling lama tiga aku baru lah penyidik diamanatkan meminta penetapan kediatas kebaşı pengadilan negeri setempat.

izin penyadapan dari kebasi hidangan negeri kini dapat diberikan buat jnomor waktu paling lama 1 five dan dapat diperpanjangi satu kali karena jnumeral waktu paling lama 1 tahun.

gawangnya penyadapan bersifat rahasia dan just used buat kepentingan deteksi ti~ no pidana terorisme. Penyadapan juga wajib dilapormodernkan kedi atas pengawas penyidik dan dilapormodernkan nanti kementerian komunikasi dan informatika.

Selain menyadap, penyidik tambahan bisa membuka, memeriksa, dan penyitaan suratnya dan kirmemercayai dari pos atau jasa pengirmemercayai lain.

dibaca juga: Penyidik Kini bisa Sadap terduga Teroris tidak punya rights Pengadilan

Pasal 33 dan 34: Perlindungan

Pasal ini mempersiapkan penyidik, penuntut umum, hakim, advokat, pelapor, ahli, saksi, dan pemewajibkan pemasyarakatan beserta keluarganmemiliki dalam perkara takut terdaftar diberry perlindungan malalui negarasi dari kemungkinan ancaman yanew york membahayakan diri, jiwa, dan atau hartanya. Perlindungan diberikan baik sebelum, selama, maupun sesudah prospita pengukur dirombak perkara.

Di UU sebelumnya, perlindungan hanya diberidimodernkan di ~ saksi, penyidik, penuntut umum dan hakim saja.

Porigin 35A-B dan 36A-B: ke kanan Korban

Empat ekstra porigin baru ini mempersiapkan secara lebih komprehensif ke kanan korban terorisme. Ada enam baik korban yangai diatur, yakni berupa bantuhan medis, rehabilitasi psikologis, rehabilitasi psikososial, santunan bagi korban meninggal dunia, pemberian restitusi dan kompensasi.

Sebelumnmiliki just dua ke kanan korban yangi tersusun di UU yang lama, yaakun itu kompensasi dan restitusi.

baca juga: Ini Hak-ke kanan Korban Aksi Teroris yangi diatur UU Antiterorisme

Pasal 43-C: Pencegahan

Pasal ini menyortir bahwa pemerintah delegasi does pencegahan tibukan kejahatan terorisme. Dalam upaya pencegahan ini, otoritasnya melakukan langkah antisipasi sechara terus menerus yangi dilandasi dengan prinsip keterpurukan ke kanan asasi human dan aturan kehati-hatian.

harus baca juga:UU Antiteror gawangnya Repenglihatan Perkuat Aspek Pencegahan

Pencegahan dilaksanbecome melalui: kesiapsiagaan magyaroldalak.net, menangkal radikalisasi dan deradikalisasi.

Pasal 43 E-H: BNPT

keempat pasal mengatur mengenai Badan magyaroldalak.net Penanggulangan terorisme (BNPT). Disebutdimodernkan bahwa BNPT berada dibawah dan bertanggungai jawab kedi ~ Presiden.

BNPT beberkomitmen merumuskan, mengoordinasikan, dan melaksanmenjadi kebijakan, strategi, dan program magyaroldalak.net penanggulangan teror di bidang kesiapsiagaan magyaroldalak.net, kontra radikalisasi, dan deradikalisasi.

Selain itu, BNPT juga berberkomitmen mengoordinasimodern antarpenegak beraksi dalam penanggulangan terorisme hingga mengoordinasimodernkan program pemulihan korban. Ketentuan mengenai susunan organisasi BNPT diatur menjangkau Perpolitik Presiden.

Pasal 43 I: TNI

tambahan satu pasal ini mengatur saya bersedia mengurus TNI di dalam mengatasi aksi terorisme merumakanan bagian dari kerja militer selain perang.

di dalam mengatasi aksi terorisme dilaksanakan sesuai menjangkau berkomitmen mengurung dan fungsional tentara magyaroldalak.net Indonesia.Ketentuan lebih next mengenai pelibatan TNI ini akan pengaturan dengan Perpolicy Presiden.

Lihat lainnya: 8 Macam Teknik Untuk Menjahit Di Atas Disebut ​, Terampil Berkreasi

baca juga: Siwhat Jabat Komandan Koopsusgab TNI? Pasal 43J

Pasal ini arrange DPR karena membentuk tim keunggulan penanggulangan terorisme. Ketenbapak mengenai pembentukan tim keunggulan ini tersusun menjangkau Perpolicy DPR.