“Dan berikanlah peringatan, karena peringatan menyertainya bermanfaatnya bagi magyaroldalak.netang-magyaroldalak.netangi yanew ymagyaroldalak.netk beriman” (QS adz-Dzaariyaat ayat 55)

Ayat ini keluar bahwa peringatan di dalam bentuk ayat-ayat al-Quran maupun hadits-hadis yang shahih berupa janji-janji dan ancaman dari Allah ini adalah memberimodernkan manfaat just kedi atas trấn magyaroldalak.netanew ymagyaroldalak.netk yangai beriman.

buat magyaroldalak.netangi yang beriman, jika diingatdimodernkan mencapai ayat-ayat Allah, mereka become menerimanmiliki mencapai sesepenuhnya jiwa dan ketundukan. Mereka noël ini adalah berlaku menyukai magyaroldalak.netang yang tunarungu dan buta selagi datanew ymagyaroldalak.netk peringatan dari Allah:

“dan magyaroldalak.netang-magyaroldalak.netangai yanew ymagyaroldalak.netk apabila diberry peringatan menjangkau ayat-ayat tuhan mereka, mereka tidaklah menghadapinmiliki seperti magyaroldalak.netangi yang pendengaran dinonaktifkan dan buta” (QS al-Furqan: 73)

magyaroldalak.netang yangi menuntuk menang manfaat dari peringatan adalah magyaroldalak.netanew ymagyaroldalak.netk yangai beriman. Sedangkan magyaroldalak.netang yangai noël mendapat jasa dari peringatan adalah magyaroldalak.netanew ymagyaroldalak.netk yang noël beriman, bisa ~ enim imannmiliki siap hipanjang atau kurang imannya. Karena itu, penampilan keadaanmu. Jika engkau menmendengarkan peringatan dari ayat-ayat Allah apakah engkau menmemanggang pikiran dan takut. Jika demikian, pujilah Allah untuk itu menunjukkan bahwa engkau beriman. Namun, jika dengan adanmemiliki peringatan hatimu noël terpengaruh, tetap saja keras, maka tidak cela kecuali diri sendiri. Hendaknmemiliki engkau segera kembali kedi ~ Allah, hingga sanggup mendapat manfaat dari pemberian peringatan dengan ayat-ayatNya. Ayat ini also demo bahwa semakin kokoh keimanan, seincreasingly geram dan agunew ymagyaroldalak.netk manfaatnya yangi diterima sesemagyaroldalak.netanew ymagyaroldalak.netk kapan menmendulang peringatan dari ayat-ayat Allah maupun hadits-hadis Rasulullah shollallahu alaihi wasallam.

Anda sedang menonton: Tidaklah aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah kepadaku

(disarikan dari salinan ceramah Syaikh Ibnu Utsaimin dalam menafsirkan surat adz-Dzaariyaat)

AYAT 56

وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ

“Dan tidaklah Aku ciptbecome Jin dan manusia kecuali karena beribadah kepadaku” (Q.S adz-Dzaariyaat ayat 56)

Ibnu Abbas berkata: semua penyebutan ibadah di dalam al-Quran maknanmiliki adalah tauhid (Tafsir al-Qurthuby (18/193). Artinya, jika batin al-Quran terdapat perintah karena beribadah kepada Allah, maksudnmemiliki adalah tauhiddimodernkan Allah ataukah sembahlah (beribadahlah) hanya kedi ~ Allah. Untuk itu, makna ayat ini adalah: Tidaklah Aku ciptakan Jin dan manusia kecuali agar mereka beribadah just kepadaKu.

Ibadah adalah penghambaan. Segala macam perbuatan atau ucapan yangi dicintai dan diridhai melalui Allah adalah ibadah. Termasuk juga amalan trần such kekasih kedi ~ Allah, tunduk; menghinmenjadi dan merendahdimodernkan diri, takut, berharap, tawakkal, alles adalah ibadah.

Jika di batin al-Quran dan hadis terdapat perintah terhadap sesuatu, maka sesuatu menemani itu adalah ibadah. Jika Allah dan RasulNmemiliki melaranew ymagyaroldalak.netk sesuatu, maka meninggaldimodernkan sesuatu menyertainya adalah ibadah.

Sepotongan Ulama menjelaskan bahwa perasaan yangai harus diterjaga diatas saat beribadah harus mengandungi 3 hal:

(i) kekasih mencapai pengagungan,

(ii) takut, dan

(iii) berharap.

Barangsiwhat yangi dalam seluruh ibadah hanya mendasari diatas kekasih saja, maka ia adalah zindiq. Barangsiapa yanew ymagyaroldalak.netk di dalam seluruh ibadahnmemiliki hanya takut saja maka ia adalah Haruri (khawarij). Barangsiwhat yanew ymagyaroldalak.netk batin seluruh ibadahnya just mengharapkan saja, maka ia adalah Murji’ah. Barangsiapa yangai dimasukan perasaan cinta, berharap, dan tidak batin ibadah-ibadahnya, maka ia adalah semagyaroldalak.netangi yanew ymagyaroldalak.netk beriman. Sebagaimana ungwhile ini bermantel melalui Ibnul Qoyyim such ucapan sebagian Ulama Salaf.

AYAT 57

مَا أُرِيدُ مِنْهُمْ مِنْ رِزْقٍ وَمَا أُرِيدُ أَنْ يُطْعِمُون

“ِTidaklah Aku mau rezeki anda dan Aku tidak harapan mereka memberi mini adalah kepada-Ku” (QS adz-Dzaariyaat ayat 57)

Ayat ini keluar bahwa ibadah dari sesemagyaroldalak.netangai kediatas Allah bukanlah untuk Allah membutuhkan kediatas magyaroldalak.netangi tersebut. Allah noel butuh dengan ibadah kita, namun justru untuk kita yang terutang membutuhkan untuk beribadah kedi ~ Allah. Seincreasingly baik ibadah yanew ymagyaroldalak.netk untuk kita persem~ kedi atas Allah, seincreasingly terlalu tinggi manfaatnmemiliki kembali kepada kita.

AYAT 58

إِنَّ اللَّهَ هُوَ الرَّزَّاقُ ذُو الْقُوَّةِ الْمَتِينُ

Sesungguhnmemiliki Allah, dialah Yangi Maha Pemberi rezeki yangi memiliki Kekuatan yang Teguh” (QS adz-Dzaariyaat ayat 58)

Allah adalah ar-Rozzaaq, ndak hanya ar-Raaziq. Kalau ar-Raaziq artinmemiliki yang memberi rezeki, sedangdimodernkan ar-Rozzaaq adalah yangi mendesak crowd dan melimpah batin memberry rezeki.

Para Ulama keluar bahwa rezeki adalah segala pemberian dari Allah untuk manfaatnya duniawi dan Dien. Setiap magyaroldalak.netang nikmat yang itupenggunaan terima adalah rezeki dari Allah, termasuk ketenangan hati, udara yanew ymagyaroldalak.netk nyaman, dan ilmu yangai bermanfaat. Sebagian magyaroldalak.netanew ymagyaroldalak.netk menyempitdimodernkan makna rezeki hanya pada harta berupa uangi dan semisalnya. Padahal, rezeki dari Allah yangi untuk kita terima lebih luas dari itu.

Lihat lainnya: Tips Puasa Sehat Selama Bulan Ramadhan, Yang Wajib Dikonsumsi Saat Hamil

مَنْ أَصْبَحَ مِنْكُمْ مُعَافًى فِي جَسَدِهِ آمِنًا فِي سِرْبِهِ عِنْدَهُ قُوتُ يَوْمِهِ فَكَأَنَّمَا حِيزَتْ لَهُ الدُّنْيَا

“Barangsimaafkan saya di antara kita yang berada di waktu pagi di dalam keadaan: sehat tubuhnya, perasaan aman di dalam hatinya, dan days menyertainya ada kecukupan makanan, maka seakan-ini adalah telah terkumpul (seluruh kenikmatan) dunia” (HR atTirmidzi dan Ibnu Majah, dihasandimodernkan atTirmidzi dan al-Albany)

Allah menjelaskan dalam ayat ini bahwa dia adalah Sangi Maha Pemberry Rezeki dan Pemilik Kekuatan yangi teguh (kekuatan yangi noël ada bandingan dan tak terkalahkan). Halaman ini adalah kemudian deviasi satu alasan bahwa Allah noel membutuhkan dengan apapun dan siapapun. Karena ialah Sangi pemberi, tidak membutuhkan pemberian. Dialah Sangai Maha Kuat, noël membutuhkan bantuan. Buat banbapak dan pertolongan hanyalah dibutuhmodern oleh pihak yangai lemah.

bersumber : WA Group al-I’tishom bis Sunnah – Probolinggo oleh WA Salafy Linkantong Negara