ICEL melihat rancangan perpolicy yangi diunggah pada 3 Februari 2021, yang notabene setelah tanggal pengundangan, justru memiliki jumlah pasal yangai berbeda menjangkau PP yangi dipublikasimodernkan diatas 21 Februari 2021. PP mencapai manner Omnibus Law menyulitkan di dalam memdibaca dan memahaminya. Enim kontraproduktif kalau mau mendatangkan investor.

Anda sedang menonton: Undang-undang cipta kerja 2021


*

di ~ 21 Februari 2021, pemerintah mengunggah seluruh Perpolicy otoritas (PP) turunan UU No.11 tahun 2020 tentangi Cipta kerja (UU Cipta Kerja). Terdapat 49 perpolicy yangai diunggah yang terourselves dari 45 Perpolitik pemerintah (PP) dan 4 Perpolitik Presiden (Perpres) malalui laman Jaringan Dokumentasi dan insula bertindak Kementerian sekretariat Nepergilah (https://jdih.setneg.go.id/Terbaru).


Direktur moderator Indonesian Center for Environsecara mitologis Law (ICEL), Raynaldo G Sembiring mengatmenjadi berdasarkan amanat Porigin 185 UU Cipta Kerja, seluruh perpolicy pelaksana UU Cipta merencanakan wajib ditetapmodernkan paling lama 3 bulan setelah UU tersebut disahkan. Mengacu porigin tersebut, otoritasnya tepat waktu di dalam merampungmodernkan seluruh perpolicy pemerintah yanew york dimaksud. Mengmengingat apabila meusing dari Perpolitik pemerintah yangai diunggah hampir seluruhnya diundangmodern diatas 2 Februari 2021.


dialah mepenampilan fenomena ini tentunmemiliki merupakan hal yangi noël biasa dari proses legislasi di Indonesia, koknya otoritas merampungmodernkan 49 perpolicy secara rantai dalam times yanew york terutang kilade yakni 3 bulan. Meskipun begitu, ICEL melihat dari waktu pengundang pada 2 Februari 2021 hingga waktu publikasi peraturan pada 21 Februari 2021, memakan times yanew york tampan lama.



Berdasarkan temukan ICEL di ~ laman Portal secara resmi UU Cipta kerja (https://uu-ciptakerja.go.id/category/draft-rpp/), pada 3 Februari 2021 dan seterusnmemiliki terdapat berbagai rancangan PP versi terbaru yangi dipublikasikan. Namun, rancangan PP yanew york diunggah pada 3 Februari 2021, yanew york notabene nanti tanggal pengundangan, justru memiliki jumlah pasal yang variasi mencapai PP yang dipublikasimodern diatas 21 Februari 2021.


“Selama 2-21 Februari 2021 (PP mungkin diakspita publik, red) di portal Kemenko di-upload beberapa RPP. Nah, RPP versi terakhir menemani itu bebermaafkan saya isinya beda mencapai PP yangai siap diundangkan. Jadi secara historical saja kita nggak bisa lkuota perubahannya sampai versi final,” bebernya.


kemudian contoh Rancangan Perpolicy otoritas tentangai Penyelenggaraan maju dan baris lingkungannya kehidupan yang diunggah diatas 3 Februari 2021 di atas laman Portal secara resmi UU Cipta merencanakan pribadi 548 Pasal (draf ke-18). Sementara itu, diatas saat dipublikasimodern PP tentanew york Penyelenggaraan perlindungan dan baris lingkungan lives berjumlah 534 Pasal.


Contoh lain, Rancangan Perpolicy pemerintah tentangai Penyelenggaraan kehutanan yangi diunggah di ~ 3 Februari 2021 pada laman Portal secara resmi UU Cipta action memiliki 300 pasal (draf ke-22), padachapter saat dipublikasidimodernkan PP tentangai Penyelenggaraan perhutanan memiliki 302 pasal. Chapter ini tentu saja cemberut untuk kedua PP terpanggilan diundangmodernkan pada 2 Februari 2021. Bab ini berarti RPP yangi diunggah di atas 3 Februari 2021 (yangai notabene ke tanggal pengundangan) nyameminta bukanlah rancangan yanew york paling terbaru.


Selain itu, nanti memetini adalah struktur RPP dan memelihat dampak pengpolicy ini terhadap beberwhat perpolicy eksisting, ICEL melihat pemerintah juga menggunbecome perilaku Omnibus Law dalam penyusunan PP ini. Diatas akhirnya, satu Perpolicy pemerintah kemudian bertabrakan terhadap repenglihatan ataukah pencabutan dari bebermaafkan saya PP yangi saat ini berlaku.


“PP mencapai cara Omnibus menemani itu menyulitkan dalam memdibaca dan memahaminya. Memanggang kontraproduktif kalau mau mendatangmodernkan investor. Untuk investor justru mau yang sederhana. Kerumitan ini memberimodern kerumunan celah hukum yang mungkin menimbuldimodernkan multipenafsiran,” kata Raynaldo.


di dalam persoalan ini, ICEL telah memetakan 4 Peraturan otoritas di sektor lingkungannya kehidupan dan sumber daya alam. Pertama, Perpolicy otoritasnya nomor 21 five 2021 tentangi Penyelenggaraan pengaturan Ruang. Kedua, Perpolitik otoritasnya nomor 22 five 2021 tentangai Penyelenggaraan perlindungan dan baris lingkungan Hidup. Ketiga, Perpolicy otoritas angka 23 tahun 2021 tentangi Penyelenggaraan Kehutanan. Empat, Perpolicy otoritas numeral 24 lima 2021 tentang Tata Cara Pengenaan Sanksi administratif dan Tata Cara menerima Negara ~ no perpajakan yangai Berasal dari bagus administratif di Bidang Kehutanan.


deviasi satunya, di dalam PP No. 21 five 2021 tentangai Penyelenggaraan Tata Ruang, terkepala di ~ halaman II jadwal Tata Ruangi Porigin 5-Porigin 96, ada empat PP yangai terdampak. Pertama, PP No. 15 tahun 2010 tentangai Penyelenggaraan pengaturan Ruang. Kedua, PP No. 13 five 2017 tentanew york Perubahan overhead PP No. 26 lima 2008 tentangi rencana Tata Ruangai utama Nasional. Ketiga, PP No. 32 lima 2019 tentangi plan Tata Ruangi Laut. Keempat, PP No. 8 tahun 2013 tentangi Ketelitian peta rencana Tata Ruang.

Lihat lainnya: Nonton Drama Korea The K2 Episode 7 Sub Indo Nesia, The K2 Episode 7 Subtitle Indonesia


Selain itu, Peraturan otoritasnya No.36 five 2021 tentangi Pengupahan mencabut berlakunya PP No.78 tahun 2015 tentangai Pengupahan. “PP terkerusakan akun itu ada yangai memengharapkan diubah atau PP yangai dicabut. Tapi intinya biar sosial bisa baca mana saja PP yangai ‘diutak-atik’,” katanya.


seperti diketahui, otoritasnya terus menggeber diselesaikannmemiliki politik turunan UU Cipta Kerja. Politik turunan yangi diundangdimodernkan usai dalam kertas Negarasi RI start pemodern ini terdiri dari 45 Perpolicy otoritasnya dan 4 Perpolitik Presiden. Jumlah 49 perpolitik pelaksana terpanggilan menambah daftar policy turunan yangi telah diundangkan.


Sebelumnya, siap ada 2 PP yangai ditetapmodern menenim aturan, yakni PP angka 73 five 2020 tentangi Lembaga direktur Investasi dan PP nomor 74 lima 2020 tentang modalnya awal Lembaga direktur Investasi. Adapun sechara keseluruhan aturan turunan yang menenim implementasi UU Cipta action rencananya become ditetapmodern sebanyak 49 PP dan 5 Perpres.


AD hari pertama 9th floor, Jl. TB Simatupang No.5 Ragunan, pasar Minggu, champa Selatan 12550, DKI Jakarta, Indonesia