*
Dumentasi penelitian dosen FIB UI terkait penemuan perahu lehernya di desa Lambur, Jabungi Timur, Provinsi Jambi (ANTARA/humas UI)
*

JAMBI - Sebuah perahu kuno ditemukan di desa Lambur, Jabunew york Timur, Provinsi Jambi. Berdasarkan riset, panjangai kapal lehernya terpanggilan adalah 24 meter mencapai besar 5,5 meter dan diuntuk di ~ awal abad ke-16 Masehi.

Anda sedang menonton: Tujuan utama kedatangan bangsa eropa ke indonesia

Dosen Departemen arkeologis Fakulberpenaruh Ilmu knowledge budaya (FIB) Universikantong Indonesia (UI) Ali Akbatang mengatakan, menciptakan ini mendemonstrasikan kapal nusantara mampu menemukan dunia sebelum kedatangan bangsa Eropa.

Bangsa Eropa dikenal seperti penjelajah world sekitar abad ke-14 Masehi. Namun invensi ini membuktikan, bangsa Indonesia juga mampu bermeniduri ke Persia kyung abad ke-10 Masehi.

such perbandingan, beranjak abad ke-16, tepatnya tahun 1596, Cornelis de Houtman, pelaut Belanda yanew york pertama mendarat di Indonesia, memmembawa empat kapal berdalam jumlah besar panjanew york 24 meter yangi mampu ford samudra dari Eropa sampai ke Nusantara.

"invensi kapal ini demonstrasi bahwa bangsa Indonesia telah mampu memuntuk kapal besar yang mampu menjelajah mendesak jauhnya di lautan lepas, bahkan sebelum kedagroep bangsa Eropa," kata Ali Akbar, Antara, Rabu, 28 April.


baca JUGA:


Penyusunan papan-papan perahu kuno menggunmenjadi teknik papan ikat dan kupinew york pengikat (sewn plank and lashed-lug technique).

Teknik ini merumakanan ciri khas teknik pembuatan kapal sosial Asia Tenggara atau Austronesia dan diterapmodernkan awal dari kyung abad setelah 1 Masehi. Perahu lehernya mencapai teknik ini antara lain ditemukan di Malaysia, Filipina, Vietnam, dan Indonesia.

perahu ini diyakini merupakan sisa peradaban kerajaan Zabaj (Sabak) yangai terletak tengah India dan Cina serta berada di panas ekuator. Empire ini merumemberi makan kerajaan maritim berbudaya Ijatuh yangai terkenal mencapai kemampuan penjelajahan kapal-kapal mereka.

Berdasardimodernkan catatan kuno, perahu-Zabaj tambahan telah sanggup berlayar nanti Persia yakni nanti Pelabuhan Siraf di Iran.

Penelitian ini merupakan sasaran merencanakan sama antara UI menjangkau otoritasnya quenn Tanjungi Jabunew york Timur mencapai hasil maju kualiberpenaruh paripariwisata di lokasi suaka Peninggalan historia dan Purbatentu saja Provinsi Jambi.

Lihat lainnya: Video Yuki Kato Dan Steven William, Natasha Wilona, Yuki Kato, Fero Walandouw

"Situs terpanggilan tersoroh di lokasi transmitoleran yanew york terbipanjang dingin sepi. Diharapdimodernkan berdasardimodernkan penelitian ini, pengolahan pariwisata daerah tersebut dapat dilakukan dan situs ini dapat menmemanggang medialah pembelajaran bagi social umum," ujar Ali menjelaskan.