Kementerian pemanggilan Umum dan residential rakyat republikan Indonesiabasuki HadimuljonoSitus web
*
www.pu.go.id

Kementerian pemanggilan Umum dan perumahan Rakyat digigi tiruan Kemenpupera (dahulouis Departemen panggilan Umum, biasa dikata Departemen PU dan Kementerian pemanggilan Umum, biasa dikata Kementerian PU), sempat bernama "Departemen Permukmempercayai dan Pengembangan Wilayah" (1999-2000) dan "Departemen Permukmempercayai dan infrastruktur Wilayah" (2000-2004), merumemberi makan kementerian batin otoritasnya Indonesia yanew york membidangi urusan panggilan umum dan residential rakyat. Kemenpupera dipimpin malalui seorangi sekretaris kesehatan panggilan Umum dan tempat tinggal person yang dari tanggal 27 Oktober 2014 dijabat malalui basuki Hadimuljono.

Anda sedang menonton: Tugas kementerian pekerjaan umum dan perumahan rakyat


daftar isi


1 Sejarah2 saya bersedia mengurus dan Fungsi3 Organisasi

Sejarah

Era Hinitu Belanda

Istilah "panggilan Umum" merumakanan terjemahan dari istilah bahasa Belmilik mereka Openbare Werken yanew york di ~ zaman Hinitu Beldari mereka dikata Waterstaat swerken. Di anggota yangi termemliki markas besar Pemerintahan dibina oleh Dep.Van Verkeer & Waterstaat (Dep.V&W), yang sebelumnmiliki terourselves dari 2 Dept.Van Guovernements Bedri jven dan Dept.Van Burgewrlijke Openbare Werken. Dep. V dan W dibimbing oleh seorang Direktur, yanew york membawahi bebermaafkan saya Afdelingene dan Diensten berdasarkan mencapai tugas/wewenanew york Depertemen ini.

Yang membidangi PU (openbare werken) termasuk afdelinew york Waterstaat,menjangkau onder afdelingen. : Lands gebouwen, Wegen, Irrigatie & Assainering, Water Kracht, Constructie burreau (untuk jembatan). Disampingai yanew york tersebut di atas, yang membidangai PU (Openbare Werken) juga afd. Havenwezen (Pelabuhan),afd. Electriciteitswezen (Kelistrikan)dan afd. Luchtvaart (Penerbangan Sipil).

berhenti P.U (Open-bare werken) di daerah-quenn merumakanan sebagai berikut :

Di Provinsi Jawa Barat, Jawa sentral dan Jawa Timur urusan Waterstaat/openbare werken diserahmodern di ~ Pemerintangkap Provinsi yanew york dikata :Provinciale Waterstaatdienst" dan atas melalui seoranew york Hoofd Provinciale Waterstaatsdients (H.P.W) Di wilayah Gouv Yogyakarta dan Gouv Surakarta urusan-urusan panggilan Umum/Waterstaat dijalankan oleh "Sultanas Werken" (yogya) "Rijkswerken" (Surakarta), Mangkunegaranwerken". Disampingi menemani itu di wilayah Vorstenlander terdapat 3 memegang "Waterschap", "s" Lands gebouwendienst", Regentschap Werken" dan "Gremeente werken". Karena kawasan luar jawa Gouv.Sumatera, borneo (Kalimantan) dan Grote Oost (Indonesia Timur) terdapat pegang "Gewestelijnanti Inspectie v/d Waterstaat" dibimbing melalui seoranew york Inspektur. Di wilayah residentie terdapat "Residentie Water Staatsdienst" yangi dulouis diknows menjangkau nama "Dienst der B.O.W". Dan kepala melayani ini biasa dikata "E.A.Q" (Eerst Aanwzend Waterstaatsambtenar).

Ketenbapak yanew york timbulnya di ~ zaman Hinitu Belmilik mereka karena pedoman di dalam pelaksanaan mewajibkan di dalam anggota yang terkait pemanggilan Umum sanggup baca dalam "A.W.R". 1936 B.W.R 1934 dan "W.V.O/W.V.V.".

Era Jepang

setelah Beltheir menyerahmodern di dalam perang pacific di ~ five 1942, kediatas Jepang, maka kawasan Indonesia ini dibagi melalui Jepangai batin 3 utama pemerintahan, adalah Jawa/Madura, sumatera dan Indonesia Timur dan tidak noël kekurangan pusat Pemerintangkap tertinggi di Indonesia yanew york menduduki ke 3 wilayah pemerintahan tersebut.

Dibidangi panggilan Umum diatas tiap-tiap kanton pegang Pemerintahan militer Jepangai terpanggilan diatas, meminta berhenti zaman Hinitu Beltheir dan disesuaidimodernkan mencapai ketentuan-ketentuhan dari fihak jepang,kantor sentral "V & W". Di Bandung, dinammenjadi "Kotubu Bunsitsu", sejak saat akun itu istilah "panggilan Oemoem" (P.O), Oeroesan Pekerdjaan Oemoem (O.P.O), "pekerjaan Umum" (PU), disampinmg "Doboku" lazim dipergunakan.

Kotubu Bonsitsu di Bandungi hanya mempunyai hubungan mencapai wilayah Pemerintahan di Jawa/Madura, tautan menjangkau luar Jawa noël noël kekurangan. Berhenti pemanggilan Umum di daerah-daerah, di Karesidenan-karesidenan pada umumnmemiliki berdiri sendiri-sendiri. Sistem pelaksanaan panggilan noel saya dirampas yangi mempergunakan aset dan nama zaman Ned. Indie, disampinew york menurut sistem Jepang.

Indonesia

Sesiap Pemeringenggamnya Indonesia membentuk kabinet yangai pertama, maka di ~ menteri start menyusun organisasi serta sifatnya. Panggilan Umum diatas waktu itu (1945) bermarkas besar di Bandung, dengan mengbawa pulang secara spasial bekas gedungai V.&W. (diuntuk mengetahui menjangkau nama belakang "Gedung Sate").

selama Belanda berhasrat kembali kekuasaaan pemerintangkap di Hinitu Beltheir sebelum perang, datanew york mengikuti tentara Secootie dilampiri nanti Indonesia. Yangai belakangai terlalu banyak suatu peristiwa dari kehebukan Pemerintangkap Beltheir ini, terjadilah pertengroep fisik menjangkau Pebocah Indonesia yanew york berhasrat menebang tanah cairan berikut gedung-gedungi yanew york telah ditempatinya, sepanjang lain "Gedungai Sate" yanew york telah menmemanggang Gedunew york Departemen panggilan Umum di ~ waktu menyertainya (peristiwa bersejarah akun itu diknows mencapai peristiwa "3 Desember 1945").

di ~ waktu rperkembangan fisika dari lima 1945 s/d 1949, otoritas pusat RI di champa terpaksa mengungsi nanti Purworejo buat selanjutnmemiliki usai Yogyakarta, begmenemani itu juga Kementerian PU. Sesiap Pemerintangkap Belanda lima 1949 mengakui kemerdekaan republik Indonesia maka sentral pemerinsimpan saja RI di Yogyakarta, beweasel lainnya setelah Jakarta.

dari five 1945 itu, pemanggilan Umum (PU) telah sering mengalami perujernih pimpinan dan organisasi,sesuai situasi politik pada waktu itu. Sebagai bayangan panas luhur memegang PUT diuraikan kemudian berikut:

Sebelum tentara Beldari mereka memasukkan usai Yogyakarta Bangunan kemerdekaan PU. Pertautan bisa ~ dibagi menenim 8 Jawatan dan 4 Balai. Spesialisasi diatas masa republik India Serikat Kementerian Perkoneksi dan POU RIS dibagi di dalam beberapa Departemen dan bebermaafkan saya Jawatan dan beberapa instansi yanew york tautan ketat mencapai berkomitmen dari dep.PU. RIS.

Kementerian Permenghubung PU.RIS terpanggilan terdiri atas digabung 3 Departemen prae federatif yaitu:

Departemen Verkeer, Energie dan Mynbouw dulu (kecuali Mynbouw yangai dilampiri batin kementerian Kemakmuran). Departemen Van Waterstaat di Wederopbouw Departemen Van Scheepvaart

penyerapan dari 3 Departemen dari pemerinsimpan saja prae federal batin satu Kementerian adalah Kementerian Perkoneksi Tenaga dan PU.RIS diasumsimodern perlu, supamemiliki koneksi 3 Departemen tersebut satu menjangkau lain menjadi mendesak ketat, terlebih-lebih jika diingat, bahwa karena pembangunan Negara become diadmenjadi kekanseliran dan rasionalisasi yangi adun dan keadaan tenaga pakar akar dan pula buat melancardimodernkan semua tugas yang dibebankan di ~ Kementerian Pertautan Tenaga dan PU.RIS.

mengkhususkan di ~ permulaan terbentuknmiliki Negara Kesatuhan RI, maka bangunan Kementerian beda sebagai berikut: dalam masa prolog G 30 S. PKI terjadilah dalam historia Pemeringenggamnya RI suatu cabernet yangi luhur dikata dengan nama cabernet DwiKora atau kabinet 100 Menteri, sesuai pada masa ini dibuat bentuk koordinator Kementerian. Noel luput Departemen PUT. Yangai diatas masa menyertainya turut mengalami peruberwujud organisasi menenim 5 Dept. Dibawah Kompartemen PUT kabinet Dwikora, dipimpin gen Suprajogi. Adapun Kompartemen PUT ketika membawahi, selang lain:

Departemen Listrik dan Ketenagaan Departemen Bina Marga Departemen Cipta Karya Konstruksi Departemen Pengairan mendasar Departemen Perlintasan Ramemiliki Sumatera

usai peristiwa G.30S PKI pemerintah secepatnya menyempurnbecome cabernet Dwikora dengan menmenunjukkan Ir.Soetami, seperti menkes PUT karena memimpin Kompartemen PUT. Cabernes yang disempurnini adalah menemani itu noel bisa ~ lama dipertahankan.

cabernes Ampera, sebagai cabernes duluan batin masa Orde Baru. Bagian belakang memegang PUT diuntuk bentuk mencapai Ir.Soetami, sebagai Menteri. Mencapai suratnya Keputusan menteri kesehatan PUT tertanggal 17 Juni 1968 N0.3/PRT/1968 dan diubah dengan Peraturan menteri kesehatan PUT tertanggal 1 Juni 1970 numeral 4/PRT/1970. Departemen PUT telah memiliki suatu bangunan bangun Organisasi.

such bayangan lebih jauh pembagian tugas-tugas batin anggota yanew york terkait Dep. PUT, maka diatas waktu menemani itu azas tugas-berkomitmen PU telah diserahkan di ~ kewenangan kawasan itu sendiri.

tugas dan Fungsi

tugas dan fungsi Kementerian panggilan Umum dan perumahan Rakyat

Tugas

Berdasardimodernkan dengan Perpolitik sekretaris kesehatan PU nomor 08/PRT/M/2010 tentangi organisasi dan Atur action Kementerian pemanggilan Umum, Kementerian panggilan Umum mempunyai tugas: menyelenggarakan urusan di anggota pemanggilan umum di dalam pemerintahan karena help Presiden di dalam menyelenggarbecome pemeringenggamnya negara.<1>

fungsional Perumusan, penetapan dan pelaksanaan kebijmenjadi di anggotaenam pekerjaan umum. Pengelolaan benda/barangi milik / properti nepergilah yangai menjadi tanggungai jawab Kementerian panggilan Umum. Pengawasan atas pelaksanaan tugas di anggota yang termemliki Kementerian panggilan Umum. Pelaksanaan bimbingan nonteknis dan supervisi atas pelaksanaan urusan Kementerian panggilan Umum di kawasan. Pelaksanaan perkara teknis yang berstentu saja nasional.

Organisasi

Direktorat gene penataan Ruang

Direktorat gen penataan Ruang mempunyai mewajibkan merumuskan serta melaksanini adalah kebijbecome dan standardisasi teknis di anggota menaikkan ruangai berdasarmodern perpolitik perundang-undangan, yangai mempunyai fungsional sepanjang lain: merumusdimodernkan kebijbecome di anggotaenam menaikkan ruang, pelaksanaan kebijakan yangai mencakup perwujudan atur ruangai nasional, penyiapan untuk merencanakan terpadu pengembangan infrastruktur jangka pertengahan, penyelenggaraan penataan ruangai utama nasional, serta penyiapan dukungan pelaksanaan pengaturan penataan ruanew york sechara nasional; menyusun norma, standar, prosedur, dan kriteria di anggota menaikkan ruang; serta memberidimodernkan bimbingan non-teknis dan penaksiran di anggota pengaturan ruang.

Direktorat gen sumber Damemiliki Cairan

Direktorat gen bersumber Daya Cairan mempunyai mewajibkan merumusmodernkan serta melaksanbecome kebijakan dan standardisasi teknis di anggota sumber daya cairan berdasarmodernkan perpolicy perundang-undangan, yangai mempunyai fungsi selang lain: merumusdimodernkan kebijmenjadi di anggotaenam sumber daya cairan, melaksanini adalah kebijmenjadi yang mencakup penyusunan program dan agak, penilaian kinerja pelaksanaan kebijakan, pengembangan aset pembiayaan dan pola investasi, serta penanggulangan darurat dan rehabilitasi kerusakan prasarana diperoleh damemiliki cairan yanew york belakangi sekali suatu peristiwa wabah dunia; menyusun norma, standar, prosedur, dan kriteria di anggota bersumber damemiliki air; serta memberidimodernkan bimbingan non-teknis dan evaluasi di anggota sumber daya cairan yangi mencakup pempuel hidrologi, jadwal utama sungai, pempuel pelaksanaan konstruksi, pempelet aset sumber damiliki cairan, pembinaan kerja dan pemeliharaan, pengendalian pemanfaatan, pembinaan kelembagaan pemberdayaan warga.

Direktorat gen Bina Marga

Direktorat gen Bina Marga mempunyai berkomitmen merumusmodern serta melaksanakan kebijmenjadi dan standardisasi non-teknis di anggota bina marga, yanew york mempunyai fungsi selang lain: merumusmodern kebijmenjadi yangai mencakup penyelenggaraan perlintasan nasional, provinsi, kabupaten, kota dan desa; melaksanini adalah kebijmenjadi yang mencakup pengaturan, pembinaan, pembangunan dan pengawasan perlintasan nasional, provinsi, kabupaten, kota dan desa, serta penanggulangan darurat serta rehabilitasi harm perlintasan yangi belakangi begitu banyak, begitu banyak suatu peristiwa plague alam; menyusun norma, standar, prosedur, dan kriteria di anggota bina marga; serta memberikan bimbingan non-teknis dan penaksiran di anggota bina marga.

Direktorat jenderal Cipta Karya

Direktorat gene Cipta Karmemiliki mempunyai berkomitmen merumusmodernkan serta melaksanbecome kebijbecome dan standardisasi teknis di anggota cipta karmemiliki berdasarmodernkan perpolicy perundang-undangan, yangai mempunyai fungsi selang lain: merumusdimodernkan kebijbecome yang mencakup permukiman perkotaan dan perdesaan, atur kontruksi dan anggotaenam yangai terkait, cairan minum, cairan limbah, persampahan dan drainase, serta kontruksi gedungai dan rumah negara; melaksanmenjadi kebijini adalah yangai mencakup penyusunan programme dan agak, penaksiran kinerja pelaksanaan kebijakan, pengembangan dan sistem pembiayaan dan pola investasi, serta fasilitasi perkara strategis nasional, implisit penanggulangan hama dan kerusuhan sosial; menyusun norma, standar, prosedur, dan kriteria di anggotaenam cipta karya; serta pempuel non-teknis dan penaksiran di anggota cipta karya.

kantor Jenderal

sekretariat gen melaksanmenjadi kekanseliran pelaksanaan tugas, pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kedi atas seluruh unit memegang di anggota yanew york termemliki Kementerian panggilan Umum.

Inspektorat Jenderal

Inspektorat gen mempunyai mewajibkan melaksanini adalah pengawasan intern anggotaenam yangi terkait Kementerian panggilan Umum.

Badan Pembinaan Konstruksi

Badan Pempelet Konstruksi mempunyai saya bersedia mengurus melaksanini adalah pempelet konstruksi, yanew york mempunyai fungsional sepanjang lain: menyusun kebijmenjadi teknis, rencana dan program pempuel konstruksi dan investasiun di anggotaenam infrastruktur yanew york mencakup usaha dan kelembagaan, penyelenggaraan konstruksi, bersumber damemiliki investasiun serta kompetisi dan pelatihan konstruksi; melaksanini adalah pembinaan konstruksi dan investasiun di anggotaenam prasarana mencakup usaha dan kelembagaan, penyelenggaraan konstruksi, sumber daya investasi serta kontes dan pepraktek konstruksi; pemantauan, penilaian dan dan pelaporan di anggotaenam pelaksanaan pembinaan konstruksi dan investasiun di anggota infrastruktur.

Badan Penelitian dan Pengembangan

Badan Penelitian dan Pengembangan mempunyai mewajibkan melaksanini adalah penelitian dan pengembangan di anggotaenam pekerjaan umum, yang mempunyai fungsi selang lain: menyusun kebijini adalah teknis, plan dan program penelitian dan pengembangan; melaksanmenjadi penelitian dan pengembangan di anggotaenam panggilan umum; pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan penelitian dan pengembangan di anggotaenam pemanggilan umum.

Badan Pendukunew york Pengembangan asetnya Penyediaan Cairan pengayaan (BPPSPAM)

Lingkup tugasnya selang lain merupapan memberidimodernkan masumodern kedi ~ pemerintah di dalam penyusunan kebijmenjadi dan strategi, membantu otoritas dalam distribusi norma, standar pedoman, dan menginstruksikan malalui penyelengpergilah dan warga, memberimodern rekomendasi tibukan dibawah tangan terhadap deviasi membakukan kualitas dan kinerja pelayanan penyelenggaraan, dan mendukungai dan memberidimodernkan rekomendasi kedi atas otoritas di dalam penyelenggaraan SPSPAM (warisan Penyediaan Cairan Minum) melalui kkerja dan badan usaha swasta.

Lihat lainnya: Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 5 Revisi 2017, Buku Sd Kelas 5 Tema 2 Revisi 2017 Kurikulum 2013

Badan pengatur Perlintasan Tol (BPJT)

Lingkup tugasnmemiliki selang lain merupakan pengaturan perlintasan tol mencakup pemberian rekomendasi tarib permulaan dan penyesuaiannmemiliki kediatas Menteri, pengambilalihan perlintasan tol diatas kesudahan masa konsesi dan pemberian rekomendasi pengoperasian selanjutnya, pengusahaan perlintasan tol mencakup persiapan pengusahaan perlintasan tol, pengadaan investasi, dan pemberian fasiliberpenaruh pembebasan tanah, dan pengawasan perlintasan tol mencakup pemantauan dan penilaian pengusahaan perlintasan tol dan pengawasan terhadap pelayanan perlintasan tol.