Saat ini perkembangan swalayan semakin meningkat cukup pesat. Dimana yang dulunya swalayan hanya bisa ditemukan di kota saja, sekarang bisa ditemukan dengan mudah di kota kecamatan atau bahkan di desa. Hal ini didorong akan kebutuhan masyarakat terus mengalami peningkatan, terutama untuk kebutuhan pokok.

Anda sedang menonton: Tugas dan tanggung jawab crew alfamart


Salah satu nama swalayan yang begitu populer adalah Alfamart. Dimana saat ini Alfamart bisa dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Kondisi ini membuat Alfamart membutuhkan banyak crew store untuk melayani pelanggan serta berbagai tugas lainnya. Bisa dibilang gaji crew store Alfamart cukup tinggi karena menyesuaikan UMR. Lantas, berapa besaran gaji per bulannya? Berikut pembahasan lengkapnya.

Baca Juga : 15 Jabatan dan Gaji Karyawan Indomaret

Apa Itu Crew Store?

Crew store merupakan suatu kelompok pekerjaan yang bertugas dalam toko dan bekerja semua dengan tugasnya masing-masing. Tugas utama dari crew store adalah melayani pelanggan yang datang ke swalayan. Gaji yang diperoleh crew store ini disesuaikan dengan tingkat kesulitan pekerjaannya. Bekerja sebagai crew store ada yang bekerja setiap hari ataupun menggunakan sistem shift.

Pada umumnya, crew store memiliki tugas dan tanggung jawab seperti memberikan pelayanan kepada pengunjung toko, display produk, persiapan retur, menerima penitipan barang, penawaran program promosi, mengecek keadaan produk, melaksanakan kebersihan, dan sebagainya.

Tugas Crew Store Alfamart

Seperti yang disebutkan diatas bahwasanya Alfamart merupakan salah satu swalayan yang saat ini begitu populer di Indonesia. Alfamart merupakan perusahaan ritel yang bergerak di bidang penjualan barang untuk kebutuhan seberapa bidang pekerjaan hari-hari. Perlu diketahui jika di dalam swalayan ini terdapat beberapa bidang pekerjaan seperti, chief of store, asisten chief of store dan crew store. Untuk crew store Alfamart terdiri dari pramuniaga dan juga kasir. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Pramuniaga


*
*
*
*
(Sumber: Sumsel.inews.id)

Gaji pokok semua karyawan meski jabatannya berbeda tetapi gaji pokoknya sama. Dimana nominal gaji pokok tersebut disesuaikan dengan UMR atau UMK daerah masing-masing. Meski gaji pokoknya sama tetapi gaji yang diterima karyawan yang jabatannya berbeda juga mengalami perbedaan. Supaya crew store bisa mendapatkan kenaikan gaji dan kenaikan jabatan maka harus menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan sangat baik.

2. Gaji Lembur

Gaji lembur merupakan uang yang didapatkan apabila melakukan pekerjaan melebihi shift. Jika mendapatkan kesempatan untuk lembur maka akan mendapatkan tambahan pendapatan. Perbedaan gaji yang diterima disebabkan oleh penghitungan jam lemburnya. Untuk penghitungan jam lembur juga mengalami perbedaan. Jika crew dalam lemburan satu hari mendapatkan misalnya 5000 ribu rupiah maka jabatan di atasnya akan menerima uang lemburan lebih besar dari nominal tersebut.

3. Tunjangan Lain

Crew store di Alfamart juga mendapatkan tunjangan lain seperti BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan. Tunjangan ini diberikan untuk menjamin keamanan karyawan selama bekerja di Alfamart. Selain itu, pemberian tunjangan juga untuk meminimalisir terjadinya peristiwa yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan, bencana alam dan sebagainya.

4. Tunjangan Khusus

Alfamart menjadi salah satu swalayan besar yang ada di Indonesia dengan cabang yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Swalayan ini memiliki peran penting bagi masyarakat karena membantu memenuhi kebutuhan masyarakat meski saat hari-hari besar sekalipun. Pihak perusahaan ini menyediakan tunjangan khusus yang biasanya berlaku saat Idul Fitri.


Kisaran gaji yang diterima oleh crew store Alfamart adalah Rp 1.900.000 – Rp 4.000.000. Gaji yang diterima tersebut berpatokan dengan UMR yang ebrlaku di setiap daerah.

Pembagian Shift Crew Store Alfamart

Shift merupakan pembagian jam kerja dalam satu hari. jadi dalam satu haru terdapat 2 atau shift. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Shift 1

Shift satu diberikan untuk karyawan yang bekerja pada pagi hari, mulai dari jam 07.00 hingga jam 15.00. Jika karyawan bekerja melewati jam tersebut, belum tentu dihitung lembur karena disini diberlakukan sistem loyalitas.

2. Shift 2

Shift 2 diberikan kepada karyawan yang bekerja mulai dari jam 15.00 hingga jam 23.00. Shift 2 ini merupakan kelanjutan jam kerja dari shift1 atau shift pagi. Saat terjadi pergantian shift akan terjadi perhitungan uang yang dilakukan kasir. Jika semuanya oke maka pergantian shift sudah bisa dilakukan.

3. Shift 3

Shift 3 diberikan kepada karyawan yang bekerja mulai jam 21.00 hingga 07.00. Akan tetapi, tidak semua Alfamart memberlakukan shift 3 karena tidak semuanya buka 24 jam.Nah itulah informasi tentang gaji crew store Alfamart beserta tugas dan tanggung jawabnya. Bagi pembaca yang ingin bekerja sebagai crew store di Alfamart semoga penjelasan diatas bisa menambah informasi.

Lihat lainnya: Tempat Wisata Di Bogor Yang Buka Saat Ini, 28 Tempat Wisata Di Bogor Yang Hits Di Tahun 2021

Jangan lupa untuk ikuti perkembangan website kita dengan LIKE Facebook, Follow Twitter dan Instagram magyaroldalak.net. Jangan Lupa Juga Untuk Follow Instagram dan Subscribe Channel Youtube penulis.