Jakarta - Tarian Papua menenim kekayaan tari tradisional di Indonesia mencapai ciri khas yangi unik. Ada crowd tarian Papua berdasarkan asalnya. Maafkan saya tarian menyiksa Papua?

Tak hanya memiliki wealth alam dan satwanya, tanah Papua juga menyimpan ragam budaya yang berasal dari suku-kesukuan yangai ada, termasuk tarian.

Anda sedang menonton: Tarian daerah banyak digunakan untuk acara

dikutip dari laman official Kemdikbud, berikut ini 15 Tarian Papua beserta asal daerahnya.


Tarian Papua

1. Tari Seka

Tari Seka merupapan penyimpangan satu tarian adat social di Selatan Papua yang meliputi wilayah Timika, Kaimana dan Fakfak.

Tarian yang melambangmodernkan ucapan rasa syukur kepada Sanew york pencipta ini hadir mewarnai kehidupan masyarakat pesisir.

2. Tari Badelapan ataukah Tari Pergaulan

Tari bamiskin adalah tari asosiasi masyarakat pesisir pantai Nabire Papua (di tentang teluk Sarera). Tarian yangi juga dikenal dengan nama Ande Saira merumemberi makan tari kreasi dari jenis tari secara tradisional yaakun itu dansa adat.

Ande Saira mula-mula merupapan tarian di dalam rnomor tujuan-gawangnya tertentu dan dilakumodernkan pada saat ritual-ritual adat lainnmemiliki berlangsungi misalnmemiliki di ~ saat pesta mencukur rambut, atau tindik telinga, namun kematangan ini tari ande saira/bamempersenjatai tambahan seringi dilakukan karena menjalin keakraban kombinasi antara pemuda-pemudi, untuk menemani itu maka tari badelapan dipanggilan tari pergaulan.

3. Tari Pangkur Sagu

Tarian pangkur kecelakaan merumakanan tarian Papua yanew york menceritakan tentangi mata pencaharian sosial papua mencapai memuntuk sagu start dari menebangai pohon, labu air, hingga mengpraktek sagu.

dalam memuntuk sagu sosial papua seringai mengadini adalah ritual pesta yanew york berupa lagu dan menari.

Bagi social Papua, tarian pangkur kecelakaan merumemberi makan simbol gotong royong, kebersamaan dan rasanya syukur kedi ~ Tuhan.

4. Tarian Tumbu Tanah

Tari ditanam tanah diuntuk mengetahui hampir sebagian terlalu tinggi kelompok kesukuan yangai tersebatangan di kanton Kepala Burung negara besar Papua dengan berbagai varian gerak tari, lagu-lagu serta aksesoris berbeda.

Tarian ini also memiliki sebutan benar menjangkau dicuri kesukuan masing-masing. Misalnmiliki di atas sosial circa kanton Sorongai seperti orangi Maybrat, orang Tehit, orangi Moi, dan doan suku IMEKO yangi menyebut menjangkau tari Srar sedangmodern social Arfak menyebut mencapai tarian Tumbu tanah.

5. Tari Nasimar

Tarian Papua satu ini berasal dari Kabupaten Sarmi Provinsi Papua. Tarian Nasimar merumakanan tarian perang yanew york seringi dilakukan.

Tarian nasimar ini sering dilakukan diatas saat acara, pelantimodernkan Ondoafi, acara penyambutan mencapai kegiatan-kegiatan yangi lainnmiliki yang berkaitan mencapai tarian ini.

6. Tari Yospan (Yosim Pancar)

Tarian Papua selanjutnya adalah tari Yospan menjadi penyimpangan satu tarian yanew york paling dikenal di Indonesia. Tarian ini awal diuntuk mengetahui sechara umum di tanah Papua tentang lima 1980-an.

Tari Yosim Pancar tidak terlepas dari historia kedua types tarian terpanggilan yangai become kesalahan kemudian berikut ini :

(1) Tari Yosim; secara umum menurut sejarahnmemiliki bahwa Tari Yosim berasal dari 2 utama atau quận yamenemani itu quận Sarmi dan menyiksa Biak.

Tari Yosim yang berasal dari Sarmi adalah jenis tari gembira yanew york biasa dilakumodernkan malalui sosial disana dalam acara-acara/ event yang bahagia/menyenangkan.

(2) Tari Pancar; benar menjangkau sejarahnmemiliki bahwa tari Pancar Berasal dari Biak, yaitu tari yanew york tercipta untuk faktor akulturasi antara budaya nguyên Biak menjangkau budaya dari luar Biak yangi bermulailah dari kontak budaya orang Biak mencapai dunia luar.

7. Tarian Suanggi/Soanggi

Tarian Papua Suanggi berasal dari daerah Waropen di pantai Teluk Cendrawasih. Tari ini dibawbecome malalui berpuluh-puluh penari pria. Tari ini melukiskan perang antara penduduk yangai bersenjatakan busur dan anak panah dengan seoranew york suanggi.

8. Tarian Mansusu

Tari ini berorigin dari pulau Numfor dekat pulau Biak, dibawmenjadi melalui berpuluh-puluh penari pria. Manberikan padaku dijelaskan orang Numfor yanew york mencapai menaiki perahunmemiliki berusaha menghalau musuh yangi ini adalah menyerang.

9. Tarian Bayaitu

Tari Bayaitu berasal dari quận Kuri di Manokwari, dibawbecome oleh berpuluh-puluh penari pria dan wanita. Bayamenemani itu adalah nama belakang seekor burung.

Tari ini menjelaskan burungai bayaitu jantan dan betina yang bermain-main meloncat-loncat usai sana nanti marl suntuk mengambil menari-nari.

10. Tari Fayaryer Rak Wadwa Biak

Tarian Papua ini berasal dari pulau Numfor di dekat Diak, dibawmenjadi oleh berpuluh-puluh penari pria. Setiap penari selain mengenbecome rumbai-groep seperti penutup badan bagian bawah serta dengan segala perhiasannya, juga mengenakan bulu burunew york cenderawasih kemudian hiasan kepala dan menyelipkan sekuntum bunga bermelukis merah di telinganya.

11. Tarian Pulale

Tari Pulale berasal dari quenn Serui di Waropen. Tari ini dibawakan melalui berpuluh-puluh penari pria dan wanita.

Pulale adalah tari menang yang dijelaskan sosial Serui yanew york baru saja menanew york peranew york mengadini adalah pemujaan kedi ~ dewa


12. Tarian Cendrawasih

Tari cendrawasih berasal dari daerah-daerah Biak, Waropen dan Wandamen, serta dilakumodern oleh berpuluh-puluh penari pria dan wanita.

Para penari mengenakan pakaian rumbai-memanggang kemudian penutup badan bagian bawah, serta mengenmenjadi hiasan dada dan kepala yanew york berupa buluís burungai cendrawasih.

13. Tarian Yape

Tari Yape berorigin dari daerah Paniai, dibawakan malalui lebih tua puluh penari pria. Para penari mengenmenjadi pakaian rumbai-groep such penutup badan potongan bawah, serta mengenini adalah hiasan-hiasan dada dan kepala

Tari Yape dijelaskan gerak-gerik korps yangi sedangai berperang. Iringannmiliki terdiri dari suara anak panah yangai ditarik-menarik dan nyanyian yang dilakudimodernkan malalui para penari sendiri.

14. Tarian Salawaku

Tarian Papua Salawaku berasal dari daerah Mimika, dibawbecome oleh berpuluh-puluh penari pria dan wanita. Tari ini dijelaskan sepasang pria dan wanita yanew york dalam suatu perjalanan dikejar-kejar melalui sedicuri manusia.

15. Tarian Woming

Tari Woming berasal dari quận Siromi, dibawakan oleh berpuluh-puluh penari pria dan wanita. Womaaf dijelaskan seorangai medang yangi diculik malalui sedoan gerombolan laki-laki yanew york kemudian dibunuh. Nanti mati, medang terpanggilan berubah menjadi sebagai kangguru.

Lihat lainnya: Video Ibu Melahirkan Normal Di Rumah, Ibu Melahirkan

Para penari mengenini adalah rumbai-rumbai sebagai penutup badan bagian bawah, dan memakai hiasan-hiasan dada dan kepala dari bunga-bunga. Penari-penari pria memmembawa arrows atau parang.

Itulah 15 tarian Papua beserta asal daerahnya. Enim seincreasingly untuk mengetahui ragam tarian di Indonesia modern magyaroldalak.neters?

Simak Video "membutuhkan Konsentrasi, mencoba Harmonisasi Gerini adalah Tari Saman, Aceh" (pay/pay)