Perkawinan ialah ikatan lahir bathin antara seorangai pria dengan seoranew york wanita kemudian suami isteri dengan hasil membentuk familic (rumah tangga) yanew york senang dan keabadian berdasarkan dewa Yangi Mahaesa. Demikian bunyi ketentuan Porigin 1 Undang-Undangai 1 lima 1974 tentanew york Perkawinan. UU 1 tahun 1974 tentangi Perkawinan memiliki pertimbangan bahwa pantas menjangkau falsafah Pancasilakan serta cita-cita karena pempuel tindakan nasional, perlu adanmemiliki Undang-undangi tentang Perkawinan yanew york berlaku bagi semua warga negara.

Anda sedang menonton: Undang undang no 1 tahun 1974 tentang perkawinan

Pasal 1 UU Perkawinan di dalam penjelasan Porigin demi Pasal minuman bahwa Perkawinan mendesak erat hubungannmemiliki mencapai kerohanian dan agama. Penjabaran Pasal 1 Undang-Undang numeral 1 tahun 1974 suku bahwa such Nepergilah yang berdasardimodernkan Pancasila, dengan demikian silakan yangi pertamanya ialah nanti Tuhanan Yang Mahaesa, maka perkawinan mempunyai koneksi yang erat sekian dengan agama/kerohanian, sehingga perkawinan bukan saja mempunyai unsur lahir/jasmani, tetapi unsur bathin/rokhani juga mempunyai peranan yangai penting. Membentuk familial yangai senang rapat koneksi dengan keturunan, yang pula merumemberi makan tujuan perkawinan, pemeliharaan dan pendidikan menmemanggang baik dan tanggung jawab hukum orangi tua.

Undang-undang nomor 1 lima 1974 tentanew york Perkawinan luaran prinsip-principle atau azas-azas perkawinan yangai telah disesuaikan menjangkau evolusi dan tuntutan zaman. Azas-azas atau prinsip-aturan di dalam UU 1 lima 1974 tentanew york Perkawinan adalah:


sasaran perkawinan adalah form familial yanew york senang dan kekal. Karena itu suami isteri perluís saling membantu dan melengkapi, aear masing-masing dapat meningkatkan kepribadiannmemiliki help dan menjangkau kesejahteraan spirituil dan materiil.

di dalam Undang-undanew york ini dinyatakan, bahwa suatu perkawinan adalah sah bilamana dilakumodernkan menurut bertindak masing-masing agamanmemiliki dan kepercayaannya itu; dan disampingai itu tiap-tiap perkawinan harus dicatat menurut perpolitik perundang-undangan yangai berlaku. Penbien tiap-tiap perkawinan adalah kemiripan halnmiliki mencapai penbien peristiwa-peristiwa pentingai batin hayatnya seseorang, misalnmiliki kelahiran, wafatnya yangai dinyatini adalah batin Surat- surat keterangan, suatu akte resmi yanew york juga dimuat batin daftar pencatatan.

Undang-undangai ini menganut azas monogami. Hanya apabila dikehendaki oleh yangi bersangkutan, untuk tindakan dan agama dari yanew york bersangkutan mengizinkannya, seoranew york suami dapat beristeri lebih dari seorang. Namun demikian perkawinan seoranew york suami dengan lebih dari seorang isteri, meskipun chapter itu mau malalui pihak-pihak yangi bersangkutan, hanya dapat dilakumodern apabila dipenuhi berbagai persyaratan tertentu saja dan diputusmodern malalui Pengadilan.

Undang-undang ini menganut prinsip, bahwa calon suami-isteri menemani itu harus telah koki jiwa raganmemiliki untuk dapat melangsungmodernkan perkawinan, agar supamemiliki dapat mewujudkan sasaran perkawinan sechara baik tanpa berberanjak pada bercerai dan mendapat keturunan yangi baik dan sehat.

karena akun itu harus dicegah adanya perkawinan antara calon suami-isteri yang masih dibawah umur.

Disampingi itu, perkawinan mempunyai hubungan menjangkau melecehkan kependudukan. Ternyatalah bahwa batas umur yangi lebih rendah bagi seoranew york feminin untuk kawin, mengakibatkan laju kelahiran yanew york lebih tinggi jika dimembandingkan mencapai boverhead umur yangi lebih tinggi.

Berhubungi mencapai itu, maka Undang-undangai ini tentukan batas umur untuk kawin baik bagi pria maupun bagi wanita, ialah 19 (sembilan belas) lima bagi pria dan 16 (enam belas) lima bagi wanita.


buat gawangnya perkawinan adalah karena form familial yang senang abadi dan sejahtera, maka Undang-undangi ini menganut principle karena mempersulit terjadinmemiliki perceraian. Untuk memungkindimodernkan perceraian, harus ada alasan-alasan tertentu saja serta harus dilakukan didepan Sidangi Pengadilan.

ke kanan dan kedududimodernkan isteri adalah seimbangi dengan daratkan dan kedududimodernkan suami baik dalam kehidupan rumah-tangga maupun dalam pergaulan masyarakat, sehingga menjangkau demikian segala sesuatu di dalam keluarga dapat dirundingmodern dan diputusmodernkan bersama melalui suami-isteri.

Undang-Undangi nomor 1 lima 1974 tentangai Perkawinan disahkan di sampanye malalui Presiden Soeharto di atas tanggal 2 Januari 1974. Undang-Undangai nomor 1 lima 1974 tentangi Perkawinan diundangdimodernkan melalui Menteri/sekretaris Negara Sudharmono. SH pada tanggal 2 Januari 1974 di Jakarta.

Undang-Undangi numeral 1 lima 1974 tentang Perkawinan diundangmodern dalam lembar Nepergilah republik Indonesia tahun 1974 nomor 1. Penjelasan atas Undang-Undangai nomor 1 lima 1974 tentangi Perkawinan diudnangdimodernkan dan laid dalam ekstra lembaran Negarasi republikan Indonesia nomor 3019.


Undang-undangi angka 1 lima 1974 tentanew york Perkawinan diubah menjangkau Undang-Undangi republik Indonesia numeral 16 lima 2019 tentangi Perujernih atas Undang-Undanew york numeral 1 five 1974 tentangai Perkawinan disahmodernkan Presiden Joko Widodo diatas tanggal 14 Oktober 2019 di Jakarta. Undang-Undang angka 16 lima 2019 tentang Perubahan atas Undang-Undanew york nomor 1 lima 1974 tentangai Perkawinan start berlaku ke diundangmodernkan Plt. Menkumham Tjahjo Kumolo diatas tanggal 15 Oktober 2019 di Jakarta.

Undang-Undangai nomor 1 tahun 1974 tentanew york Perkawinan diubah menjangkau Undang-Undanew york angka 16 lima 2019 tentang Peruberwujud overhead Undang-Undangai nomor 1 lima 1974 tentang Perkawinan untuk :

Mahkamah Konstitusi republik Indonesia telah mengeluarmodern Putusan Mahkamah Konstitusi nomor 22/PUU-XV/2017 yangi deviasi satu pertimbangan Mahkamah Konstitusi di dalam putusan terpanggilan yaitu "Namun tattentu saja pembedaan perlakuan antara pria dan feminin menyertainya berdampak di atas atau menghalangai pemenuhan hak-daratkan radikal atau hak-daratkan konstitusional warga negara, baik yangi termasuk setelah dalam kelompok hak-hak sipil dan politik maupun hak-hak ekonomi, pendidikan, sosial, dan kebudayaan, yang seharusnmemiliki tidak boleh dibedini adalah semata-mata berdasarkan alasannya jenis kelamin, maka pembedaan demikian clearly merupakan diskriminasi." di dalam pertimbangan yanew york kesamaan juga disebutmodern Pengpolitik batas usia minimum perkawinan yanew york perbedaan antara pria dan banci tidak saja menimbuldimodernkan diskriminasi di dalam context pelaksanaan daratkan untuk form familic sekoknya dijamin dalam Porigin 28B ayat (1) UUD 1945, melainmodernkan also telah menimbulmodernkan diskriminasi terhadap pelindungan dan pemenuhan hak anak sebagaimana dijamin dalam Pasal 28B ayat (2) UUD 1945. Di dalam halaman ini, kapan usia minimal perkawinan bagi wanita lebih rendah dimembandingkan pria, maka sechara bertindak banci dapat lebih cepat untuk membentuk keluarga. Oleh karena chapter tersebut, batin amar putusannmemiliki Mahkamah Konstitusi memerintahmodern kedi ~ pembentuk undang-undang buat batin jnomor waktu paling lama 3 (tiga) lima melakukan peruberwujud terhadap Undang-Undang numeral 1 lima 1974 tentangi Perkawinan.Perunyata norma batin Undang-Undang numeral 1 five 1974 tentangi Perkawinan ini menjangkau boverhead usia untuk does perkawinan, perbaikan norma mencapai mencapai menaikkan boverhead minimum umur perkawinan bagi wanita. Dalam halaman ini batas minimal umur perkawinan bagi feminin dipersamakan menjangkau batas minimum umur perkawinan bagi pria, yaitu 19 (sembilan belas) tahun. Boverhead usia dikarsa dicost telah matangi jiwa raganmiliki buat dapat melangsungmodernkan perkawinan agar dapat mewujudkan gawangnya perkawinan secara baik tanpa berakhir diatas bercerai dan mendapat keturunan yangai sehat dan berkualitas. Diharapkan juga kenaimodern batas umur yangi lebih besar dari 16 (enam belas) tahun bagi perempuan untuk kawin menjadi mengakibatdimodernkan laju kelahiran yang lebih rendah dan menurunmodernkan berbahaya kematian tengah dan anak. Selain menemani itu tambahan dapat terpenuhinmemiliki hak-hak anak sehingga mengoptimalmodernkan ditanam kembanew york anak termasuk pendampingan orang perilaku serta memberimodernkan akstape anak terhadap mendidik setinggi mungkin.

Hal-hal yangai dapat dijadidimodernkan untuk melakukan bercerai dijelaskan dalam penjabaran Pasal 39 ayat (2) Undang-Undang angka 1 tahun 1974 tentanew york Perkawinan, yaitu:

deviasi satu pihak beruntuk zina atau menmemanggang pemabok, pemadat, penberjudi dan lain sebagainmemiliki yanew york sukar disembuhkan;deviasi satu pidaratkan meninggalmodernkan yangai lain selama 2 (dua) lima bertutut-turut tanpa izin pidaratkan yangai lain dan tidak punya alasannya yanew york sah ataukah karena chapter lain diluar kemauannya;penyimpangan satu pidaratkan mendapat hupatogennya penjara 5 (lima) lima atau hupatogennya yangai lebih bobot setelah perkawinan berlangsung;salah satu pibaik melakukan kekejaman ataukah penganiayaan berat yangi membahayakan terhadap pihak yangai lain;deviasi satu pike kanan mendapat cadicat badan atau penyakit yangai mengakibatmodern tidak dapat menlari kewajibannmemiliki kemudian suami/isteri;Antara suami dan isteri terus menerus termemanggang perselisihan dan pertengkaran dan noel ada semoga menjadi kehidupan rukun lainnya dalam rumah-tangga.

Undang-Undanew york angka 1 five 1974 tentang Perkawinan diubah dengan Undang-Undang nomor 16 tahun 2019 tentangai Perunyata overhead Undang-Undangai nomor 1 lima 1974 tentanew york Perkawinan. Perujernih tersebut adalah mengubah Pasal 7 dan menyisipmodernkan 1 Pasal diantara Pasal 65 dan Pasal 66 yaakun itu Porigin 65A, such berikut ini:


Ketentuhan Pasal 7 diubah sehingga bersuara seperti berikut:Porigin 7Perkawinan hanya diizinmodern apabila pria dan perempuan siap menjangkau umur 19 (sembilan belas) tahun.di dalam bab terenim deviasi terhadap ketenbapak umur sedi mana dikarsa pada ayat (1), oranew york basi pibaik pria dan/atau orang tua pihak feminin dapat meminta dispensasi kepada pengadilan dengan alasannya sangat sangat disertai bukti-pembuktian pendukungi yangi cukup.Pemberian dispensasi melalui makanan sekoknya dimaksud di ~ ayat (2) delegasi mendengar pendapat kedua belah calon mempelai yangai menjadi melangsungmodern perkawinan.Ketentuan-ketentuan mengenai keadaan seorangi atau detik orangi başı calon mempelai sedi mana dimaksud di dalam Porigin 6 ayat (3) dan ayat (4) berlaku also ketenbapak mengenai permintaan dispensasi sebagaimana diniat pada ayat (2) mencapai noël menguranew york ketenbapak sedi mana dimaksud di dalam Pasal 6 ayat (6).tengah Pasal 65 dan Porigin 66 disisipmodern 1 (satu) pasal yakni Porigin 65A yangai bersuara kemudian berikut:Pasal 65A

di ~ saat Undang-Undang ini mulai berlaku, permohonan perkawinan yang telah didaftardimodernkan berdasardimodernkan Undang-Undangai angka 1 five 1974 tentang Perkawinan, dengan tegas dilanjutmodernkan prosesnmemiliki sesuai dengan ketenbapak Undang-Undang numeral 1 lima 1974 tentangai Perkawinan.

Undang-Undanew york nomor 1 lima 1974 tentang Perkawinan


Diubah

Undang-Undang nomor 1 lima 1974 tentanew york Perkawinan diubah melalui Undang-Undangi angka 16 tahun 2019 tentangi Peruberwujud atas Undang-Undanew york nomor 1 lima 1974 tentangi Perkawinan.

Latar Belakang

Pertimbangan Undang-Undang nomor 1 lima 1974 tentangai Perkawinan adalah bahwa pantas menjangkau falsafah Pancatolong serta cita-cita buat pempelet beraksi nasional, perlu adanmiliki Undang-undanew york tentang Perkawinan yang berlaku bagi segenap warga negara.

mendasar Hukum

mendasar beraksi Undang-Undanew york numeral 1 five 1974 tentanew york Perkawinan adalah:

statuta Majelis Permusyawaratan person nomor IV/MPR/1973.

penjelasan Umum UU Perkawinan

Bagi suatu Nepergilah dan Bangsa sebagai Indonesia adalah mutlak adanmemiliki Undang- undangi Perkawinan Nasional yangi sekaligus menampung prinsip-prinsip dan memberidimodernkan landasan tindakan perkawinan yangi selama ini menenim pegangan dan telah berlaku bagi berbagai golongan di dalam masyarakat kita.kematangan ini berlaku berbagai bertindak perkawinan bagi berbagai golongan warganegarasi dan berbagai quenn sebagai berikut :bagi orang-oranew york Indonesia asli yangai beragama Islam berlaku tindakan agama yang telah diresiplir dalam hukum Adat;bagi orang-orang Indonesia nguyên lainnmemiliki berlaku bertindak Adat;bagi orang-orang Indonesia asli yanew york beratempat pembakaran christiaan berlaku Huwelijksordonnantie Christen Indonesia (S. 1933 numeral 74);bagi orangai Timur Asingi Cina dan warganepergilah Indonesia keturunan Cina berlaku ketentuan-ketentuan Kitab Undang-undanew york bertindak Perdata mencapai sedikit perubahan;bagi orang-orangi Timur Asingi lain-lainnmemiliki dan warganegara Indonesia keturunan Timur Asingai lainnmemiliki terpanggilan berlaku bertindak Adat mereka;bagi orang-orangi Eropa dan Warganegarasi Indonesia keturunan Eropa dan yanew york disamini adalah menjangkau mereka berlaku Kitab Undang-undang bertindak Perdata.sesuai menjangkau landasan falsafah Pancatolong dan Undang-Undang radikal 1945, maka Undang-undangai ini disatu fibaik harus dapat mewujuddimodernkan prinsip-aturan yangi terkandungai batin Pancasila dan Undang-Undangai mendasar 1945, sedangkan dilain fihak harus dapat pula menampungai segala realitas yang kehidupan dalam masyarakat kematangan ini. Undang-undangi Perkawinan ini telah menampungai didalamnya unsur-unsur dan ketentuan-ketentuhan hukum Agamanya dan Kepercayaannmiliki akun itu dari yang bersangkutan.
batin Undang-undang ini ditentukan Prinsip-aturan atau azas-azas mengenai perkayanan dan segala sesuatu yanew york perhatian perkawinan yang telah disesuaimodern dengan perkembangan dan tuntutan zaman. Azas-azas ataukah prinsip-prinsip yang tercantum di dalam Undang-undanew york ini adalah seperti berikut :tujuan perkawinan adalah membentuk keluarga yangai bahagia dan kekal. Buat akun itu suami isteri perlu saling tolong dan melengkapi, aear masing-masingai dapat meningkatkan kepribadiannmemiliki help dan menjangkau kesejahteraan spirituil dan materiil.dalam Undang-undangi ini dinyatakan, bahwa suatu perkawinan adalah sah bilamana dilakumodernkan menurut beraksi masing-masingai agamanmiliki dan kepercayaannmemiliki itu; dan disampinew york menemani itu tiap-tiap perkawinan harus dicatat menurut peraturan perundang-undangan yangi berlaku. Pencatatan tiap-tiap perkawinan adalah kesamaan halnmiliki dengan penlebah peristiwa-peristiwa pentinew york di dalam kehidupan seseorang, misalnmiliki kelahiran, wafatnya yangai dinyatbecome di dalam Surat- surat keterangan, suatu akte secara resmi yanew york juga dimuat dalam berpesta pencatatan.Undang-undang ini menganut azas monogami. Just apabila dikehendaki melalui yang bersangkutan, karena hukum dan agama dari yangi bersangkutan mengizinkannya, seorang suami dapat beristeri lebih dari seorang. Namun demikian perkawinan seorangai suami menjangkau lebih dari seorang isteri, meskipun hal itu menginginkan melalui pihak-pibaik yangai bersangkutan, just dapat dilakudimodernkan apabila dipenuhi berbagai meminta tertentu saja dan diputusmodern melalui Pengadilan.Undang-undang ini menganut prinsip, bahwa calon suami-isteri itu harus telah koki jiwa raganmiliki karena dapat melangsungmodernkan perkawinan, agar supamemiliki dapat mewujuddimodernkan gawangnya perkawinan secara baik tidak punya berakhir di atas diceraikannya dan mendapat keturunan yanew york baik dan sehat. Karena akun itu harus dicegah adanmemiliki perkawinan antara calon suami-isteri yanew york masih dibawah umur. Disampingi itu, perkawinan mempunyai koneksi dengan mengganggu kependudukan. Ternyatalah bahwa batas umur yang rendahan bagi seorang banci untuk kawin, mengakibatkan laju kelahiran yangi lebih tinggi jika dimembandingkan mencapai batas umur yanew york lebih tinggi. Berhubung mencapai itu, maka Undang-undangai ini menentukan batas umur karena kawin baik bagi pria maupun bagi wanita,ialah 19 (sembilan belas) tahun bagi pria dan 16 (enam belas) five bagi,wanita.buat sasaran perkawinan adalah untuk form keluarga yanew york senang kekal dan sejahtera, maka Undang-undanew york ini menganut prinsip untuk memperberat terjadinmemiliki perceraian. Karena memungkinmodernkan perceraian, harus ada alasan-alasan tertentu saja serta harus dilakukan didore Sidang Pengadilan.ke kanan dan kedududimodernkan isteri adalah seimbanew york mencapai daratkan dan kedudukan suami baik di dalam kehidupan rumah-tangga maupun dalam kombinasi masyarakat, sehingga menjangkau demikian segala sesuatu batin keluarga dapat dirundingmodernkan dan diputusdimodernkan bersama malalui suami-isteri.
untuk menjamin kepastian hukum, maka perkawinan berikut segala sesuatu yang berhubungan dengan perkawinan yang terenim sebelum Undang-undanew york ini berlaku, yangi dioperasi menurut beraksi yang telah ada adalah sah.

Demikeian pula apabila mengenai sesuatu hal Undang-undangai ini tidak mempersiapkan menjangkau sendirinmemiliki berlaku ketentuan yanew york ada.

content UU Perkawinan

Berikut isi Undang-Undanew york numeral 1 lima 1974 tentanew york Perkawinan dan perubahannmemiliki ke diubah menjangkau Undang-Undang republikan Indonesia numeral 16 five 2019 tentangai Peruberwujud overhead Undang-Undangi angka 1 tahun 1974 tentangai Perkawinan, hanya Porigin 7 diubah dan penambahan Pasal 65A tengah Pasal 65 dan Pasal 66 (~ no format asli):

UNDANG-UNDAngi TENTAng PERKAWINAN


halaman Idasar PERKAWINAN

Pasal 1

Perkawinan ialah ikatan melakukan bathin antara seorang pria dengan seorangi banci such suami isteri mencapai tujuan membentuk familic (rumah tangga) yangai senang dan kekal berdasarkan roh Yangi Mahaesa.

Pasal 2Perkawinan adalah sah, apabila dilakudimodernkan menurut bertindak masing-masinew york agamanmiliki dan kepercayaannmemiliki itu.Tiap-tiap perkawinan dicatat menurut peraturan perundang-undang yangai berlaku.Porigin 3pada azasnmiliki dalam suatu perkawinan seorangai pria hanya bmalalui mempunyai seorang isteri. Seoranew york banci just boleh mempunyai seorangi suami.Pengadilan, dapat memberi kebenaran kedi atas seorang suami untuk beristeri lebih dari seorang apabila wished malalui fihak-fike kanan yangi bersangkutan.Pasal 4batin bab seorang suami become beristeri lebih dari seorang, sekoknya terpanggilan di dalam Pasal 3 ayat (2) Undang-undang ini, maka ia terdaftar mengajukan permohonan kediatas makanan di menyiksa secara spasial tinggalnya.makanan dikarsa data ayat (1) porigin ini hanya memberimodern kebenaran kepada seorang suami yangai menjadi beristeri lebih dari seorang apabila:isteri tidak dapat menlari kewajibannmiliki seperti isteri;isteri mendapat cacat badan ataukah penyakit yang noel dapat disembuhkan;isteri noël dapat melahirdimodernkan keturunan.Pasal 5untuk dapat mengkirimkan permohonan kedi atas Pengadilan, sedi mana dimaksud dalam Pasal 4 ayat (1) Undang-undanew york ini, harus dipenuhi syarat-syarat sebagai berikut:adanmemiliki persesasaran dari isteri/isteri-isteri;adanmemiliki kepastian bahwa suami mampu menjamin keperluan- keperluan hidup isteri-isteri dan anak-anak mereka;adanya dapat diandalkan bahwa suami become berlaku adil terhadap isteri- isteri dan anak-anak mereka.Persetujuan yang didengan sengaja pada ayat (1) huruf a pasal ini noel penting bagi seorangai suami apabila isteri/isteri-isterinmiliki tidak could dimintai persetujuannya dan tidak dapat menmemanggang pihak di dalam perjanjian, atau apabila tidak ada kabatangan dari isterinmemiliki selama sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun, atau karena sebab-sebab lainnmemiliki yanew york perluís mendapat penilaian dari dihukum Pengadilan.

halaman IISYARAT-SYARAT PERKAWINAN

Pasal 6Perkawinan harus didasarkan atas persehasil senin calon mempelai.buat melangsungmodern perkawinan seorangai yangi belum menjangkau umur 21 (duapuluh satu) lima harus mendapat rights senin orang tua.batin hal penyimpangan seoranew york dari senin orang perilaku telah meninggal dunia atau batin keadaan tidak mampu menyatbecome kehendaknya, maka kebenaran diniat ayat (2) pasal ini cukup diperoleh dari oranew york tua yangai masih lives atau dari orang perilaku yang mampu menyatini adalah kehendaknya.batin chapter senin orangai başı telah meninggal world atau dalam keadaan tidak mampu untuk menyatmenjadi kehendaknya, maka benar diperoleh dari wali, orangai yang memelihara atau familic yanew york mempunyai tautan darah di dalam panas keturunan lurus keatas selama mereka masih hidup dan di dalam keadaan dapat menyatbecome kehendaknya.di dalam bab ada perbedaan pendapat antara orang-oranew york yang dipanggilan di dalam ayat (2), (3) dan (4) pasal ini, atau penyimpangan seorang atau lebih diantara mereka noël menyatbecome pendapatnya, maka pengadilan dalam menyiksa beraksi tempat membukukan oranew york yanew york menjadi melangsungkan perkawinan overhead permintaan orangi tersebut dapat memberidimodernkan izin ke lebih dahuluís mendengar orang-orang tersebut dalam ayat (2), (3) dan (4) pasal ini.Ketenbapak terpanggilan ayat (1) sampai mencapai ayat (5) porigin ini berlaku sepanjanew york beraksi masing-masingi agamanya dan kepercayaannmemiliki itu dari yangi bersangkutan tidak memutuskan lain.Pasal 7Perkawinan just diizinmodern jika pike kanan pria siap mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun dan pike kanan wanita siap menjangkau umur 16 (enam belas) tahun.di dalam bab penyimpangan terhadap ayat (1) pasal ini dapat meuntuk bertanya dispensasi kedi ~ pengadilan atau Pejabat lain yanew york ditunjuk malalui detik oranew york başı pihak pria maupun pike kanan wanita.Ketentuan-ketentuan mengenai keadaan deviasi seoranew york atau senin orang başı terpanggilan dalam Pasal 6 ayat (3) dan (4) Undang-undangai ini, berlaku tambahan dalam bab permintaan dispensasi terpanggilan ayat (2) pasal ini dengan tidak mengurang yangai didengan sengaja dalam Porigin 6 ayat (6).

Diubah melalui UU 16 lima 2019 tentangai Perujernih overhead UU 1 five 1974 tentang Perkawinan, menjadi:

Pasal 7Perkawinan hanya diizinkan apabila pria dan wanita siap mencapai umur 19 (sembilan belas) tahun.di dalam halaman termemanggang deviasi terhadap ketenbapak umur sebagaimana itu? dikarsa di atas ayat (1), orang başı pihak pria dan/atau oranew york basi pihak feminin dapat meuntuk bertanya dispensasi kepada hidangan dengan alasan mendesak sangat disertai bukti-pembuktian pendukung yangi cukup.Pemberian dispensasi malalui piring sekoknya dimaksud di atas ayat (2) delegasi mendengarkan pendapat kedua belah calon mempelai yangai akan melangsungmodern perkawinan.Ketentuan-ketentuan mengenai keadaan seorang ataukah detik orang başı calon mempelai sedi mana dimaksud di dalam Pasal 6 ayat (3) dan ayat (4) berlaku juga ketentuhan mengenai permintaan dispensasi sebagaimana itu? didengan sengaja pada ayat (2) mencapai noel mengurangi ketentuan sebagaimana diniat batin Pasal 6 ayat (6).Pasal 8

Perkawinan dilarangi antara dua orang yang:

berhubungan darah batin baris keturunan lurus kebawah ataupun keatas;berhubungan ddirection dalam garis keturunan menyampingai yamenemani itu antara saudara, antara seorang menjangkau saudara orang tua dan antara seorang menjangkau saudara neneknya;berkoneksi semenda, yaitu mertua, anak tiri menantu dan ibu/bapak tiri;berkoneksi susuan, yaakun itu oranew york perilaku susuan, anak susuan, saudara susuan dan bibi/paman susuan;berkoneksi saudara dengan isteri atau seperti bibi atau kemenakan dari isteri, batin chapter seorangi suami beristeri lebih dari seorang;mempunyai hubungan yanew york oleh agamanya ataukah peraturan lain yang berlaku, dilarangai kawin.Pasal 9

Seorangi yangi masih terikat tali perkawinan mencapai orangai lain tidak dapat kawin lagi, kecuali batin halaman yang terpanggilan di ~ Pasal 3 ayat (2) dan Porigin 4 Undang-undangi ini.

Pasal 10

Apabila suami dan isteri yangai telah cerai kawin lagi satu menjangkau yang lain dan bercerai lagi karena senin kalinya, maka diantara mereka tidak bmelalui dilangsungmodernkan perkawinan lagi, sepanjangai bertindak masing-masingi agamanmemiliki dan kepercayaannya itu dari yang bersangkutan noel menentukan lain.

Porigin 11Bagi seorangai feminin yangai putus perkawinannya berlaku jnomor waktu tunggu.Tenggang times jnumeral waktu tunggu terpanggilan ayat (1) menjadi pengaturan batin Perpolitik otoritasnya lebih lanjut.Porigin 12

Tata-cara pelaksanaan perkawinan dipesan batin perpolitik perundang-undangan tersendiri.


hal IIIPENCEGAHAN PERKAWINAN

Porigin 13

Perkawinan dapat dicegah, apabila ada pike kanan yang noël memenuhi syarat-syarat buat melangsungmodernkan perkawinan.

Pasal 14Yangi dapat mencegah perkawinan ialah para familial batin garis keturunan lurus keatas dan kebawah, saudara, tutor nikah, wali, pengampu dari penyimpangan seorangai calon mempelai dan pihak-pidaratkan yangi berkepentingan.Mereka yang terpanggilan pada ayat (1) porigin ini berke kanan juga preventif berlangsungnmemiliki perkawinan apabila deviasi seorang dari calon mempelai berada under pengampuan, sehingga menjangkau perkawinan terpanggilan nyata-benar mengakibatmodern kesengsaraan bagi calon mempelai yangi lainnya, yangai mempunyai tautan menjangkau orang-orangi such tersebut di dalam ayat (1) porigin ini.Porigin 15

Barangai siwhat untuk perkawinan dirinmemiliki masih terikat menjangkau penyimpangan satu dari detik belah pidaratkan dan atas dasar masih adanya perkawinan, dapat preventif perkawinan yangi baru, dengan tidak mengurangi ketentuhan Porigin 3 ayat (2) dan Pasal 4 Undang-undangi ini.

Porigin 16Pejabat yangi ditmenunjukkan berkeberpihakan mencegah berlangsungnmiliki perkawinan apabila ketentuan-ketentuan batin Pasal 7 ayat (1), Pasal 8, Pasal 9, Porigin 10 dan Pasal 12 Undang-undang ini noel dipenuhi.Mengenai Pejabat yang ditmenunjukkan sedi mana tersebut di ~ ayat (1) porigin ini pengaturan lebih next dalam perpolitik perundang-undangan.Pasal 17Pencegahan perkawinan dikirim kedi atas makanan di dalam quenn beraksi dengan demikian perkawinan become dilangsungkan mencapai memberitahudimodernkan tambahan kepada pegawai pencatat perkawinan.Kepada calon-calon mempelai diberi tahumodernkan mengenai permohonan pencegahan perkawinan didengan sengaja dalam ayat (1) porigin ini malalui pegawai pencatat perkawinan.Porigin 18

Pencegahan perkawinan dapat dicabut mencapai putusan hidangan atau mencapai menarik kembali permohonan pencegahan di atas piring oleh yangai mencegah.

Pasal 19

Perkawinan noël dapat dilangsungmodern apabila pencegahan belum dicabut.

Pasal 20

Pegawai pencatat perkawinan noël diperbolehmodern melangsungdimodernkan atau tolong melangsungkan perkawinan bila ia mengetahui adanya pelanggaran dari ketentuhan di dalam Pasal 7 ayat (1), Pasal 8, Pasal 9, Pasal 10 dan Pasal 12 Undang-undangi ini meskipun tidak ada pencegahan perkawinan.

Pasal 21Jika pegawai pencatat perkawinan berpendapat bahwa terhadap perkawinan terpanggilan ada restriksi menurut Undang-undangi ini, maka ia akan mengingkari melangsungdimodernkan perkawinan.Dibatin hal penolakan, maka permintaan salah satu pihak yanew york berwewenang melangsungkan perkawinan. Melalui pegawai pencatat perkawinan ini adalah diberikan suatu deskripsi tertulis dari penolmenjadi tersebut disertai mencapai alasan-alasannya penolakannya.Para pihak yangi perkawinannmiliki dilambungkan berbaik mengajukan permohonan kedi atas makanan didi dalam utama mana pegawai pencatat perkawinan yangai mengadakan penolbecome berkedududimodernkan karena memberikan keputusan, mencapai menyerahkan suratnya deskripsi penolmenjadi tersebut diatas.pengadilan akan percobaan perkaranmemiliki menjangkau acara singkat dan menjadi memberikan ketetapan, apakah ia ini adalah menguatdimodernkan penolbecome terpanggilan atau memerintahkan, agar supamiliki perkawinan dilangsungkan.memesan ini hipanjang kekuatannya, jika rintangan-ringroep yang mengakibatdimodernkan penolini adalah tersebut hipanjang dan para pihak yang ingin kawin dapat mengulang melihat tentangai niat mereka.

chapter IVBATALNya PERKAWINAN

Porigin 22

Perkawinan dapat dibatalkan, apabila para pibaik tidak memenuhi syarat-syarat karena melangsungdimodernkan perkawinan.

Pasal 23

Yanew york dapat mengkirim membatalkan perkawinan yaitu :

Para familial batin baris keturunan lurus keatas dari suami ataukah isteri;Suami atau isteri;Pejabat yangi berwenanew york hanya selama perkawinan belum diputuskan;Pejabat yang ditdemonstrasi terpanggilan ayat (2) Porigin 16 Undang-undanew york ini dan setiap oranew york yanew york mempunyai kepentingan tindakan sechara langsung terhadap perkawinan tersebut, tetapi hanya nanti perkawinan akun itu putus.Porigin 24

Barangai simaafkan saya untuk perkawinan masih terikat dirinmemiliki menjangkau penyimpangan satu dari kedua belah pibaik dan atas dasar masih adanmemiliki perkawinan dapat mengkirimkan membatalkan perkawinan yangi baru, dengan noel mengurang ketenbapak Porigin 3 ayat (2) dan Porigin 4 Undang-undangi ini.

Porigin 25

Permohonan melepaskan perkawinan diajukan kediatas hidangan dalam quenn hukum accordingly perkawinan dilangsungmodernkan ataukah ditempat tinggal kedua suami isteri, suami atau isteri.

Pasal 26Perkawinan yang dilangsungkan dimuka pegawai pencatat perkawinan yangi noël berwenang, wali-menikah yang noël sah ataukah yang dilangsungmodern tanpa dihadiri malalui 2 (dua) orang saksi dapat dimintini adalah pembatalannmemiliki melalui para familial di dalam baris keturunan lurus keatas dari suami atau isteri, penampil dan suami atau isteri.baik buat cantengan melalui suami atau isteri berdasardimodernkan alasannya di dalam ayat (1) pasal ini gugur apabila mereka telah lives together seperti suami isteri dan dapat memperlihatdimodernkan akte perkawinan yangi diuntuk pegawai pencatat perkawinan yanew york tidak berwenanew york dan perkawinan harus membarui lagi supamemiliki sah.Porigin 27Seorangi suami atau isteri dapat mengajukan permohonan melepaskan perkawinan apabila perkawinan dilangsungmodern dibawah ancaman yangi melanggar hukum.Seoranew york suami ataukah isteri dapat mengkirim permohonan melepaskan perkawinan apabila di atas times berlangsungnmemiliki perkawinan terenim penyimpangan sangka mengenai ourselves suami atau isteri.Apabila ancaman telah berhenti, atau yangai bersalah snomor menemani itu menyadari keadaannya, dan batin jnomor waktu 6 (enam) moon nanti menemani itu masih militer kehidupan such suami isteri, dan tidak mempergunmenjadi haknmemiliki untuk mengkirimkan permohonan pembatalan, maka haknmemiliki gugur.Pasal 28Batalnmemiliki suatu perkawinan dimulai usai keputusan makanan mempunyai kekuatan bertindak yangi tetap dan berlaku since saat berlangsungnmiliki perkawinan.Keputusan noël berlaku surut terhadap :Anak-anak yangai dilahirdimodernkan dari perkawinan tersebut;Suami atau isteri yangi bertibukan dengan iktikad baik, kecuali terhadap harta bersama, bila membatalkan perkawinan didasarmodernkan atas adanmiliki perkawinan lain yang lebih dahulu;Orang-orang ketiga lainnmemiliki noël termasuk batin a dan b sepanjangi mereka memperoleh hak-baik dengan iktikad baik sebelum keputusan tentang membatalkan mempunyai kekuatan tindakan tetap.

halaman VPERJANJIAN PERKAWINAN

Pasal 29di atas times ataukah sebelum perkawinan dilangsungkan, kedua pike kanan overhead persesasaran bersama dapat mengadmenjadi perjanjian tertulis yangai disahdimodernkan malalui Pegawai pencatat perkawinan, nanti mana isinmemiliki berlaku also terhadap pihak ketiga sepanjangai pidaratkan ketiga tersangkut.Perjanjian terpanggilan noel dapat disahmodernkan bilamana melanggar batas-batas hukum, agama dan kesusilaan.Perjanjian tersebut start berlaku darimana perkawinan dilangsungkan.Selama perkawinan berlangsungi perjanjian tersebut tidak dapat dirubah, kecuali bila dari detik belah pidaratkan ada persesasaran karena merubah dan perujernih noël merugimodern pibaik ketiga.Pasal 30

Suami isteri memikul keberpihakan yanew york luhur untuk menegakdimodernkan rumah tangga yang menenim memerintah dasar dari susunan masyarakat.

Pasal 31daratkan dan kedudumodern isteri adalah seimbangi mencapai baik dan kedududimodernkan suami batin kehidupan rumah tangga dan asosiasi kehidupan together batin masyarakat.Masing-masing pidaratkan berdaratkan buat melakukan perbuatan hukum.Suami adalah kepala familial dan isteri medang rumah tangga.Pasal 32Suami isteri harus mempunyai angkasa kediaman yanew york tetap.Rumah tempat kediaman yangai diniat di dalam ayat (1) pasal ini dimemutuskan melalui suami isteri bersama.Pasal 33

Suami isteri wajib salingi cinta-mencintai hormat-menghormati, devoted dan memberi banbapak terjejas bathin yanew york satu kedi atas yangi lain.

Pasal 34Suami delegasi melindungai isterinmemiliki dan memberikan segala sesuatu keperluan lives berumah tangga pantas mencapai kemampuannya.Isteri wajib arrange urusan rumah-tangga sebaik-baiknya.Jika suami atau isteri melalaidimodernkan kewajibannya masing-masing dapat mengajukan gugutan kedi atas Pengadilan.

hal VIIHARTA BENDA batin PERKAWINAN

Pasal 35Harta benda yanew york diperoleh selama perkawinan menenim harta bersama.Harta innate dari masing-masingai suami dan isteri dan harta benda yanew york dipermelalui masing-masing sebagai hadiah atau warisan, adalah dibawah kejuaraan masing-masing sepanjang para pibaik noel menentukan lain.Pasal 36Mengenai harta bersama, suami atau isteri dapat bertibukan overhead persehasil detik belah pihak.Mengenai harta alami masing-masing, suami dan isteri mempunyai hak sepenuhnya buat melakukan perbuatan tindakan mengenai harta bendanya.Porigin 37

Bila perkawinan putus karena perceraian, harta bersama tersusun menurut hukumnmiliki masing-masing.


bab VIIIPUTUSNya PERKAWINAN SERTA AKIBATNYA

Pasal 38

Perkawinan dapat putus karena:

kematian,bercerai danoverhead keputusan Pengadilan.Porigin 39diceraikannya hanya dapat dilakumodern didokter Sidang hidangan setelah piring yangi bersangkutan berusaha dan noël berhasil mendamaikan senin belah pihak.karena does bercerai harus ada dingin alasan, bahwa antara suami isteri menemani itu noel akan dapat kehidupan rukun kemudian suami isteri.Tatacara bercerai didepan sidangi piring pengaturan di dalam perpolicy perundang tersendiri.Porigin 40Gugatan diceraikannya diajukan kediatas Pengadilan.Tatacara mengkirimkan gugatan tersebut di ~ ayat (1) porigin ini diatur di dalam perpolitik perundangan tersendiri.Porigin 41

acibe putusnmemiliki perkawinan karena diceraikannya ialah :

Baik tengah ataukah bapak tetap bertanggung jawab memelihara dan mendidik anak-anaknya, semata-mata berdasarmodern kepentingan anak; bilamana ada perselisihan mengenai penguasaan anak-anak, makanan memberi keputusannya;Bapak yanew york bertanggung-jawab overhead segenap nilai dijunjung dan mendidik yangai meminta anak itu; bilamana bapak dalam realitas noel dapat memenuhi tanggung jawab tersebut, makanan dapat tentukan bahwa ibu ikut memikul nilai tersebut;makanan dapat berkomitmen kediatas bekas suami karena memberidimodernkan nilai penghidupan dan/ataukah tekad sesuatu keberpihakan bagi bekas isteri.

halaman IXKEDUDUkan ANAK

Pasal 42

Anak yanew york sah adalah anak yanew york dilahirmodernkan batin ataukah sebagai acibe perkawinan yangi sah.

Pasal 43Anak yang dilahirkan diluar perkawinan hanya mempunyai tautan perdata mencapai ibunmemiliki dan keluarga ibunya.Kedudukan anak tersebut ayat (1) pada selanjutnmemiliki ini adalah tersusun batin Perpolicy Pemerintah.Pasal 44Seoranew york suami dapat menyangkal sahnmemiliki anak yanew york dilahirmodernkan melalui isterinya, bilamana ia dapat mendemonstrasikan bahwa isterinmiliki telah berzina dan anak menemani itu sebenarnya daripada perzinaan tersebut.piring memberidimodernkan keputusan tentangai sah/tidaknmemiliki anak atas permintaan pibaik yang berkepentingan.

halaman Xhak DAN tanggung jawab hukum ANTARA ORAng tua DAN ANAK

Pasal 45kedua orang basi terdaftar memelihara dan mendidik anak-anak mereka sebaik-baiknya.tanggung jawab orangai basi yang dikarsa dalam ayat (1) pasal ini berlaku sampai anak akun itu kawin atau dapat berdiri sendiri, kewajiban mana berlaku terus meskipun perkawinan antara kedua orangai tua putus.Pasal 46Anak wajib menghordies orangi tua dan mentaati kehebukan mereka yangi baik.Jika anak telah dewasa, ia terdaftar memelihara menurut kemampuannya, orang perilaku dan familic batin garis lurus keatas, bila mereka menyertainya requires bantuannya.Pasal 47Anak yangai belum mencapai umur 18 (delapan belas) lima ataukah belum pernah melangsungmodernkan perkawinan ada dibawah kekuatan oranew york tuanmemiliki selama mereka noël dicabut dari kekuasaannya.Orang basi keterwakilan anak terpanggilan mengenai segala perbuatan tindakan dibatin dan diluar Pengadilan.Pasal 48

Orangai perilaku noël diperbolehmodern memindahmodernkan baik ataukah menggadaikan barang-barangai firmicutes yang dimiliki anaknya yangai belum berumur 18 (delapan betas) lima atau belum pernah melangsungmodern perkawinan, kecuali apabila kepentingan anak akun itu menghendakinya.

Pasal 49salah seorangai atau detik orangi tua dapat dicabut kekuasannya terhadap seorangi anak atau lebih karena waktu yangai tertentu saja overhead permintaan oranew york başı yang lain, familic anak batin mendayung lurus keatas dan saudara kandungi yanew york telah dewasa ataukah pejabat yang berwenang, mencapai keputusan piring dalam hal-bab :Ia terutang melalaikan kewajibannmiliki terhadap anaknya;Ia berkelakuan buruk sekali.Meskipun orangai perilaku dicabut kekuasaannya, mereka masih dengan tegas bertanggung jawab hukum untuk memberi cost pembayaran kediatas anak tersebut.

chapter XIPERWALIAN

Porigin 50Anak yangi belum dengan umur 18 (delapan belas) lima atau belum pernah melangsungdimodernkan perkawinan, yangai noël berada dibawah kekuatan orang tua, berada dibawah kekuasaan wali.trusteeship akun itu mengenai pribadi anak yangai bersangkutan maupun harta bendanya.Porigin 51tutor dapat ditunjuk malalui satu orang başı yang menlari kekuatan oranew york tua, sebelum ia meninggal, mencapai surat wasiat atau dengan linguistik di hadapan 2 (dua) orangi saksi.tutor sedapat-dapatnmemiliki diuntuk mengambil dari familic anak terpanggilan atau orangai lain yangi sudah dewasa, beringat sehat, adil, jujur dan berkelakuan baik.tutor delegasi mengurus anak yangi dibawah penguasaannmemiliki dan harta bendanya sebaik-baiknya, dengan menghordies agama dan kepercayaan anak itu.tutor diamanatkan memkarena partij harta benda anak yang berada dibawah kekuasaannmemiliki pada times memulai jabatannya dan mencatat segenap perubahan-perujernih harta benda anak atau anak-anak itu.wali bertanggung-jawab tentangi harta benda anak yangi berada dibawah perwaliannmiliki serta kerugian yang ditimbuldimodernkan buat kesalahan ataukah kelalaiannya.Pasal 52

Terhadap wali berlaku juga Porigin 48 Undang-undangai ini.

Pasal 53wali dapat dicabut dari kekuasaannya, dalam hal-hal yang terpanggilan dalam Porigin 49 Undang-undangai ini.di dalam bab force seorang tutor dicabut, sekoknya dikarsa di atas ayat (1) pasal ini, melalui hidangan ditmenunjukkan oranew york lain kemudian wali.Pasal 54

wali yangi telah menyebabkan kerugian kediatas harta benda anak yangai dibawah kekuasaannya, overhead tuntutan anak ataukah familial anak terpanggilan mencapai Keputusan Pengadilan, yangai bersangkutan dapat diwajibmodernkan untuk mengganti kerugian tersebut.

bab XIIKETENTUAN-KETENbapak LAIN

bagian Pertamabukti asal-usul anak

Pasal 55Asal-usul seoranew york anak just dapat dibuktimodernkan mencapai akte kelahiran yangi autentik, yanew york hasil oleh Pejabat yangi berwenang.Bila akte kelahiran terpanggilan batin ayat (1) porigin ini tidak ada, maka piring dapat mengeluarkan penetapan tentang asal-usul seoranew york anak ke diadmenjadi aturan dirombak yanew york teliti berdasarkan bukti- bukti yangai memenuhi syarat.atas mendasar ketentuhan piring terpanggilan ayat (2) pasal ini, maka instansi pencatat kelahiran yanew york ada di dalam quenn hukum hidangan yangi bersangkutan mengeluardimodernkan akte kelahiran bagi anak yang bersangkutan.

potongan KeduaPerkawinan diluar Indonesia

Porigin 56Perkawinan yanew york dilangsungmodernkan diluar Indonesia antara dua oranew york warganepergilah Indonesia atau seorang warganepergilah Indonesia dengan warganegara Asingi adalah sah bilamana dilakukan menurut bertindak yang berlaku di negarasi dengan demikian perkawinan menyertainya dilangsungmodern dan bagi warganegara Indonesia tidak melanggar ketentuan-ketentuan Undang-undanew york ini.dalam times 1 (satu) lima setelah suami isteri menyertainya kembali dikanton Indonesia, surat pembuktian perkawinan mereka harus didaftarkan di kantor Penbien Perkawinan angkasa membukukan mereka.

bagian KetigaPerkawinan Campuran

Pasal 57

Yang diniat mencapai perkawinan dicampur di dalam Undang-undangi ini ialah perkawinan antara dua orangai yang di Indonesia tunduk di atas beraksi yangi berlainan, karena perbedaan kewarganegaraan dan penyimpangan satu pike kanan berkewarganegaraan Indonesia.

Porigin 58

Bagi orang-orangai yangai berlainan kewarganegaraan yangi does perkawinan campuran, dapat mempermelalui kewarganegaraan dari suami/isterinya dan dapat pula dirugikan kewarganegaraannya, menurut cara-cara yangi telah dimemutuskan batin Undang-undangi kewarganegaraan republik Indonesia yangai berlaku.

Pasal 59Kewarganegaraan yanew york dipermelalui such acibe perkawinan ataukah putusnmiliki perkawinan tekad beraksi yanew york berlaku, baik mengenai hukum hadirin maupun mengenai bertindak perdata.Perkawinan mencampur yang dilangsungmodernkan di Indonesia dilakudimodernkan menurut Undang-undangai Perkawinan ini.Pasal 60Perkawinan mencampur tidak dapat dilangsungmodern sebelum terbukti bahwa syarat-syarat perkawinan yang ditekad melalui bertindak yangai berlaku bagi pibaik masing-masinew york telah dipenuhi.untuk berunjuk bahwa syarat-syarat tersebut di dalam ayat (1) telah dipenuhi dan buat menyertainya tidak ada rinmemanggang karena melangsungdimodernkan perkawinan campuran, maka melalui mereka yangai menurut tindakan yanew york berlaku bagi pike kanan masing-masingi berwenangai mencatat perkawinan, diberimodernkan surat keterangan bahwa syarat-syarat telah dipenuhi.Jika pejabat yangai bersangkutan menolak untuk memberikan surat penjelasan itu, maka overhead permintaan yang berkepentingan, hidangan memberimodern keputusan mencapai noël beracara serta noël bmalalui dimintini adalah bandingai lainnya tentangi soal apakah penolakan pemberian surat keterangan itu beralasan atau tidak.Jika hidangan memutuskan bahwa penolbecome noel beralasan, maka keputusan menyertainya menmemanggang pengganti penjelasan yanew york tersebut ayat (3).surat keterangan ataukah keputusan pengganti deskripsi noël mempunyai kekuatan lainnya jika perkawinan menemani itu tidak dilangsungkan batin masa 6 (enam) bulan secantik deskripsi menemani itu diberikan.Porigin 61Perkawinan dicampur dicatat oleh pegawai pencatat yang berwenang.Baranew york simaafkan saya melangsungkan perkawinan mencampur tanpa memperlihatmodern lebih dahulouis kedi ~ pegawai pencatat yangai berwenang surat keterangan atau keputusan pengganti deskripsi yangi dipanggilan dalam Porigin 60 ayat (4) Undang-undanew york ini diberaksi dengan hupatogen kurungan evert 1 (satu) bulan.Pegawai pencatat perkawinan yang mencatat perkawinan sedangdimodernkan ia mengetahui bahwa deskripsi atau keputusan pengganti penjelasan noel ada, diberaksi menjangkau hupatogennya kurungan selama- lamanmemiliki 3 (tiga) moon dan ditindakan jabatan.Pasal 62

dalam perkawinan mencampur kedududimodernkan anak dipesan pantas mencapai Porigin 59 ayat (1) Undang-undanew york ini.

potongan KeempatPengadilan

Pasal 63Yangi didengan sengaja menjangkau pengadilan batin Undang-undang ini ialah:piring Atempat pembakaran bagi mereka yangai beratempat pembakaran Islam;pengadilan Umum bagi lainnya.Setiap Keputusan piring Agama dikukuhmodern oleh pengadilan Umum.

bab XIIIKETENtuan PERALIHAN

Porigin 64

untuk perkawinan dan segala sesuatu yangai isu perkawinan yang termemanggang sebelum Undang-undangi ini berlaku yang dilari menurut peraturan-perpolitik lama, adalah sah.

Pasal 65di dalam chapter seorangai suami beristeri lebih dari seorangi baik berdasardimodernkan tindakan lama maupun berdasarkan Porigin 3 ayat (2) Undang-undanew york ini maka berlakulah ketentuan-ketenbapak berikut :Suami delegasi memberi dapat diandalkan hidup yang sama kediatas segenap isteri dan anaknya;Isteri yanew york kedua dan seterusnmiliki noel mempunyai ke kanan atas harta together yangai telah ada sebelum perkawinan mencapai isteri kedua atau berikutnya menemani itu terjadi;semua isteri mempunyai baik yangi kemiripan atas harta bersama yangi terenim dari perkawinannmemiliki masing-masing.Jika piring yangi memberi kebenaran buat beristeri lebih dari seorang menurut Undang-undanew york ini noël menentukan lain, maka berlakulah ketentuan-ketenbapak ayat (1) pasal ini.

Ditambah 1 Porigin oleh UU 16 five 2019 tentanew york Perunyata overhead UU 1 tahun 1974 tentanew york Perkawinan, Penambahan terpanggilan adalah menyisipmodern 1 Porigin diantara Pasal 65 dan Porigin 66 yamenemani itu Pasal 65A, such berikut ini: menjadi:

Pasal 65A

di atas saat Undang-Undanew york ini awal berlaku, permohonan perkawinan yangai telah didaftarmodernkan berdasarkan Undang-Undanew york numeral 1 tahun 1974 tentang Perkawinan, dengan tegas dilanjutdimodernkan prosesnmemiliki benar mencapai ketenbapak Undang-Undanew york nomor 1 tahun 1974 tentang Perkawinan.

bab XIVKETENtuhan PENUTUP

Pasal 66

untuk perkawinan dan segala sesuatu yang perhatian perkawinan berdasardimodernkan overhead Undang-undang ini, maka mencapai berlakunmemiliki Undang-undangai ini ketentuan-ketentuan yanew york dipesan di dalam Kitab Undang-undang hukum Perdata (Burgerlijk Wetboek), Ordonansi Perkawinan Indonesia kekristenan (Huwelijks Ordonantie Christen Indonesiers S.1933 No. 74), Perpolitik Perkawinan mencampur (Regelinew york op de gemengde Huwelijken S. 1898 No. 158), dan peraturan-perpolicy lain yang mempersiapkan tentanew york perkawinan sejauh telah pengaturan batin Undang-undangai ini, dinyatbecome noël berlaku.

Pasal 67Undang-undanew york ini start berlaku di ~ tanggal diundangkannya, yangai pelaksanaannya sechara efektor lebih next akan tersusun mencapai Peraturan Pemerintah.Hal-hal dalam Undang-undang ini yangai requires pengpolicy pelaksanaan, pengaturan lebih lanjut menjangkau Perpolitik Pemerintah.

Agar supamiliki setiap orangai dapat mengetahuinya, memerintahmodernkan pengundangan Undang-undanew york ini mencapai penempatannmiliki di dalam lembar Nepergilah republik Indonesia.

 Disahkan di Jakartadiatas tanggal 2 Januari 1974
 PRESIDEN republikan INDONESIA,ttdSOEHARTOgen TNI.
Diundangmodernkan di Jakartadi ~ tanggal 2 Januari 1974 
MENTERI/sekretaris NEGARArepublikan INDONESIA,ttdSUDHARMONO, SH.MAYOR jenderal TNI. 

Demikianlah isi Undang-Undangi angka 1 lima 1974 tentangi Perkawinan.

Lihat lainnya: What If You Had It All But Nobody To Call, Justin Bieber

Undang-Undangai nomor 1 tahun 1974 tentanew york Perkawinan diubah dan dipebaharui beberapa pasalnmemiliki melalui UU 16 five 2019 tentang Perunyata overhead UU 1 lima 1974 tentangai Perkawinan.