*

magyaroldalak.net - Menyundul bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepak bola. Gerakan menyundul bola dilakukan dengan menggunakan bagian tubuh yakni kepala.

Anda sedang menonton: Teknik dasar pada akhir gerakan menyundul bola adalah

Dikutip magyaroldalak.net dari buku Kepelatihan Sepak Bola: Teori dan Praktik (2018) karya Ketut Chandra Adinata Kusuma, ada enam teknik dasar sepak bola.

Keenam teknik dasar sepak bola tersebut adalah:

Menggiring bolaMenghentikan bolaMengoper atau mengumpanMenembak (shooting)Menyundul bolaMerebut bola

Rangkaian teknik dasar dalam permainan sepak bola tersebut mempunyai tahapan serta tujuan tertentu saat dilakukan di lapangan permainan.

Baca juga: Pola Permainan 4-4-2 dalam Sepak Bola

Teknik menyundul bola

Salah satu teknik dasar sepak bola yang harus dikuasai seorang pesepak bola adalah menyundul bola atau heading.

Dalam permainan sepak bola, gerakan menyundul bola dapat dilakukan untuk berbagai tujuan, misalnya:


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email


Menghalau bola yang mengarah ke daerah pertahananMembuang bola yang mengancam gawangMemotong umpan pemain tim lawanMengumpan kepada rekan setimMencetak gol ke gawang lawan

Kemampuan menyundul boola umumnya ditentukan oleh postur tubuh seorang pemain.

Selain itu, kemampuan mengukur waktu yang tepat untuk melompat dan menjangkau bola di udara juga merupakan faktor penting dalam gerakan menyundul bola.

Beberapa contoh pesepak bola dunia yang dikenal memiliki kemampuan menyundul bola sangat baik adalah Cristiano Ronaldo dan Sergio Ramos.


Baca juga: Passing dalam Sepak Bola: Pengertian dan Teknik-tekniknya

Tahapan menyundul bola

Seorang pemain harus menguasai teknik menyundul bola secara baik. Salah hal yang harus ia ketahui ialah gerak spesifik posisi awal menyundul bola yang tepat adalah lentingkan pinggang ke belakang dan keraskan otot leher.


Untuk lebih jelasnya, berikut adalah tahapan gerak menyundul bola, mulai dari sikap awal hingga akhiran.

A. Sikap awal

Berdiri dalam posisi tegap, dengan satu kaki sedikit di depan dan kaki lainnya di belakang.Fokus terhadap arah datangnya bola.

Baca juga: Barisan-barisan dalam Sepak Bola

B. Pelaksanaan gerak

Jika bola tinggi, sundulan bisa dilakukan dengan melakukan lompatan.Ketika bola mulai mendekat, keraskanlah dan kuatkanlah otot leher.Doronglah badan ke depan dan tarik kepada ke belakang.Ketika bola sudah dalam jangkauan, doronglah kepala ke depan dengan otot leher dan tarik badan ke belakang.Untuk bola tinggi, bersiaplah untuk melakukan lompatan ketika bola mendekat.Pada saat bola sudah berada dalam jarak yang bisa dijangkau dengan kepala, melompatlah dengan tenaga penuh.Lompatan bisa dilakukan dengan menggunakan tumpuan kaki terkuat.Ketika melakukan heading atau sundulan, posisi perkenaan bola yang baik adalah tepat pada dahi.Arahkan bola sesuai target yang disasar. Misalnya untuk mencetak gol, arahkan bola ke area gawang yang kosong.

Lihat lainnya: Video Sinetron Ikatan Cinta Hari Ini, Video Trailer Ikatan Cinta 8 November 2021

C. Akhiran

Pastikan untuk menjaga keseimbangan tubuh saat mendarat.Setelah menyundul bola, kembali ke sikap siap.Dapatkan update berita pilihan
dan breaking news setiap hari dari magyaroldalak.net. Mari bergabung di Grup Telegram "magyaroldalak.net News Update", caranya klik link https://t.me/magyaroldalak.netcomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.