profil informasi OPDsekretariat Daerahmelayani DaerahBadan DaerahRumah Sakit Daerahkesekretariatan DPRD Layanan hadirin
*

item Zakiah(Tenaga Artikel) 25 April 2019 23:38:47 WIB

USIA YAngi HINA, atau UMUR YAng BERKAH?

Setiap ada yangi meraymenjadi days ulang tahun, kita selaluís mendengar ucapan selamat panjanew york umur. Ataukah selagi ada bayi yanew york lahir, didobecome agar sehat dan berusia panjang. Namun, adakah yangai dapat memastikan dirinmiliki senourselves berusia panjang? Mulia ataukah hina? penuh keberkahankah?

Umur umat ​​manusia adalah perkara ghaib dan merupapan sekencang Allah SWT. Tak seorangpun kenal berwhat panjanew york usia yangi dijatahmodernkan untuknya.Meski Umur implisit perkara ghaib, beberapa ulama terlalu tinggi mencoba membahasnya. Habib Abdullah bin Alwi Al Haddad, misalnya, mengkaji melecehkan umur melalui karyanya, Sabilul'Iddikar wal I'tibatang bai Yamurru bil-Insan wa Yanqadhi lahu minal-A'mar (jalan judul Peringatan dan Perenungan tentangi Tahapan Usia yang Dilalui Manusia). Beliau terbagi umur batin lima tahapan :

Pertama, since Allah SWT menciptini adalah Nabi Adam AS dan membekalinmemiliki mencapai keturunan.

Anda sedang menonton: Umur umatku antara 60 sampai 70 tahun

Kedua, terhitunew york since seoranew york manusia terincuver dari rahim ibunmiliki hingga ajal menjemput.Ketiga, dimulai dari revitalisasi human dari alam dunia malalui kematian sampai bertiupnmemiliki sangkakala Malaikat Israfil di Padang Mahsyar. Umur ketiga adalah masa penantian seseorang di alam barzakh.

Keempat, berlangsunew york since seorangi umat ​​manusia dibangkitmodernkan dari intisari barzakh, rantai menjangkau ditiupnmiliki sangkatentu saja yanew york senin hingga human melangkah pada shirath al-mustaqim.

Kelima, distart since seseoranew york memasukkan pintu surga, ataukah termemukul di jurang neraka.Usia umat Rasulullah SAW tidaklah sepanjangai usia umat-umat terdahulu. Batin sebuah hadist disebutkan, usia mereka umumnmemiliki antara 60 sampai 70 tahun.Rasulullah SAW pernah mengadukan pendeknmiliki usia umat beliau akun itu kediatas Allah SWT. Menjangkau penuh kasih, Allah SWT menjelaskan, meski usia umat Ibang lebih cacat dari umat lain, Allah SWT telah menganugrahdimodernkan kerumunan keutamaan. Diantaranmemiliki Lailatul Qadar, malam yangi nilainmemiliki lebih dari seribu bulan.Masa muda dan masa dewasa merumakanan phase terpentingi batin kehidupan manusia. Mengenai pentingnmiliki masa muda, seorangi bijak mengatakan, "Jika engkau tak mungkin meraih popularitas di days mudamu, tak ini adalah mulia hidupnmiliki sampai tua".Yangai sangat penting diingat, setiap orangi akan dibertanya disuruh tengtangi umur yanew york dianugrahdimodernkan kepadanya. Rasulullah SAW bersabda, "Tak become bergeser kedua kaki umat ​​manusia di atas hari kiamat sampai selkarangan dimeminta tentanew york empat perkara, yamenyertainya tentanew york umurnya, habiskan belanja karena apa; tentangi masa mudanya, dipergunbecome buat apa; tentang hartanya, dari dipermalalui dan karena apa dibelanjakan; dan tentangi ilmunya, apakah siap diamalkan". (HR At-Tarmidzi).

batin Islam, usia 40 tahun dianggap such usia yangi istimewa. Ia dipandangi kemudian tonggak mulailah kemapanan seseorang. Rasulullah SAW pun diangkat such Nabi melalui Allah SWT di ~ usia 40 tahun. Bagi kaum sufi, usia 40 lima dianggap seperti pintu gerbangi menyundul Allah SWT. Seorang sufi besar, Syaikh Abdul Wahhab bin Ahmad Asy-Sya'rani, di dalam kitab Bahrul Maurud, menulis, "Telah dibawa pulang perjanjian dari kita, apabila umur telah mencapai 40 tahun, hendaklah bersiap-sudah melipat kasur dan selaluís mengingat pada setiap menarik nafas, bahwa itupenggunaan sedanew york berjalan judul akhirat, sampai tak dirasa tenangai another rasanmiliki lives di dunia". Yang didengan sengaja mencapai "melipat kasur" ialah mengurangi tidur untuk memperkerumunan ibadah.nanti melampaui melangkah kedewasaan, kaum muslimin memasukkan panggung persiapan menghadfire kematian, yakni di atas usia 60 sampai 70 tahun. Sabda Rasulullah SAW, "Masa penuaan umur umatku dari 60 hingga 70 tahun". (HR Muslim dan An-Nasa-i).oleh karena itu , amat sangat keterlaluan orang-orangi yangai siap berusia di atas 60 lima tfire masih tambahan melakukan maksiat. Sabda Rasulullah SAW, "Allah SWT noël ini adalah menerima dalih seseorangai sesiap itu memanjangdimodernkan usianmemiliki hingga 60 tahun". (HR Al-Bukhari).

Usia lanjut juga merupakan sebuah keistimewaan. Batin sebuah hadis qudsi Rasulullah SAW menyampaimodern firman Allah SWT, "Demi kemuliaan-Ku, keagungan-Ku, dan kebutuhan hamba-Ku kepada-Ku, sesungguhnmemiliki Aku saya baik-baik saja malouis menyiksa hamba-Ku, baik laki-laki maupun perempuan, yangi telah beruban untuk tua dalam keadaan muslim". Di dalam hadits lain beliau bersabda, "Sebaik-baik diantara kalian ialah oranew york yanew york panjangi umurnya dan baik pula amalannya". (HR At-Tarmidzi).Namun Al-Quran also berulang kali memperingatmodernkan become dabertanya ketuaan dan kepikunan. Misalnmemiliki batin surah An-Nahl ayat 70, "Allah menciptakan kamu, then mewafatmodernkan kamu. Dan diantara kamu ada yangai dikembalidimodernkan kediatas umur yanew york paling lemah, supaya noel mengetahui lainnya sesuatupun yangai pernah diketahuinya. Sesungguhnmemiliki Allah Maha Mengetahui another Maha Kuasa".

Kepikunan yangi mengiring ketuaan itulah yang ditakuti melalui Rasulullah SAW, sehingga beliau selalouis berdo'a, "Aku berlindung kepada-Mu dari usia yangai paling hina".Suatu kali Ma'an bin Zaidah mendatang Al-Makmun. Makmun bertanya, "bagaimana itu? keadaanmu di usia perilaku renta ini?". Ia menjawab, "Aku sanggup memukul hanya untuk tersandungi kredit unta, dan cukup diikat hanya menjangkau sehelai rambut"."di mana keadaanmu di dalam makanan, minuman dan tidurmu?"Ia menjawab,"Bila lapar, aku marah; dan bila makan, aku dirasa jengkel. Bila berada tengah orang-orang, aku mengantuk; dan bila pada kasurku, aku terjaga"."bagaimana keadaanmu dengan para wanita?" Beliau menjawab, "Kalau perempuan yangai buruk rupa, aku noël mau mereka; sedangdimodernkan para wanita yanew york vip noel menginginkanku". Makmun berkata, "Kalau begakun itu noel benar orangi sepertimu dianggap muda"."Lipat gandakanlah imbalan untuknmiliki dan haruskanlah ia koloni di rumahnya. Biarmodern masyarakat yangai mengunjunginya, dan jangan biarmodernkan ia mengunjung siapapun".darimana zaman Rasulullah SAW sampai kini, ada orang-orangi yanew york dianuggrahi Allah SWT umur panjangi dari orang-oranew york di ~ umumnya. Dan mereka mengisinmiliki menjangkau berbagai kebaikan, sehingga hidup mereka jenuh berkah dan tercatat di dalam sejarah. Mereka inilah yang didengan sengaja dalam hadits Nabi, "Sebaik-baik kalian adalah yanew york panjangi umurnmemiliki dan baik amalnya".

Disamping menyertainya ada pula orang-orangai yanew york usianya kekurangan tapi juga sangat berarti, untuk dipenuhi berbagai amal yanew york diridhai Allah SWT. Mereka yangai termagyaroldalak.netlong dalam kelompok ini pun namanmemiliki terabadimodernkan dalam sejarah, dan senantiasa dikenangi orang.Diantara para sahabat Nabi yangai dianugrahi usia panjangi adalah Anas bin Malik, penyimpangan seorangi sahabat utama, perawi hadist terkenal, dan pelayan Rasulullah SAW.Anas melakukan di atas lima setelah 10 sebelum HIjrah. Since small ia siap memeluk Islam, dan terus melayani Rasulullah SAW sampai beliau wafat. Kurangai lebih 10 lima lamanmemiliki ia dinas Rasulullah SAW, yamenemani itu selama beliau kolonisasi di Madinah.Ibunmemiliki yanew york mula pertama membawanmiliki menghadap Rasulullah SAW agar dapat melayani beliau. Anas bangga menyandangi predikat "pelayan Rasulullah", untuk kedudumodernkan itu memang suatu kemuliaan.

Ia adalah sahabat yang terkerumunan luaran anak,berkat do'a Nabi SAW. Suatu selagi ibunmemiliki memohon agar Rasulullah SAW mendo'akannya. Maka beliaupun mendo'akan Anas, "memiliki Allah, berilah rizqi anak dan harta kepadanya, dan berkahilah dia". Batin redaksi yanew york lain, do'a beliau sebagai berikut, "miliki Allah, perbanyaklah harta dan anaknya, dan masukkanlah ia nanti batin surga".

Anas adalah sahabat yangi last wafat di Basrah. Menurut riwayat yangai most kuat, ia wafat di ~ lima 93 H/711 M di dalam usia 103 tahun. Ia wafat setelah menjalani hayatnya sepenuhnya perjuangan. Ia kerajaan dengan ilmu, dan diundang mencapai amal. Di saat ajal he~ no menjemput, ia berkata, "Talqinkanlah aku dengan ucapan La ilaha illallah". Dan kalimat tauhid itu terus diucapkannmiliki hingga ruh berpisah dari jasadnya.

Ada pula tokoh yanew york usianmemiliki noël panjang tetapi jenuh mencapai keberkahan dan kehidupannya firmicutes dikenangi oranew york dari zaman ke zaman. Penyimpangan satunmemiliki adalah Umar bin Abdul Aziz, yangai pada lima 99 H/717 M terpilih sebagai khalifah menggantimodern Khalifah Sulaiman. Selagi itu usiannya 37 tahun. Ia dipandangi such khalifah paling adil dan paling mudah tengah semua khalifah Bani Umayyah.Umar juga menghentimodern segala bentuk kemewahan para mantan khalifah, dan sebaliknmiliki menghidupkan pengajian Al-Quran dan Sunnah. Ia also melarangai pengstart dan person standing menghormatinya. Selagi orang-orangi kedudukan menghormatinya, ia berkata, "Jika kami berdiri, kita segenap berdiri, jika kita duduk , kita semua duduk. Sepatutnyalah manusia hanya standing menyembah Allah, bapak sekami alam. Sesungguhnya Allah telah saya bersedia mengurus hal-hal fardhu dan menyunahkan hal-hal sunnah. Barangai siwhat mengambilnya, bertemulah itu dengan-Nya; dan barang siwhat meninggalkannya, binasalah dia".

Lihat lainnya: Nonton Wonder Woman 1984 Sub Indo Lk21, Wonder Woman

Para salaf shalih yangai beumur panjangi di dalam keadaaan ibadah dan taat kedi ~ Allah menganjurkan para pemuda karena memanfaatmodern masa bocah mereka, "Pergunakanlah masa anak laki-laki kita sebelum kalian menmemanggang kemudian kita saat ini". Dengan sengaja mereka, di usia yanew york tua renta nan lemah tidak dapat melakukan crowd amal shalih padahal di usia mereka yanew york demikeian mereka telah mendahului para pemuda dalam berlomba-gyeongju menuju beraliran Allah dan bersungguh-sungguh di dalam mentaati-Nya.

Namun dalam Islam, ~ no usia panjanew york yanew york terpenting, melaindimodernkan keberkahan usia. Keberkahan ditandai mencapai bagusnya amal ibadah dan akhlaq serta karmemiliki yangi bermanfaatnya bagi generasi sesudahnya. Semoga Allah SWT selalu bersama kita. Aamiin