Hilang nafsu makan saat hamil sering terjadi pada trimester awal kehamilan. Jika terus berlanjut, ibu hamil dan janinnya bisa kekurangan nutrisi. Ketahui cara mengatasi hilang nafsu makan saat hamil sebelum kondisi ini memengaruhi kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin.

Anda sedang menonton: Tidak bisa makan saat hamil muda

Hilang nafsu makan saat hamil umumnya disebabkan oleh perubahan hormon dan morning sickness. Kondisi ini sebenarnya wajar dialami pada trimester awal kehamilan, tapi perlu diwaspadai bila terus berlanjut sepanjang kehamilan.

*

Cara Mengatasi Hilang Nafsu Makan Saat Hamil

Idealnya, saat hamil, berat badan Bumil akan bertambah kurang lebih 11–16 kg dari berat badan awal. Bila Bumil kurang nafsu, ini dapat mengakibatkan Bumil mengalami kekurangan nutrisi, yang pada akhirnya memicu terjadinya gangguan perkembangan janin, kelahiran prematur, bahkan keguguran.

Nah, untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa cara yang bisa Bumil lakukan untuk mengatasi hilang nafsu makan saat hamil, antara lain:

1. Konsumsi makanan yang agak dingin

Biasanya makanan hangat atau panas akan mengeluarkan aroma yang lebih menyengat. Hal ini bisa membuat sebagian ibu hamil merasa mual dan kehilangan nafsu makan.

Untuk menghindari hal ini, Bumil bisa mendiamkan makanan terlebih dahulu hingga mulai dingin dan kehilangan aromanya. Setelah itu, baru Bumil mengonsumsinya.

2. Buat makanan lebih bervariasi

Mengonsumsi makanan yang sama setiap harinya tentu membosankan dan dapat membuat Bumil tidak berselera untuk menyantapnya. Nah, agar tidak bosan, Bumil bisa membuat jenis makanan yang dikonsumsi lebih bervariasi, sambil tetap mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, ya.

Cobalah ganti menu makanan setiap harinya atau ganti cara penyajiannya. Misalnya, jika Bumil mual ketika harus mengonsumsi sayuran hijau, sebagai gantinya Bumil bisa mencampurkan sayuran hijau dan buah favorit dalam bentuk jus. Namun, pastikan makanan yang Bumil konsumsi sudah benar-benar matang ya.

Contoh lainnya adalah Bumil bisa mengganti konsumsi daging dengan kacang-kacangan, karena kedua makanan ini sama-sama mengandung protein yang tinggi.

3. Berolahraga secara rutin

Berolahraga secara rutin juga bisa membantu mengatasi hilang nafsu makan saat hamil. Pasalnya, aktivitas fisik dapat menstimulasi otak untuk melepaskan senyawa yang bisa memperbaiki suasana hati dan merangsang nafsu makan Bumil.

Beberapa olahraga yang aman untuk Bumil lakukan sekaligus bisa menambah nafsu makan antara lain, berjalan-jalan santai dan berenang.

4. Tidur yang cukup

Untuk menambah nafsu makan, Bumil ternyata juga perlu mencukupi waktu tidur, lho.  Pasalnya, tubuh yang kurang fit saat hamil bisa saja memicu rasa mual.

Waktu tidur malam yang ideal untuk ibu hamil adalah 7–8 jam. Bila memungkinkan, Bumil bisa tidur siang selama 30–60 menit, antara pukul 14.00-16.00, agar badan lebih segar.

Berbagai cara di atas dapat Bumil lakukan untuk membantu mengembalikan nafsu makan. Selain itu, Bumil juga sebaiknya mengurangi stres agar tidak kehilangan nafsu makan, ya.

Bumil juga bisa mengonsumsi vitamin prenatal sesuai anjuran dokter untuk memenuhi kebutuhan nutrisi. Jika merasa mual saat mengonsumsi vitamin prenatal dalam bentuk tablet yang padat, Bumil bisa mengonsumsi vitamin prenatal dalam bentuk cair ataupun tablet yang kenyal.

Bila sudah melakukan cara-cara di atas tetapi nafsu makan Bumil tidak kunjung membaik dan berat badan terus menurun, ada kemungkinan Bumil mengalami gangguan kesehatan, seperti hiperemesis gravidarum atau gangguan tiroid.

Lihat lainnya: Video Dangdut Koplo Hot Saweran Dimasukin Ke Itunya, Haji Gila Dangdut Pantura Free (06:57) (9

Segera konsultasikan hal tersebut ke dokter. Dengan begitu, dokter bisa memberi penanganan yang sesuai dengan kondisi kesehatan Bumil.