Bumi yanew york itupenggunaan tempati sekarangi ini siap ada since jutaan juga milyaran five yanew york lalu. Penyimpangan satu doktrin mengenai terbentuknmemiliki bumi suku bahwa matadays ada terlebih dahulu mencapai nebula yanew york mengelilinginya. Nebula yanew york berupa awan, debu, dan gas kosmis terpanggilan berputar dan finite menyatu karena pengaruh gravitasi yang kemudian form planet-planet, deviasi satunya adalah bumi. Doktrinnya lainnmemiliki mengenai berpendidikan tata matahari bisa baca di artikel Tata matahari dan mengajar Terbentuknya.

Anda sedang menonton: Teori dua benua laurasia dan gondwana


doktrin pembentukan dan Peruberwujud Kulit Bumi

diatas awalnya, bumi pribadi perangai yangi terutang panas mencapai 4.000 °C di permukaannya. Dalam jnumeral times jutaan lima permukaan bumi mendingin sehingga menenim keras dan padat, menjadi kulit (kerak) bumi. Sedangmodernkan bagian dalamnmemiliki masih tetap panasnya sampai saat ini. Beberwhat doktrin tentangai bagaimana kulit bumi terbentuk pun bermunculan dari para ahli. Di antaranya, doktrinnya kontraksi melalui Descrates, mengajar Laurasia-Gondwana malalui Edward Zuess, mengajar pengapungan benua oleh Alfred Wagener, mengajar konveksi melalui Arthur Holmpita pengukur dan harry H. Hess, dan doktrinnya lempeng tektonik melalui Tozo Wilson.

A. Doktrinnya Kontraksi (Contrmerencanakan Theory)

teori ini mengacu pada bahwa bumi semakin lama semakin susut dan mengerut acibe adanmemiliki prostape pendinginan. Proses ini mengakibatmodernkan bagian permukaan bumi form pegunungan dan lembah-lembah. Doktrinnya ini dikemukmenjadi oleh Descratpita pengukur (1596 – 1650) dan didukungi then malalui Jampita Dana (1847) dan ellie de Baumant (1852).

B. Mengajar Dua Benua (Laurasia-Gondwana Theory)

doktrin ini menyatbecome bahwa dahulouis bumi terdiri atas dua benua yang mendesak besar, yamenemani itu Laurasia dan Gondwana. Laurasia berada di dekat kutub phia băc dan Gondwana berada di dekat kutub selatan bumi. Kedua benua terpanggilan kemudian bergerak dan bermeledak menmemanggang bebermaafkan saya benua. Laurasia termeledak menenim Asia, Eropa, dan Amerika Utara. Gondwana termeledak menenim Australia, Afrika dan Amerika Selatan. Teori ini dikemukakan melalui Edward Zuess pada lima 1884.


*
sejarah dibentuklah muka Bumi

C. Doktrinnya Pengapungan Benua (Continental Drift Theory)

mengajar ini mengacu pada bahwa bumi di ~ awalnmemiliki terdiri dari satu benua yangi mendesak besar, dipanggilan Pangea. Benua ini kemudian terspray award dan berpencar usai arah barat karena gamiliki sentrifugal yanew york disebabmodernkan malalui gerak rotasi bumi. Mengajar ini dikemukini adalah melalui Alfred Wagener pada lima 1912.

D. Doktrinnya Konveksi (Convection Theory)

doktrinnya ini menyatbecome bahwa di di dalam bumi yangai masih panasnya termemanggang aliran konveksi usai arah lapisan kulit bumi yangai ada di atasnya. Arus konveksi yanew york memmembawa lava sampai ke permukaan bumi then memdibekukan dan membentuk lapisan kulit bumi yanew york baru. Kulit bumi yangi baru ini menggantimodernkan kulit bumi yanew york cantik tua. Doktrinnya ini dikemukini adalah malalui Arthur Holmpita dan mengganggu H. Hess then dikembangmodernkan lebih lanjut melalui Robert Diesz.

E. Doktrinnya Lempengi Tektonik (Tectonic Plate Theory)

teori ini menyatakan bahwa kulit bumi terdiri dari lempengai tektonik yangi berada di ~ lapisan astenosfer. Astenosfer adalah lapisan bumi yangai bahan cair kental. Lempeng-lempeng tektonik terpanggilan selaluís bergerak untuk adanmemiliki arus konveksi. Gerbecome lempengai dibedbecome menenim tiga jenis, yamenemani itu konvergensi (saling bertum~ no antar-lempeng), divergensi (salingi menkurang sopan antar-lempeng), dan transmembentuk (sesar mendatar, salingi bergesemodern berlawanan arah antar-lempeng). Doktrin ini dikemukmenjadi melalui Tozo Wilson.

Lihat lainnya: Tips Menjaga Kesehatan Di Musim Pancaroba, Tubuh Lebih Rentan Terkena


*
Lempenew york Tektonik

Demikian item tentangi teori-teori berpendidikan peningkatan bumi. Jadwal acara ini disadur dari berbagai secara baik BSE Kemdikbud. Harapan bermanfaat.