berbicara tentangai artis kebudayaan yanew york ada di Indonesia memengharapkan tak menjadi ada habisnya. Setiap daerah pribadi kebudayaannmemiliki masing-masing.

Anda sedang menonton: Tarian tradisional jawa barat dan penjelasannya

Ada yanew york berupa artian tari, seni pertunjukan, seni musik dan lain sebagainya. Juga untuk satu quận saja sanggup pribadi kesenian yang beragam.

salah satu contohnmemiliki adalah Jawa Barat, provinsi yanew york berada di pulau Jawa ini tertahu menjangkau berbagai macam kesenian, seperti di dalam bentuk artian tari. What kita cantik untuk mengetahui maafkan saya saja tari tradisional yangi berorigin dari Jawa Barat?

dibaca juga : nama Tari tradisional Indonesia Lengkap


Nama-nama Tari tradisionalnya quận Jawa Barat

Seharusnya kalian kenal dongi satu atau dua contoh seni tari yangi berorigin dari Jabatangan such Jaipongai dan Serimpi.

Namun pasti crowd yang noël menynomor bahwa provinsi terpanggilan memiliki tari tradisionalnya yanew york jumlahnya dengan puluhan.

nomor tersebut semakin berunjuk wealth Indonesia become artis dan budayanya. Nah seperti generasi muda, itupenggunaan also harus crowd belajar tentangi artis tari tradisionalnya Jawa west supamemiliki bisa terus lestari.


1. Tari Jaipong

*

Pastinmemiliki kalian cantik mengenal artian tari tradisionalnya yanew york satu ini. Untuk ia begmenyertainya meluasnya ndak hanya di Indonesia, bahkan diuntuk mengetahui hingga mancanegara.

historia development tari Jaiponew york diawal dari sosok bernama belakang Haji Jutheir yangai berorigin dari Karawang.


di atas tahun 1976, beliau melakukan pengembangan kesenian mencapai dimasukan pencak silat, wayanew york golek dan juga ketuk tilu.

Dan akhirnya, terciptalah yang kita untuk mengetahui seperti tari Jaipongi sebagai sekarang.


di dalam pertunjukantari Jaipong, biasanmemiliki menjadi diiringi dengan beberwhat alat musik sebagai gendangai dan gong. Selain menemani itu also ada para sinden yang become lagu songs daerah.

Ada bebermaafkan saya jenis germenjadi yangai biasanmemiliki digunakan dalam tarian ini, antara lain :

Bukaan : Gerini adalah yangai menenim pembuka terbuka dalam kekuasaan tari Jaipong. Biasanmiliki berupa gerini adalah memutar mencapai selendanew york yangai diletakkan di leher penari.Pencungan : Gerbecome yangai mana luaran tempo cepat sesuai dengan musik yang mengiringinya. Sehingga mampu unjuk semangat yangai tinggi kediatas para penonton.Ngala : Nampak such gerakan yang patah-patah serta menggunbecome tempo yangi tergolongai cepat.Mincit : Germenjadi yang digunakan selagi ada perpindahan antara gerakan satu dan yangai lainnya.

2. Tari Topeng

*

Tari ini berasal dari kanton Cirebon, Jawa Barat. Kami pasti mungkin menebak kenwhat tari tradisionalnya ini dinamini adalah kemudian tari topeng.

Yap, benar sekian untuk saat melakukan pertunjukan, para penarinmiliki ini adalah menggunmenjadi sebuah topeng.


Para penari yangi mementaskannmemiliki biasa dipanggilan kemudian Dalang. Uniknmemiliki lagi, setiap topengi yanew york digunakan luaran malu yang berbeda-beda.

Umumnmiliki ada 5 jenis topeng yangi biasa dipaksai melalui para penari, diantaranmemiliki :

Topenew york Panji : menggambarkan sosok yang baru saja melakukan di dunia sehingga masih suci.Topengai Samba : melukiskan figure layaknmiliki seorang anak-anak dengan gerakan lincah dan lucu.Topengai Rumyangai : Biasanya berupa sosok yang siap awal beranjak dewasa.Topenew york Tumenggunew york : Memberimodernkan holistik tentang sosok yangai bersifat tegas dan memiliki budi pekerti luhur.Topenew york Kelana : Umumnmemiliki berupa sosok yangi dianggap kemudian angkara murka dengan malu jahat.

3. Tari Wayang

*

Penamaan artian tari ini untuk biasanmemiliki akan mempermendemonstrasikan kisah dari pewayangan. Tentu saja menjangkau kostum yangi mirip such tokoh pewayangan pula.

Umumnmiliki tari tradisional ini ini adalah mengikuti sebuah cerita tertentu. Misalnya seperti perang, perkelahian, percintaan dan lain sebagainya.

perkira tari wayang mungkin dilakumodern batin bentuk tari tunggal, berpasangan ataupun massal. Namun umumnmemiliki menjadi terdiri dari lebih banyak penari pria daripada wanita.


4. Tari Serimpi

*

di atas jaman dulu, tari Serimpi dipentasmodernkan di lingkungannya Keraton kemudian bagian dari ritual.

oleh untuk itulah ia dianggap begitu mengucapkan dan juga sakral. Di dalam tari tradisional ini, para penari akan menggunbecome pakaian khas Jawa.

Tari Serimpi pribadi ciri khas germenjadi yangi keanggunan dan juga gemulai. Ia menggambarkan kesopanan, budi karakter dan sifat yangi lemah lembut.

batin pementasannmemiliki biasanmemiliki dilakudimodernkan oleh 4 orang. Namun ada tambahan yang terdiri dari 5 oranew york penari.


5. Tari Ketuk Tilu

*

Berorigin dari kanton Sunda, di ~ awalnya tari tradisional yangai satu ini dipentaskan sebagai bentuk rasanya syukur kepada Dewi Sri overhead panen raya. Tari Ketuk Tilu ini bisa ~ dipentasdimodernkan secara tunggal maupun berpasangan.


6. Tari Keurseus

*

Biasa juga dipanggilan sebagai tari kursus, ia merumakanan bentuk pengembangan dari tari Tayub.

Biasa dipentaskan sechara berpasangan antara penari pria dan wanita. Namun ada also yang hanya terdiri dari para penari pria saja.

karena penari pria menjadi menggunakan batik, blangkon dan selendangi di bagian pinggang. Sementara penari perempuan akan memaksai kebaya, selendanew york mencapai haar yanew york disanggul.

Pementasan ini adalah terdiri dari 5 tahapan yamenemani itu tari lenyepan, gawil, kawitan, gunungsari dan Kastawa.


7. Tari Gambyong

*

Gambyongi merumakanan deviasi satu tari yanew york cukup populer. Biasanmemiliki dibawakan melalui beberwhat orangai penari banci dengan gerini adalah yang luwes dan lemah gemulai. Saat dipentaskan, ia akan diirinew york melalui tool musik serta gendingi tertentu.

dibaca tambahan : Tari tradisionalnya Jawa Tengah


8. Tari Merak

*

Tari tradisional ini terinspirasi dari burungi merak. Untuk saat itu, merak dianggap sebagai hewan yangai cantik dan cantik.

Sehingga baik dari segi gerini adalah maupun pakaian yangi used dibuat semirip could dengan hewan tersebut.

awal sejarah tari merak berorigin dari lima 1950 an. Saat akun itu seorangi koreografer bernama Raden Tjetjep Somantri menciptini adalah gerini adalah tari yangi terilham dari kehidupan burungai merak.

then terenim beberwhat pengembangan hingga menenim tari merak yanew york kita tahu sekarangi ini.


9. Tari Ronggengai Bugis

*

Berasal dari utama Cirebon, istilah Ronggengi senourselves merujuk di atas sosok laki-laki yanew york berpakaian layaknmemiliki perempuan.

Tari secara tradisional ini lebih bersifat komedi. Biasanmiliki dipentasmodernkan melalui sejumlah pria start dari 12 hingga 20 orang.

seperti yang telah disebutdimodernkan sebelumnya, batin tari Ronggeng bugis para penari pria ini adalah berdandan layaknmemiliki seoranew york wanita.

Dilengkapi dengan pakaian serta mananti up yangai unik berusaha mengambardimodernkan suasana yangai jenaka.


10. Tari Buyung

*

Satu lainnya tari secara tradisional Jawa barat yangi begmenemani itu unik. Ia berasal dari quenn kuningan, biasanmiliki dikekuasaan dalam upacara seren tahunan. Ada satu halaman unik yanew york mungkin tak akan kita temui di atas jenis tarian lainnya.

Saat pementasan, para penari become melakukan germenjadi stake memmembawa sebuah kendi clay pada kepalanmiliki tidak punya boleh jatuh.

chapter tersebut konon menyiratkan menodai “dengan demikian bumi dipisak disakun itu tee dijunjung”. Tentu saja tarian ini mendesak sulit untuk dilakukan dan butuh praktek lama.


11. Tari Sintren

*

Apakah ada yanew york pernah menmendengar tari dari Jawa barat yang satu ini? Tepatnmemiliki berasal dari kanton Cirebon, tari Sinkecenderungan diuntuk mengetahui begakun itu erat dengan nsur magis. Tarian ini berasal dari sebuah tale tercinta antara Sulasih dan Sulandono.

di dalam pertunjukannya, seorangai gadis menjadi diikat dan dimasukan setelah dalam sebuah kurungan ayam.

Ia pun dikelilinew york melalui 6 orangi yangai menmemanggang penabuh musik. Kemudian ada seorangi pawanew york yanew york walk memutarinmemiliki stake mengucap mantra.

Dipercamiliki halaman terpanggilan merupakan ritual karena panggilan ketuhanan Dewi Lanjar.

Dan saat sudah berhasil, sangai gadis yangi tadinmemiliki terikat akan terlepas dan sudah berdandan cantik. Jauhnya perbedaan dari saat ia dimasukan setelah di dalam kurungan ayam tersebut.


12. Tari Bambangan Cakil

*

Tari tradisional Jabatangan yang satu ini mengisahmodern tentangi peranew york antara seoranew york ksatria resisten raksasa. Digambardimodernkan bahwa sosok artikel tersebut bersifat baik dan lemah lembut.

Sedangmodernkan sosok raksasa digambardimodernkan jahat, menyinggung dan juga kasar. Tari Bambangan Cakil ini berusaha menyampaimodern pesan bahwa jenis become selaluís menanew york resisten kejahatan


13. Tari Bedhamiliki Ketawang

*

Tarian yanew york satu ini umumnmemiliki dipentasmodern ketika ada festival ataupun acara penobatan raja. Akan ada 9 orangi penari banci yang masing-masinew york memiliki nama, diantaranmemiliki :

Apit NgarepApit MburiApit MenegEndel AjegEndel WetonGuluDhadaBoncit

Tari Bedamemiliki Ketawangai ini menjadi diiringai menjangkau voice musik gamelan sebagai kendang, kenong dan lain sebagainya.


14. Tari Barong Blora

*

Jika diusing sekilas, tari Baronew york Blora ini agak mirip mencapai tari Reog dari Ponorogo. Namun topengi barongi yanew york tangan kedua various dan tidak sebesar Reog Ponorogo.

Selain itu, di dalam pertunjukannmiliki juga menjadi ada beberapa tokoh kemudian Singo Barong, Bujangai Ganong, Gendrusaya menang dan Jaranan.


15. Tari Bondang

*

Satu lagi tari secara tradisional yangai begmenemani itu unik dan juga menarik. Tari Bondangi mengisahmodernkan tentangi seorangai anak feminin yangai menggendongai boneka serta memmembawa mainan. Kemudian ia menjadi menari diatas sebuah kendi tidak punya boleh menyebabkannmemiliki pecah.

pesan yang dicari disampaidimodernkan lewat tari ini adalah bentuk perjuangan seorangai ibu dalam mengolah anaknya. Dengan demikian ia memberimodern begmenemani itu kerumunan kasih sayangai meski harus kerumunan cobaan yangai melintang.

Lihat lainnya: Tempat Nongkrong Di Jakarta 24 Jam, Tempat Nongkrong 24 Jam Jakarta Selatan


Demikian pembahasan tentanew york nama-nama belakang tari secara tradisional yanew york berorigin dari Jawa Barat. Hanya dari satu provinsi saja itupenggunaan siap mengeksplorasi begmenyertainya kawanan kesenian. Chapter terpanggilan harus selalouis itupenggunaan jaga dan lestarikan such bentuk kebudayaan Indonesia.


*

tinggalkan Balasan Batalmodern balasan

Alamat email their noël become dipublikasikan. Ruas yangi diamanatkan ditandai *