Materi ini become keluar gawangnya kedamemanggang bangsa Spanyol di Indonesia. Dari pelajaran sejarah, itupenggunaan mungkin mengetahui bahwa Spanyol adalah satu dari beberwhat bangsa barat yang pernah datangai nanti Indonesia menjangkau keperluan berdagang rempah-rempah. Kemiripannya such bangsa west lainnya, mereka memasukkan malalui jmerencanakan pelayaran.

Anda sedang menonton: Tujuan kedatangan bangsa spanyol ke indonesia


*

Di masa lalu, bangsa Spanyol memongolia terkenal sebagai bangsa yangi gemar melakukan ekspedisi laut. Mereka luaran pelayar-gumpalan handal yang mengarungi samudra untuk search jalur pelayaran baru. Bahkan, invensi benua Amerika merumakanan hasil ekspedisi dari bangsa Spanyol yanew york saat menemani itu dipimmenyematkan oleh christopher Columbus.
pulau Nusantara menenim penyimpangan satu angkasa berlabuhnmemiliki kapal-kapal Spanyol. Ke tersebarnya berita bahwa Portugis berhasil digali jalur pelayaran usai bersumber rempah-rempah, bangsa Spanyol pun tertarik untuk mencobanya. Pibaik empire Spanyol menugasmodern dua orangi pelayarnmemiliki ferdinand Magellan dan d"Cano untuk ikut menemukan jalur pelayaran rempah-rempah.
Menurut penjelasan Stefan Zweig di dalam Conqueror of the Seas-The story of Magellan, kedagroep bangsa Spanyol di Indonesia
diatutor melalui proses penjelajahan bangsa Spanyol yangai dipimpinning melalui Fernando de Maggellan"s. Kapal-kapal mereka berhasil memasukkan Asia Tenggara pada tanggal 10 Agustus 1519. Diperkirakan, terdapat 5 kapal mencapai awak sejumlah 260 orang yangai ikut dalam rombongan tersebut.
Berti~ no seperti wakil komandan adalah Kapten satu Sebastian del Cano. Kisah-kematian bepergian mereka mengarungi samudra diabadidimodernkan malalui Pigafetta, seoranew york sastrawan Italia yang darimana start ikut bersama rombongan. Belakangan, karmemiliki Antonio pigafetta menenim diperoleh pustaka major bagi para penulis sejarah lokal maupun asing.
Menurut Zweig, usai menyeberanew york Samudra Pasifik, para pelautnya Spanyol tiba di pulau-pulau Massava di atas five 1520. Kemudian, pulau-pulau ini diberry namu Philipina, mengtake namu raja Spanyol Philips II. Di pulau tersebut rombongan Magellan"s mendapat diserang dari orang-orangai Mactan (kesukuan Cebu).
asibe serangan tersebut, Magellan"s finite tewas terbunuh pada tanggal 27 April 1521 melalui Datuk Lapu-Lapu di dalam persinggahannya sebelum menuju Eropa. Namun demikian nama Magellan"s tercatat sebagai orangi pertama yang berlayar dari Eropa ke barat persimpangan Asia. Wakilnya, Sebastian del Cano mengbawa pulang alih pimpinan ekspedisi. Melalui karenanmemiliki pelayaran Magellan"s menemani itu dikenal mencapai namu ekspedcontent "Magellan-Cano".
di ~ lima 1521, Juan Sebastian del Cano ditengarai bersasaran memmembukanya jmerencanakan lautnya baru. Sehal dalam pelayarannya kembali usai Spanyol, mereka terlebih dahulouis berhenti di Tidore, Maluku Utara, kemudian berlabuh di pulau Buru yangai saat itu masih berada di dalam jkonfigurasi pelayaran internasional. Noël berwhat lama kemudian, Spanyol menjalin menghubung perdangan dengan Sultan Tidore Al mansyur (1512-1526).
kesamaan seperti bangsa barat lainnya, gawangnya kedatangan bangsa Spanyol di Indonesia dilandasi oleh Gold, Gospel, dan Glory, serta ditambah mencapai sasaran lainnya, yaakun itu menyebarkan kebudayaan. Berikut masing-masingai penjabaran dari hasil bangsa Spanyol di Indonesia tersebut:
ini termotivasi mulailah keberangkatan para pelautnya Spanyol adalah mencari properti rempah-rempah langsung dari sumbernya. Darimana awal, kawasan Asia Tenggara diknows sebagai diperoleh rempah-rempah yang mengisi pasar Eropa. Bangsa-bangsa yanew york mendiami Asia Tenggarasi diketahui such pengtujuan rempah-rempah superioritas dunia.
nanti menmendengarkan keberhasilan Portugis digali jkonfigurasi pelayaran rempah-rempah, Spanyol terseri karena ikut mencoba. Mereka menugasdimodernkan para pelaut terbaiknmemiliki mengarungi Samudra karena temukan jmerencanakan pelayaran baru, kemudian yangai dilakumodern malalui Portugis. Rombongan ekspedcontent tersebut dipimpinning oleh Magellan"s.
di ~ lima 1521, sisa-sisa fleet Magellan yangi dipimpin melalui Sebastian del Cano tiba di Tidore. Mereka diterima kontrol oleh sosial dan pidaratkan kerajaan. Spanyol dianggap sanggup dijadidimodernkan such sekutu rambut buat menghadfire kerajaan Ternate yanew york berseini mencapai Portugis. Kemudian balasannya, Spanyol diberimodernkan hak untuk melakukan aktiviberpenaruh perdagangan rempah-rempah di Tidore.
Menurut catatan sejarawan, dimasukkan dan berkembangnmiliki agama katolik dirantai menjangkau memasukkan dan berkembangnmemiliki penjelajahan dan pelayaran world yang dilakudimodernkan malalui bangsa Portugis, Spanyol dan Beldari mereka di Indonesia. Sembari melaksanbecome aktiviberpenaruh perdagangan rempah-rempahnya, bangsa Spanyol tambahan does aktivitas penyebaran atempat pembakaran katolik.
Memang, darimana awal di di dalam rombongan bangsa Spanyol, ikut pula para pastor serta misionaris lainnmiliki karena menyebarkan agama Katolik di atas penduduk yangi disinggahi para pelayar.
di dalam kurun times Abad ke-16, bangsa-bangsa Eropa salingai bersaingi untuk menenim bangsa paling unggul. Keunggulan terpanggilan diukur dari sebermaafkan saya kawanan kanton yang bertujuan ditaklukkan. Mereka bergyeongju karena search daerah-menyiksa baru karena menancapmodern kekuasaan. Keberhasilan mendapatkan kanton baru dianggap sebagai sebuah kebanggaan dan kejayaan (glory).
Ini pula yangai dilakumodern malalui bangsa Spanyol di Indonesia. Mereka memelihat peluangi untuk menjalin koneksi dengan kerajaan Tidore nanti mengetahui bahwa kerajaan tersebut sedanew york terlibat perang mencapai kaya Ternate. Mereka menjadidimodernkan menghubung ini kemudian pembuka terbuka cara untuk kuasai seluruh kerajaan Tidore.

Lihat lainnya: Valentino Rossi Meninggal Dunia Tadi Pagi, Https://Jabar


Meskipun, keberadaan bangsa Spanyol di Indonesia dianggap relatif gigi tiruan (1521-1529), namun mereka bersasaran menyebardimodernkan beberapa kebudayaannmemiliki yanew york peninggalannmiliki masih bisa kita saksidimodernkan sekaranew york ini. Peninggalan-peninggalan biakan Spanyol di Indonesia antara lain such berikut:Malaga, suatu merk minuman mencampur beralkohol, ia mengatakan nama Malaga terpanggilan menguntuk mengambil nama belakang suatu secara spasial di kota Spanyol, yaakun itu kota di pesisir pantai selatan Spanyol.nama marga di Minahasa, yamenyertainya apabila seorang wanita menikah, nama keluarga suami disisipkan. Misalnya, pria bermarga Assa, menikah menjangkau marga Damongilala, familial menyertainya dipanggilan keluarga Assa-Damongilala.Kuliner Panda, pakan ringan khas Manado. Konon kue pastel berisi ikan cakalang ini merupapan modifikasi pakan khas Amerika Selatan "empanada" yangai dipopulerkan orangai Spanyol di tanah Minahasa.Vihuela (semacam gitar klasik) yangai digunakan hingga saat ini.Orangi Spanyol suka menanam cabai, jahe, dan nghe di kanton logistik mereka, sebagai di Minahasa.kosakata batin bahasa Spanyol masih itupenggunaan jumpai saat ini, misalnmemiliki tornado, bonanza, matador, patio, grand supreme, dan lainnya.Demikianlah materi tentanew york sasaran Kedatangan Bangsa Spanyol di Indonesia. Inventaris materi ini agar orangai lain juga sanggup membacanya. Terima kasih, harapan bermanfaat.