 HomeContoh Soal B.IndonesiaContoh Soal Mengidentifikasi Tema Pucontent Kontempore


Anda sedang menonton: Tema yang tidak digambarkan dalam teks itu adalah

Setiap periodisasi sastra di dalam literatur Indonesia biasanmemiliki memiliki ciri khas diatas yang tertua tema. Tema-tema ini muncul termemliki peristiwa yangai terenim pada zaman itu. Sebelum five 1920, literatur Pujangga Lama yanew york berbentuk pantun, gurindam, atau kematian lebih banyak memmembuat karmemiliki yangai berunsur istana sentris dan full mencapai pelajaran cost adat. Di atas tahun 1920-an muncul angkatan Balai Pustaka. Karmiliki sastra yanew york muncul di atas zaman ini menitikberatkan kritiknya tajam terhadap adat-istiadat dan tradisi “kolot” yanew york membelenggu. Karmemiliki yanew york terknows pada zaman ini adalahSiti Nurbayadanpenyimpangan Asuhan. Pada tahun 1930, muncul angkatan Pujangga Baru yangai bemenjawab terhadap sensor yanew york dilakudimodernkan Balai Pustaka. Angkatan ini menampilkan karmemiliki sastra yanew york menyangkut rasa nasionalisme dan kesadaran berbangsa (ingat bahwa peristiwa Sumpah Pebocah muncul terjadi di ~ zaman ini dan menandakan gelora nasionalisme). Nanti itu, muncul Angkatan 1945 dengan tokoh terkenalnya adalah kursi Anwar. Seperti halnya puisi-pucontent ketua Anwar, sastrawan Angkatan ’45 kawanan bercerita tentangai perjuangan untuk meraih kemerdekaan. Di atas lima ’50 – ’60-an, karmemiliki sastra didominasi malalui cerita cacat dan kumpulan puisi. Angkatan ’50 ini banyak showing tema-tema sosial-politik dan revolusi. Kemudian, diatas tahun 1960-an muncul Angkatan ’66 – ’70 yang banyak memmembuat karya-karya denga tema surealistis (keluar kenyataan), kesadaran berpikir, dan terkadang bersifat absurd.
kemudian puisi yangi terlepas dari bentuk-bentuk konvensional, puisi kontemporer pun penawaran tema-tema yang relatif bebass dan beragam. Beberwhat puisi kontemporer ada yang berisi kritik/satire. Ada juga yang membicarini adalah dicintai dan romantisme, religius, serta dapat berisi sebuah kelakar akar menjangkau gamiliki lugu/polos. Kronologi contoh-contoh berikut!Contoh 1 (kritik/satire)
*

*

Serbuuu....Serbuuu....kota itumenjangkau batuSampai memanggang abuBinasakanSemuaKecualiMertuakuYangai dunguDan lucu
Dan gurau bersahut-sahutLaluís Engkau berkata mencapai senyuman merekah“Marilah kita spratly tentangai segalanya.”


Lihat lainnya: Tumbuhan Yang Hidup Di Air Tawar, Air Laut,Dan Darat, Jual Tanaman Hias Air Tawar Terbaru

Dari keempat contoh puisi di atas, untuk kita dapat memahami beragam tema yanew york muncul. Tema setiap puisi dapat kita tekad dengan memahami makna puisi, baik dilihat dari segi diksi maupun majas yanew york ditimbulkan.Puisi diatas contoh 1 disebut satire karena menggunmenjadi diksi semacamnegara airmata negara tumpah dukakupada baris 1. Penggunaan majas paradoks (pertentangan) diatas pengelolaan 6 – 7,Di balik gembur melimpah tanahmu kita simpan perih kami, menambah terkesan sindiran atas kondisi Indonesia yanew york menyedihkan.Pucontent pada contoh 2 become bersinar sisi romantismenmemiliki mencapai mepenampilan diksirintik rindunyadandibiarkannmemiliki yanew york tak terucapkan diserap akar pohon bunga itu. Hal-chapter tersebut memberikan pemahaman ada rindu yangai tak terucap dari seorang populer yanew york digambarkan melalui antromorfisme (mensubstitusi tokoh manusia mencapai benda-benda), yaituhujan di bulan Juni.untuk selebihnya, kalian dapat berlatih menganalisis pucontent 3 dan 4 dan mendemonstrasikan mengapa puisi 3 bertema kelakar, sedangmodernkan puisi 4 bertemakan religius/agama!