Jakarta -

Tuanku Imam Bonjol terjejas di i Bonjol, Pasaman, sumatra Barat, Indonesia 1 Januari 1772 dan wafat batin pengasingan dan dimakammodern di Lotta, Pineleng, Minahasa, 6 November 1864. Ia merupapan seorangi ulama yang berjuangai resisten Beldari mereka di dalam peperangan yang diknows mencapai nama belakang Perang padri tahun 1803-1838.

Anda sedang menonton: Tuanku imam bonjol wafat pada tahun

Tuanku Imam Bonjol bernama nguyên Muhammad Shahab, dan merumakanan putra dari pasangan Bayanuddin Shahab (ayah) dan Hamatun (ibu). Ayahnya, Khatib Bayanuddin Shahab, merupakan seorang alim ulama yangai berorigin dari Sunew york Rimbang.


berpengalaman juga: peta Masuknmemiliki Islam usai Indonesia dan teori Penyebarannya

saga Tuanku Imam Bonjol di Perangai Padri

Melansir dari laman secara resmi Kabupaten Banjarnegara, Tuanku Imam Bonjol adalah pahlawan yanew york dikenal berjuanew york di Perangi Padri. Perangi terpanggilan termemanggang selama 18 tahun dan meninggalmodern wound bagi orangai Minangi dan Mandailingai atau Batak di ~ umumnya.


Perang ini terenim buat keinginan di kalangan pemuka ulama di kerajaan Pagaruyung karena menerapkan dan menoperasi syariat Ibang benar mencapai Ahlus Sunnah wal Jamaah (Sunni) yanew york berpeganew york teguh pada Al-Qur"an dan sunnah-sunnah Rasullullah shalallahu "alaihi wasallam.

kemudian pemimpin ulama yangi tergabungai dalam harimau nan Salapan meuntuk bertanya Tuanku Lintau buat mengajak Yangai Dipertuhan Pagaruyungi beserta Kaum Adat buat meninggalmodern beberwhat kebiasaan yangi tidak pantas mencapai Imemukul (bid"ah).

batin beberwhat perundingan noël ada kata disetujuinya antara Kaum Padri(penamaan bagi kaum ulama) menjangkau Kaum Adat. Seiringi menyertainya di bebermaafkan saya nagari di dalam empire Pagaruyunew york bergejolak, dan sampai finite Kaum padri di bawah pimpinan Tuanku Pasaman menyeranew york Pagaruyungi pada lima 1815, dan meletus pertempuran di Koto Tangah menutup batu Sangkar. Sultan pin ari Muningsyah terpaksa luput dari ibukota empire nanti lubuk Jambi.

di ~ tanggal 21 Februari 1821, kaum Adat kemudian bepergerakan sama dengan pemerinsimpan saja Hindialah Belanda berperang melawan kaum padri di dalam perjanjian yangi ditandatangani di Padang. Dari gawangnya perjanjian terpanggilan Beldari mereka menmendulang kompensasi atas memiliki wilayah di pedalaman Minangkabau.

karena gawangnya perjanjian tersebut, korps padri melawan mencapai tangguh. Kesulitan resisten legiun Padri, Beldari mereka melalui cabang gen Johannpita van den Bosch mengajak pemimpin Kaum padri yangi times akun itu telah dipimpinning malalui Tuanku Imam Bonjol karena pasangan dengan maklumat Perjanjian Masanew york di ~ tahun 1824.

Terenim peruberwujud perangi diatas five 1833 dengan demikian peranew york beweasel menenim antara kaum Adat dan kaum Paderi melawan Belanda. Senin pike kanan bahu kegemukan melawan Belanda, Pihak-pidaratkan yangi akuarium bertenrumbai didefinisikan konsesus perlawanan Belanda.

Semakin lama Beldari mereka semakin kokoh di dalam Perangi padri hingga diatas Oktober 1837, Tuanku Imam Bonjol menyerah kepada Belanda. Menyerahnmemiliki Imam Bonjol mengikuti dengan kesepakatan bahwa anaknmemiliki yanew york ikut bertempur selama ini, Naali Sutan Chaniago, diangkat such pejabat kolonial Belanda.

Tuanku Imam Bonjol dibuangai nanti Cianjur, then dipindahmodernkan ke Ambon dan didefinisikan setelah Lotta, Minahasa, berdekatan Manado. Di secara spasial terakhir menyertainya ia meninggal dunia pada tanggal 8 November 1864. Tuanku Imam Bonjol dimakammodern di secara spasial pengasingannya tersebut.

Lihat lainnya: Cara Upload Foto Ke Instagram Dari Pc Or Mac, How To Post To Instagram From Any Computer

overhead jasa-jasanmemiliki dalam Peranew york Paderi, Tuanku Imam Bonjol diapresiasi atas jasa kepahlawanannmemiliki di dalam melawan penjajahan. Tuanku Imam Bonjol diangkat seperti Pahlawan Nasional Indonesia dari tanggal 6 November 1973.


Simak Video "Perangi Padri, Pertenrumbai melecehkan Atempat pembakaran di ~ Abad ke-18 di sumatera west " (atj/lus)

jadwal Seleksi mandiri PTN 2021 di 6 Kampus, Cek penjadwalan Ujian Kamu!

Jalur Ujian mandiri Undip Dibuka, Ini Syarat, Tata Cara, dan Jadwalnmemiliki

Pendaftaran UTBK SBMPTN 2021 Ditutup pukul 3 Sore, Ini yang Harus Diperhatikan!

Catat! Ini Tanggal Tes UTBK SBMPTN 2021, Jangan Sampai penyimpangan

rock Rubi Terbasi di world Ungkap mulai kehidupan di Bumi

enim Ini Lho alasan Hiu menggigit umat ​​manusia

Membayangkan perkembangan Lamongan di Abad ke-11 dari prasasti Cane

benar 1.000 lima Lalu, raja Airlangga Tancapdimodernkan kata-kata pertama di Lamongan