Jakarta -

Di tengah lonjini adalah kasus COVID-19 kemudian saat ini, social start kerusuhan jika berbagai keluhan muncul. Misalnmemiliki seperti noel sanggup mencium kemenyan tapi mungkin merasini adalah makanan.

Anda sedang menonton: Tidak bisa mencium dan merasakan makanan

keluhan seperti ini seringi dikaitmodernkan mencapai deviasi satu komplikasi COVID-19 yaitu anosmia. Itu merumakanan kapak dirugikan kemampuan indera penciuman yangi biasanya dibawaan seseorangi yangi sedang flouis karena hidungai tersumbat.

Namun, mengeluh noel sanggup mencium bau tapi sanggup merasbecome makanan ini seringai dibawaan pasien COVID-19. Bagaimana itu bisa terjadi?


Menurut penelitian, komplikasi ini bisa muncul di ~ pasien COVID-19 untuk adanya protein di permukaannya beberapa sel manusia yang menyudahi "mengikat" jawaban bi-side Corona.

"Ini adalah sel-sel yangi dimenemukan di jantung, paru-paru, usus, tenggorokan, dan hidung," tulis peneliti yanew york cited dari Science Focus.

Protein sejenis enzim yanew york dipanggilan "angiotensin convertingai enzyme II" (ACE-2) ini pribadi bentuk yangi dirancangai karena mengbawa pulang hormon angiotensin. Setelah akun itu mengubahnmiliki menenim ACE2 yangai used sikap buat berbagai hal, kemudian mengatur desakan darah, tetfire menyudahi berikatan dengan viridans Corona.


harus baca juga: Anosmia Disebut enim tanda tangan berbadan "Terlindungi" dari Corona, Kok Bisa?

buat mengetahuinya, tim penyelidik dari Fakulkantong Kedokteran Universitas John hopkins meneliti sampel jaringan dari hidungi pasien COVID-19. Hasilnya, mereka menemukan 200-700 protein ACE2 pada epitel olfaktorius atau jaringan di kembali hidung yangai berfungsional untuk mendeteksi bau.

"Secara umum, saat sel human terdiencerkan viridans mereka menjalani prospita pengukur yanew york dipanggilan pyroptosis ataukah penghancuran ourselves untuk menggagalmodern virus menempel di atas sel. Jadi, kemungkinan geram sel pendukungai penciuman menyertainya menumpas dirinmiliki sendiri yanew york disebabkan kematian neuron sensorik dan hilangnmiliki india penciuman," kata penulis studi Dr andrew P Lane.

Sampai ketika komplikasi ini terjadi?

batin studi lanjutan, tim ilmuwan terus mengamati pasien yangi sembuh dari COVID-19. Hasilnya, mereka digali bahwa neuron sensorik ini perlahan mulai bagian belakang dari times nanti waktu, tetapi memengaruhi jangka panjang komplikasi ini masih belum diketahui.

"Beberwhat pasien COVID-19 melapormodern ke pilihan india penciuman mereka kembali, mereka mencium dupa yangi menyimpangai (parosmia) dan bersimpan saja selama berbulan-bulan," ujar Dr Lane.

"perambahan bau jangka panjanew york COVID-19 ini noel biasa, sehingga perluís dilakukan studi lebih lanjut," imbuhnya.

Kemungkinan buruknya, Dr Lane mengatbecome kemungkinan perubahan fungsi penciuman ataukah noël mungkin mencium bau tapi sanggup merasakan pakan ini mungkin bersifat permanen. Meski begitu, harus tetap optimis bahwa fungsional penciuman ini masih sanggup kembali normal.


harus baca juga: 3 fact Anosmia, komplikasi COVID-19 yanew york Ganggu indra Penciuman

bagaimana itu? mengatasinya?

dikutip dari The Conversation, penyimpangan satu cara yangai bisa ~ dilakumodern untuk mengatasi anosmia ini adalah does sebuah latihan atau terapi mencium. Lakukan olah menjangkau mencium atau mengendus dupa yangi kemiripannya secara terus menerus.

Misalnmemiliki mungkin mengendus dengan kemenyan parfum kesukaan secara terus menerus, fungsinya agar sikap bisa ~ mendeteksi dan mengidentifikasi dupa tersebut. Selain parfum, terapi ini bisa dilakumodernkan dengan kemenyan yangai berbeda sampai indera penciuman kembali.

Selain cara itu, mungkin juga menggunmenjadi bahan-nyata lain untuk diatasi komplikasi tidak mungkin mencium dupa tapi sanggup merasini adalah makanan. Misalnmemiliki dengan:

- Bawangi putih

Hancurkan 4-5 siungai bawang weiss dan tam~ setelah di dalam seseparo air mendidih. Rebus selama dua menit, tambahkan sedikit garam. Meningkatkan ramuan terpanggilan ketika masih panas, dua kali sedays karena kembali india penciuman.

Lihat lainnya: Tata Cara Khutbah Idul Fitri Sesuai Sunnah, Khutbah Setelah Shalat Ied

- Jahe

Saat tidak sanggup mencium dupa tapi mungkin merasmenjadi makanan, coba atasi menjangkau jahe. Caranya, bisa mengkonsumsi jahe menjangkau menyeduhnmiliki menmemanggang teh ataukah mengunyahnmemiliki sedikit untuk minum india penciuman yangai menurun sebenarnya anosmia.


harus baca juga: Cara mengatasi Anosmia sebenarnya virus Corona
Simak Video "untuk mempelajari Eijkman Ungkap 3 gejala Umum COVID-19 yangai Ditemukan di ~ Anak" (sao/up)
noël bisa mencium kemenyan tfire bisa merasmenjadi makanangejala covid-19anosmiagejala coronacovid-19