magyaroldalak.net magyaroldalak.net - Dalam melaksanakan kegiatan di bulan Ramadan, selain kegiatan berpuasa ada baiknya kita juga melaksanakan kegiatan lain seperti sholat sunnah. Ada beberapa sholat sunnah yang baik dilaksanakan saat bulan puasa dan mendapatkan banyak manfaatnya. Selain itu, menjalankan sholat sunnah juga akan mendapatkan pahala lebih bila kita melaksanakannya dengan hati yang ikhlas.

Anda sedang menonton: Tata cara sholat tahajud yang benar

-----------------------Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung magyaroldalak.net Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

Daftar sekarang ya. Kalau bukan sekarang, magyaroldalak.net?-----------------------

Apalagi melaksanakannya di saat bulan Ramadan yang penuh berkah. Maka dari itu, dilansir dari berbagai sumber, inilah 7 sholat sunnah yang baik dilaksanakan saat bulan Ramadan yang wajib kamu ketahui.


1. Sholat Tahajud

*

credit: Pixabay

Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dikerjakan di malam hari atau sepertiga malam setelah terjaga dari tidur. Shalat tahajud masuk shalat sunnah mu"akad yaitu bersifat sunnah tetapi sangat penting untuk di laksanakan, sehingga sangat di anjurkan untuk tidak meninggalkannya, seperti sholat hari raya, sholat sunnah witir dan sholat sunnah thawaf. Rakaat dalam sholat tahajud sedikitnya yaitu 2 rakaat dan dapat dilakukan terus tanpa batas sesuai dengan kemampuan kita.

Sholat tahajud dapat dilakukan kapanpun saat malam hari, tetapi paling bagus saat sepertiga malam yaitu pada pukul 1 malam hingga sebelum adzan subuh berkumandang. Walaupun begitu, kita juga boleh melaksanakan sholat tahajud pada pukul 10 malam, yaitu setelah sholat isya hingga pukul 1 dini hari. Yang mewajibkan kita untuk melaksanakan sholat tahajud adalah tidur sebelum melakukan sholat tahajud walaupun hanya 15 menit saja.

Sholat tahajud memiliki keistimewaan dengan membawakan sebuah kebaikan bagi yang menjalankannya, seperti kesehatan, penghapus dosa, menghindari kesendirian di alam kubur, mengharumkan bau tubuh, memberikan cahaya pada wajah, menjaminkan kebutuhan hidup, keselamatan dan kesenangan dunia dan akhirat, mendapatkan perhatian dan cinta Allah SWT dan juga surga-NYA. Dan dapat mendapatkan kemudahan di dunia maupun di akhirat.

Itulah mengapa sholat tahajud baik dilaksanakan apalagi pada saat bulan puasa, keberkahan akan banyak dirasakan dan didapatkan setelah kita rajin melaksanakan ibadah sholat tahajud. Kalian dapat melaksanakan ibadah sholat tahajud sebelum sahur, dan tak butuh waktu lama untuk melaksanakannya.


2. Sholat Dhuha

*

credit: Pixabay

Selanjutnya, sholat sunnah yang baik dilaksanakan saat bulan ramadan yaitu, sholat sunnah dhuha. Arti dari sholat sunnah dhuha sendiri adalah sholat yang dilaksanakan pada waktu dhuha, ketika matahari mulai naik sekitar pukul tujuh pagi hingga waktu dzuhur. Dalam melaksanakan sholat dhuha, rakaat yang dilaksanakan paling sedikit yaitu 2 rakaat dengan 1 kali salam. Sama seperti sholat sunnah lainnya, sholat dhuha juga memiliki banyak manfaat bagi yang melaksanakannya.

Beberapa manfaat itu antara lain, dapat melapangkan dada dalam segala hal terutama dalam hal rezeki. Selain itu, sholat dhuha juga dapat menangkal stress yang mungkin timbul dalam kegiatan sehari-hari. Dalam H.R. Tirmiji dan Abu Majah menjelaskan bahwa, barang siapa yang melaksanakan sholat dhuha 12 rakaat, Allah akan membuatkan untuknya istana di surga. Lalu ada H.R Tirmidzi yang menjelaskan bahwa, Siapapun yang melaksanakan sholat dhuha dengan rutin, maka akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak buih di lautan.

Dan masih banyak lagi manfaat-manfaat sholat dhuha lainnya yang dapat kita rasakan. Hal tersebut juga akan lebih baik lagi bila kita melaksanakannya saat bulan ramadan, bulan yang memberikan banyak berkah lebih untuk umat islam di seluruh dunia.


3. Sholat Tasbih

*

credit: Pixabay

Sholat tasbih merupakan sholat sunnah yang baik dilaksanakan saat bulan ramadan. Sholat tasbih merupakan sholat yang membacakan tasbih sebanyak 300 kali saat melaksanakan sholat. Yaitu dengan sholat sebanyak 4 rakaat dan 1 kali salam saat siang hari serta 4 rakaat dengan 2 kali salam pada malam hari. Manfaat dari sholat sunnah tasbih ini adalah dapat menjauhkan kita dari perbuatan keji serta mengampuni semua dosa kita untuk yang lalu, yang sekarang dan yang ke depan walaupun sebanyak buih di lautan.

Kita dapat melaksanakan sholat sunnah tasbih setiap hari, atau bila tak mampu bisa seminggu sekali, bila tetap tak mampu juga bisa dilaksanakan setahun sekali, atau bila benar-benar tak mampu sama sekali dapat dilaksanakan paling tidak seumur hidup 1 kali. Banyak sekali manfaat dan keistimewaan sholat tasbih, dengan bertasbih kita telah melihat dan mengakui keagungan dan keperkasaan Allah SWT dalam segala hal. Itulah mengapa melaksanakan sholat tasbih sangatlah baik di saat bulan ramadan. Tak hanya memberikan berkah yang berlipat tetapi juga dapat diampuni dosa yang berlipat juga.


4. Sholat Qabliyah dan Sholat Ba\"diyah

*

credit: Pixabay

Sholat qabliyah dan sholat ba"diyah atau memiliki nama lain sholat rawatib ini merupakan sholat sunnah yang baik dilaksanakan saat bulan ramadan. Sholat rawatib merupakan sholat sunnah yang dilakukan sebelum atau sesudah sholat lima waktu. Maksud dari sholat qabliyah dan sholat ba"diyah adalah, bila qobliyah merupakan sholat yang dilakukan sebelum melaksanakan sholat wajib dan sholat ba"diyah dilaksanakan setelah melaksanakan sholat wajib.

Sholat qabliyah dan sholat ba"diyah atau bisa disebut dengan sholat rawatib memiliki jumlah rakaat yang berbeda-beda tergantung sholat wajib apa yang akan dilaksanakan. Dan inilah beberapa rakaat pada sholat rawatib,

Subuh: qalbiyah 2 raakaat

Dzuhur: qalbiyah 4 rakaat dan ba"diyah 2 rakaat

Ashar: Tidak ada

Magrib: ba"diyah 2 rakaat

Isya: ba"diyah 2 rakaat

Manfaat dari melaksanakan sholat sunnah rawatib adalah penyempurna dari sholat wajib, mendapatkan rahmat dari Allah SWT, dijauhkan dari siksa api neraka, dan dibangunkan istana di surga. Serta akan mendapatkan hal yang berlimpah bila kita juga dapat melaksanakannya pada saat bulan ramadan.


5. Sholat Tarawih

*

credit: Pixabay

Selanjutnya, sholat sunnah yang baik dilaksanakan saat bulan ramadan yaitu sholat tarawih. Kita tahu bahwa, keistimewaan dari bulan ramadan adalah menjalankan sholat tarawih secara berjamaah. Sholat tarawih di artikan sebagai waktu sesaat untuk istirahat, yang dilaksanakan setelah sholat isya serta dikerjakan secara berjamaah. Banyak perbedaan pandangan dalam menentukan berapa banyak rakaat dalam sholat tarawih dilaksanakan, menurut Imam Malik bin Anas, Imam Abu Hanifah, imam Asy Syafi"i, dan Imam Ahmad bin Hambal berpendapat tarawih paling afdal sebanyak 20 rakaat. Tetapi meski begitu, ada juga yang berpendapat tarawih itu dilaksanakan sebanyak 36 rakaat.

Ada pula yang hanya melaksanakan 8 rakaat saja, walaupun begitu perbedaan yang terjadi mengenai jumlah rakaat sholat tarawih lebih disebabkan perbedaan cara pandang dalam memaknai hadis. Karena tidak ada hadis Rasulullah SAW yang yang menyebutkan dengan tegas berapa jumlah rakaat pada sholat tarawih.


6. Sholat Taubat

*

credit: Pixabay

Sholat taubat merupakan, sholat sunnah dua rakaat yang dilakukan oleh seorang muslim yang ingin bertaubat karena kesalahan-kesalahan yang pernah mereka lakukan. Taubat merupakan sesuatu hal yang harus dilaksanakan dengan segera dan tidak boleh di tunda-tunda. Maka dari mereka melakukan sholat sunnah taubat saat bulan ramadan akan mendapatkan keberkahan yang lebih dibanding dengan hari-hari biasanya.

Sholat Taubat merupakan sholat yang mutlaq, oleh karena itu dapat dilakukan kapan saja. Tetapi ada waktu-waktu yang di haramkan untuk melakukan sholat taubat maupun sholat sunnah yang bersifat mutlaq. Waktu-waktu yang di haramkan tersebut antara lain,

- Sehabis sholat subuh hingga matahari benar-benar selesai terbit dan masuk waktu untuk sholat sunnah dhuha.

- Lalu antara waktu sholat dzuhur yaitu pada pukul 11.30 hingga 12.00 WIB

- Dan ketika matahari terbenam hingga sempurna terbenamnya, antara pukul 17.30 hingga 18.00 WIB.

Selain dari waktu tersebut, kalian dapat melaksanakannya. Sholat taubat juga disebut dengan sholat istighfar atau sholat minta ampun. Ketika sudah menjalankan sholat taubat yang benar, maka seorang Muslim seharusnya tidak mungkin lagi mengulangi kembali maksiat atau dosa yang lalu. Untuk itu, pada bulan yang suci ini, kita dapat melaksanakan sholat sunnah taubat dan memohon ampunan kepada Allah SWT.


7. Sholat Hajat

*

credit: Pixabay

Dan sholat sunnah yang baik dilaksanakan saat bulan ramadan terakhir yaitu sholat hajat. Yang di maksud dari sholat hajat adalah sholat sunnah yang dilakukan seorang muslim saat memiliki hajat tertentu dan ingin dikabulkan Allah. Sholat hajat sendiri dapat dilaksanakan dengan 2 hingga 12 rakaat dan salam di setiap 2 rakaatnya.

Sholat hajat sama seperti sholat taubat, dapat dilakukan kapanpun tetapi tidak untuk dilakukan saat waktu-waktu yang telah di haramkan untuk dilaksanakan. Ada beberapa manfaat dalam sholat hajat antara lain, menurut HR Tirmidzi dan Ibnu Majah yang menjelaskan bahwasannya, "Barang siapa yang mempunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah SWT atau salah seorang manusia dari anak-cucu Adam, maka wudhu lah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian sholat dua rakaat (sholat Hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan salawat kepada Nabi. Setelah itu, mengucapkan Laa illah illallohul haliimul kariimu, subhaana".

Lalu ada pula dari HR.Ahmad yang menjelaskan bahwa, "Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (Sholat Hajat) dan sempurna rakaatnya maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat".

hal ini membuktikan bahwa, bila kalian ingin sesuatu hal yang baik di kabulkan serta di ridhoi oleh Allah SWT, maka kalian dapat melaksanakan sholat sunnah hajat dengan hati yang ikhlas karena Allah Ta"ala.

Itu 7 sholat sunnah yang baik dilaksanakan saat bulan ramadan. Semua sholat memberikan kebaikan bagi yang melaksanakannya serta memberikan keberkahan. Semua hal di atas tetap dengan tujuan karena Allah ta"ala dan dilaksanakan dengan hati yang suci dan ikhlas.

Lihat lainnya: Ucapan Selamat Idul Adha Bahasa Inggris, Cocok Dijadikan Status Whatsapp & Ig

Soga sholat-sholat sunnah yang kalian jalankan dapat memberikan manfaat serta, memberikan banyak wawasan kepada kalian semua yang ingin menjalankan ibadah puasa dengan menjalankan kegiatan sunnah kepada Allah SWT.