Tarian sumatra Barat. Sechara panas terlalu tinggi tarian daerah sumatera barat termelakukan dari adat biakan kesukuan Minangkabau dan kesukuan Mentawai. Dalam hal ini, budaya masyarakat Minangai sangatlah mendominasi ragam tarian khas sumatra Barat.

Anda sedang menonton: Tarian yang berasal dari daerah sumatera barat adalah tari

Sementara itu, kesukuan Mentawai kemudian pendukungai biakan Proto-Melayu (melayu Tua) pribadi budaya neolitikum yangi primitif. Sehingga tarian mereka lebih kerumunan menjelaskan tingkah laku hewan.

kemudian halnmiliki tarian menyiksa Aceh, kekhasan tarian Minangkakemenyan banyak dipengaruhi oleh atempat pembakaran Islam. Selebihnya, adat matrilineal dan tradisi melanta masyarakatnmemiliki also memberi pengaruh terlalu tinggi dalam jiwa sebuah tari tradisi yangai sifatnmiliki klasik.


Randai merupakan contoh theatre secara tradisional khas Minangi yang didalamnya juga terkandung unsur tari-tarian. Artis pertunjukan ini terutang menggambarkan betwhat mesranmemiliki budaya malaysia dan budaya Minangkabau.

jadwal acara ini memuat nama-nama tarian sumatera barat mencapai disertai lukisan dan penjelasan cilt mengenai masing-masingai tari. Untuk insula detail, meski noël semuanya, ada beberwhat tari yangi telah dibuatdimodernkan artikel tersendiri.

Pemberpengalaman mungkin membaca informasi, implisit sejarah, penyajian, busana dan pengiringai tari, oleh menghubung yangi disediakan under masing-masingi tarian. Berikut adalah mengajukan tarian daerah sumatra barat buat memperempire pengetahuan Anda.


mengajukan isi tampilkan
1Tari Piring
2Tari Payung
3Tari Indang
4Tari Lilin
5Tari Pasambahan
6Tari Saputangan
7Tari Rantak
8Ambek-Ambek Koto Anau
9Tari Alang Babega
10Tari Galombang
11Tari Tempurung
12Tari bahan Pesisir Selatan
13Turuk Langgai

daftar 13 Tarian sumatra Barat

Tari Piring

*
sumber : bukanonthespot1.blogspot.com

Tari Pirinew york atau Tari Piriangi merupakan tarian khas sumatra west yanew york terincuver di kota Solok. Penyimpangan satu tarian tradisional meluasnya di Indonesia ini unik dan indah untuk menjadikan piringi such medialah utama. Diberputar melalui 3-7 orangi penari mencapai diiringai malalui tool musik secara tradisional Minangkabau, Talempongi dan Saluang.

Gerakan tari distart mencapai meletakkan piring pada dua inferioritas groep penari, selanjutnya diayunkan disusul gerakan-gerakan tari yangi cepat, teratur dan dikondisimodern agar piringai noël terlepas dari genggaman tangan. Properti pirinew york lebih dipilih pirinew york porselen Cina untuk desainnmemiliki bagus dan memiliki biaya estetis.

Lebih menutup menjangkau sejarah dan penyajian tari ini, harus baca artikel Tari Pirinew york Khas Minangkabau

Tari Payung

*
bersumber : kamerabudaya.com

Tari Payungi merumemberi makan tarian secara tradisional sumatera barat yangai dijelaskan dicintai dan kasih sayang. Lambanew york pergaulan muda-mudi yang sechara naratif bercerita sepasangai masa pubertas yangi bertamasya. Penggunaan properti payungai dan selendanew york perwakilan maju dan ikatan cinta bermusim penuh kesetiaan.


sejarah tarian ini berkaitan dengan seni drama yangai di atas masa penjajahan Beltheir lebih diuntuk mengetahui menjangkau istilah toonel. Selain Randai, drama toonel adalah kesenian yangai incuver dari pengaruh sedicuri seniman dari Semenanjunew york Malamemiliki yanew york memperkira artian komedi bangsawan malayischen di sumatera Barat.

Lebih detail mengenai tari ini, harus baca Sejarah, structure Gerak, Busana & Pengiringai Tari Payung

Tari Indang

*
sumber : youtube.com/watch?v=c4Xv-T1NMoQ

budaya Minangkakemenyan tebal mencapai tradisi lisan. Sastra banyak terlibat dalam kawanan kesenian, deviasi satunmemiliki dirumakanan di dalam bentuk tarian. Contohnmiliki adalah Tari Indanew york atau Tari Dindin Badindin khas Pariaman. “Indang” merujuk diatas tool musik sejenis rattles kecil, sementara “dindin badindin” adalah songs pengiringi tarian ini.

Tari Indanew york adalah kesenian yangai mendesak tebal mencapai pengaruh budaya Islam di Minangkadupa dan merumakanan manifestasiun kereta budaya mendidik oleh surau. Indang ditanam dan berkembanew york di dalam sosial Minangi di utama kabupaten Padangi kemudian pengmenyeluruh kedagroep agama Ijatuh di sumatra barat diatas abad ke-13.

Lebih detail mengenai tarian sumatera barat ini, berpengalaman di Sejarah, Penyajian, Busana Tari Indang

Tari Lilin

*
sumber : sahabatnesia.com

Beberwhat namu tarian sumatera barat dibawa pulang dari properti yang digunakan. Selain tari yang telah disebutkan di atas, ada also Tari Lilin. Mencapai menggunmenjadi instrumen pepenuh berupa kumparan yangi menyala di ~ piring, para penari bergerak atraktif seirama mencapai alunan musik pengiringnya.


Tarian lilin bermula dari cerita rakyat Minang. Kematian tentanew york seorang gadis yangai dirugikan cincin pertunangannya. Dalam kegelisahan, sangai gadis dibantu teman-temannmemiliki pun mencari, kelewat hingga larut mintisari ia terus temukan berbekal penerangan kumparan yangai ditempatkan pada pirinew york kecil.

Selengkapnya mengenai tarian Minangkakemenyan ini, baca Tari lille – keanggunan Gadis Pencari Cincin

Tari Pasambahan

*
bersumber : stikesamanahpadang.ac.id

Tari Pasamjernih merumemberi makan tari secara tradisional Minangkakemenyan yangai berkembang merata di seantero sumatera Barat. Sebuah tari penyambutan yangai memvisualisasikan ungwhile selamat datanew york dan rasanya menghormati di atas tamu. Keluar fungsi itu, tari ini juga khas batin artian pementasan untuk hiburan masyarakat.

Tari ini cukup melekat menjangkau upacara pernikahannya adat Minang. Biasanya khas saat kedatangan tamu yangi datang dari jauh, atau saat pengantin pria tiba indoors pengantin wanita. Dalam penyajiannya, tamu dipayungi sebagai bentuk penghormatan, setelahnya dilanjutmodernkan mencapai suguhan lembaran sirih batin carano.

Tari Saputangan

*
diperoleh : kebudayaan.kemdikbud.go.id

Tari Sapumemanggang merumakanan deviasi satu tradcontent yanew york ditanam berkembangi di Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan. Kesejarahan tari ini terkait mencapai budaya menyambut panen padi. Kesenian rakyat yangi sifatnmiliki hiburan ini awalnya hanya dimemutar malalui laki-laki sechara berpasangan.


Beberapa perujernih terenim seiringi perkembangannya. Deviasi satunya, tari ini then boleh diberbelok melalui feminin sechara berpasangan. Dengan properti sapu tangan, penari menari membawakan gerak-gerak tari tradisi khas Bayang. Alat musik pengiringnmemiliki adalah talempong, gandang dan pupuik katopong.

Tari Rantak

*
sumber :
dance_and_travel

Tari Rantak merupakan tarian sumatra west yangai dikatakan dimenyesuaikan dari Tarian Rantak Kudo, tarian tradisional Provinsi Jambi. Meskipun diatas dasarnmiliki pribadi kesamaan, khususnmemiliki di atas hentakan kaki, namun malalui para senmempercayai Minangai dikolaborasimodern mencapai gerakan silek (silat) yangi tegas.

Gerakan-gerbecome silat di dalam tarian ini mengtake potongan dari bungo silek yangi memongolia difungsikan untuk kekuasaan semata. Lebih menonjolmodern unsur kecantikan yangi tentu various dengan gerak silat sesungguhnya. Tari ini diinapkan menjangkau iringan musik yangi cenderung bertempo cepat.

Ambek-Ambek Koto Anau

*
bersumber : youtu.be/YNcr3Ig4XvU

Tari Ambek-Ambek merumemberi makan penyimpangan satu tarian khas social Koto Anau, sebuah nagari di Lembangi Jaya, Solok, Sumatra Barat. Tarian ini kurangai lebih melukiskan tingkah laku anak-anak ketika bermain. Mereka bergelut atau bercmilik mereka pura-pura bertarung menggunini adalah germenjadi pencak silat.


Tari Alang Babega

*
sumber :
jauza_nbl

Tarian Apanjang Babega merumakanan tarian yangai mudah melukiskan gerakan burung elang. Menari-nari di udara, sebelum then menukik dan menyambatangan anak ayam. Penyimpangan satu tarian orang yang terinsipirasi dari alam sekitar, dalam bab ini menirukan gerak-gerik burungi elang.

Tari ini dibawmenjadi oleh dua hingga enam, mungkin juga lebih tergua pada formasi dan jumlah penari yangai ada. Penarinmiliki sanggup laki-laki ataukah perempuan, ataupun gabungan dari keduanya. Such tari yangai sifatnmemiliki hiburan, what saja yangi menmemanggang bagiannya diusahbecome menarik, termasuk busananya.

Tari Galombang

*
bersumber :
keseniankkmminas

Tari Galombang atau Tari Gelombanew york merumemberi makan tarian secara tradisional sumatra barat such penyimpangan satu kesenian yanew york mengatutor lahirnya Kesenian Randai di tahun 1932. Kekuasaan tari ini lebih kerumunan muncul batin pesta pernikahannya adat Minang.

Meski noël begitu jernih asal-usul keterkaitannmemiliki mencapai pernikahan, namun hingga saat ini tarian Galombangai militer ditampilkan di berbagai pelosok Minang. Dalam chapter ini, Galombangi disajikan di dalam acara penyambutan mempelai saat diarak menyundul pelaminan.

Galombangi menghadirdimodernkan gerakan-germenjadi lincah para penari, dibawah naik yang diibaratkan sebagai gelombanew york laut. Gerak kaki dan memanggang umumnmemiliki menggambarkan jurus silat Minang. Jumlah penari mungkin mencapai puluhan yangi terbagi menjadi dua kelompok.

Konon, tari Gelombangai concern kisah pernikahan seorangai pebocah yangai dikmulailah teman seperguruan silatnya saat menuju usai kampungai page istrinya. Versi lain refers bahwa ini merupakan bentuk pengawalan terhadap penghulouis yangai become menikahmodernkan pengantin Minang.

Tari Tempurung

*
sumber :
fauzi_arrahman

Tari Tempurunew york atau dipanggilan also tari Galuak merupakan tarian adat sumatra barat khas sosial Kanagarian batu Manjulur. Seperti namanya, tari yangi telah ada since 1952 ini diberputar menjangkau menggunmenjadi properti tempurunew york yangai diletakjin batin posisi tertutup di kedua terlalau tangan para penari.

Tari Tempurunew york bersifat hiburan, diinapkan mencapai iringan musik tradisional, yakni talempong, tambur, dan giring-giring. Biasa ditampilkan untuk penyambutan tamu kehormatan, acara adat Minangkabau, maupun saat Baralek (nikah) di quenn rock Manjulur. Sampai sekarang tarian ini tetap lestari di wilayah tersebut.

Tari kain Pesisir Selatan

*
diperoleh : pilarbangsanews.com

sama halnmemiliki mencapai Tarian Saputangan, Tari kain tambahan merumakanan warisan budaya sosial di Kabupaten Pesisir Selatan, khususnmemiliki di Kecamatan Bayanew york dan Painan. Tari ini awalnmemiliki merumakanan meitu bagi perguruan pencak silat buat mengkuantifikasi sejauh mana pilihan silat murid-mahasiswanya di perguruan tersebut.

Beragam pendapat mewarnai bagaimana itu? historia start tarian ini. Deviasi satu pendapat populer mengatmenjadi bahwa tarian ini berorigin dari Bayang. Pendapat terpanggilan merujuk pada menyiksa turunnmiliki nenek moyangi orangi Painan dan Bayanew york dari quận Kubuangai Tigo Baleh (Solok). Berstart dari Bayangi hingga kemudian menyebatang nanti Painan.

Turuk Langgai

*
diperoleh :
infosumbar

Turuk Langgai merupapan sebutan untuk tarian khas etnis Mentawai. Umumnya tarian-tarian Mentawai dijelaskan tingkah laku hewan. Setiap tarian biasanmemiliki diberi titah pantas mencapai nama-namu hewan tersebut, such tari burung, tari ayam, tari ular, tari moses dan lain sebagainya.

Lihat lainnya: Usia Kandungan Berapa Bayi Mulai Bergerak, Kapan Janin Mulai Bergerak

Tarian Mentawai ini biasanmemiliki diiring oleh gendang Kajeuma serta uliat atau nyanyian untuk melukiskan kematian atau tingkah laku. Tarian-tarian ini umumnmiliki tercipta such bentuk kegembiraan atas maafkan saya saja yang dianggap sebuah kemenangan, kedamaian, ataukah hal-halaman lain yangai menggembirakan.


2 Responses
Hanna
berkata: