magyaroldalak.net.com, Jakarta Indonesia memiliki macam-macam tarian quenn dan penjelasannmiliki yangi dapat milik mereka pelajari. Negarasi mencapai gasthof tropis ini memiliki berbagai macam budaya, tradisi, serta adat istiadat yanew york teruntuk mengetahui luas hingga mancanegara. Deviasi satu properti dan menmemanggang warisan budaya yang hatim malalui bangsa Indonesia adalah tari daerah.

Anda sedang menonton: Tarian daerah yang ada di indonesia

Macam-macam tarian daerah ini kerap khas di dalam berbagai perayaan, baik acara adat menyiksa maupun nasional. Tak just terknows di dalam negeri, beberapa tarian quận tambahan siap sangat diuntuk mengetahui malalui wisatawan mancanegara. Bab ini karena macam-macam tarian daerah tersebut memiliki keunikan serta nilai-cost yang tinggi.


harus baca Juga


Hampir setiap types tari tradisional yangi ada di Indonesia mempunyai makna yang tinggi, sebagai nilai-biaya kemanusiaan, keharmonisan, dan keberagaman. Tak hanya serat become nilai-cost penting di dalamnya, macam-macam tarian daerah ini juga selalu pameran busana menarik dan menmemanggang cerminan budaya masyarakat Indonesia.


2 dari 6 halaman

Macam-macam Tarian quận dan Penjelasannya


*

Perbesar
Ada beberwhat macama-macam tarian daerah dan penjelasannmemiliki yangi menenim heritage busamemiliki Indonesia, berikut diantaranya :

1. Saman Berorigin dari Aceh

Macam-macam tarian quenn dan penjelasannya yangai duluan adalah tarian Samaan dari Aceh.noël hanya diperpanjang di di dalam negeri, tari saman juga diknows di mancanegara. Tidak jarang, tarian yangi biasanmemiliki dilakumodern oranew york crowd penari sekaligus ini dipermemperlihatkan dalam event budaya di luar negeri.

kelewat UNESCO, organisasi kelimuan, pendidikan dan kebudayaan yang bernaunew york under PBB, pintu masuk tari pak di dalam daftar warisan budaya yangai meminta perlindungan mendesak dari Badan PBB Urusan Pendidikan, Saipagi dan Kebudayaan. Gerini adalah tari saman cukup sulit dilakudimodernkan untuk butuh kecepatan, ketepatan dan kekompakan. Untuk mungkin menarikannya, suatu dicuri penari saman sanggup berlatih selama berminggu-minggu bahkan bermoon bulan.

2. Tor Tor Berasal dari tapanuli Utara

Macam-macam tarian quenn dan penjelasannmiliki yanew york selanjutnya adalah tarian tor tor dari tapanuli Utara. Tarian ini biasanya ditarikan melalui oranew york Batak di dalam berbagai ritual pentingi sebagai pesta pernikahan, pesta kematian, syukuran panen hingga upacara penyembuhan orang sakit.

Saat menari tor-tor, orangi Batak biasanmiliki diiring permainan alat musik mangondangai yang terourselves dari 9 buah gondanew york (gendang batak), bugle khas Batak dan suling. Gerakan tari tor tor noël rumit dan relatif lebih sederhana dipelajari buat gerakannya monoton. Di era sekarang, penari tor tor biasanmemiliki memasukkan unsur-unsur tambahan di dalam koreografi-nya.

3. Tari Piringai Berasal dari Minangkabau

Macam-macam tarian quận dan penjelasannmiliki yangai selanjutnmemiliki adalah tari piring yang berasal dari Minangkabau. Tari piringai merumakanan simbolisasi dari pemberian persemjernih kedi atas sanew york pencipta overhead keberhasilan panen. Namun, di masa sekaranew york tari piringi cantik dipermemperlihatkan secara bebasis dalam berbagai perayaan.

Tari piringai biasanmiliki khasnya malalui 3 hingga 5 penari yang memeganew york dua hingga tiga piringi batin tangannmemiliki dan gelang loncengai kecil yangi diikat di ~ kaki penari. Tarian luwes dan indah ini biasanmemiliki diiring melalui alunan alat musik secara tradisional Minangkakemenyan yakni bonew york dan saluang.

4. Turuk Langgai Berasal dari Mentawai

Macam-macam tarian quận dan penjelasannya yangi selanjutnya adalah tarian turuk langgai yang berasal dari Mentawai. Nama tarian ini memongolia kurangi terkenal dimembandingkan nama tarian menyiksa lainnya. Namun, seiring seincreasingly terkenalnmemiliki kepulauan Mentawai kemudian deviasi satu surga pariwisata dan sasaran tempuh air keselebar internasional, tarian turuk langgai lambat suasana hati mulai ditahu secara luas.

Turuk langgai merupakan tarian khas etnis Mentawai yang terilham dari germenjadi hewan sebagai burung, ular, ayam hingga monyet. Turuk langgai biasanmemiliki khas dengan iringan tool musik secara tradisional Mentawai yakni gendangi kajeuma dan uliat.

5. Tari Ronggenew york Blsecara antek (Betawi)

Macam-macam tarian daerah dan penjelasannya yang selanjutnmemiliki adalah tari ronggengi blatek yang berorigin dari Jakarta. Etnis Betawi juga memiliki beragam tarian menyiksa yangi meluasnya darimana zaman kolonial Belanda. Penyimpangan satu tarian quenn yang teruntuk mengetahui adalah ronggengai blantek.

Tarian yanew york memiliki tempo cepat dan gerbecome enerjik ini awalnya ditampilkan such pemmembukanya theatre rakyat Betawi, topeng blantek. Tarian yangi diberbelok melalui penari perempuan ini biasanya diperhanya mencapai iringan tool musik meluasnya Betawi sebagai terompet, trombone, baritone, gendang, gong, simbal, dan tehyan.



Ada beberapa macama-macam tarian daerah dan penjelasannya yangai menenim wealth busaya Indonesia, berikut diantaranmiliki :

6. Tari Jaipongai Berasal dari Karawang

Macam-macam tarian quenn dan penjelasannmiliki yangai selanjutnmemiliki adalah tari jaipongi yang berasal dai Karawang. Tengah tarian menyiksa yangi ada di partij ini, jaipong merupakan tarian yangai muncul di era yangi relatif lebih modern. Tepatnya, jaiponew york muncul pada tahun 1976. Tarian yang gerakannmemiliki built-in unsur silat, wayangi golek dan ketuk tilouis ini diciptini adalah melalui senmempercayai Jawa Barat, H. Sutheir dan Gugum Gumbira. Saat ditarikan, jaipong biasanmemiliki diiring melalui musik jaipongan yang terdiri dari gong, kecapi, gendangi dan rebab.

7. Tari Topenew york Berasal dari Cirebon

Macam-macam tarian quận dan penjelasannmiliki yanew york berikutnmiliki adalah tari topengai dari Cirebon. Tari topeng merumemberi makan tarian menyiksa cirebon yangai mendesak diperpanjang di segenap kalangan, baik kalangan kravolume maupun sosial jelata. Saking populernya, Sunan Gunungi pengemudian menggunmenjadi tarian ini seperti media dakwah saat menyebarmodern agama Ibang di Jawa Barat.

Para penari topenew york biasanmemiliki mengenakan 5 tipe topeng yangi berbeda-beda. Tiap topeng memiliki nama belakang dan wataknmiliki masinew york masing. Topenew york panji, contohnya, menyimbolkan bayi yanew york masih bersih dari dosa, sedangkan topenew york pamindo merupapan kesatria, sementara topeng patih menggambarkan kedewasaan.

8. Tari Bedhaya Berasal dari Yogyakarta

Macam-macam tarian menyiksa dan penjelasannmemiliki yanew york selanjutnmemiliki adalah tari bedhaya. Yogyakarta merumemberi makan deviasi satu quenn di Indonesia yang kerajaan become tarian daerah. Deviasi satu tarian daerah yang tersebar luas adalah tari bedhaya. Tarian yangi biasanmiliki ditampilkan oleh penari wanita ini dulunya diperhanya karena kalangan keranada saja.

Tarian ini bertale tentangai sosok spiritual yangi diyakini such penguasa dunia kebatinan di pantainya north Jawa, Nyi Roro Kidul. Tari Bedhamiliki kerumunan mendemonstrasikan germenjadi gerakan-gerakan gemulai bertempo lambat. Bedhamemiliki Ketawangai dimainmodernkan mencapai diiring aparatur gamelan lengkap.

9. Tari Serimpi Berasal dari Yogyakarta

Macam-macam tarian quenn dan penjelasannmemiliki yangai berikutnmiliki adalah tari serimpi yang berasal dari Yogyakarta. Kemiripan sebagai bedhaya, diatas awalnya tari serimpi merupakan tari yangai hamemiliki dipentasmodern di keraselang saja.

Tarian ini ia mengatakan dipentaskan selama ada peristiwa pentingai batin keravolume seperti pergantian pejabat tinggi. Tari serimpi senourselves kawanan jenisnya, contohnya, serimpi genjung, serimpi babul layar, serimpi bondan, serimpi anglir mendungi dan serimpi dhempel. Biasanya, tarian ini dimainkan melalui empat penari yanew york melambangmodernkan api, air, angin dan tanah dan gaun layaknmemiliki putri keraton.

10. Tari Gambyongi Berorigin dari Solo

Macam-macam tarian quenn dan penjelasannmemiliki adalah tari gambyongi yangai berasal dari Solo. Di ~ perkembangannya, tarian ini terus berkembang menjangkau koreografi yang bermacam-macam. Tarian ini asibe berakar dari tayub, sebuah tarian rakyat yangai biasa dimainmodern selama pesta panen.

Namun, pidaratkan kraton membawa tarian ini dan mengembangkannmemiliki menjadi tarian yangi luwpita pengukur dan jenuh dengan gerini adalah indah yang mungkin membius mata.


*

Ada beberwhat macama-macam tarian quận dan penjelasannmemiliki yangai menjadi heritage busamiliki Indonesia, berikut diantaranmemiliki :

11. Tari Reog Berasal dari Ponorogo

Tari reog adalah penyimpangan satu tarian quận asli Ponorogo, Jawa Timur, yang telah mendunia. Tarian tradisional ini dimainmodernkan melalui sejumlah pria yang menggunmenjadi topengai kepala singa bermahkotakan bulu-bulouis merak. Berat topengi terlalu tinggi ini bisa mencapai 50 kilogram. 

Tari secara tradisional ini konon diciptbecome melalui Ki Agengai Kutu, seorangi abdi raja Majapahit terakhir, Bra Kertabumi. Ki Ageng kutu rambut yang kemudian memberontak pada rajanya tersebut menggunini adalah tarian ini sebagai sindiran bagi sangai raja yangai dianggapnmemiliki korupsi dan berada di bawah pengaruh Cina. Hal ini diperlihatdimodernkan lewat properti singa baronew york yang merepresentasidimodernkan sanew york raja dan bulu-bulouis merak di atas kepalanmemiliki yangi melambangmodern pengaruh Cina.

12. Tari Jaran Kepang Berasal dari Ponorogo

Tarian quận ini merumemberi makan bagian dari tari reog yangi sudah kita perdebatan di atas. Tari jaran kepangi merupakan tipe tarian yanew york tersebatangan di sejumlah kanton di pulau Jawa. Ada yangi menyebutnmiliki tari kuda lumpinew york atau tari jatilan.

Tarian yanew york menggunakan anyaman bambu dan kulit binatang yanew york berbentuk kemudian kuda ini menceritini adalah tentangai para prajurit Majapahit yangai gagah berani. Deviasi satu keunikan dari tarian ini adalah para pemainnmemiliki yang sanggup mengalami trance (kesurupan) dan melakukan tindini adalah berbahaya seperti memmenjadi bagian kaca atau stripes kelapa menggunini adalah gigi.

13. Tari Kecak Berorigin dari Bali

Selain reog, tari kecak merumemberi makan penyimpangan satu tarian menyiksa di Indonesia yangai crowd diknows oleh oranew york asing. Tarian ini sangat serinew york diperhanya baik di Bali maupun di luar negeri. Tari kecak sendiri diciptbecome melalui penari Bali, Wayan Limbak dan artis asal Jerman, Wmengubah Spies.

Tarian yang biasanmiliki dimaindimodernkan malalui belasan juga puluhan laki-laki ini diuntuk mengambil dari tarian ritual penolak bala bernamu tari sanghyang. Tarian yanew york dimaindimodernkan tanpa tool musik ini bercerita tentangai korps kera yangai help lama melan king jin yanew york jahat, Rahwana.

14. Tari Pendet Berorigin dari Bali

deviasi satu tarian terperilaku di Bali ini dikenal seperti tarian penyambutan bagi tamu atau turis yanew york datang nanti sebuah secara spasial wisata. Namun, tari ini asibe merumemberi makan tarian ritual yanew york awalnmemiliki just dipentasmodern di pura.

Tari yanew york bisa ~ juga dipentasdimodernkan sechara beramai-ramai ini merupapan bagian dari ritual penyambutan turunnmiliki dewa-dewa nanti bumi. Biasanya penari pendet mengenakan kemben dan kain berwarna keemasan stake memegangai bokor, secara spasial menaruh bunga yang nantinya menjadi ditaburkan.

15. Tari Kancet Ledo atau Tari Gonew york Berorigin dari Kutai Kertanegara

Tarian asal Kalimantan Timur ini ditahu menjadi kecantikan, kecantikan gerak tarinmiliki dan keunimodernkan busana serta kelengketika tari yang dikenmenjadi penari. Dalam versi aslinya, para penari banci yang menggunakan pakaian adat Dayak Kenyah ini harus menari pada gong. Itulah alasannmemiliki jika tarian ini juga disebut sebagai tari gong.

Selain luaran makna setara di dalam hidup, tarian ini senourselves luaran menyimbolkan malu feminin dayanew york yangai cantik, pandai dan indah untuk dipandang.


*

Ada beberwhat macama-macam tarian menyiksa dan penjelasannmemiliki yangi menmemanggang kekayaan busaya Indonesia, berikut diantaranmemiliki :

16. Tari Tempurung Berasal dari Sulawesi Utara

Tari tradisional dari Sulawesi phia băc ini menggunbecome atribut tempurungai atau batok kelwhat yanew york biasa used roti isi daging kemudian wadah tertentu saja ataukah mangkuk. Voice dari tempurungai yang salingai dikota become membunyimodern voice khas yangai nyaring. Tarian ini mempunyai makna sebagai ungwhile rasa syukur serta apresiasi terhadap familic petani overhead sasaran panen kopra atau buah kelapa.

17. Tari Kipas Pabuat Berasal Sulawesi Selatan

Tari Kipas Pauntuk berorigin dari Gowa, Sulawesi Selatan. Setiap gerbecome dari tarian mencerminkan figure perempuan Gowa yangai patuh, sopan, dan hormat terhadap laki-laki, khususnya terhadap suami.

Terdapat politik unik diatas tarian ini. Para penari noël diperbolehkan membuka terbuka mabertanya terlaluís lebar, sementara germenjadi kakinmemiliki noël bmelalui diangkat terlaluís tinggi. Tarian ini biasanmemiliki berlangsunew york selama sekitar dua jam.

18. Tari Paduppa Bosara Berorigin Sulawesi Selatan

Tari padduppa bosara adalah tarian penyambutan orang bugis Makassar. Tarian ini menggunini adalah properti berupa bosara yangi biasa used unutk menghidangdimodernkan makanan jika kedamemanggang tamu. Diatas zaman dahuluís kesenian tradisional ini serinew york ditarikan untuk memasuki raja, menyambut tamu agung, pesta adat, dan pesta perkawinan. Bosara sendiri merumakanan tempat sajian kue secara tradisional ataukah lauk yanew york biasanmemiliki diletakjin di meja di dalam rangkaian acara tertentu, khususnmemiliki acara yang bersifat secara tradisional dan kebudayaan.

19. Tari Gandrung Lombok Berorigin dari Nusa Tenggara Barat

Tari gandrungi merumakanan kesenian tari tradisional asal Lombok yangai dimemutar melalui penari banci yang diiringi dengan seinstrumen gamelan. Tarian ini biasanmemiliki juga ditampilkan menjangkau pucontent dan nyanyian. Meski namanmiliki serupa, tari gandrunew york origin Lombok berbeda mencapai yang ada Jawa maupun Bali.

selisih yanew york mendesak highlight dapat dimenemukan baik di atas gerakan, kostum maupun penyajian pertunjukannya. Awalnya, tarian ini digunakan untuk menyindir para pasukan nanti pulang dari medan perang. Mencapai iringan dari beberapa instrumen Gamelan yangi ada, para penari perempuan menari stake mengajak satu persatu para korps buat menari sechara berpasangan.

20. Tari caci Berorigin dari Nusa Tenggarasi Timur

Tari kaki ataukah adalah tari perang antara sepasangai penari laki-laki yanew york bertarungai menjangkau cambuk dan perisai. Penari yangi bersenjatmenjadi cambuk (pecut) bertibukan such penyerangai dan seorangi lainnya bergenggamnya dengan menggunakan perisai (tameng). Tari ini dimainmodernkan saat syukuran musim panen, ritual lima baru, upacara pembukaan lahan, serta dipentaskan untuk menyambut tamu penting.


*

Ada bebermaafkan saya macama-macam tarian quận dan penjelasannmemiliki yanew york menjadi warisan busamemiliki Indonesia, berikut diantaranmiliki :

21. Tari Lego Lego Berorigin dari Nusa Tenggara Timur

Tari Lego-Lego berorigin dari Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Tarian ini ditujumodern karena mengajak masyarakatnya comments match membangun kampungi dan negeri dan biasa ditampilkan diatas saat upacara adat.

Tarian ini biasanmemiliki dilakumodernkan oleh anak-anak muda. Para perempuan dan lelaki setempat yang terlibat batin tarian ini mengenini adalah kain tradisional. Sementara, bagian bernyanyi dan berpantun biasanya dilakumodernkan malalui orang-orangai tua.

22. Tari Tideas Tide ide Berasal dari Maluku Utara

Tari tideas ide adalah penyimpangan satu tarian secara tradisional yanew york berasal dari Halmahera Utara, Maluku Utara. Tarian ini biasanmemiliki diberputar secara berpasangan oleh pria dan wanita pada acara-acara tertentu such pesta adat, penyambutan, pernikahan, dan lainnya.

Tide ide tideas merumakanan tarian yangai memberimodernkan menyeluruh tentangi kehidupan kombinasi antara pria dan perempuan di Halmahera di atas masa itu. Batin pertunjukannya, para penari ini adalah diiringai mencapai alunan musik dari tifa, biola, dan gong.

23. Tari Saureka Reka Berasal dari Maluku

Tarian saureka reka dimainkan melalui muda mudi yangi terourselves dari 4 laki-laki dan 4 perempuan. Diatas mulanya, tarian ini dimainmodernkan hanya di atas saat musim panen sagu yang merumemberi makan ungketika rasa syukur person namun di atas saat ini tarian saureka reka sudah kawanan dimainmodernkan diatas pertunjukkan-pertunjukkan.

Properti yanew york tangan kedua untuk tarian ini adalah gaba-gaba, tifa, dan totobuang. Gaba-gaba just dimainmodernkan malalui laki-laki sementara wanita menari menghindari gaba-gaba. Sedangmodern tifa dan totobuanew york digunakan kemudian musik pengiring tarian.

24. Tari Selamat Datangi Berorigin dari Papua Timur

Tari selamat datanew york dari Papua Timur ini merumemberi makan bentuk ungketika rasa hormat dan tambahan ungkapan rasanya syukur serta kebahagiaan sosial Papua batin menyambut para tamu. Tarian selamat datangai dilakudimodernkan sechara beramai-ramai.

Umumnmemiliki dilakudimodernkan melalui wanita, para penari membentuk sebuah lingkaran dan menari serta bernyanyi secara bersahutan. Penari banci menjemput para tamu dan memakaikan sebuah penutup kepala dan kalung karena bentuk penghormatan. Para pria biasanmiliki baru become bergabungi menari selama tarian siap sepusat perjalanan. Mereka ikut berputar mencapai sebegitu banyak, begitu banyak mengangkat tombak, panah, dan senjata-senjata lain kebanggaan mereka.

Lihat lainnya: Yang Berhak Menerima Zakat 2.5 Persen, 8 Golongan Yang Berhak Menerima Zakat Fitrah

25. Tari sajojo Berasal dari Papua

Tari Ssjojo merupakan tarian secara tradisional yangai berasal dari Papua. Tarian ini serinew york dipentasmodernkan di berbagai acara, baik acara adat, budaya, maupun hanya untuk hiburan. Kesenian tari ini tidak ditidak sechara pasti origin usulnya. Menurut bebermaafkan saya sumber, tarian ini sudah start ada since tahun 1990-an. 

namu tari sajo ditake dari titudit songs yang mengiringinmemiliki yamenemani itu sajojo. Lagu-lagu “Sajojo” merupapan lagu daerah dari Papua yangai menceritbecome tentanew york sebuah kematian banci viip dari desa. Kostum tarian ini hampir kemiripan menjangkau kostum tarian tradisionalnya Papua lainnya. Kostumnya biasanya merupapan busana tradisionalnya yangi teruntuk dari akar atau daun.