Home » tari jawa » Pengertian Tari Gambyong, Pengertian Tari Tunggal Klasik dari Solo Jawa Tengah
Istilah Gambyongi dibawa pulang dari namu seorangpenari tledhek (tayub). Penari yanew york bernamaGambyongai ini hidup ini di atas zaman susuhunanPaku Buwana IV di Surakarta (1788-1820). TariGambyonew york mulai berkembangi di era susuhunanPaku Buwana IX (1861-1893) overhead jasa K.R.M.TWreksadiningrat. Tari terpanggilan diperkenalkankepada umum dan diberputar melalui seorangWaranggana (pesindhen). Malalui buat sudahmenangkal nanti struktur social kaum bangsawan makatari ini mengalami modifikasi yang berbedamencapai bentuknmemiliki yangi semula.

Anda sedang menonton: Tari gambyong adalah tari tunggal yang berasal dari


*

Gerak-gerik tari ini yangi awalnmemiliki begituberbisa awal diperhalus. Bab ini terjadi, khususnyakapan tari Gambyong muncul such tari Gambyonew york Pareano yang diciptakan olehNyi Bei Montoraras di atas tahun 1950. Since ini, tata tari, Gambyong mengalamiperujernih yangai drastis such susunan tari, iringan tari, rias dan busananya.
Selain bentuknmemiliki yangi berubah, fungsinmemiliki juga start berubah. Di atas saatbertransformasi menjadi Pareanom ini, tari Gambyongi yanew york awalnmemiliki hanyakonstan karena hiburan atau tontonan maka kemudian mengalihkan fungsional menjaditari buat menyambut tamu-tamu besar.
Tari Gambyong seringi ditampilkan diMangkunegaran di ~ zaman penjajahan Jepanew york buat menjamu para tentaraJepangi yang datang di Mangkunegara.Tari Gambyongai adalah deviasi satu tari tunggalklasik yanew york berasal dari Solo, Jawa Tengah. Sepertipada umumnmemiliki tari-tarian dari solo yangi untuk bergerak dankomunikatif, tari Gambyongai merumemberi makan gambaransifat-sifat feminin yangai diungkapmodern batin gerakanyangi halus, lembut, lincah, dan terampil tetapiluwes.
*

Koreografi tari Gambyonew york sebagian besarbertengah pada penggunaan gerak kaki, tubuh, lengan,dan kepala. Gerak kepala dan rumbai yang halusdan terkendali merupapan spesifikasi dalam tariGambyong. Arah pandangan mata yangi bergerakdiikuti arah gerak groep mencapai memandangjari-jari tangan menjadimodernkan faktor dominan gerakgerakrumbai batin ekspresi tari Gambyong. Halini dapat diasekarat pada gerak ukel asta (memutarpergelangan tangan) kemudian format gerak yang seringdilakukan.
Gerak feet diatas saat postur kedudukan dan berjalan mempunyai korelasi yangharmonis. Seperti contoh, di ~ gerak srisig (berdiri menjangkau jinjit dan langkahkecil-kecil), nacah miring (kaki kiri bergerak usai samping, bergantian atau disusulfeet kanan diletakkan di dokter kaki kiri), dan kengser (gerak kaki usai sampingmenjangkau cara bergeser/poscontent inferioritas kaki dengan tegas merapat usai lantai). Gerak feet yangkekhususan pada tari Gambyong adalah gerak embat atau entrag, yaitu posisi lututyangai memmembukanya karena mendhak (merendah) bergerak usai bawah dan setelah atas.
Penggarapan pola lantai di ~ tari Gambyonew york dilakukan di ~ peralihanrangkaian gerak, yaakun itu pada saat transisi rangkaian gerak satu mencapai rangkaiangerak berikutnya. Adapun perpindahan poscontent penari biasanya dilakukan padagerak penghubung, yaitu srisig, singget ukel karna, kengser, dan nacah miring.Selain itu, dilakumodernkan pada rangkaian gerak berjalan (sekaran mlaku) ataupungerak di angkasa (sekaran mandheg).
Unsur wirama tari Gambyongi didukungai melalui gendinew york yangai mengiringinya.Gending terpanggilan menenim identitas tari tunggal ini. Misalnya, GambyongPareanom, berarti unsur wirahmanya didukunew york melalui Gendingai Pareanom.

Lihat lainnya: Urutan Lapisan Matahari Dari Yang Paling Dalam, Lapisan Atmosfer Bumi Dan Penjelasannya


Demikeian srtikel tentangTari Gambyong, Tari Tunggal Klasik dari Solo Jawa Tengah, harapan dapat menambah ilmu dari mereka batin mempelajari Tari Gambyong dan harapan item ini dapat memberidimodernkan jasa buat pengetahuan anda.
►  2021(44) ►  June(23) ►  February(18) ►  January(3) ▼  2020(88) ▼  February(51) ▼  Feb 06(2) ►  January(37) ►  2019(32) ►  December(19) ►  February(13) ►  2018(27) ►  March(27) ►  2017(13) ►  July(13) ►  2016(49) ►  November(4) ►  September(3) ►  August(1) ►  June(4) ►  May(2) ►  March(8) ►  February(27) ►  2015(19) ►  November(1) ►  August(1) ►  July(13) ►  June(3) ►  May(1) ►  2014(3) ►  October(2) ►  September(1)