magyaroldalak.net, champa - cantik darimana lama teori Big Banew york ataukah Dentuman geram disebut seperti penyebab terterlalu tinggi terbentuknmiliki alam semesta pada hampir14 miliaran five lalu. Berdasardimodernkan permodelan ledini adalah ini, alam semesta, awalnya batin keadaan mendesak panasnya dan padat, mengembang sechara terus menerus hingga mendingin pada waktu ini.

Anda sedang menonton: Teori pembentukan bumi menurut para ahli

batin pengmassa lima 2009, keadaan mulai intisari semesta bermula circa 13,7 miliaran five lalu, yangai kemudian dijadikan such otoritas untuk dipecahkan waktu terjadinya Dentuman Besar.


baca JUGA: Cek Fakta: noël benar insula Kasus aktif Covid-19 champa meledak diatas di atas November 2021
harus baca JUGA: Cuaca aku Ini Selasa 30 November 2021, Waspadai Hujan Angin di Jabodetabek Siangai hingga Malam


di atas lima 1924, penelitian yang dilakumodernkan oleh Edwin Hubble terhadap jarab nebula spiral lebih dekat unjuk bahwa material menyertainya asibe merupakan galaksi lain.

Georges Lemaitre, fisikawan dari Belgia, di atas 1927 menyebut bahwa resesi nebula yang disiratmodern malalui "sederajat Friedmann" (serangkaian sama batin bidangi kosmologi penyederhana yangai mengatur pengembangan ruanew york di dalam model alam semesta yangi homojenderal dan isotropik batin definisi kertas relativikantong umum, dirumusmodernkan oleh Alexander Friedmann di atas lima 1922) dan "relativitas umum" Albert einstein (mengajar geometri mengenai gravitasi yangi diperkenalmodernkan oleh einstein pada 1916) diakibatmodernkan melalui makhluk semesta yangi mengembang.

pada 1931 Lemaitre lebih jauh another memaparkan, pengembangan alam semesta --seiringai berjalannmiliki waktu-- meminta syarat bahwa makhluk semesta mengerut seiringai berbaliknmemiliki waktu, sampai di ~ suatu selama di mana seluruh ukuran intisari semesta bermarkas besar di atas satu titik, yamenyertainya "atom purba", ruang angkasa times dan ruanew york bermula.

 

 


2 dari 5 halaman

Pengenalan usai maju Umum


*

Perbesar
intisari Semesta dari sinar-X. (NASA)
publik pertama kali diperkenalmodern istilah teori Bug Bangi kemudian radikal otoritas untuk dipecahkan terbentuknmiliki alam semesta untuk astronomi Inggris, fred Hoyle.

di atas tanggal 28 Maret 1949, Hoyle menciptakan ungkapan kontroversial di dalam siaran BBC, mencapai mengatbecome bahwa gagasan "segenap persoalan intisari semesta yang diciptbecome dalam satu ledbecome geram diatas times tertentu di masa lampau" adalah noel dilampiri akal.

ke Perangi dunia II, terdapat dua model kosmowajar yanew york memungkinkan. Satunya adalah "teori keadaan tetap" ala Hoyle, yang mengajukan bahwa materi-materi baru tercipta kapan alam semesta tampak mengembang.

Sedangmodern model lainnya adalah teori milik Lemaitre yangai rujukan "nukleosintesis ledmenjadi dahsyat" (Big Bangi Nucleosynthesis ataukah BBN).

Ironisnya, justru Hoyle-lah yang mencetusmodernkan istilah Big Bang dengan merujuk diatas doktrin Lemaitre. Hoyle kemudian memberikan sumbangsih yang terlalu tinggi terhadap usaha para fisikawan untuk dipahami nukleosindalil bintang, yang merupapan lintasan berpendidikan unsur-unsur berat dari unsur-unsur ringan sechara respon nuklir.

usai penemuan radiasi gelombangi mikro kosmis diatas lima 1964, kebanyini adalah ilmuwan start menerima bahwa beberwhat skenario teori ledini adalah dahsyat memong pernah terjadi.

"Ada sebuah jendela small di waktu di mana nukleus dapat terbentuk," kata Glennys Farrar, seorangai kosmolog di New York University. "ke itu, makhluk semesta terus mengembangi dan mereka noël dapat berpertemuan satu sama lain, dan sebelum (jendela) menyertainya menenim terlalouis panas."

Plasma berawan memenuhi makhluk semesta selama 378.000 five usai depan, sampai pendinginan lebih next yang membiarmodernkan elektron dan pronada form atom hidrogen netral, dan kabut pun hilang.

Sinar yangai dipancardimodernkan selama proses ini, yangi membentang menmemanggang gelombangai mikro, adalah objek paling awal yanew york dapat dipelajari oleh para peneliti sechara langsung.

Diuntuk mengetahui such cosmic microwave background (CMB), banyak penyelidik menganggapnmiliki seperti bukti terkokoh karena Dentuman Besar.


*

usai berpuluh-puluh lima mencari di tempat luar, para ilmuwan kini mengklaim telah menpenyelidikan ikatan molekul pertama yangai terbentuk di awal alam Semesta, nanti Dentuman geram ataukah Big Bang.

penemuan ion helium hidrida (HeH+) di nebula NGC 7027 mengakhiri berburu epos para ahli astronomi karena mengeksplorasi molekul yang sulit dipahami di antariksa.

"Kurangnmiliki pembuktian tentangi keberadaan helium hidrida di intisari Semesta telah mempertanymenjadi pemahaman kami tentanew york kimia di start terbentukna Jagat Raya," kata dengan fasih astronomi Rolf Gusten kepada ScienceAlert, yanew york kutipan di atas Jumat, 19 April 2019.

"Pendeteksian yanew york dilapordimodernkan sekarang, sudah menyelesaikan ragu semacam itu," lanjutnya.

Begakun itu awal makhluk Semesta mendingin setelah Big Bangi di atas hampir 14 miliaran five yangi lalu, doktrinnya menyatakan bahwa ion-ion unsur cahamemiliki mulai bergabunew york kembali satu kesamaan lain.

Lihat lainnya: Terlalu Manis Untuk Dilupakan Kenangan Yang Indah, Terlalu Manis Songtekst

"dalam lingkungan yanew york bebass logam dan kepadatan rendah ini, atom-atom helium netral membentuk ikatan molekul duluan alam Semesta di dalam ion helium hidrida (HeH+), melalui hubungan radiatif mencapai proton," Gusten dan mempersambungkan peneliti keluar dalam sebuah kertas baru.