Home Credit Indonesia adalah perusahaan multifinance yang menawarkan pembiayaan multiguna untuk dana tunai cicilan tanpa jaminan lewat aplikasi online dengan plafon Rp 3 juta, 5 juta, 10 juta sampai Rp 15 juta dan tenor max 42 bulan. Produk adalah ’DONA’ – Dompet Online Multiguna HCI. Ikuti review pengalaman saya mengajukan pinjaman online dana tunai cicilan tanpa kartu kredit di Home Credit Indonesia, termasuk bagaimana cek angsuran Home Credit.

Anda sedang menonton: Toko yang bekerjasama dengan home credit

Saya terima penawaran untuk pembiayaan multiguna PT Home Credit Indonesia (HCI) lewat SMS.


Dalam sms terdapat link yang membawa saya ke aplikasi online HCI di Playstore. Pihak home credit melakukan penawaran pinjaman.

Setelah saya pelajari, pembiayaan multiguna HCI ini menarik karena beberapa hal:

Pertama, HCI yang selama ini dikenal pembiayaan HP dan barang elektronik, sekarang menawarkan pembiayaan multiguna untuk dana tunai buat berbagai kebutuhan barang atau jasa, seperti: perjalanan, pendidikan, renovasi rumah, dan sebagainya.

Kedua, pinjaman untuk multiguna ini tanpa jaminan dengan pembayaran cicilan sampai 42 bulan dan diajukan online di aplikasi HCI secara cepat (dalam 30 menit keputusan) dan mudah tanpa perlu tatap muka.

Ketiga, plafon besar sampai 25 juta dan bunga menarik karena bunga di HCI lebih rendah dibandingkan pinjaman online Fintech P2P Lending.

Keempat, produk dari pihak home credit ini adalah cicilan tanpa kartu kredit.

Saya putuskan untuk mengajukan kredit multiguna Home Credit. Review pengalaman pengajuan di HCI saya tuangkan dalam artikel ini.


Daftar Isi

Apa Itu HCICara Mengajukan PinjamanSimulasi Cicilan Home CreditPerlu Kwitansi, Cara KirimCara Pembayaran, Cek AngsuranMy Home Credit Indonesia

Apa Itu HCI

*
*
Denda Pelunasan DipercepatAda biaya administrasi yang dipotong saat pencairan, Rp 199,000; ada pula biaya pelunasan dipercepat yang cukup tinggi Rp 150,000 dan biaya pembayaran cicilan per bulan.

Semua biaya ini menjadi beban nasabah, sehingga perlu diperhatikan dan diperhitungkan, meskipun jika dibandingkan pinjaman online Fintech, biaya pinjaman Home Credit masih lebih rendah.

E. Cara Pelunasan Cicilan

Pelunasan kredit di HCI bisa dilakukan secara normal mengikuti tenor pinjaman, atau pelunasan lebih awal.

Pelunasan Lebih Awal

Pembatalan kontrak di 15 hari pertama setelah kontrak ditandatangani, tidak dikenankan biaya pembatalan atau bunga apapun.

Namun, jika membatalkan setelah 15 hari, konsumen wajib membayar:

cicilan bulan berjalan, ditambah dengan sisa jumlah pokok pembiayaan yang belum dibayarkan tanpa bunga, biaya administrasi sebesar Rp150.000

Untuk mengaktifkan pelunasan di awal dan mendapatkan nominal pasti yang harus dibayar, hubungi Layanan Pelanggan Home Credit Indonesia.

Pengajuan pelunasan lebih awal bisa dibatalkan oleh pelanggan, jika berubah pikiran, dan melanjutkan pembayaran tagihan seperti semula.

Kontrak Pelunasan

Setelah pembayaran cicilan terakhir, konsumen akan mendapatkan SMS untuk mengkonfirmasi bahwa kontrak sudah selesai.

Surat Keterangan Lunas akan dikirimkan secara otomatis ke e-mail yang terdaftar, 3 hari setelah setelah status kontrakSelesai. Jika memerlukan surat keterangan lunas versi cetak dapat memintanya melalui Layanan Pelanggan Home Credit di:

Telepon: 021 2953 9600Mengisi formulir di https://www.homecredit.co.id/Hubungi-Kami

Katalog HP, Barang Lainnya

Home credit menyediakan katalog barang yang bisa dikredit melalui mereka. Katalog berisi daftar HP, barang elektronik lainnya dengan harga.

Barang – barang yang tersedia di katalog antara lain adalah: ponsel, gadget, handphone, televisi, furnitur, komputer dan laptop. Katalog terbaru bisa dicek di situs HCI atau aplikasi my home credit Indonesia.

Adanya katalog membantu konsumen memilih barang yang sesuai dengan keinginan. Bisa dengan cepat memilih dan mengajukan kreditnya.

My Home Credit Indonesia

Ini adalah nama aplikasi HCI, my home credit Indonesia, yang bisa diunduh di Google Playstore dan Apple IOS. Aplikasi yang bisa digunakan untuk mengajukan kredit di HCI secara online.

A. Fitur di Aplikasi

Lakukan proses registrasi untuk bisa menggunakan aplikasi ini. Setelah teregustrasi bisa menikmati sejumlah fitur di dalamnya, yaitu:

Belanja langsung di lokasi penjualan HCI (POS). Bisa ajukan limit pembiayaan barang yang diinginkan seperti Hape, Laptop, Televisi, Sofa, Kulkas, dan barang yang lainnya, cukup tunjukkan KTP kepada Sales Agent/Retail Agent di lokasi POS.FlexiFast. Fitur ini adalah fitur khusus untuk yang sudah pernah mengajukan kontrak dan aktif lebih dari 6 bulan. Bisa mendapatkan pembiayaan hingga Rp25 juta.Promo Gratis Cicilan. Penawaran promo gratis cicilan hanya tersedia untuk pembiayaan barang di toko rekanan Home Credit Indonesia terpilih, periksa informasi kontrak di aplikasi My Home Credit untuk memastikan apakah mendapat promo ini atau tidak

B. Pembayaran Cicilan

Terdapat 2 pilihan cara pembayaran melalui aplikasi My Home Credit, yaitu: Debit dan Pembayaran Instan.

Pilih akun bank / pembayaran yang di inginkan. Setelah itu akan dialihkan ke halaman akun bank / pembayaran untuk menyelesaikan pembayaran.

Penting untuk diingat: pastikan kartu debit / akun pembayaran instan sudah diaktifkan untuk pembayaran online. Hal ini dapat dilakukan melalui bank tempat akun tersebut berasal.

Setelah melakukan pembayaran, muncul notifikasi di My Home Credit.

Pengalaman Telat Bayar

Bagaimana jika menunggak cicilan angsuran kredit di HCI ?

Yang pertama, guna menghindari keterlambatan pembayaran, pengecekan tanggal pembayaran, jumlah cicilan yang harus dibayar, serta nomor kontrak melalui aplikasi My Home Credit dengan melihat informasi data kontrak.

Proses penagihan dimulai dengan reminder. Diingatkan untuk membayar tagihan cicilan tepat waktu tiap bulannya lewat SMS, aplikasi My Home Credit, atau penelponan.

Selanjutnya, Home Credit Indonesia akan melakukan penagihan lewat penelponan dan dapat mengirimkan petugas untuk melakukan pengecekan serta penagihan ke alamat apabila belum ada pembayaran setelah jatuh tempo.

Jika tidak dapat terhubung, setelah dilakukan kontak, tim penagihan HCI akan melakukan konfirmasi ke nomor referensi, baik itu keluarga maupun kerabat yang didaftarkan pada saat pengajuan kontrak.

Jika mengajukan keluhan atau klaim perlindungan, HCI menyarankan agar tetap membayar cicilan sesuai dengan tanggal jatuh tempo sampai proses penyelesaian keluhan atau klaim selesai.

Selama penagihan, jika mendapatkan pelayanan yang kurang baik saat penagihan berlangsung, pelanggaan dapat langsung menyampaikan informasi ke form online yang disediakan di situs Home Credit Indonesia.

Call Center

Kantor Pusat: PT Home Credit Indonesia, Plaza Oleos Lantai 8, Jl. TB Simatupang No. 53A, Jakarta Selatan 12520

Tips Pinjaman Uang

Saya ingin merekap beberapa hal penting yang perlu Anda perhatikan dan pertimbangkan saat mengajukan pinjaman multiguna di Home Credit:

Berbeda dengan pinjaman dana tunai di Fintech, yang tujuan penggunaan tidak ditanyakan oleh pemberi pinjaman, sementara di pembiayaan multiguna HCI tujuan penggunaan harus disampaikan peminjam karena HCI adalah perusahaan multifinance yang memberikan pembiayaan harus atas suatu transaksi underlying atau adanya kejelasan penggunaan uang dari pembiayaan tersebut.Bunga pinjaman dana tunai cicilan tanpa kartu kredit di HCI cukup menarik, dengan simulasi saya menunjukkan bunga kredit multiguna tanpa jaminan HC di range 2% sd 4% per bulan, meskipun masih lebih mahal dibandingkan KTA bank, tetapi jauh lebih murah dibandingkan Fintech Pinjaman Online P2P Lending yang memberikan bunga 24% sebulan.Adanya tawaran asuransi dalam pinjaman perlu dicermati peminjam karena premi cukup tinggi dibandingkan coverage atau manfaatnya, dan asuransi ini bersifat opsional atau tidak wajib diambil.Proses pencairan pinjaman di Home Credit butuh tambahan proses dan waktu meskipun pinjaman sudah disetujui di aplikasi, sehingga jika Anda butuh dana cepat perlu mengantisipasi tenggang waktu proses pencairan dana di Home Credit.Ada kewajiban penyampaian kuitansi ke HCI terkait transaksi penggunaan dana tunai sesuai dengan Peraturan OJK dan jika kuitansi tidak disampaikan dikenakan denda satu kali cicilan di akhir tenor.Produk ini adalah cicilan tanpa kartu kredit, yang bisa diajukan Anda yang belum memiliki kartu kredit.

Lihat lainnya: Tempat Senam Hamil Di Jakarta Selatan, Senam Hamil Di Jakarta

Tanya Jawab Home Credit

Untuk mempermudah, saya membuat tanya jawab pertanyaan yang sering dilontarkan.