: magyaroldalak.net TV | magyaroldalak.net| koran Studio Keramik | Studio Keramik Channel | Studio Keramik Publishinew york (Penerbitan Buku)
*

Memkarena keramik requires teknik-teknik yanew york mengkhususkan dan unik. Halaman ini berkaitan mencapai sifat tanah liat yangi plastis dengan demikian penting ketrampilan tertentu saja dalam pengolahan maupun penanganannya. Memuntuk keramik perbedaan menjangkau memkarena kerajinan kayu, logam, maupun yanew york lainnya. Prospita membuat keramik adalah rangkaian prospita pengukur yangi panjang yangai didalamnmiliki terdapat tahapan-tahapan kritis. Kritis, karena tahapan ini paling beberbahaya terhadap kegagalan. Tahapan proses batin membuat keramik salingi berkaitan antara satu menjangkau lainnya. Prostape start yanew york dikerjakan mencapai baik, akan menguntuk menghasilkan produk yangi baik juga. Demikian sebaliknya, kegagalan di tahapan mulailah proses menjadi mengasilkan produk yangai kurangi baik juga.Tahap-tahap memuntuk keramikAda bebermaafkan saya tahapan prostape yang harus dilakumodern karena membuat suatu produk keramik, yaitu:1. Pengmenangani bahantujuan pengolahan nyata ini adalah untuk menglatihan nyata baku dari berbagai material yangi belum sudah paksai menmemanggang badan keramik plastis yangi telah sudah pakai. Pengdiproses jernih dapat dilakukan mencapai perilaku basah maupun kering, menjangkau cara menginstruksikan ataupun masinal. Dibatin pengdiproses bahan ini ada proses-prostape tertentu yangai harus dilakumodern antara lain pengurangan mass butir, penyaringan, pencampuran, pengadukan (mixing), dan pengurangan kadar air. Pengurangan dalam jumlah besar butir dapat dilakudimodernkan menjangkau penumbukan ataukah penggilingan menjangkau ballmill. Penyaringan dimaksuddimodernkan karena polemiknya material dengan dalam jumlah besar yangai tidak seragam. Dalam jumlah besar butir biasanmiliki menggunbecome dalam jumlah besar mesh. Massa yangai lazim tangan kedua adalah 60 – 100 mesh.

Anda sedang menonton: Teknik pembuatan produk kerajinan dari bahan keras

*

Penmencampur dan pengadudimodernkan bersasaran buat menmendulang campuran bahan yang homogen/seragam. Pengadukan dapat dilakukan mencapai cara manual maupun masinal dengan blunger maupun mixer.Pengurangan kadar air dilakumodernkan di atas prostape basah, dimana gawangnya campuran nyata yangi jernih lumpur dilakumodern prospita pengukur lanjutan, yamenemani itu pengentalan buat menguranew york jumlah air yangai terkandunew york sehingga menmemanggang badan keramik plastis. Proses ini dapat dilakumodernkan mencapai diangin-anginmodernkan di atas meja gips atau dilakukan mencapai alat filterpress.Tahap terakhir adalah pengulian. Pengulian dimaksudmodern karena menghomogendimodernkan dalam jumlah besar badan clay dan membebasdimodernkan gelembung-gelembunew york udara yang bisa terjebak. Massa badan keramik yangai telah diuli, disimpan dalam wadah tertutup, then diperam agar didapatkan keplastisan yang maksimal.2. PembentukanTahap dibentuklah adalah tahap alter bongkahan badan tanah liat plastis menenim benda-benda yangai dikehendaki. Ada tiga keteknikan utama batin membentuk benda keramik: dibentuklah groep langsungi (handbuilding), teknik putar (throwing), dan teknik cetak (casting).Pembetumodernkan memanggang langsungdi dalam membuat keramik menjangkau teknik dibentuklah groep langsung, ada beberwhat perilaku yangi ditahu selama ini: teknik pijit (pinching), teknik pilin (coiling), dan teknik lempenew york (slabbing).
*

berpendidikan mencapai teknik putarpembentukan dengan teknik putar adalah keteknimodern yangai paling radikal dan merumakanan kekhasan batin kerajinan keramik. Untuk kekhasannmemiliki tersebut, sehingga keteknimodern ini menmemanggang semacam icon di dalam bidangai keramik. Dibandingkan mencapai keteknidimodernkan yanew york lain, teknik ini mempunyai tingkat kesulitan yangai paling tinggi. Seseorangi tidak begmenyertainya saja langsungai mungkin memkarena benda keramik begmenemani itu mencobanya. Diperlukan waktu yangi noel sebentar karena melatih jari-jari agar terbentuk ’feeling’ dalam membentuk sebuah benda keramik. Keramik dibentuk diatas sebuah meja dengan kepala putaran yangai berputar. Benda yangai dapat diuntuk dengan keteknimodern ini adalah benda-benda yanew york berbentuk dasar silinder: misalnmiliki piring, mangkok, vas, guci dan lain-lain. Alat kepala yangai digunakan adalah alat putar (meja putar). Meja putar dapat berupa tool putar pemandu mapupun tool putar masinal yanew york digerakmodernkan mencapai listrik.Sechara kilade tahap-tahap berpendidikan dalam teknik putar adalah: centerinew york (pemusatan), coningai (pengerucutan), formaaf (pembentukan), rising (memuntuk ketinggian benda), refining the contour (merapikan).
*

pembentukan mencapai teknik cetakdi dalam keteknimodern ini, produk keramik noel dibentuk secara langsungi mencapai tangan; tetfire menggunbecome banbapak cetakan/mold yang diuntuk dari gipsum. Teknik cetak dapat dilakumodernkan dengan 2 cara: cetak masif dan cetak tuang (slip). Pada teknik cetak masif bahan baku yang tangan kedua adalah badan tanah liat plastis sedangdimodernkan di ~ teknik cetak tuangai bahan yangai used berupa badan clay slip/lumpur. Atasan dari teknik cetak ini adalah benda yangai diproduksi mempunyai bentuk dan mass yanew york kesamaan persis. Various mencapai teknik putar atau pembentukan langsung,3. Pengeringanke benda keramik selkarangan dibentuk, maka tahap selanjutnmemiliki adalah pengeringan. Hasil utama dari tahap ini adalah untuk menghilangmodern air plastis yanew york terikat diatas badan keramik. Selama badan keramik plastis dikeringdimodernkan menjadi terjadi 3 prostape penting: (1) Air di ~ lapisan antarpitem lempunew york mendifusi ke permukaan, menguap, sampai akhirnya partikel-partikel saling bersentuan dan depresiasi berhenti; (2) Air batin berlutut hipanjang tidak punya terenim susut; dan (3) air yangi terserap pada permukaan pitem hilang. Tahap-tahap ini menerangkan mengapa harus dilakumodern proses memulangkan sechara lambat untuk menghindari retak/cracking terlebih pada tahap 1 (Norton, 1975/1976). Prostape yangai terlalouis cepat menjadi mengakibatdimodernkan keretakjin dikarenakan hilangnmiliki air secara tiba-tiba tanpa diimbanew york menaikkan pjadwal acara tanah liat secara sempurna, yang mengakibatkan depresiasi mendadak.karena dihindari air yangai terlalu cepat, di ~ tahap mulai benda keramik diangin-anginmodern pada temperamen kamar. Setelah noël termemanggang penyusutan, air dengan sinar mataaku langsungai atau mesin pengeringi dapat dilakukan.

Lihat lainnya: Video Cara Membuat Biogas Dari Kotoran Sapi Diubah Jadi Sumber Energi Alternatif

4. Pembakaranmenggoyangkan merupakan berkembang biak dari pembuatan keramik sesuai prospita ini mengubah dalam jumlah besar yangai rapuh menenim massa yangai padat, keras, dan kuat. Nung dilakukan batin sebuah tungku/furnace melunakkan tinggi. Ada bebermaafkan saya parameter yang mempengaruhi hasil pembakaran: suhu sintering/matang, atmosfer tungku dan tentu saja mineral yangi terlibat (Magetti, 1982). Selama pembakaran, badan keramik mengalami beberwhat reaksi-menjawab penting, hilang/muncul fase-panggung mineral, dan hilang bobot (weight loss). Sechara umum tahap-tahap menggoyangkan maupun terms api furnace dapat dirinci batin tabel.pembakaran biskuitpembakaran biskuit merupapan tahap yanew york terutang pentinew york karena melalui menggoyangkan ini suatu benda dapat disebut seperti keramik. Biskuit (bisque) merumemberi makan suatu istilah karena menyebut benda keramik yang telah dibmengakar pada kisaran melunakkan 700 – 1000oC. Menggoyangkan biskuit sudah tampan membuat suatu benda menenim kuat, keras, kedap air. Buat benda-benda keramik berglasir, pembakaran biskuit merumakanan tahap awal agar benda yanew york become diglasir dingin kokoh dan mampu menyerap glasir sechara optimal.
*

5. PengglasiranPengglasiran merupapan tahap yanew york dilakukan sebelum dilakudimodernkan pembakaran glasir. Benda keramik biskuit dilapcontent glasir mencapai cara dicelup, dituang, disemprot, atau dikuas. Buat benda-benda kecil-sedanew york pelapisan glasir dilakumodern mencapai cara dicelup dan dituang; buat benda-benda yanew york terlalu tinggi pelapisan dilakumodernkan dengan penyemprotan. Fungsional glasir diatas produk keramik adalah untuk menambah keindahan, supaya lebih kedap air, dan menambahkan efek-berefek tertentu saja benar keinginan.Kesegenap proses di dalam pembuatan keramik become tentukan produk yanew york dihasilkan. Melalui karena itu kecermatan dalam does tahapan demi tahapan sangat diharuskan buat menguntuk menghasilkan produk yangai memuaskan.