*

Menu PROFILWEBSITE SATKERKELEMBAGAANLAYANANinformasi PUBLIKIndikator MakroPENGENDALIAN INTERN REGULASI KONTEN

sejarah PETERNmenjadi DAN kesehatan HEWAN

darimana zaman VOC, peternmenjadi sudah dikembangdimodernkan buat memenuhi kebubapak VOC di Nusantara. Pengembangan kuda dilakumodernkan karena keperluan prajurit "kompeni", yamenyertainya perantara beban batin melaksanmenjadi perang baik terhadap kaya yanew york ada di Indonesia maupun terhadap bangsa asing. Disamping itu, kuda juga diharuskan bagi aristokrasi Beltheir yanew york ada di Indonesia sebagai kuda tunggangan dan menarik kereta. Pengembangan kerbau dan sapi tambahan mendapat peringatan VOC karena kepentingan penyediaan daging guna memenuhi kebutuan konsumsi orang-orangai VOC yangai tinggal di Indonesia.

Anda sedang menonton: Tujuan utama negara indonesia setelah merdeka adalah

usai otoritas Belmilik mereka menguntuk mengambil kendali memaksa di Nusantara dari VOC, otoritas Hindialah Belanda melakukan sejumlah langkah buat meningkatkan peternakan. Di ~ five 1806 otoritasnya Hindialah Beltheir mendatangmodern sfire Benggala dari Initu karena keperluan estat tebu di Indonesia.

buat penyimpanan health hewan yanew york diperuntukdimodernkan bagi kepentingan pemerintah Belanda baik ternak kuda yang dipergunmenjadi melalui legiun tentara maupun ternak sapi sebagai bersumber tenaga kerja dan susu, didatangkanlah tutur Hewan yang pertama setelah Indonesia yakni Drh. R.A. Coppicters di atas lima 1820. Kemudian diatas tanggal 26 Agustus 1836 ada memesan yangai diterbitmodern sechara resmi melalui pemerintah melalui plakat (selebaran/pengumuman) tentanew york larangan pemotongan sapi betina produktif. Bab ini merumemberi makan mulai campur tangan otoritasnya terhadap peternbecome dan kesehatan hewan. Tanggal inilah yangai then dijadimodernkan hari terjejas Peternmenjadi dan kesehatan Hewan.

Walaupun aktivitas pengembangan peternakan siap distart darimana zaman VOC become tetapi pembentukan Jawatan Kehewanan baru terenim pada lima 1841 mencapai nama Veeartsenijkundige Dienst (VD) under Departemen dalam Negeri. Di atas lima 1851 Jawatan Kehewanan yanew york semula dibawah nuansa Departemen di dalam Negeri dipindah usai nuansa Militer/legiun Berkuda/Kavaleri dan dipimmenyematkan Direktur budaya berdasarmodernkan Besluit gubernur gen tanggal 24 Desember 1851 nomor 3. Selanjutnya di ~ 1 Januari 1867 Jawatan Kehewanan dari naungan Kavaleri pindah setelah bawah naungan Departemen Pendidikan, budaya dan Kerajinan. Five 1885 pcantik another usai naungan Departemen di dalam Negeri. Lantas five 1905 Jawatan Kehewanan dilimpahkan usai Departemen agraris dan menyamai atau Departeobat-obatan van Landbouw, Nijverheid en Handel. Keputusan ini didisempurnakan di dalam Staablad No. 380 tahun 1904. Instansi Jawatan Kehewanan ini merupakan embrio yangi terus berkembang dan berkali-kali ganti nama, yangi di atas terbatas saat ini menenim institusi yanew york dipanggilan Direktorat gene Peternmenjadi dan kesehatan Hewan.

di atas zaman Jepang, urusan peternmenjadi terbengkalai. Segenap yangai diuntuk melalui otoritas Hinitu Belanda noel berlaku bagi Jepang. Diatas zaman penjajahan jepangi pembinaan peternini adalah hampir noel dilakukan. Pemeringenggamnya jepanew york mengganti bebermaafkan saya nama lnstansi, yaitu: (1) Veeartsenijkundeg Institut dimusang menenim Balai penyidikan diseases Hewan (BPPH), dan (2) Seksebuah latihan tutur hewan diganti menjadi Semon Zui Gakko yang berlangsunew york sampai pertengahan 1945 yangi menmemanggang cikal bakal Perguruan ditinggikan Kedokteran Hewan diatas tanggal 20 September 1946.

Selanjutnmemiliki diatas era Orde Lama, deviasi satu hasil pembangunan nasional adalah untuk pengayaan membuat pangan rakyat implisit pangan hewan, daging, telur dan didambakan yang merupakan pangan sehat dan cerdas. Kegiatan-kegiatan pembangunan peternbecome buat memmembuat daging, telur dan susu di era Orde Lama antara lain Kasimo Plan, aktivitas inseminasi buatan dan semboyan 4 sehat 5 sempurna. Kegiatan-aktivitas pembangunan lainnmiliki selama Orde Lama untuk pembangunan peternini adalah adalah didirikannya perusahaan Negara (PN) Persatwa diatas lima 1952, pembangunan Badan deteksi diseases Mulut dan Kuku (BP-PMK) di Surabaya pada tahun 1952, dibentuklah Lembaga Penelitian Peternbecome (LPP) diatas lima 1950 di Bogor mencapai namu Balai Penelitian Umum (BPU), pembangunan Balai terlalu tinggi Penelitian Veteriner, pembangunan Taman ternak Baturraden, pembangunan Induk Taman ternak Padanew york Mangatas, pembangunan mendidik dan sekolah peternini adalah (SNAKMA) di Bogor dan Malang serta pembangunan kkerja persusuan.

pada era Orde baru tepatnmiliki tanggal 3 November 1966, structure pegang Direktorat gen Kehewanan dibentuk. Struktur organisasinmiliki terdiri dari tiga unit eselon II yamenyertainya (1) sekretariat Direktorat Jenderal, (2) Direktorat Peternmenjadi dan (3) Direktorat diberkatilah anda Hewan (Keswan). di ~ tanggal 18 Januari 1968, Ditjen Kehewanan berubah lagi menjadi Direktorat gen Peternakan. Untuk pengaturan mencapai Undang-undang nomor 6 lima 1967 yangi telah diundangkan, Direktorat gen baru ini berkembang menjadi: (1) kesekretariatan Direktorat Jenderal, (2) Direktorat Keswan, (3) Direktorat Usaha-usaha Peternmenjadi dan (4) Badan pengaturan Lembaga-Iembaga Penelitian dan pendidikan Peternakan dikilade menenim BKLPP, sesuai lembaga-lembaga yanew york dikoordinasimodern terdiri dari: (a) Lembaga Penelitian Peternakan, (b) Lembaga Penelitian diseases Hewan, (c) Lembaga Virologi Hewan, dan (d) Lembaga training dan kesehatan Hewan yangai terdiri dari 2 SNAKMA yamenyertainya di Bogor dan di Malang.

untuk dapat melaksanini adalah pembangunan lebih bagus lagi, maka kelembagaan atau memegang Direktorat jenderal Peternbecome diperkuat malalui surat Keputusan menteri agraris No 118/kpts/org/3/1971, tertanggal 16 Maret 1971 tentangi tugas kurung pimpinan serta susunan berhenti dan tata action Direktorat gene Peternakan sehingga susunannya menjadi: (1) sekretariat Direktorat jenderal Peternakan dipimmenyematkan melalui diselenggrakan Ditjen Peternakan; (2) Direktorat konsultasi Peternini adalah dipimpin oleh Direktur Penyuluhan; (3) Direktorat health Hewan dipimmenyematkan melalui Direktur diberkatilah anda Hewan; (4) Direktorat Pengembangan making Peternmenjadi dipimmenyematkan malalui Direktur Pengembangan untuk membuat Peternakan; (5) Direktorat jadwal melalui Direktur Perencanaan; (6) Lembaga Penelitian Peternakan dipimmenyematkan melalui Direktur Lembaga; (7) Lembaga Penelitian penyakit Hewan dipimpinning oleh Direktur Lembaga; (8) Lembaga Virologi Kehewanan dipimpin oleh Direktur Lembaga. Seksebuah latihan Peternakan Menengah atas pengelolanmemiliki perlakuan oleh Direktorat konsultasi Peternakan.

Selanjutnya, berdasarkan Keputusan Presiden No 44 dan No 45 lima 1974, tanggal 26 Agustus 1974, Departemen tanah magyaroldalak.net ditambah dengan dua unit pergerakan eselon I yamenyertainya : (1) Badan Penelitian dan Pengembangan tanah magyaroldalak.net dan (2) Badan Pendidikan, praktek dan konsultasi magyaroldalak.net. Dengan dikeluarkannmemiliki Kepprpita No 44 dan No 45 ini maka seluruh aktivitasnya di unit pergerakan mengenai penelitian peternmenjadi yakni Lembaga Penelitian Peternakan (LPP) dan Lembaga Penelitian diseases Hewan (LPPH) yangi tadinmemiliki di bawah nuansa Direktorat gen Peternakan navigasi nanti Badan Penelitian dan Pengembangan agraris (Balitbangtan). Demikian juga aktivitasnya training dan konsultasi serta unit Direktorat penyuluhan dan training SNAKMA yang tadinmemiliki di bawah nuansa Direktorat gen Peternmenjadi diverted nanti dalam memegang Badan Pendidikan, praktek dan advisory magyaroldalak.net (BPLPP).

sesuai dengan Kepprpita pengukur No 44 dan No 45 lima 1974, menteri tanah magyaroldalak.net menindaklanjutinya mencapai suratnya Keputusan menteri kesehatan magyaroldalak.net No 190/kpts/org/5/1975 tanggal 2 Mei 1975 tentangai Susunan memegang dan Tata merencanakan Departemen agraris Unit action Ditjen Peternini adalah beweasel menjadi unit merencanakan yang terdiri dari : (1) sekretariat Ditjen Peternakan, (2) Direktorat Bina Program, (3) Direktorat Bina making Peternakan, (4) Direktorat Bina Sarana Usaha Peternakan, dan (5) Direktorat Bina kesehatan Hewan. Direktorat penyuluhan yangai sebelumnmemiliki masih ada, dihapus untuk aktivitasnya penyuluhan peternbecome siap dialihkan ke BPLPP. Di dalam SK Mentan ini juga disebut adanya Unit Pelaksana non-teknis meliputi : (1) Induk Taman ternak di Baturraden dan Cianjur, Induk Inseminasi Buatan di Bandung, (3) deteksi penyakit Hewan di Ujungai Pandang dan Denpasar, serta (4) Karantina.

untuk dapat melaksanakan arahan, kebijaksanaan dan untuk merencanakan aktivitas yanew york lebih baik lagi, berhenti Direktorat gen Peternini adalah kapasitasnya diperkuat mencapai SK menteri kesehatan tanah magyaroldalak.net No 453/Kpts/org/6/1980 dengan susunan pegang terourselves dari unit action : (1) sekretariat Ditjen Peternakan, (2) Direktorat Bina program Peternakan, (3) Direktorat Bina untuk membuat Peternakan, (4) Direktorat Bina Usaha Petani Ternak, (5) Direktorat kesehatan Hewan, dan (6) Direktorat Penyebaran dan Pengembangan Peternakan.

then pada lima 1983, berhenti Ditjen Peternmenjadi malalui Keputusan menteri magyaroldalak.net No 021.219706/Kpts/9/1983, ditingkatkan lagi menenim tujuh unit action yaakun itu meliputi : (1) sekretariat Ditjen Peternakan, (2) Direktorat Bina Program, (3) Direktorat Bina produksi Peternakan, (4) Direktorat Bina Usaha Petani ternak dan Pengmenangani gawangnya Peternakan, (5) Direktorat health Hewan, (6) Direktorat Penyebaran dan Pengembangan Peternakan, dan (7) Direktorat advisory Peternakan.

memasukkan Pelita IV, Presiden Soeharto form jabatan baru yanew york sebelumnya tidak ada yaitu sekretaris kesehatan anak laki-laki Urusan muka Produk Peternmenjadi dan Perikanan (Menmud UP4) di dalam cabernet pembangunan IV. Tokoh yang dipercamemiliki seperti menteri kesehatan bocah adalah Prof. Dr. Drh. JH Hutasoit yangi menduduki posisi tersebut tanggal 29 Maret 1983 hingga 19 Maret 1988. Hutasoit adalah mantan Dirjen Peternini adalah yangai juga pribadi kiprah di berbagai lembaga antara lain seperti pendiri Fakulberpenaruh Peternmenjadi IPB, Demodernkan Fapet IPB dan lain sebagainya. Adanmemiliki Menmud UP4 diharapdimodernkan pembangunan peternmenjadi menenim lebih mendapat perhatian.

karena mendukungai kegiatan pembangunan sub sektor peternakan di ~ Pelita VI maka susunan organisasi Direktorat jenderal Peternmenjadi disesuaimodern mencapai kebubapak aktual saat itu. Melalui Kepprpita numeral 61 lima 1998, tanggal 13 April 1998 susunan unit kerja Direktorat gene Peternini adalah menmemanggang seperti berikut: (1) kantor Ditjen, (2) Direktorat Bina Program, (3) Direktorat Bina Perbibitan, (4) Direktorat Bina Produksi, (5) Direktorat Bina Usaha Tani dan Pengolahan Hasil, (6) Direktorat Bina health Hewan, dan (7) Direktorat Bina Penyebaran dan Pengembangan Peternakan.

di atas lima 2000, terenim perunyata nomenklatur struktur memegang di Departemen magyaroldalak.net, antara lain Direktorat gen Peternbecome bemusang menmemanggang Direktorat gen produksi Peternakan, then lima 2001 bemusang another menjadi Direktorat gene Bina membuat Peternini adalah sehingga saya bersedia mengurus dan fungsional Direktorat gen menjadi memusat terhadap pengembangan produksi saja, menyertainya pun lebih memuat di atas saya bersedia mengurus pembinaannya. Sedangmodernkan saya bersedia mengurus dan fungsi yanew york berkaitan dengan pengolahan dan pemasaran tujuan peternakan yang selama ini menangani melalui Direktorat gene Peternini adalah pcantik nanti Direktorat gene Pengdiobati dan Pemasaran gawangnya magyaroldalak.net. Maka bila diartimodern sechara harafiah, tugas dan fungsi agen terpanggilan semakin sempit, yamenemani itu hanya berkomitmen dan fungsional pempuel yanew york berkaitan mencapai produksi.

Lihat lainnya: Tiket Wisata The Colorville At Alam Sari Wates Purwakarta, The Colorville Alam Sari Wates

diatas five 2005, Direktorat gene Bina untuk membuat Peternakan berganti namu lainnya menenim Direktorat gen Peternakan dan yangai terakhir lima 2010 namanmiliki berganti lagi menjadi Direktorat gene Peternmenjadi dan diberkatilah anda Hewan yangi sampai sekarangi namanmemiliki noël mengbawaan perubahan.